Ini Dia Kampus Keperawatan yang Bisa Kuliah Sambil Kerja

Tren kuliah keperawatan sambil kerja telah mengalami peningkatan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Selain karena Indonesia sedang krisis tenaga perawat, profesi ini juga semakin banyak dibutuhkan di luar negeri.

Kuliah keperawatan sangat berbeda dengan studi lain di bidang kesehatan. Disini Pinters bakal belajar banyak soal komunikasi, psikologi, observasi, dan empati. Karena itu, kuliah keperawatan sambil kerja sangatlah mungkin dilakukan.

Ini Dia Tugas Perawat yang Sesungguhnya!

tugas perawat

Sudah putusin kuliah keperawatan sambil kerja? Yah, kalau nilai dari prospek yang ditawarkan sih pasti susah nolaknya. But, kamu udah tahu belum, apa tugas perawat yang sesungguhnya?

Faktanya, perawat punya fungsi yang sangat berbeda dari dokter. Perawat adalah wajah dan frontline brigade-nya rumah sakit. So, kamu perlu tahu semua hal soal apa aja tugas utama perawat. Check it out!

1. Mengawasi Kondisi Pasien

Tugas pertama dan paling penting adalah mengawasi perubahan kondisi dari pasien. Dokter memang bertugas memeriksa dan memberi arahan untuk bertindak, tetapi jauh sebelum itu, perawat harus mencatat dan mengevaluasi fluktuasi kondisi pasien.

2. Menjadi Penghubung Pasien dengan Rumah Sakit

Sebagai bagian dari tim medis, perawat adalah pihak yang paling dekat dengan pasien. Seorang perawat profesional harus mampu memahami kondisi psikologis dan menjadi penghubung pasien dengan dokter serta tim medis lainnya.

3. Memotivasi dan Membangun Kepercayaan dengan Pasien

Saat pasien berada dalam kondisi mental yang rapuh, sudah menjadi tugas wajib bagi perawat untuk meningkatkan semangat hidup mereka. Selain itu, perawat harus mampu membangun kepercayaan pasien terhadap dokter dan rumah sakit.

4. Mengedukasi Pasien dan Keluarganya

Pasien dan keluarganya kemungkinan besar cukup awam dengan berbagai tindakan medis yang diberikan. Oleh karena itu, perawat terbaik harus mampu menjelaskan semua tindakan yang diterapkan pada pasien.

Prospek Kerja Program Studi Keperawatan

prospek kerja jurusan keperawatan

Prospek dan passion mungkin adalah hal yang paling mendorong milenial untuk kuliah keperawatan sambil kerja. Lalu, sebenernya gimana sih prospek kerja keperawatan?

Saat ini hanya ada sekitar 18.000 tenaga perawat di Indonesia dari 27.000 yang dibutuhkan. Jumlah ini jauh dari standar yang ditetapkan badan kesehatan dunia (WHO). Untuk itulah semakin banyak rumah sakit, baik negeri maupun swasta yang mendirikan akademi keperawatan.

Tapi, yang Pinters harus tahu adalah tenaga perawat tidak hanya untuk mengisi pos di rumah sakit saja. Ada banyak pekerjaan lain yang sangat butuh kehadiran perawat.

Perawat homecare misalnya, profesi ini semakin banyak dicari terutama di kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Gaji yang ditawarkan pun tidak main-main, menurut beberapa sumber take home pay perawat homecare tidaklah kurang dari 6 juta.

Lalu ada perawat untuk manajemen data klinis dan perawat di klinik kecantikan. Pekerjaannya tidaklah seberat di rumah sakit, tetapi memiliki pendapatan yang lumayan tinggi. Kamu bisa mendapat 5 juta per bulan untuk profesi ini.

Selain di dalam negeri, kamu juga bisa berkarir sebagai perawat di seluruh dunia. Setiap tahun Indonesia mengirim ribuan perawat ke berbagai negara, terutama Jepang, Arab Saudi, Qatar, bahkan tahun lalu KJRI Chicago membuka lowongan 2000 perawat untuk ditempatkan di daratan Amerika.

Prospek Bisnis Kesehatan Industri 4.0

bisnis kesehatan

Ilmu keperawatan juga memiliki prospek besar dalam industri edupreneur dalam industri 4.0 ini. So, setelah lulus kuliah keperawatan sambil kerja kamu juga bisa langsung mendirikan bisnis sendiri.

Beberapa bidang yang sangat potensial untuk lulusan studi kesehatan adalah konsultan dan pengajar. Tentu saja yang dimaksud sebagai pengajar di sini tidak merujuk pada kampus atau institusi pendidikan lain.

Kamu bisa membuat platform khusus atau membuat modul kesehatan yang bisa diakses secara berbayar. Buku metode diet misalnya, prospek bidang ini sangat menggiurkan. Ada banyak alasan, salah satunya adalah Indonesia saat ini telah menempati peringkat 10 dunia dengan jumlah penderita obesitas terbanyak.

Baca Juga : Suka Duka Pengalaman Kuliah Sambil Kerja di Luar Negeri

Daftar Kampus Keperawatan yang Bisa Kuliah Sambil Kerja

kampus keperawatan

Dunia kesehatan sebetulnya cukup rumit dan multi disiplin. So, Pinters harus cermat dalam memilih kampus untuk kuliah keperawatan sambil kerja. Berikut ada beberapa kampus terbaik yang membuka program kelas karyawan untuk ilmu keperawatan:

1. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia adalah kampus yang selalu menduduki tiga besar institusi pendidikan tinggi terbaik di Indonesia. Kalau Kamu udah pernah kuliah diploma keperawatan di kampus lain, program ekstensi studi keperawatan UI akan selalu terbuka untukmu.

2. Universitas Esa Unggul

Universitas Esa Unggul atau UEU merupakan salah satu kampus swasta top di Jakarta. Ada dua program studi keperawatan UEU yang dibuka setiap tahunnya, yakni S1 Keperawatan dan Profesi Ners.

3. Universitas Nasional

Siapa yang tidak kenal Universitas Nasional. kampus yang berdiri 70 tahun lalu ini juga memiliki program studi keperawatan. Unas juga membuka kelas hari Sabtu buat Kamu yang suka cape kalau masuk kelasnya sore setelah pulang kerja.

4. Universitas BSI

“Kuliah…? BSI Aja”, sebagian besar orang pasti kenal tagline yang satu ini. BSI juga cukup dikenal karena biaya kuliah murah dan kelas karyawannya. Kalau kamu susah cari kampus yang deket, fleksibel, dan murah, BSI bisa bisa jadi opsi menarik.

Mencari kampus yang tepat untuk kuliah keperawatan sambil kerja bukanlah perkara gampang. Pinters harus mempertimbangkan tiga indikator ini sebelum memilih kampus terbaik.

  • Fasilitas praktik terjamin dan berkualitas
  • Memiliki pengajar yang mumpuni
  • Terafiliasi dengan rumah sakit atau institusi kesehatan lain

Nah, itu dia prospek, daftar kampus, dan cara memilih lembaga terbaik untuk kuliah keperawatan. Kamu juga bisa baca artikel lain soal kampus dan finansial pendidikan di blog Pintek.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *