mahasiswa kreatif

Mahasiswa saat ini tidak hanya berfokus mengejar masa depan, namun juga harus bisa memiliki penghasilan sendiri. Tidak banyak mahasiswa yang bisa berpikir sejauh itu. Sebenarnya, ada banyak peluang kerja yang bisa digeluti oleh mahasiswa kreatif.

Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh mahasiwa adalah modal. Padahal, kamu tidak perlu memikirkan hal itu. Sebab, kamu bisa melakukan apa saja di era digital seperti sekarang ini.

Mahasiswa kreatif inovatif dan berkarakter harus berani membuka usaha sampingan sambil kuliah. Dengan adanya kreativitas, maka kamu bisa menggali potensi lebih untuk memulai sebuah usaha yang bakal berkembang di masa mendatang.

Berikut ini adalah ide bisnis kreatif mahasiswa yang bisa kamu coba untuk menggali potensimu:

1. Menjadi Tutor Online

Profesi tutor online sudah banyak dilakukan oleh mahasiswa yang masih aktif kuliah. Pekerjaan ini sebetulnya cukup menguras waktu jika dilakukan di tempat dan waktu yang berbeda.

Namun, tutor online menjadi salah satu peluang usaha kreatif yang sesuai dengan kondisi saat ini. Sebab, hampir semua orang menggunakan gadget dan internet. Jika kamu menjadi tutor online, tentunya bisa mengatur beberapa kelas atau siswa berbeda dalam satu tempat tanpa harus merogoh kocek lebih.

2. Influencer

Saat ini, industri endorsement cukup berkembang pesat. Jika dilihat, banyak pelajar hingga mahasiswa yang menggeluti bidang influencer. Untuk menjadi seorang influencer, mahasiswa harus kreatif dalam memberikan informasi untuk mengedukasi masyarakat.

Influencer juga menjadi salah satu bisnis yang bisa menghasilkan uang jajan tambahan. Kamu hanya cukup memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Jika followers media sosialmu sudah banyak, maka bisa memanfaatkan jasa endorsement kepada para pemilik produk. Untuk satu kali posting produk, kamu bisa memperoleh sekitar Rp200.000 hingga Rp1.000.000.

3. YouTuber

Selain menjadi wadah pencarian informasi, internet untuk membuka peluang bisnis bagi para penggunanya. Kamu bisa menjadi seorang YouTuber untuk membuat berbagai konten yang menarik dan mengedukasi.

Jika kontenmu bagus, maka ada banyak viewers yang secara tidak langsung membantu kamu untuk mendapatkan iklan atau review. Kamu bisa memulainya dengan memahami topik yang disukai oleh banyak orang.

4. Penulis Artikel Online

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini menulis tidak hanya dilakukan di atas kertas. Menjadi penulis artikel online adalah salah satu kegiatan kreatif mahasiswa.

Hanya dengan bermodalkan laptop dan internet, kamu sudah bisa menjadi penulis artikel online. Dengan begitu, kreativitasmu akan semakin terasah dan mendapatkan pengalaman.

5. Web Design

Bagi Pinters yang kuliah di jurusan DKV atau Sistem Informasi (SI), tentunya sudah tidak asing lagi dengan web design. Namun, mahasiswa dari jurusan lainnya juga bisa menjadi seorang web designer.

Profesi ini bisa mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Hal itu dikarenakan banyak perusahaan yang membutuhkan jasa web design untuk mempercantik tampilan situsnya. Web design pun bisa dipelajari secara otodidak tanpa harus mengikuti kursus.

6. Makeup Artist

Jika kamu memiliki bakat makeup, jangan sampai menyia-nyiakannya. Sebab, profesi ini sangat dibutuhkan oleh banyak orang untuk berbagai acara penting. Salah satunya adalah pernikahan.

Menjadi mahasiswa kreatif memang tidak mudah, tetapi tidak ada salahnya untuk mengasah kemampuanmu sendiri. Kamu bisa memulainya dengan mendandani temanmu untuk acara wisuda atau lamaran.

Meskipun kamu harus mengeluarkan modal untuk membeli perlengkapan, namun kamu dapat memiliki portofolio agar dipercayai oleh banyak orang.

7. Pemandu Wisata

Pemandu wisata atau tour guide menjadi salah profesi yang tidak boleh dilewatkan. Apalagi, jika tempat tinggalmu dekat dengan tempat wisata. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari profesi ini.

Seperti yang kita ketahui, industri pariwisata di Indonesia semakin berkembang dengan jumlah pengunjung yang meningkat. Tentunya, peluang ini cocok bagi kamu yang suka dengan dunia wisata.

Kamu bisa memulainya dengan menawarkan jasa tour guide melalui media sosial atau website. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan wisatawan dan menjadi ladang penghasilan tambahan.

Profesi pemandu wisata bisa dilakukan oleh mahasiswa dari jurusan manapun. Artinya, profesi ini menjadi contoh usaha kreatif mahasiswa.

Baca Juga : Pekerjaan Sampingan Sabtu Minggu untuk Menambah Penghasilan

Cara Menjadi Mahasiswa Kreatif

mahasiswa kreatif dan inovatif

Berikut ini adalah beberapa cara untuk membangung bisnis buat mahasiswa kreatif:

1. Berinteraksi dengan Banyak Orang

Hal ini memang terdengar sederhana, namun kamu bisa mengembangkan kreativitasmu dengan berinteraksi oleh banyak orang. Kamu dapat bertemu dengan berbagai komunitas dari latar belakang yang berbeda.

Contohnya, membuka kedai jajanan tradisional dengan konsep kekinian. Selain itu, makanan yang kamu sajikan belum banyak dikenal oleh orang-orang.

2. Mengikuti Kursus di Bidang Kreatif

Kamu dapat mengikuti kursus untuk mengembangkan kreativitasmu. Misalnya, kamu mengambil kursus edit video, desain hingga musik. Apapun kursus yang kamu ikuti, cara berpikir dan pendekatannya dapat diterapkan dalam pekerjaan di masa mendatang.

Selain itu, kamu dikelilingi oleh banyak orang dari berbagai tujuan dan ikut mengembangan kreativitas mereka. Kamu juga bisa belajar dari rekan lainnya dan melakukan evaluasi kerja agar mendapatkan ide baru.

3. Membangun Bisnis Startup

Industri kreatif di Indonesia sedang mengalami perkembangan yang pesat. Jika ingin membangun bisnis startup, maka ini adalah kesempatan besar yang harus dicoba.

Jika kamu memiliki ide yang berdampak positif bagi lingkungan, segeralah membangun bisnis startup dan menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Buat para Pinters yang membutuhkan tambahan biaya kuliah, maka bisa mengajukan pinjaman dana ke lembaga Pintek.

Lembaga financial technology ini menyesuaikan pinjaman dana dengan kebutuhan, penghasilan, dan kemampuanmu dalam membayar cicilannya. Selain itu, kamu bisa membayar cicilannya sambil bekerja.

Sebagai seorang mahasiswa kreatif, kamu harus memiliki ide dan kemampuan lebih untuk melihat peluang kerja yang ada. Semuanya bisa dilakukan jika kamu memiliki niat dan tujuan. Nantinya, kamu bisa memulai bisnis sampingan dan menciptakan lapangan pekerjaan baru.