Pendidikan

Ini Prospek Kerja Kuliah Keperawatan dan Pilihan Kampus Terbaik Akreditasi A!

Kuliah keperawatan bisa menjadi pilihan jurusan yang tepat buat kamu yang ingin cepat mendapatkan pekerjaan usai menyelesaikan pendidikan di jenjang universitas.

Pasalnya seperti yang diketahui Pemerintah selalu membutuhkan tenaga medis untuk membantu masyarakat Indonesia dari segi kesehatan.

Saat melanjutkan studi kuliah keperawatan kamu akan belajar mengenai berbagai hal, mulai dari komunikasi, psikologi, observasi dan juga empati.

Faktanya, perawat memiliki fungsi yang sangat berbeda dari dokter. Perawat adalah wajah dan frontline brigade-nya rumah sakit.

Tugas seorang perawat

Tugas seorang perawat

Agar kamu semakin yakin mengambil kuliah keperawatan, berikut adalah tugas utama yang harus dilakukan oleh seorang perawat. Yaitu:

  • Perawat merupakan bagian dari tim medis yang bertindak sebagai penghubung antara pasien dan juga rumah sakit baik dokter maupun tim medis lainnya. Pasalnya, perawat merupakan pihak yang paling dekat dengan pasien.
  • Dokter memang bertugas memeriksa dan memberi arahan untuk bertindak, tetapi jauh sebelum itu, perawat harus mencatat dan mengevaluasi fluktuasi kondisi pasien. Oleh karena itu, tugas utama seorang perawat yaitu mengawasi kondisi pasien.
  • Perawat juga memiliki tugas untuk memberikan edukasi ke pasien dan keluarganya. Soalnya pihak pasien dan keluarga kemungkinan besar cukup awam dengan berbagai tindakan medis yang diberikan. Oleh karena itu, perawat terbaik harus mampu menjelaskan semua tindakan yang diterapkan pada pasien.
  • Memberikan motivasi dan membangun kepercayaan dengan pasien juga bisa dibilang menjadi tugas seorang perawat. Misalnya saja, saat pasien dalam kondisi mental yang lemah, perawat wajib memberikan motivasi untuk meningkatkan semangat hidup pasien. Selain itu, perawat harus mampu membangun kepercayaan pasien terhadap dokter dan rumah sakit.

Baca Juga: Mau Kuliah Kedokteran? Ini Daftar Kampus Kedokteran Terbaik

Prospek kerja kuliah keperawatan

Prospek kerja kuliah keperawatan

Seperti yang sudah disebutkan di atas kalau kuliah keperawatan memiliki prospek kerja yang menjanjikan, termasuk di Indonesia.

Bahkan menurut berbagai sumber, saat ini tenaga perawat di Indonesia hanya ada sekitar 18.000 orang. Jumlah tersebut berada di bawah standar yang ditetapkan WHO yaitu sebanyak 27.000 tenaga perawat.

Karena faktor itulah banyak perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang mendirikan akademi keperawatan guna mensupport tenaga perawat di Indonesia.

Akan tetapi perlu kamu ketahui bahwa tenaga perawat tidak hanya bertugas untuk mengisi pos di rumah sakit saja. Namun ada banyak pekerjaan lain yang sangat membutuhkan kehadiran perawat.

Apa saja? Berikut di antaranya:

1. Perawat homecare

Profesi sebagai perawat homecare kini semakin banyak dicari terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung dan lainnya.

Selain itu, gaji yang ditawarkan juga terbilang besar yaitu kisaran Rp 6 juta per bulan seperti yang dikutip dari beberapa sumber take home pay perawat homecare.

2. Perawat di klinik kecantikan

Kini juga ada perawat untuk manajemen data klinis dan perawat di klinik kecantikannya. Pekerjaan yang diberikan juga tidak seberat di rumah sakit tapi memiliki pendapatan yang lumayan besar yaitu kisaran Rp 5 juta per bulan.

Profesi sebagai perawat juga tak hanya bisa berkarir di dalam negeri saja tapi juga di seluruh dunia. Sekedar informasi kalau setiap tahunnya Indonesia mengirim ribuan perawat ke berbagai negara, seperti Jepang, Arab Saudi, Qatar hingga di daratan Amerika.

3. Menjalankan bisnis sendiri

Ilmu keperawatan juga memiliki prospek besar dalam industri bisnis lho. Setelah lulus dan sudah mendapatkan sertifikat kamu juga bisa langsung mendirikan bisnis sendiri.

Beberapa bidang yang sangat potensial untuk lulusan studi kesehatan adalah konsultan dan pengajar. Tentu saja yang dimaksud sebagai pengajar di sini tidak merujuk pada kampus atau institusi pendidikan lain.

Kamu bisa membuat platform khusus atau membuat modul kesehatan yang bisa diakses secara berbayar.

Buku metode diet misalnya, prospek bidang ini sangat menggiurkan. Ada banyak alasan, salah satunya adalah Indonesia saat ini telah menempati peringkat 10 dunia dengan jumlah penderita obesitas terbanyak.

Pilihan kampus terbaik kuliah keperawatan

Pilihan kampus terbaik kuliah keperawatan
Source image: Instagram @ui.story50

Buat kamu yang tertarik kuliah keperawatan, Pintek ingin memberikan rekomendasi kampus terbaik di Indonesia yang menawarkan jurusan keperawatan. Yaitu:

1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia (UI) adalah kampus yang selalu menduduki tiga besar institusi pendidikan tinggi terbaik di Indonesia.

UI juga membuka Fakultas Ilmu Keperawatan untuk jenjang Sarjana (S1), Master (S2) dan Doktoral (S3). Untuk Prodi Ilmu Keperawatan S1 juga sudah mendapatkan akreditasi A.

Sementara program S2 tersedia sejumlah Prodi seperti Kepemimpinan dan Manajemen Perawatan, Keperawatan Komunitas, Keperawatan Maternitas, Keperawatan Jiwa dan Keperawatan Anak. Untuk S3 saat ini baru tersedia Prodi Ilmu Keperawatan.

Baca Juga: Daftar Lengkap Jurusan di UI Program S1 dan S2 Serta Rincian Biaya Kuliahnya!

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) juga memiliki Prodi Keperawatan yang berada di dalam Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat. Saat ini UGM membuka kuliah keperawatan untuk jenjang S1 dan S2 dengan akreditasi A.

3. Universitas Brawijaya (UB)

Bukan hanya UI dan UGM, Universitas Brawijaya (UB) yang terlokasi di Kota Malang ini juga memiliki Prodi Ilmu Keperawatan yang ada di dalam Fakultas Kedokteran.

Untuk jenjang S1, Prodi Ilmu Keperawatan sudah mendapatkan akreditasi A dengan konsentrasi studi yaitu Ilmu Keperawatan Dasar, Sistem Muskuloskeletal, Pendidikan Keperawatan Klinis, Dasar Keperawatan Gawat Darurat dan Ilmu Keperawatan Kesehatan Jiwa.

4. Universitas Diponegoro (Undip)

Perguruan Tinggi Negeri Universitas Diponegoro (Undip) memiliki Prodi Ilmu Keperawatan untuk jenjang S1 dan S2. Dengan akreditasi A untuk S2 dan B untuk S2.

Untuk program S1 Prodi Keperawatan calon mahasiswa akan mempelajari mengenai Dasar-Dasar Ilmu Keperawatan, Keperawatan Dewasa, Keperawatan Jiwa, Keperawatan Anak dan Keperawatan Gawat Darurat.

Nah, itu dia penjelasan mengenai kuliah keperawatan di Indonesia mulai dari prospek kerja hingga kampus terbaik yang memiliki prodi keperawatan.

Namun tak bisa dipungkiri kalau biaya kuliah kerap menjadi kendala yang banyak dialami calon mahasiswa. Kondisi tersebut membuat banyak peserta didik yang harus merelakan kampus idamannya karena tidak memiliki biaya yang cukup.

Bahkan, tak sedikit juga anak bangsa yang harus putus sekolah karena masalah ekonomi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Pintek hadir memberikan solusi biaya pendidikan untuk masyarakat Indonesia.

Pintek sebagai perusahaan finansial teknologi memiliki misi untuk mendorong transformasi pendidikan melalui inovasi layanan keuangan. Jadi, para orangtua dapat membayar biaya pendidikan anak dengan cara dicicil hingga 24 bulan.

Baca Juga: Pinjaman Online Bunga Rendah, Solusi Masalah Biaya Kuliah!

Sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Pintek menjamin keamanan informasi dan transaksi para peminjam karena dalam menjalankan bisnisnya Pintek akan mengikuti pedoman yang sudah ditetapkan oleh OJK.

Melalui produk Pintek Regular, kamu bisa mendapatkan pendanaan mulai dari Rp 200 ribu hingga Rp 300 juta. Dana tersebut dapat digunakan untuk membayar uang pangkal, uang semester, pembayaran UKT dan lainnya.

Untuk mengetahui info lebih lanjut kamu dapat mengunjungi situs resmi Pintek atau menghubungi melalui nomor telepon di 021-50884607.

Artikel Terkait

Back to top button