Pendidikan

Ingin Kuliah Sambil Kerja? Yuk, Simak Begini Caranya

Pinters tentu paham betul, hidup sebagai mahasiswa kerap struggling dengan masalah dana. Masuk akhir bulan dan mendekati waktunya bayar kuliah, bakal mulai uring-uringan tuh. Mungkin kamu perlu mencari cara kuliah sambil kerja supaya masalah tersebut bisa sedikit diatasi.

Kuliah sambil kerja sebenarnya cukup biasa dilakukan oleh mahasiswa. Apalagi jika orang tuanya tidak cukup sultan. Hal ini rela dilakukan demi mengurangi beban bayar kuliah, menunjang biaya hidup, hingga nambah uang jajan buat nongkrong atau pacaran.

Cara Kuliah Sambil Kerja

cara kuliah sambil kerja

Pinters mau coba kuliah sambil kerja? Bagaimana cara kuliah sambil kerja? Ulasan dibawah ini mungkin bisa menjadi panduan.

1. Mengambil Kelas Karyawan

Pinters benar-benar niat menjalankan peran sebagai pekerja dan mahasiswa sekaligus? Mencari pekerjaan freelance saat menjadi mahasiswa kelas reguler pada dasarnya masih cukup memungkinkan. Cara mendaftar kuliah sambil kerja yang cukup efektif adalah mendaftar kelas karyawan.

Ada banyak universitas yang membuka kelas karyawan. Kelas karyawan ini biasanya untuk memfasilitasi para pekerja yang ingin meningkatkan daya saing. Kuliah, menyerap sebanyak-banyaknya ilmu, mendapat gelar (ijazah perguruan tinggi), kemudian bisa membantu meningkatkan karir.

Kelas karyawan ada beberapa jenis. Ada yang jadwalnya reguler, dilaksanakan pada weekday selepas jam pulang kantor. Ada yang dilaksanakan hanya pada weekend tapi full day. Saat ini bahkan ada beberapa kampus yang menyediakan program online learning, jadi bisa kuliah secara online.

Program kelas karyawan memang didesain untuk kamu yang bekerja Nine To Five setiap hari. Dengan masuk ke program ini, kamu bisa lebih mudah dalam membagi fokus antara kuliah dan bekerja. Treatment yang diberikan pada mahasiswa kelas karyawan juga akan menyesuaikan keadaan.

2. Mencari Kerja Shift Sore-Malam (Untuk Mahasiswa Kelas Reguler)

Sebagai mahasiswa kelas reguler, harus ada penyesuaian lebih untuk bisa kuliah sambil bekerja. Pasalnya, jadwal kuliah akan lebih padat dan dilaksanakan pada pagi sampai sore hari. Padahal, kebanyakan pekerjaan dilakukan ketika pagi hingga sore hari juga.

Jika benar-benar niat ingin bekerja, kamu harus bisa menemukan pekerjaan yang dilakukan selepas jam kuliah (sore-malam). Beberapa jenis pekerjaan yang memungkinkan untuk dilakukan adalah menjadi pelayan cafe, pegawai warkop, penjaga warnet, penjaga toko, ojek online, guru les private, dll.

Kamu juga harus mengkomunikasikan pada bos tempatmu bekerja mengenai statusmu yang adalah mahasiswa. Setidaknya pemilik usaha bisa mengerti kondisimu dan syukur-syukur bisa memberikan pemakluman jika sewaktu-waktu harus izin untuk tugas kuliah.

3. Mencari Pekerjaan Online

Saat ini dunia digital sudah berkembang. Pinters harus pandai memanfaatkan teknologi digital yang ada sekarang untuk menghasilkan uang. Jangan cuma sekedar bermain-main.

Ada beberapa jenis pekerjaan yang memungkinkan untuk dikerjakan secara remote (dikerjakan online, dirumah saja). Salah satu yang cukup banyak populer adalah pekerjaan sebagai penulis lepas. Ada banyak agency kepenulisan yang butuh penulis lepas, jika merasa cukup mumpuni, kamu bisa mendaftarkan diri.

Selain itu, masih ada cara lain yang bisa dilakukan. Kamu bisa mendaftar di situs marketplace jasa freelance. Kamu bisa memasarkan jasa sesuai keahlianmu, misalnya jasa desain, jasa edit video, jasa menulis, dll.

4. Menjalankan Bisnis Sendiri

Jika Pinters hobi mengambil resiko, hal ini bisa dilakukan. Jika memang tidak memiliki modal, sebenarnya ada juga bisnis yang bisa kamu lakukan tanpa modal. Yang jelas, menjalankan bisnis tidak menjanjikan pendapatan pasti.

Mengacu pada tren digital, bisnis yang cukup populer dilakukan mahasiswa adalah membuka online shop sendiri. Kamu bisa melakukan variasi dari segi produk dan pendekatan marketing.

Baca Juga : Jenis Jurusan Kuliah dan Pekerjaannya yang Perlu Kamu Ketahui

Tips Menjadi Mahasiswa sambil Bekerja

tips kuliah sambil kerja

Kuliah sambil kerja bukanlah perkara sederhana karena Pinters akan menanggung beban ganda. Kamu harus punya cara efektif kuliah sambil kerja. Kamu harus mencari cara belajar kuliah sambil kerja agar keduanya tetap berjalan dengan optimal.

Ada beberapa tips yang bisa Pinters terapkan saat sudah mulai kuliah sambil kerja, yaitu:

1. Ingat Kembali Komitmen

Jangan sampai kamu melupakan komitmen. Biasanya waktu sudah terbiasa pegang uang, kuliah sedikit demi sedikit bakal mulai diabaikan. Ingatlah kembali komitmen di awal bahwa kamu ingin kuliah untuk mengenyam pendidikan yang baik dan bekerja untuk membantu menopang biaya kuliah.

2. Prioritaskan Kuliah dan Bekerja

Jika kamu sudah komitmen untuk kuliah dan bekerja, sebaiknya hal-hal yang tidak terlalu penting bisa kamu skip. Fokuslah pada kepentingan kuliah dan pekerjaan. Kamu juga harus sedikit mengorbankan jam tidur, waktu liburan, waktu nongkrong dll.

3. Bijak Mengatur Waktu

Memutuskan kuliah sambil kerja adalah komitmen berat. Manajemen waktu menjadi masalah utama. Kamu harus punya cara mengatur kuliah sambil kerja yang efisien.

Aturlah dengan baik kapan kamu harus kuliah, kapan bisa belajar, kapan harus fokus bekerja, kapan bisa nongkrong, dan kapan harus istirahat. Jika perlu, kamu bisa membuat jadwal harian terkait pembagian waktu ini. Jadi, waktu yang kamu punya bisa digunakan dengan efektif.

4. Tetap Kembangkan Diri

Saat kuliah sambil kerja, fokusmu pasti akan tersita. Namun, jangan sampai kamu lupa untuk mengembangkan diri dan upgrade skill. Manfaatkan internet untuk berbagai hal yang bisa mengembangkan dirimu.

Kamu bisa mendengarkan podcast inspiratif saat jam makan siang. Kamu bisa membaca literatur saat ada waktu senggang. Sharinglah juga dengan orang-orang yang bisa memberi insight baru dan mendorong pengembangan dirimu.

Biaya kuliah memang cukup memusingkan, tapi bukan berarti masalah tersebut tidak bisa diatasi. Nyatanya menjadi mahasiswa sekaligus pekerja cukup mungkin dilakukan. Selain itu, kamu masih punya opsi untuk melakukan pinjaman pendidikan.

Pintek siap membantumu memberikan pinjaman pendidikan. Biaya kuliah kamu akan dilunasi oleh Pintek dengan dana pinjaman tersebut. Kamu tinggal membayarnya dengan cara dicicil setelah mendapatkan gaji bulanan.

Itu dia ulasan tentang cara kuliah sambil kerja berikut tips saat melakukannya. Jika biaya kuliah masih terasa memberatkan, opsi pinjaman pendidikan dari Pintek bisa cukup membantu. Kamu bisa mengeluarkan biaya ringan, hati ringan dan masalah pendanaan tidak lagi terlalu memusingkan.

Artikel Terkait

Back to top button