kuliah kedokteran

Parent Pinters, merupakan keinginan banyak anak untuk dapat kuliah kedokteran. Jurusan yang satu ini termasuk dalam kategori favorit, dipertimbangkan dari jumlah peminatnya yang terus bertambah dari tahun ke tahun. Baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta, jumlah applicant terus mengalami peningkatan signifikan.

Mengapa Kedokteran Menjadi Favorit Calon Mahasiswa?

kampus kedokteran favorit

Apa daya tarik kedokteran hingga tidak pernah merosot dari posisi teratas daftar incaran para calon mahasiswa di mana putra putri Anda termasuk di dalamnya? Meskipun masuk dalam kategori jurusan yang mainstream, kedokteran memiliki keunggulan :

  • Mempunyai banyak cabang ilmu, seperti Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi, serta Kedokteran Hewan.
  • Jurusan kedokteran memiliki prestige tersendiri karena identik sebagai program studi (prodi) elit – serta profesi yang terpandang di masyarakat.
  • Mata kuliah kedokteran dikenal cukup sulit sehingga secara tidak langsung menunjukkan keunggulan para mahasiswanya.
  • Peluang kerja masih banyak di masyarakat, baik untuk praktik sendiri, menjadi pegawai instansi kesehatan swasta, hingga Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Namun, di sisi lain, merupakan fakta yang tidak dapat dimungkiri bahwa pendidikan kedokteran juga membutuhkan biaya yang sangat besar.

Perhitungan Biaya Kuliah Kedokteran Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta

biaya kuliah kedokteran

Memangnya berapa biaya kuliah kedokteran yang harus disiapkan bila buah hati Anda ingin melanjutkan ke jurusan tersebut?

Parent Pinters, dana kuliah yang disiapkan tergantung pada perguruan tinggi tempat putra-putri Anda mendaftar – negeri atau swasta. Meskipun tidak persis sama, namun sesama kampus negeri maupun swasta memiliki skema yang tidak berbeda jauh.

1. Biaya Kedokteran Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

Kuliah kedokteran di kampus negeri secara teknis lebih terjangkau dibandingkan dengan swasta. Namun, kompetisi untuk dapat masuk juga lebih sulit. Di beberapa PTN, dana pendidikan jurusan kedokteran berdasarkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) mencapai total Rp57.000.000,- untuk 6 semester. Nominal tersebut berlaku untuk mahasiswa jalur reguler.

Sementara, untuk penerimaan melalui jalur bidik misi, terdapat keringanan biaya 70 – 80%. Perhitungan di atas belum termasuk biaya hidup dan kebutuhan lainnya, Parent Pinters. Jika keperluan khusus anak selama menempuh pendidikan dihitung Rp2.000.000,- maka berapa dana yang perlu Anda siapkan per bulan?

Rp57.000.000,- : 36 bulan = Rp1.500.000,- + Rp2.000.000,- = Rp3.500.000,- per bulan.

Total di atas hanya perhitungan kasar biaya kuliah kedokteran Unair dan PTN lainnya jika putra-putri Anda diterima. Bagaimana dengan kebutuhan sehari-hari keluarga, terlebih jika masih memiliki buah hati yang lain?

2. Biaya Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta

Perhitungan biaya di perguruan tinggi swasta mungkin akan membuat Anda lebih terkejut, Parent Pinters. Sebab, totalnya bisa mencapai 3 – 10x lipat dari dana pendidikan kedokteran PTN. Hal ini dikarenakan untuk institusi swasta, dikenakan biaya pendaftaran, uang gedung, dana penggunaan dan pemeliharaan fasilitas, biaya semester dan biaya SKS.

Jumlah total dana yang harus Anda siapkan untuk kuliah kedokteran di instansi swasta – belum termasuk biaya lain yang bersifat pribadi maupun untuk pendidikan minimal Rp275.000.000,-. Khusus untuk pembayaran kuliah saja hingga buah hati lulus, Anda harus menyisihkan Rp7.700.000,- per bulan. Minimal Rp10.000.000,- untuk keperluan lainnya.

Baca Juga : Lunasi Uang Pangkal Anak dengan Pintek Students

Pinjaman Pendidikan, Solusi Impian Buah Hati Kuliah Kedokteran

Bagaimana pendapat Anda terkait kebutuhan dana pendidikan di atas, Parent Pinters? Terutama biaya kuliah kedokteran swasta yang sangat fantastis tetapi memiliki peluang penerimaan mahasiswa lebih tinggi. Sebenarnya, total biaya yang dibutuhkan di atas sangat masuk akal bila mempertimbangkan sarana dan prasarana penunjang yang tentu tidak murah.

Anda merasa tidak mungkin untuk mendukung impian buah hati berkuliah di kedokteran? Jangan menyerah dulu, Parent Pinters. Masih ada solusi yang dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan pembiayaan tersebut, yaitu dengan mengajukan pinjaman khusus pendidikan. Sebuah program yang dirilis untuk mendukung generasi muda melanjutkan ke jenjang lebih tinggi.

Pintek Students, Dukungan Terbaik Pendidikan Kedokteran Anak Anda

biaya kuliah kedokteran

Pintek merupakan perusahaan financial technology yang bergerak khusus di bidang pembiayaan pendidikan, Parent Pinters. Kami memberikan dana pinjaman untuk membantu meningkatkan kualitas mutu serta kuantitas kehadiran di berbagai perguruan tinggi seluruh Indonesia. Termasuk memfasilitasi kebutuhan pembiayaan kuliah kedokteran impian buah hati Anda.

Program ini bernama Pintek Students dengan prinsip utama ‘hati ringan, biaya ringan’ di mana kami berfokus memberikan pinjaman pendidikan tanpa persyaratan rumit dan dengan pengembalian yang mudah. Apa saja persyaratan yang Anda butuhkan untuk dapat mengajukan?

1. Pegawai Negeri Sipil (PNS) / Pegawai Swasta

  • KTP yang masih berlaku dengan usia maksimal 60 tahun di masa akhir pinjaman. Dibutuhkan foto tunggal dan swafoto peminjam bersama identitas tersebut.
  • Berstatus sebagai karyawan tetap dan minimal sudah bekerja di instansi terkait selama satu tahun. Bagi pegawai kontrak, diharuskan memiliki sisa masa kerja lebih panjang dibandingkan periode pinjaman.
  • Rekening koran 3 bulan terakhir dan slip gaji 2 bulan dengan minimal income Rp3.000.000,- /bulan. Bisa merupakan total pendapatan pasangan suami istri.
  • Kartu Keluarga berikut satu penjamin pinjaman yang merupakan keluarga tidak satu rumah.

2. Wirausahawan & Profesional

Secara teknis, persyaratan umumnya terkait kartu identitas, minimal dan maksimal usia peminjam, dan mutasi rekening juga berlaku bagi wirausahawan dan profesional. Persyaratan lain yang harus dipenuhi antara lain :

  • Nomor Pokok Wajib Pajak (untuk pinjaman di atas Rp10.000.000,-).
  • Foto surat izin usaha, produk, lokasi, dan laporan keuangan bisnis bagi wirausahawan. Sedangkan untuk profesional yang memberi layanan mandiri non institusi seperti arsitek, wajib melampirkan surat keterangan profesi.

Pintek Students menawarkan nilai pencarian mulai 3 – 300 juta rupiah dengan tenor 3 – 24 bulan, Parent Pinters. Sangat tepat untuk menjadi pilihan Anda dalam membantu mewujudkan impian buah hati kuliah kedokteran, bukan?

Informasi Tambahan Terkait Pintek Students

Anda mempertimbangkan untuk menjadikan Pintek Student untuk memenuhi kebutuhan pendanaan pendidikan kedokteran buah hati? Jika demikian, Anda perlu memastikan beberapa hal berikut :

  • Dokumen-dokumen yang diajukan harus dapat divalidasi kebenaran informasinya serta dikumpulkan secara lengkap agar proses penilaian kredit lebih cepat.
  • Anda – pasangan suami istri – tidak memiliki riwayat kredit yang buruk di mana akan dilakukan proses verifikasi BI checking. Jika memiliki tanggungan, harap selesaikan lebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman.
  • Institusi pendidikan terkait harus terakreditasi A atau B – sesuai dengan standar Pintek guna menjamin mutu lulusan.

Selain itu, jika kampus terkait bukan merupakan Pintek Partner, maka Anda wajib menyertakan dokumen tambahan berupa :

  • Kartu bukti penerimaan mahasiswa.
  • Bukti tagihan biaya pendidikan dari instansi terkait.
  • Prosedur pembayaran ke lembaga pendidikan tersebut.

Dana pinjaman akan langsung dicairkan ke rekening perguruan tinggi terkait, Parent Pinters. Jadi, dipastikan pembiayaan kuliah kedokteran buah hati Anda berjalan lancar tanpa kendala. Sementara untuk proses cicilan pinjaman, bisa dilakukan selama masa pendidikan berlangsung. Anda tidak perlu khawatir karena Pintek menerapkan bunga flat yang rendah sebesar 2% saja.