manfaat magang

Hingga April lalu, ada 25 juta orang meminjam uang di fintech untuk pencairan dana cepat. Jumlah ini adalah akumulasi peminjam dari 161 perusahaan financial technology dengan total penyaluran Rp 106 triliun.

Ada banyak alasan meminjam dari fintech, namun dalam beberapa bulan terakhir meminjam uang untuk pendidikan meningkat cukup signifikan. Bukan cuma karena udah mau masuk tahun ajaran baru loh. Masyarakat sekarang udah cukup cerdas, dan mampu memahami tujuan kredit yang sebenarnya

Kebutuhan akan pendidikan tinggi saat ini telah menjadi prioritas utama milenial. Pintek menawarkan berbagai produk pinjaman pendidikan dengan syarat sederhana, cepat, dan bunga rendah.

Visi dan Misi Pintek untuk Pendidikan Berkualitas

meminjam uang

Pinters pasti pernah dengar ada orang tua yang menjual tanah, atau meminjam uang saudara untuk membayar biaya kuliah anak ‘kan? Namun, tahukah kamu kalau menjual aset berupa tanah adalah sebuah blunder yang fatal.

Tanah adalah objek investasi jangka panjang yang memiliki 99.99% keuntungan di masa depan. Begitu juga aset yang kamu beli dengan menyisihkan gaji bulanan dan bonus tahunan yang ngga seberapa.

Namun, kalau ngga jual aset, mau bayar kuliah pakai apa? Apalagi di situasi pandemi dan resesi seperti sekarang ini. Sedangkan meminjam uang di bank juga suka ribet proses dan syaratnya.

Pintek hadir dengan program pinjaman pendidikan yang bisa kamu pakai kapanpun. Ini merupakan perwujudan dari visi Pintek sebagai penggerak transformasi pendidikan tinggi dan pengembangan yang berkelanjutan.

Ada banyak keuntungan meminjam uang di program dana pendidikan Pintek. Namun, sebelum itu kamu harus tahu apa saja jenis pinjaman pendidikan yang ditawarkan sama Pintek ya!

Program Pinjaman Pendidikan Pintek

Pintek punya tiga jenis pinjaman yang bisa Pinters pakai untuk bayar biaya pendidikan. Ada baiknya kamu pahami dulu jenis dan syarat program sebelum meminjam uang di Pintek:

1. Pinjaman Students Instant 

Kamu bisa pakai Students Instant saat kondisi yang super urgent. Dana dari program ini bisa cair maksimal satu jam setelah pengajuan, lho! Namun, skema ini hanya berlaku bagi kamu yang terdaftar di institusi mitra Pintek.

Skema ini juga memiliki limit kredit. Jika kamu memiliki penghasilan lebih dari 5 juta, kamu bisa mendapat limit kredit  sebesar 5 juta. Jika pendapatan dibawah 5 juta, kamu bisa mendapat limit kredit 3 juta.

2. Program Students Reg

Students Reg mungkin jenis program paling cocok buat Pinters yang kuliah di kampus mahal. Soalnya, kamu bisa tarik dana hingga Rp 300 juta dengan tenor maksimal 24 bulan. 

Skema ini bisa kamu gunakan meskipun kamu masuk di institusi yang bukan merupakan mitra Pintek.

3. Program Students Pro

Ingin ambil pendidikan profesi, courses, atau sertifikasi profesi? Kamu bisa pakai program Students Pro dari Pintek. Sama seperti Students Reg, kamu bisa dapat dana hingga Rp 300 juta. 

Program ini juga hanya berlaku jika kamu masuk institusi mitra Pintek yang memberi jaminan kerja. 

Sudah punya gambaran mau ambil program pinjaman Pintek yang mana? Kalau begitu, kamu harus pahami juga syarat dan ketentuan permohonan kredit pendidikan Pintek di bawah ini.

Baca Juga : Pintek Students, Solusi Pinjaman Dana Pendidikan non Bank

Syarat Pengajuan Pinjaman Pendidikan

syarat meminjam uang online

Sebelum meminjam uang untuk dana pendidikan, pelatihan, dan sertifikasi, Pinters juga harus paham soal syarat dan ketentuannya ya! Soalnya kalau kamu ngga sesuai dengan standar Pintek, dananya jadi susah cair tuh. So, check this out!

1. Dewasa dan cakap hukum

Selama kamu berumur 21 tahun pada awal peminjaman dan nggak punya sakit “mental”, kamu bisa menandatangani kesepakatan pinjaman dengan Pintek. Ini adalah syarat sah perjanjian dalam hukum Indonesia, jadi jangan ditawar ya!

2. Berdomisili di Indonesia

Pintek punya syarat kamu harus berdomisili di Indonesia kalau mau pinjam dana buat pendidikan. Tapi misal sekarang kamu kuliahnya di luar negeri, bisa juga kok minta bantuan saudara atau orang tua buat pinjam di Pintek.

3. Pendapatan tetap minimal Rp 3 juta

Ini adalah syarat mutlak mengajukan kredit ke Pintek. Hal ini sebagai jaminan bahwa kamu punya liabilitas buat bayar dana yang dipinjam. Tapi nggak cuma gaji tetap aja, setidaknya kamu harus memiliki pengalaman kerja minimal 1 tahun. 

4. Sudah punya NPWP

Pintek memang punya kebijakan syarat KTP, KK, dan foto selfie buat kamu yang mau pinjam dana, tapi itu untuk pinjaman dibawah Rp 10 juta ya. Kalau Pinters mau cairkan dana mulai Rp 30 juta hingga Rp 100 juta, kamu wajib punya NPWP mandiri. Sebagai karyawan yang berkuliah, seharusnya hal ini bukan perkara ribet ya.

Ada beberapa poin penting lain untuk bisa ambil kredit pendidikan dari Pintek. Contohnya, bukti pendaftaran ke lembaga atau universitas, bukti tagihan pembayaran dari kampus, sampai referensi peminjam minimal satu contact point dari keluarga.

Oh ya, Pintek juga punya beberapa syarat lagi yang harus kamu penuhi. Terkait sekolah, kampus, atau institut yang ingin kamu apply. Lembaga tersebut harus punya akreditasi minimal B. Ketentuan lebih detailnya, kamu bisa kunjungi website Pintek.

Keuntungan Meminjam Melalui Program Pintek Students

jurusan kuliah pendidikan

Dari semua perusahaan fintech, memang apa sih keuntungan meminjam uang di Pintek? Berikut beberapa hal yang cuma bisa kamu dapat kalau pakai dana dari Pintek, check this out!

1. Bunga Ringan

Pintek punya kebijakan bunga rendah mulai dari 0% di semua produk pinjamannya, tentu saja dengan syarat dan ketentuan. 

Bunga setiap program berbeda. Pinteks Students Instant bunganya mulai dari 2,19% hingga 3,99%. Pintek Students Reg  bunganya 0-15% dan Pintek Students Pro bunganya 0-2%. 

2. Tenor Panjang

Pinters sekarang nggak perlu pusing buat kejar masa jatuh tempo kalau pakai program dari Pintek. Soalnya kamu bakal punya waktu yang lumayan panjang buat melunasi pinjamannya. Bahkan kamu bisa ambil tenor hingga 24 bulan atau 2 tahun untuk program Reg dan Pro.

3. Sistem Terhubung dengan Lembaga

Pintek telah bekerjasama dengan lebih dari 80 lembaga pendidikan. Seluruh mitra Pintek adalah lembaga pendidikan mumpuni dengan akreditasi minimal B. Sistem pinjaman yang dipakai pun sangat sederhana dan praktis. Sebab, uang yang kamu pinjam akan langsung dikirimkan ke rekening kampus.

4. Banyak Pilihan Pinjaman

Sekarang kamu bisa pilih jurusan dan kampus suka-suka dengan program pinjaman suka-suka juga. Pintek menawarkan tiga program pinjaman dana yang dapat disesuaikan dengan status pekerjaan dan liabilitas kamu.

5. Syarat Mudah dan Proses Cepat

Pencairan dananya juga cepat. Maksimal 3 hari kerja, dana sudah dicairkan ke rekening institusi untuk membayar tanggungan biaya pendidikanmu.

6. Terbuka untuk Semua Kalangan

Sesuai dengan visi awal Pintek, program pinjaman dana pendidikan ini bisa digunakan untuk semua kalangan. Mau kamu kerja kontrak, tetap, bisnis, bahkan kerja freelance semua punya kesempatan. So, jangan tunda lagi untuk karir yang lebih baik.

7. Pintek Dijamin Aman

Pintek adalah satu dari 161 perusahaan fintech yang terdaftar dan berizin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, kamu nggak perlu khawatir soal keamanan dan jaminan data pribadi lagi. Semua syarat dan ketentuannya bisa kamu akses di website Pintek.

Itulah beberapa program, syarat, dan tentunya keuntungan meminjam uang di Pintek. Kalau kamu tertarik dan mau baca lebih lanjut soal syarat lainnya, klik di sini.