Setelah Lolos SBMPTN Apa Hal yang Perlu Lakukan? Ini Langkahnya

Selamat buat Pinters yang sudah dinyatakan lolos SBMPTN ya. Apakah perjuangan sudah selesai? Tentu saja belum, ini jadi langkah awal perjuangan kamu selanjutnya untuk memasuki status sebagai mahasiswa. 

Bukan sekadar berganti busana dari seragam abu-abu ke pakaian bebas, ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan baik oleh parent Pinters yang budiman ataupun oleh mahasiswa sendiri.

Informasi kelulusan SBMPTN yang biasanya bisa Pinters lihat di internet bisa dilanjutkan lagi dengan tahapan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Cek Persyaratan Daftar Ulang

Hal pertama yang akan kamu lakukan setelah mendapatkan informasi kelulusan adalah proses pendaftaran ulang sebagai mahasiswa. Nah, sebelum itu perlu dicek lebih dulu apa saja syarat daftar ulang mahasiswa baru yang diminta oleh Universitas tempat kamu diterima. Informasi ini biasanya ada di laman resmi kampus.

Bawa semua persyaratan yang diminta, apalagi jika kamu berasal dari luar daerah, jangan sampai repot karena masalah berkas yang tidak lengkap.

2. Proses Daftar Ulang

Pendaftaran ulang di kampus terkait ini adalah tahapan penting yang harus dilakukan. Jika calon mahasiswa tidak melakukan pendaftaran ulang maka besar kemungkinan namanya akan dicoret dari daftar peserta yang lolos.

Biasanya diberikan waktu tertentu oleh pihak kampus untuk melakukan pendaftaran ulang dengan membawa berkas persyaratan yang diminta.

3. Pengecekan Kesehatan

Dalam proses daftar ulang biasanya dilakukan pengecekan kesehatan calon mahasiswa melalui tes urine. Pengecekan apakah yang bersangkutan bebas dari narkoba dan sejenisnya atau tidak yang akan memberikan pengaruh terhadap nama baik kampus terkait. 

Pengecekan ini dilakukan secara khusus sesuai dengan aturan kampus masing-masing.

4. Pelunasan Biaya Pendidikan

Biaya masuk perguruan tinggi ini menjadi hal penting yang perlu Pinters ketahui. Salah satu syarat diterimanya calon mahasiswa setelah dinyatakan lulus adalah melunasi biaya pendidikan sesuai dengan fakultas dan jurusan yang dipilih.

Beberapa kampus memberikan keringanan berupa pengangsuran secara bertahap biaya pendidikan yang diminta. Dari jumlah total biaya, biasanya bisa dicicil beberapa kali sesuai dengan kebijakan kampus masing-masing.

5. Orientasi Mahasiswa Baru

Kegiatan selanjutnya yang harus diikuti mahasiswa setelah melunasi uang pangkal kuliah, uang spp kuliah, dan sebagainya adalah mengikuti orientasi yang diselenggarakan secara resmi oleh pihak rektorat maupun fakultas.

Kegiatan orientasi yang resmi diadakan oleh rektorat maupun fakultas cukup penting diikuti untuk memudahkan Pinters mengenali lingkungan kampus yang baru. Kegiatan ini biasanya semacam kuliah umum, bukan kegiatan plonco seperti yang banyak ditakutkan oleh mahasiswa baru.

Pinters bisa cek rangkaian acara yang biasanya diinformasikan di buku panduan atau laman informasi resmi kampus. Mengenali kondisi kampus sangat penting untuk mempercepat pengetahuan dan informasi kamu di tempat yang baru.

Biasanya pihak lembaga mahasiswa juga akan mengambil momen ini untuk melakukan orientasi pengenalan lembaganya kepada mahasiswa baru. Dalam hal ini jika kamu ingin mengikuti kegiatan ini perlu memperhatikan hal berikut:

  • Keamanan dan keselamatan kegiatan yang diselenggarakan
  • Lihat lembaganya apakah sesuai dengan karakter Pinters atau tidak
  • Hindari aktivitas orientasi yang jauh dari kampus atau kegiatan yang tidak produktif.
  • Tanyakan kepada senior lembaga mahasiswa mana yang bagus untuk diikuti

Baca Juga : Cari Tahu Gimana Kegiatan Mahasiswa Baru di Masa Pandemi

Masalah Biaya Pendidikan Mahal dan Solusinya

pinjaman dana kuliah

Beberapa tahapan di atas biasanya yang akan menimbulkan masalah bagi Pinters yang terkendala dari segi ekonomi adalah pada tahapan pelunasan biaya pendidikan yang lumayan mahal. Terlebih lagi jika masuk di kampus swasta dengan biaya yang selangit. Kuliah melalui jalur mandiri di jurusan tertentu yang pasti biayanya sangat WoW.

Apapun itu, demi pendidikan yang diinginkan, Pinters tetap harus mengupayakannya bukan? Investasi di dunia pendidikan adalah hal penting yang akan terasa manfaatnya sepanjang masa. 

Masalah tentang biaya pendidikan yang biasa dialami oleh mahasiswa kebanyakan adalah:

  • Tidak memiliki biaya sama sekali untuk membayar biaya masuk perguruan tinggi yang cukup mahal
  • Tidak mampu melunasi cicilan yang sudah dilakukan karena keterbatasan biaya
  • Masalah tunggakan SPP beberapa semester karena terkendala biaya
  • Terlambat membayar biaya pendidikan atau SPP yang menyebabkan sanksi tertentu.

Masalah biaya pendidikan ini biasanya dialami baik oleh mahasiswa baru atau lama. Mereka yang mau kuliah dengan perjuangan yang sungguh-sungguh akan berjuang keras di tahapan pelunasan biaya pendidikan.

Lalu bagaimana solusinya? Pinters perlu mengetahui tentang adanya layanan dari lembaga penyedia dana pendidikan seperti Pintek yang dapat menjadi solusi untuk masalah biaya pendidikan.

Pintek, Solusi Masalah Biaya Pendidikan Terbaik dan Solutif

jurusan ipa

Pinters yang mengalami masalah biaya pendidikan pada saat setelah lolos SBMPTN, Pintek menawarkan solusi terbaik untuk biaya pendidikan kamu.

Pintek menyediakan pinjaman dana pendidikan untuk mahasiswa dengan keunggulan sebagai berikut:

  • Syarat pinjaman yang mudah dan proses persetujuan yang lebih cepat
  • Jumlah pinjaman yang ditawarkan sangat membantu biaya pendidikan yang dibutuhkan
  • Proses pengajuan lebih mudah dengan biaya administrasi yang relatif kecil
  • Jumlah bunga pinjaman relatif kecil sehingga cukup menguntungkan untuk dipakai sebagai pinjaman pendidikan.

Kami adalah lembaga keuangan yang secara resmi berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga Pinters tak perlu khawatir jika bertransaksi dan mengajukan pinjaman di Pintek.

Solusi cerdas untuk masalah biaya pendidikan yang mahal adalah Pintek. Kami menyadari bahwa pendidikan bagian dari kebutuhan dasar manusia yang harus diperjuangkan. Jika banyak orang rela mengajukan pinjaman untuk membeli mobil, rumah dan sebagainya, mengapa tidak untuk biaya pendidikan?

Jangan sampai informasi lolos SBMPTN Pinters menjadi kabar kesedihan hanya karena alasan uang pendidikan yang tak bisa dilunasi. Pintek selalu hadir untuk membantu.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *