Member BTS

Pembahasan mengenai member BTS memang selalu menarik perhatian, terutama bagi para ARMY yaitu sebutan untuk penggemar boyband asal Korea Selatan tersebut.

Memiliki segudang kesibukan di dunia hiburan ternyata tak membuat member BTS melupakan pendidikannya lho. Bukan hanya mengenyam pendidikan sarjana atau S1, beberapa anggota diketahui tengah menekuni pendidikan di jenjang S2..

Melansir dari Soompi, enam anggota BTS terdaftar di Hanyang Cyber University untuk program Magister Administrasi Bisnis (MBA). Sebelumnya di tahun 2017, Jin BTS mendaftar di sekolah pascasarjana di universitas yang sama.

Beberapa member BTS yang diketahui tengah menjalani kegiatan kuliah di sela aktivitasnya di dunia hiburan yaitu RM, Suga, J-Hope, Jimin, Jin, dan V.

Baca Juga: 5 Artis Korea dengan Biaya Pendidikan Termahal, Ada yang Mencapai Rp 3,7 Miliar!

Member BTS mendapat dukungan dari perusahaan

Member BTS mendapat dukungan dari perusahaan
Source image: Instagram @bts.bighitofficial

Meskipun BTS kini tengah naik daun di industri musik, tapi pendidikan tetap menjadi hal penting bagi seluruh member.

Beruntungnya, perusahaan entertainment atau manajemen yang menaunginya memberikan dukungan penuh untuk para member BTS yang ingin melanjutkan studi akademik.

Selain itu, anggota BTS juga memandang bahwa pendidikan formal sangat penting untuk pertumbuhan dan pemenuhan diri karena industri hiburan dinilai tidak sestabil pekerja di industri lainnya.

Salah satunya adalah Jin BTS yang menyelesaikan program sarjana di prodi Akting dan Seni, Departemen Film dan Seni Visual, Universitas Konkuk pada 2017 dan melanjutkan pendidikan S2 di Hanyang Cyber University.

Selain itu, Jin, RM, Suga, Jimin, J-Hope, dan V juga melanjutkan kuliah S2 di Hanyang Cyber University. Kelimanya mengambil program MBA Advertising and Media.

Sebelumnya, lima member BTS ini berkuliah di program S1 jurusan Broadcasting & Entertainment, Global Cyber University. Adapun Jungkook, maknae atau member termuda BTS, kini mengikuti jejak kakak-kakaknya dengan berkuliah di jurusan dan kampus yang sama.

Sekilas tentang Hanyang Cyber University

Sekilas tentang Hanyang Cyber University
Source image: website hycu.ac.kr

Seperti diketahui kalau Hanyang Cyber University merupakan salah satu universitas virtual Korea yang menerima melakukan penerimaan mahasiswa melalui tahap wawancara setelah dinyatakan lulus ujian tertulis.

Hanyang Cyber University yang terletak di Wangsimni-ro 220, Seongdong Gu, Seoul 04763, Korea ini berdiri sejak tahun 2002 dan telah banyak meraih prestasi seperti delapan kali mendapat peringkat pertama dalam Korea Standard Association Service Quality Index (KS-SQI).

Tak hanya itu, Hanyang Cyber University juga terpilih sebagai Universitas Cyber Terbaik dalam Evaluasi Pendidikan Pembelajaran Jarak Jauh 2007 oleh Kementerian Pendidikan, Sains, dan Teknologi (MEST).

Bahkan Hanyang Cyber University juga terpilih sebagai universitas cyber No. 1 selama tiga tahun berturut-turut dari 2006 hingga 2008 menurut penelitian faksi konsumen di bisnis berbasis layanan.

Sebagai kampus digital yang paling diminati, Hanyang Cyber University menawarkan berbagai jurusan kuliah seperti teknik mesin, arsitektur digital, IT, administrasi bisnis, ekonomi, perhotelan, kesehatan masyarakat, bahasa Inggris, bahasa Jepang, hukum dan desain.

Untuk menempuh di kampus tersebut, calon mahasiswa akan dibebankan biaya pendaftaran sebesar KRW 3O ribu atau Rp 361 ribu serta biaya masuk dan biaya kuliah per tahun sebesar KRW 1,28 juta atau sekitar Rp 15,5 juta.

Meski begitu, Hanyang Cyber University menawarkan program beasiswa untuk mahasiswa asing yang ingin menempuh pendidikan di kampus tersebut yaitu potongan uang kuliah 30 persen dengan syarat IPK 3.0.

Baca Juga: Daftar Beasiswa Kuliah di Korea 2021, Dapat Uang Saku Rp 10 Juta Per Bulan!

Bentuk peduli pendidikan member BTS

Bentuk peduli pendidikan member BTS
Source image: Instagram @jimin_bighitentertainment

Bentuk kepedulian member BTS terhadap pendidikan juga tak hanya ditunjukan dari jenjang studi yang mereka ditempuh tetapi juga melalui donasi yang diberikan untuk mendukung pendidikan di Korea Selatan.

Selain terkenal dengan suara merdu dan ketampanannya Park Jimin atau yang kerap disapa Jimin BTS ini juga dikenal sebagai orang yang dermawan dan sangat peduli terhadap pendidikan.

Pria kelahiran 25 tahun ini diketahui mendonasikan 1,200 meja dan kursi baru untuk Busan High School of Arts yaitu sekolah tempat ia menempuh pendidikan dahulu. Salutnya, sumbangan tersebut dilakukan Jimin BTS secara diam-diam.

Sumbangan pendidikan tersebut rupanya bukanlah yang pertama dilakukan Jimin. Dilansir dari Allkpop, lead vocalist dan main dancer itu dilaporkan telah menyumbangkan uang sebesar KRW 100 juta atau sekitar Rp 1,2 miliar ke sebuah yayasan pendidikan, Jeonnam Future Education Foundation di tahun 2020.

Pemberian bantuan tersebut ditujukan sebagai beasiswa untuk para siswa yang berada di Provinsi Jeolla Selatan.

Hal tersebut membuat pihak kantor pendidikan Jeollanam berencana menempatkan nama Jimin BTS di Education Hall of Fame sebagai salah satu kontributor pengembangan pendidikan di Provinsi Jeolla Selatan.

Selain itu, di tahun 2019, Jimin menggelontorkan dana untuk donasi pendidikan sebesar KRW 100 juta kepada Busan Metropolitan City Office of Education.

Bahkan pada tahun 2018, Jimin juga memberikan hadiah spesial untuk wisudawan SD di Busan yang terpaksa ditutup. Bentuk hadiah yang diberikan adalah 60 album BTS lengkap dengan tanda tangannya dan seragam untuk 10 siswa SMP.

Hal tersebut turut membuat para penggemarnya melakukan aksi serupa dengan memberikan sumbangan dana pendidikan sebesar KRW 10 juta atau Rp 115 juta untuk siswa seni yang membutuhkan.

Itu dia daftar member BTS yang diketahui tetap mengutamakan pendidikan di tengah kesibukannya yang luar biasa padat dan diketahui menempuh pendidikan di kampus ternama.

Tak bisa dipungkiri kalau tenaga pendidik yang berkualitas, program studi yang telah terakreditasi, serta fasilitas kampus yang sangat lengkap tentunya menjadi dasar utama para calon mahasiswa memilih untuk melanjutkan studi mereka di kampus idaman.

Baca Juga:Jadi Universitas Ternama di Indonesia, ini 5 Pengusaha Indonesia yang Memiliki Kampus!

Sayangnya, banyak lembaga pendidikan yang kurang memerhatikan hal ini lantaran terkendala oleh biaya yang terbatas. Padahal, permasalahan ini bukan berarti tidak ada solusinya karena kamu bisa menggandeng Pintek sebagai solusi pendanaan kampus.

Pintek sebagai perusahaan fintech berizin dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki produk Pinjaman Modal Kerja yang bisa digunakan untuk memenuhi seluruh kebutuhan sekolah seperti renovasi gedung , pengadaan peralatan pembelajaran hingga meningkatkan kesejahteraan para guru.

Melalui produk tersebut, lembaga pendidikan bisa mendapatkan pendanaan mulai Rp 50 juta hingga miliaran rupiah dengan tenor mencapai 24 bulan.

Untuk memudahkan pihak sekolah atau universitas mendapatkan pendanaan, Pintek menawarkan pengajuan yang cepat, mudah dan tentu saja aman. Bahkan pencairan dananya hanya memakan waktu beberapa hari kerja saja.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut kamu dapat langsung mengunjungi situs resmi Pintek atau diskusi dengan tim Pintek lewat DiskusiPintek. Kamu juga dapat menghubungi Pintek melalui nomor telepon dan WhatsApp di 021-50884607.

Kamu juga bisa mendapatkan informasi menarik seputar Pintek dengan mengunjungi laman Instagram Pintek di @pintek.id dan @pintek.biz.