Pendidikan

Strategi Jitu Mendirikan Bisnis Les Privat di Masa Pandemi!

Membuka bisnis les privat menjadi salah satu jenis usaha yang cukup menguntungkan, apalagi tuntutan pendidikan semakin tinggi, sehingga banyak pelajar yang membutuhkan bimbingan tambahan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka.

Meski begitu, mendirikan bisnis privat di masa pandemi mungkin perlu sedikit strategi dan metode yang tepat agar bisa tepat sasaran. Melihat banyaknya penyedia jasa privat membuat tingkat persaingan usaha les privat menjadi cukup tinggi.

Meski demikian, prospek bisnis les pirvat masih menjanjikan, apalagi jika bisnis jasa yang ditawarkan memiliki konsep yang matang dan sesuai dengan kebutuhan pasar. Oleh karena itu, Pintek ingin berbagi beberapa tips mendirikan les privat di masa pandemi. 

Langkah-langkah mendirikan les privat

Langkah-langkah mendirikan les privat

Agar bisnis les privat yang kamu jalankan dapat efektif dan tetap menguntungkan di masa pandemi. Berikut tahapan yang dapat kamu lakukan.

1. Menentukan konsep sesuai segmentasi pasar yang dituju

Menentukan konsep sesuai segmentasi pasar yang dituju

Banyaknya program studi membuat kamu harus menentukan mata pelajaran tertentu yang akan dijadikan bahan ajaran les privat. Oleh sebab itu, sebelum membuka les privat atau bimbel ada baiknya kamu tentukan terlebih dahulu konsep apa yang ingin dibawa.

Pastikan kamu memilih mata pelajaran tertentu atau khusus agar target pasar menjadi lebih jelas. Apakah usaha les privat atau bimbel yang ingin kamu buka khusus pelajar Sekolah Dasar, remaja SMP, SMA atau pekerja.

Agar bisa lebih mudah menentukan segmentasi pasar yang dituju, kamu bisa melakukan sedikit riset pasar.

Melakukan riset pasar menjadi salah satu langkah wajib yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis. Metode riset sendiri bertujuan untuk menentukan segmentasi pasar atau siapa konsumen bisnis yang kamu jalankan. 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu bisa menentukan target pasar berdasarkan tingkat pendidikan konsumen.

Misalnya konsumen yang berasal dari sekolah dasar tentunya memiliki bahan ajaran yang berbeda dari siswa SMP ataupun SMA. Pendidik bisa lebih fokus mendidik para peserta didik dan memahami betul apa yang ingin disampaikan sehingga proses pembelajaran menjadi efektif. 

Baca Juga: 8 Langkah Memilih Guru Les Privat Untuk Persiapan SBMPTN

2. Menentukan cara penyediaan jasa les

Menentukan cara penyediaan jasa les

Umumnya les privat atau bimbel dilakukan secara tatap muka, baik dalam fokus grup kecil yang biasa dilakukan di rumah atau grup besar yang dilaksanakan di ruangan kelas.

Namun, melihat kondisi pandemi saat ini konsep les tatap muka sepertinya bukan menjadi pilihan yang tepat. Oleh karena itu kamu perlu mempertimbangkan bisnis les privat secara online

Menyediakan jasa les privat online tentunya akan berbeda dari jasa les privat konvensional. Di mana tenaga pengajar dan pelajar hanya akan berkomunikasi dua arah melalui platform online yang tersedia. Melalui teknologi saat ini peluang untuk membuka bisnis online semakin mudah untuk direalisasikan. 

Seperti yang kamu sudah ketahui bahwa bisnis online saat ini sudah merambah ke berbagai faktor usaha, mulai dari toko sampai bimbingan belajar bisa dilakukan secara online karena kecanggihan teknologi yang semakin memadai.

Oleh karenanya, membuka usaha les privat online bisa jadi salah satu konsep yang bisa kamu lakukan. 

3. Menciptakan brand image

Menciptakan brand image

Perlu adanya konsep yang matang sebelum menjalankan bisnis, bahkan untuk les privat sekali pun. Dengan konsep yang matang dan perencanaan yang rapi kamu bisa menjalankan bisnis dengan lebih nyaman, di mana produk jasa yang ditawarkan tepat sasaran.

Namun membuat sebuah konsep itu tentunya tidak mudah, kamu harus membangun sebuah brand image agar konsumen mengerti tentang produk yang kamu berikan. Dengan kata lain, konsumen jadi memiliki alasan untuk memilih jasa privat yang kamu jalankan. 

4. Mempersiapkan SDM yang sesuai

Mempersiapkan SDM yang sesuai 

Setelah konsep dan perencanaan bisnis sudah matang, langkah selanjutnya yang harus dilakukan ialah mencari sumber daya pengajar yang tepat.

Jika berbicara soal SDM, maka umumnya kualitas sangat menjamin kelancaraan bisnis. Namun pada segi pendidikan, tenaga kerja pembibing tentunya harus tepat dengan lini ajar yang kamu jalankan. 

Mencari seorang pembibing memang tidak mudah namun kamu bisa mencari kandidat yang memiliki motivasi diri untuk mengajar dan dapat menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan sehingga peserta didik pun bisa lebih nyaman untuk belajar meningkatkan pengetahuian dan keterampilan. 

Setelah itu kompetensi menjadi kunci kamu untuk bisa menyediakan jasa dan produk ajaran yang sesuai dengan standar keilmuan saat ini.

Baca Juga: Bimbingan Belajar Dapat Membantu Anak Lebih Cerdas, Benarkah?

Agar lebih mudah mencari tenaga kerja pembimbing kamu bisa mencarinya dari sekolah-sekolah ternama atau kampus. Lingkaran alumni juga bisa memudahkan kamu untuk mencari tenaga kerja. 

Menjalankan bisnis les privat adalah sebuah peluang yang baik sekaligus tantangan. Tidak bisa dipungkiri, seiring berjalannya bisnis akan ada masalah-masalah yang timbul, salah satunya adalah masalah finansial. Setiap bisnis tentunya memiliki kebutuhan pembiayaan yang tidak sedikit. 

Perlu adanya adjustment keuangan yang baik agar kelancaran bisnis tidak terhambat. Oleh karena itu Pintek menyediakan pinjaman modal kerja untuk pengembangan usaha, stok inventaris atau kebutuhan operasional. 

Pinjaman modal kerja dari Pintek ini berfokus pada pengembangan, perbaikan, dan penambahan fasilitas pendidikan agar lebih optimal.

Kamu bisa dengan mudah mendapatkan pinjaman modal kerja di portal Pintek di pintek.id. Pada laman portal kamu bisa menuju menu Pintek Institutions lalu klik menu Pinjaman Modal Kerja untuk mendapatkan seluruh informasi trakit cara pendaftaran dan sistem cicilan. 

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai pinjaman modal kerja di Pintek, kamu dapat langsung mengunjungi situs resmi Pintek atau DiskusiPintek. Kamu juga dapat menghubungi Pintek melalui email di customercare@pintek.id atau nomor telepon dan WhatsApp di 021-50884607.

Artikel Terkait

Back to top button