kuliah kelas karyawan

Kuliah kelas karyawan merupakan pilihan bagi pegawai untuk meningkatkan potensi dan peluang karir di masa mendatang. Kelas ini ditujukan untuk kamu yang sudah bekerja demi meraih gelar pendidikan yang lebih tinggi. Hal ini tentu sangat bagus mengingat persaingan di dunia kerja semakin kompetitif yang berbanding lurus dengan peningkatan kualifikasi.

Biaya Kuliah Kelas Karyawan Menjadi Salah Satu Penghalang

kuliah kelas karyawan

Kuliah kelas karyawan memang memiliki efek positif, namun ada beberapa faktor yang bisa menjadi kendala. Waktu adalah salah satu kendala. Kuliah kelas karyawan akan menyita waktu yang seharusnya bisa kamu gunakan untuk beristirahat.

Apabila waktu bisa kamu kondisikan, dana adalah kendala lain yang harus kamu hadapi. Hanya karena kamu sudah mempunyai penghasilan, bukan berarti urusan dana terjamin lancar.

Mengapa bisa demikian? Uang kuliah untuk program kelas karyawan jauh lebih mahal dibandingkan jalur reguler. Di samping itu, kamu masih harus membagi gaji untuk kebutuhan lain. 

Beasiswa di kelas karyawan termasuk sulit didapatkan, kecuali perusahaan tempatmu bekerja, berinisiatif membiayai. Opsi ini mungkin bisa mengurangi beban, namun peluangnya sangat kecil.

Pintek Students Pro, Solusi Pembiayaan untuk Kelas Karyawan

syarat pinjam online

Lantas, bagaimana solusi terbaik mendapatkan dana untuk kuliah kelas karyawan? Tidak perlu khawatir, Pinters. Program Pintek Students Pro merupakan jawaban yang kamu butuhkan guna mendapatkan jaminan biaya pendidikan. 

Produk Pintek Students Pro bisa membiayai pendidikan profesi, sertifikasi, maupun kursus yang memberikan jaminan kerja. Dengan produk pinjaman ini, kamu meningkatkan level pendidikanmu dan mendapatkan karir lebih baik.

Pintek memberikan kredit khusus pendidikan dengan prinsip ‘hati ringan, biaya ringan’. Hati ringan karena syarat dan prosedur permohonan yang relatif mudah dan simple.  Biaya ringan karena tanggungan biaya dan bunga yang rendah. 

Persyaratan Pengajuan Pintek Students Pro

Pinters, program Pintek Students Pro ini hanya berlaku untuk lembaga pendidikan yang bekerja sama dengan Pintek. Kamu bisa melihat daftar lembaga pendidikan yang menjadi mitra Pintek di website Pintek. 

Sebagai catatan, skema ini hanya berlaku bagi lembaga pendidikan yang memberikan jaminan kerja. 

Supaya permohonan pinjaman disetujui, kamu perlu memenuhi seluruh persyaratan. Pastikan kamu tidak melewatkan satupun poin persyaratan yang diwajibkan. Beberapa syarat yang diperlukan diantaranya adalah:

1. Kartu Identitas

Syarat utama adalah kartu identitas – dalam hal ini yang memiliki kekuatan hukum penuh adalah E-KTP. Fungsinya sangat krusial untuk menentukan penerimaan atau penolakan pengajuanmu karena dokumen ini akan menunjukan data-data berikut:

  • Status kewarganegaraan. Pintek hanya bisa memberikan kredit pendidikan bagi Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Usia. Peminjam harus berusia minimal 21 tahun untuk bisa mengajukan kredit. Usia maksimal saat kredit berakhir maksimal adalah 60 tahun. 

Selain mengumpulkan E-KTP, kamu juga wajib melakukan swafoto dengan E-KTP tersebut. Hal ini untuk menghindari penyalahgunaan dokumen.

2. Kartu Keluarga

Selain identitas pribadimu sebagai peminjam, pihak Pintek juga membutuhkan Kartu Keluarga (KK) untuk memvalidasi keabsahan kartu identitas. Selain itu, dari KK bisa diketahui anggota keluargamu sebagai penjamin pinjaman.

3. Rekening Koran & Slip Gaji

Kamu sudah bekerja sehingga persyaratan ini tentu nggak jadi soal buatmu. Rekening koran dan slip gaji adalah bukti bahwa kamu sudah berpenghasilan dan bisa memenuhi kewajiban pembayaran cicilan.

Kamu bisa memilih salah satu dokumen, bisa slip gaji 2 bulan terakhir atau mutasi rekening selama 3 bulan. Apabila menggunakan mutasi rekening, pastikan menggunakan rekening yang menerima gaji. 

Pastikan kamu memiliki penghasilan minimal 3 juta dan tidak memiliki tanggungan kredit lain supaya pengajuan bisa lebih mudah di-approve.

4. Bukti Jaminan Kerja

Sebagaimana sudah disinggung sebelumnya, bukti jaminan kerja dari instansi tempatmu bernaung juga wajib kamu sertakan, Pinters. Bahkan meski kamu mengikuti kelas karyawan pada kampus yang sangat terkenal sekalipun, dokumen ini tetap harus disertakan karena menyangkut skema pelunasan cicilan nantinya.

Baca Juga : 6 Alasan Harus Mengajukan Kredit Pendidikan Pintek Students Pro

Tata Cara Pengajuan dan Pencairan Pintek Students Pro

biaya kuliah kelas karyawan

Jika kamu sudah melengkapi dokumen-dokumen yang dipersyaratkan, kamu bisa langsung mengirimkan permohonan pinjaman. Apakah itu berarti kamu harus datang ke kantor Pintek? Eits, tentu saja tidak, Pintek memberi kemudahan dengan memfasilitasi pengajuan permohonan secara online.

Prosedur pengajuannya mudah sekali, yaitu:

  • Kamu mendaftar ke instansi pendidikan yang dituju. Pastikan institusi pendidikan tersebut sudah menjadi mitra Pintek. 
  • Kamu bisa mengajukan kredit saat sudah diterima di institusi pendidikan. 
  • Mendaftarlah di website Pintek. Ajukan permohonan dan inputkan seluruh dokumen yang dipersyaratkan. 
  • Pintek akan melakukan penilaian kredit terhadap aplikasi yang kamu ajukan. 
  • Saat aplikasi pinjaman disetujui, dana akan langsung dicairkan ke rekening instansi pendidikan. 

Nominal Pencairan dan Skema Pelunasan Pintek Students Pro

pinjaman dana pendidikan

Berapa sih kisaran nominal pencairan Pintek Students Pro sehingga cukup untuk membuat hati kamu ringan saat menjalani kuliah kelas karyawan? Pintek siap mencairkan dana hingga ratusan juta rupiah, Pinters

Kamu bisa mengajukan pinjaman minimal 3 juta dan maksimal 300 juta. 

Skema Pintek Students Pro menanggungkan bunga ringan, mulai dari 0% hingga 2% flat setiap bulan. Besarnya bunga yang ditanggungkan menyesuaikan penilaian kredit oleh Pintek kepada kamu.

Semakin kecil resiko dari penilaian kredit, semakin rendah bunga yang dibebankan.

Selain bunga yang ringan, biaya yang dibebankan juga relatif ringan. Kamu hanya perlu membayar biaya admin sebesar 100 ribu. 

Pintek juga memberlakukan skema pelunasan yang tidak membebani. Kamu bisa membayar bunga pada saat masa studi dan cicilan pokok bisa dibayarkan setelah masa studi selesai.

Coba, Pinters, di antara lembaga pemberi pinjaman pendidikan lain, ada nggak sih yang lebih asyik dan fleksibel seperti Pintek?

Keunggulan Lain Pintek Students Pro Dibandingkan Lembaga Pinjaman Lain

pinjaman online

Bicara tentang perbandingkan dengan fintech dana pendidikan lainnya, program Pintek Students Pro masih memiliki sederet keunggulan lainnya:

  • Keterlambatan pembayaran cicilan dikenai denda yang cukup ringan yaitu 0,5% per hari. Denda baru akan diberlakukan saat kamu terlambat lebih dari 2 hari. Jika hanya terlambat 2 hari, denda tidak akan dibebankan.
  • Penagihan dilakukan secara manusiawi. Tidak ada penagihan melalui telepon atau spamming chat. Tidak ada aktivitas mempermalukan peminjam atau menyebarkan data peminjam. Pintek akan memberi reminder melalui email dan penagihan melalui telepon sifatnya hanya menanyakan kapan pembayaran cicilan akan dilakukan. 
  • Jika ingin melunasi sebelum masa tenor berakhir, kamu tidak akan dikenai penalti lho! Selain pelunasan pokok, kamu hanya perlu membayar 75% dari sisa bunga.
  • Ada banyak mitra Pintek dengan kualitas pendidikan yang cukup mumpuni.
  • Prosesnya permohonan relatif cepat sehingga dana bisa segera dicairkan. Kamu tidak perlu was-was lagi dengan tanggungan biaya pendidikan.

Kamu pasti setuju kan kalau Pintek Students Pro merupakan pilihan terbaik untuk dana pinjaman pendidikan kuliah kelas karyawan? Melalui konsep ‘best practice for better education’, kami memastikan kamu bisa mendapat pendidikan berkualitas tanpa takut terhalang biaya.