Marketing Mix 7p dan Contohnya

Marketing Mix 7p dan Contohnya Bauran Pemasaran 7P, Pemasaran adalah ilmu yang sangat terkenal di bidang pemasaran. Jika mempelajari lebih dalam tentang pemasaran, maka bauran pemasaran merupakan ilmu penting yang harus diketahui. Bauran pemasaran berbicara tentang langkah-langkah dan strategi yang digunakan merek atau produk. Awalnya kita mengenal bauran pemasaran 4P yaitu Harga, Tempat, Produk, dan Promosi.

Pengertian Marketing Mix 7p?

Saat ini, teori baru yang disebut 7P sedang dikenali. Apa itu 7P?, 7P dalam bauran pemasaran pada dasarnya merupakan perpanjangan dari teori 4P. Pada artikel singkat ini, kita akan membahas bauran pemasaran secara keseluruhan. Mulai dari pemahaman bauran pemasaran itu sendiri, hingga penjabaran 7P yang menjadi poin-poin bauran pemasaran. Dan untuk definisi Marketing Mix 7p bisa anda lihat di atas ini.

Baca Juga : Pasar Persaingan Sempurna dan Kelebihannya, Pengusaha Wajib Tahu!

Memahami Bauran Pemasaran

Seperti disebutkan sebelumnya, bauran pemasaran berbicara tentang langkah-langkah dan strategi yang digunakan merek atau produk. Jika didefinisikan secara teoritis, bauran pemasaran dapat diartikan sebagai berikut:

Berdasarkan teori tersebut dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran merupakan strategi pemasaran yang dilaksanakan secara terintegrasi untuk mencapai target pemasaran. Dengan menerapkan poin-poin dalam bauran pemasaran diharapkan perusahaan dapat menghasilkan respon yang diinginkan di pasar sasaran.

Bauran Pemasaran 7P

Bauran pemasaran 7P adalah perangkat pemasaran taktis yang terdiri dari: Produk, Harga, Tempat, Promosi, Orang, dan Proses. Berikut penjelasan dari masing-masing poin bauran pemasaran 7P:

  1. Harga

Promosi adalah bagian dari bauran pemasaran Huruf pertama “P” yang akan kita bahas adalah Price. Harga yang dimaksud disini adalah berapa uang atau jumlah pembayaran yang harus dibayar konsumen untuk mendapatkan produk yang ditawarkan. Sangat penting untuk mempertimbangkan harga karena konsumen akan membeli produk anda jika produk tersebut “worth it” dari segi pengorbanan (uang dan waktu) serta manfaat apa yang didapat konsumen dari produk tersebut.

  1. Produk

Produk yang dimaksud disini tidak selalu berupa barang yang memiliki bentuk fisik. Jadi, produk ini bisa berupa barang atau jasa yang ditawarkan. Produk harus sesuai dengan harapan konsumen. Produk yang andal dapat memuaskan konsumen dan memungkinkan pembelian kembali. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kualitas produk yang ditawarkan kepada konsumen.

  1. Tempat

Tempat merupakan bagian penting yang menentukan berhasil tidaknya kegiatan pemasaran. Menentukan tempat yang tepat untuk menjual produk sangat penting untuk meningkatkan pembelian. karena tempat ini merupakan tempat yang potensial untuk menjual produknya. Konsumen sudah mengetahui bahwa membeli kosmetik di sana memiliki banyak pilihan dan variasi.

Baca Juga : Beberapa Contoh Bisnis Plan Yang Baik dan Benar, Pengusaha Wajib Tahu!

Tentunya mengikuti kompetisi merupakan salah satu pilihan terbaik dibandingkan berpindah ke tempat lain yang masih belum mengetahui seberapa besar potensi yang dimilikinya. Tempat tidak hanya berbicara tentang di mana Anda harus menjual produk. Tetapi juga pertimbangkan saluran distribusi terbaik untuk mengirimkan produk. Distributor A vs Distributor B, Saluran A vs Saluran B, bahkan Marketplace A vs Marketplace B.

  1. Promosi 

Meski sudah memiliki tempat, harga, dan produk yang tepat, namun tidak akan maksimal jika produk Anda tidak dikenal orang. Disinilah promosi berperan sebagai bauran pemasaran untuk mencapai target pemasaran. Promosi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bisa di atas garis (ATL), garis bawah (BTL), atau lewat jalur (TTL). Setiap bagian dari promosi memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui saluran promosi mana yang sesuai dengan target pasar kita.

  1. People 

Masuknya orang ke dalam salah satu komponen bauran pemasaran menunjukkan betapa pentingnya sumber daya manusia bagi kelangsungan usaha. Bukan rahasia lagi bahwa perusahaan yang berkelanjutan diikuti oleh sumber daya manusia yang kuat.

Para pebisnis menyadari hal ini bahkan tingginya minat perusahaan untuk merekrut karyawan yang berkualitas. Tak hanya berupaya keras dalam mencari karyawan berkualitas. Perusahaan juga memberikan kenyamanan bagi karyawan karyawan terbaik agar betah dan tetap produktif dalam bekerja yaitu bisa dilihat dibawah ini.

  1. Menyediakan pelatihan-pelatihan yang menunjang pengetahuan karyawan.
  2. Mengapresiasi apresiasi-yang telah dilakukan karyawan.
  3. Berperilaku adil terhadap karyawan dan sebagai berikut.
  4. Perusahaan akan mendapat loyalitas dan totalitas dari karyawannya. Selain itu, pengelolaan karyawan yang baik dapat membangun budaya kerja yang positif dan meningkatkan kerjasama antar karyawan.
  1. Kemasan

Packaging atau kemasan ini menjelaskan tentang bagaimana menyajikan produk kita ke pasaran atau konsumen. Kualitas produk memang penting. Namun, ingatlah bahwa kesan pertama di mata konsumen adalah kemasan atau kemasan produk tersebut. Kualitas produk dibuat sebaik mungkin untuk menarik konsumen. Pada produk semacam ini, kemasan dapat berupa tampilan UI atau UX, tampilan aplikasi, maupun kecepatan situs. Kemasan menjadi sangat penting untuk diperhatikan.

  1. Proses

Pada produsen susu kemasan misalnya. Baik oleh tim produksi maupun kontrol kualitas. Proses pelaksanaan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan tenaga manusia, atau mesin, atau kombinasi,Hal tersebut adalah SOP yang berjalannya proses di dalam perusahaan.

Contoh Marketing Mix 7p?

Agar lebih memahami tentang bauran pemasaran, saya akan menjelaskan contoh bauran pemasaran 7P secara sederhana, yaitu sebagai berikut:

Detail Produk

  1. Merek: Indomie
  2. Produk: Makanan
  3. Target Pasar: SES B, karyawan, pelajar, kolega,Bauran Pemasaran Indomie
  4. Harga: Indomie menjual produknya dengan rentang harga 2.500 – 5.000. Harga ini cukup bersaing dengan merek lain yang memiliki pasar sasaran yang sama.
  5. Produk: Meskipun memiliki target pasar yang sama, Indomie mencoba memiliki brand awareness yang lebih baik.
  6. Promosi: Promosi Indomie menggunakan media TV dalam waktu prime time. Hal tersebut karena manajemen karyawan yang diterapkan dengan baik.
  7. Proses: adanya SOP yang tegas dan tepat membuat pelaksanaan produksi Indomie lancar dan berhasil mencapai target.

Bauran Pemasaran

Bauran Pemasaran adalah strategi yang digunakan dalam kesuksesan perusahaan dalam mengejar keuntungan atau keuntungan yang maksimal. Model ini pertama kali dirancang oleh Neil Borden pada tahun 1964 dan telah mengalami beberapa kali perkembangan pada model tersebut.

Pada tahun 1968, Jerome McCarthy menyederhanakan model Bauran Pemasaran sebelumnya menjadi Produk, Harga, Tempat, dan Promosi, yang dikenal sebagai model 4P. Kemudian Booms & Bitner pada tahun 1981 melakukan pengembangan lain menjadi produk, harga, proses, promosi, bukti fisik, tempat dan orang-orang dalam merespon perkembangan trend dunia bisnis saat itu.

Telah banyak perkembangan dari strategi ini hingga saat ini, namun konsep 4P dan 7P masih menjadi konsep yang populer dan digunakan sebagai acuan dalam bisnis korporat dan dalam bidang studi akademik.

Perbedaan antara Bauran Pemasaran 4P dan 7P

Jika anda ingin tau Perbedaan antara konsep 4P dan 7P cukup terlihat dari elemen-elemen yang terlibat. Jika 4P hanya melibatkan produk, harga, tempat, dan promosi, maka 7P menambahkan bukti fisik, proses, dan orang. Meskipun ada 4P untuk memperjelas bauran penjualan yang strategis, 7P dibuat lebih dalam untuk analisis kondisi pasar yang jauh lebih dalam.

Kombinasi dalam 7P berguna untuk memenuhi kebutuhan, keinginan, dan kepuasan klien dengan mengacu pada lingkungan pasar eksternal dan internal. Demikian penjelasan tentang marketing mix 7p dan contohnya semoga bermanfaat, terima kasih.