kuliah sambil kerja

Memutuskan untuk kuliah sambil kerja butuh komitmen kuat. Konsekuensinya cukup berat dan bisa membuat patah semangat. Berbagai motivasi kuliah sambil kerja sangat dibutuhkan untuk membuat komitmen tersebut tetap kuat.

Tidak semua orang siap menghadapi banyaknya tumpukan tugas, fisik yang diforsir, waktu istirahat yang harus dikorbankan, waktu dengan keluarga yang berkurang, tidak bisa lagi main ke tongkrongan, dan berbagai kesusahan lain.

Pinters yang sedang kuliah sekaligus bekerja, jangan patah semangat. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa terus memotivasimu.

1. Sudah Siap Kerja ketika Lulus

Fresh graduate kerap dipandang sebelah mata oleh industri. Minimnya pengalaman jadi salah satu alasan.
Kamu yang rela kuliah sekaligus bekerja akan lebih dihargai. Setidaknya kamu sudah merasakan bagaimana ekosistem dunia kerja. Kamu akan lebih mudah untuk menyesuaikan diri dengan ritme kerja.

Beberapa jenis pekerjaan juga bisa meningkatkan value di CV mu. Saat mendaftar di suatu pekerjaan, kamu akan lebih dipertimbangkan.

Kamu juga akan lebih paham akan apa yang dibutuhkan oleh dunia kerja. Jadi kamu bisa mengolah keilmuan yang kamu punya untuk menyesuaikan diri dengan industri.

Dengan kata lain, apa yang kamu pelajari di perkuliahan bisa langsung dipraktekan sesuai konteksnya. Jika ada hal yang dibutuhkan oleh industri tapi tidak dipenuhi di lingkungan pendidikan, kamu bisa tahu lebih dulu dan memulai start lebih awal untuk memperlengkapi diri.

2. Manajemen Waktu Lebih Baik

Manajemen waktu adalah hal krusial dalam dunia industri.

Berkomitmen dengan kuliah dan pekerjaan dalam waktu yang bersamaan akan membentuk kebiasaan manajemen waktu yang baik. Lebih bisa menghargai waktu dan cekatan mengerjakan berbagai hal.

Kinerja semacam ini sangat dibutuhkan oleh industri. Kecepatan dan ketepatan kerja akan sangat dihargai. Jika kinerja semacam ini berhasil kamu pupuk dengan baik, karirmu bisa berkembang lebih cepat.

Pentingnya manajemen waktu akan sangat terasa saat harus menghadapi job yang deadlinenya mepet.

3. Mental dan Fisik yang Kuat

Kuliah sekaligus bekerja akan menggempur mental dan fisik secara bersamaan. Awalnya memang berat, tapi setelah terbiasa, mental dan fisik akan terbentuk semakin kuat.

Fresh graduate yang belum terlatih akan mudah baper di tempat kerja, dan secara fisik akan mudah lelah. Kamu yang sudah lebih dulu terbiasa akan lebih siap menghadapi berbagai kondisi di tempat kerja.

4. Menjadi Lebih Mandiri dan Bertanggung Jawab

Masalah biaya jadi salah satu motivasi kebanyakan mahasiswa rela bekerja. Hal yang awalnya adalah tuntutan karena tekanan ekonomi, bisa bertransformasi menjadi mental mandiri.

Kamu sudah terbiasa menghadapi kesulitan dan mencari jalan keluarnya. Tidak menggantungkan diri pada orang lain dan berani mengambil sikap supaya bisa survive.

Di kerjaan sampingan, kamu pasti juga dilatih untuk bisa menghadapi berbagai tanggung jawab sendiri. Walaupun mengerjakannya dalam tim, tentu saja ada beberapa poin yang harus kamu kerjakan dan selesaikan secara mandiri dan tidak membebani tim.

5. Lebih Baik dalam Mengelola Uang

Seorang mahasiswa yang bekerja karena kondisi ekonomi pasti jadi lebih menghargai uang. Penghasilan yang didapatkan dari kerja sampingan akan dikelola sebaik mungkin supaya cukup untuk membayar biaya kuliah dan mungkin juga untuk biaya hidup.

Secara tidak langsung kamu jadi belajar untuk mengelola uang. Bagaimanapun, gaji yang didapatkan harus bisa mencukupi semuanya. Kamu akan terbiasa menempatkan uang sesuai posnya masing-masing dan lebih bijak dalam menggunakannya.

Beberapa mahasiswa mungkin tidak ada masalah ekonomi dan bekerja untuk menambah uang jajan. Tapi setelah merasakan sulitnya bekerja, pasti akan bisa lebih menghargai uang.

Mengelola uang adalah salah satu skill yang cukup penting. Saat sudah terbiasa mengelola uang untuk kepentingan pribadi, pasti bisa lebih mudah menyesuaikan diri jika dipercaya mengelola uang untuk kepentingan pekerjaan.

Baca Juga : 7 Jurusan Kuliah IPS yang Menjamin Masa Depan di era 4.0

6. Relasi Profesional yang Lebih Luas

Salah satu konsekuensi menjadi mahasiswa sekaligus karyawan adalah kurangnya waktu nongkrong. Padahal nongkrong adalah salah satu hiburan untuk melepas penat dan bisa menjadi sarana membangun networking.

Apakah dengan tidak nongkrong kemudian jadi sulit membangun relasi dengan orang lain?

Tentu saja tidak. Di tempat kerja kamu malah bisa punya kesempatan lebih besar untuk membangun relasi dari kalangan profesional. Baik itu rekan kerja dalam satu perusahaan maupun rekan kerja dari perusahaan lain yang berkenalan karena terlibat satu project yang sama, misal.

Sudah pernah bekerja juga akan membuatmu lebih luwes memulai obrolan dengan seseorang dari kalangan profesional. Kamu pernah merasakan dunia yang sama. Kamu sudah memiliki referensi tentang dunia kerja, jadi saat membangun obrolan bisa lebih cair.

7. Memiliki Visi yang Jelas

Visi masa depan bisa lebih jelas bagi mahasiswa yang berani mengambil kerja sampingan. Semua gambaran akan dunia kerja sedikit banyak sudah terlihat. Dengan modal gambaran tersebut, perencanaan masa depan bisa lebih mudah dipetakan.

Buat Pinters yang merasa tertarik untuk kuliah sambil kerja, mulai saja dulu. Ada banyak lowongan kerja sambil kuliah yang bisa kamu ambil. Awalnya akan berat, tapi manfaatnya sungguh luar biasa.

Selain mahasiswa yang bekerja, para karyawan juga ada yang kuliah lagi. Baik itu mengambil kelas karyawan maupun kuliah online. Mereka mulai sadar bahwa pendidikan adalah hal penting untuk menunjang karir.

Jadi buat kamu yang sudah berkesempatan masuk ke perguruan tinggi, jangan disia-siakan. Optimalkan potensimu di situ. Jika ada masalah dana, kuatkan tekad dan bekerjalah, penuhi biaya kuliah dengan hasil jerih payahmu.

Solusi lain jika terbentur masalah dana adalah dengan mengajukan pinjaman pendidikan ke Pintek. Kamu bisa mendapat pinjaman hingga ratusan juta untuk mencukupi pembiayaan kuliah.

Informasi lebih lanjut, masuk saja ke website Pintek.

Itu dia motivasi kuliah sambil kerja yang bisa menguatkan komitmenmu. Dengan adanya Pintek, kuliah sambil kerja bisa lebih mudah karena masalah biaya pendidikan bisa diatasi dengan pinjaman bercicilan ringan.