Pendidikan

Nirina Zubir: Artis Cerdas yang Kuasai Beberapa Bahasa Asing

Selebriti populer tanah air, Nirina Zubir, kini sedang ramai menjadi sorotan publik. Namun, kemunculannya kali ini bukan karena project film terbaru yang akan ia bintangi , melainkan karena Nirina menjadi korban kasus mafia tanah.

Menurut berita yang beredar, keluarga Nirina bahkan mengalami kerugian senilai Rp 17 miliar dalam kasus mafia tanah yang dilakukan oleh Riri Kharisma, asisten rumah tangga (ART) keluarganya tersebut.

Riri diketahui merupakan satu dari lima tersangka yang merampas enam sertifikat tanah milik almh. ibunda Nirina dan anak-anaknya.

Amarah Nirina pun seketika mencuat atas terjadinya kasus ini. Bukan hanya karena perilaku ART keluarganya yang sangat mengecewakan, tetapi ia juga sedih karena ibundanya belum pernah menikmati hasil jerih payah yang dikumpulkannya selama ini.

Namun, terlepas dari permasalahan yang sedang dihadapinya saat ini, Nirina Zubir sendiri dikenal sebagai sosok selebriti tanah air yang sangat berbakat dan juga cerdas.

Aktris dan pembawa acara satu ini bahkan disebut-sebut mampu kuasai lebih dari tiga bahasa asing sekaligus lho.

Baca Juga: 5 Idol Kpop dengan IQ Tinggi di Atas Rata-Rata, Ada yang Setara Albert Einstein!

Nirina Zubir kuasai beberapa bahasa asing

nirina zubir cerdas
Source image: Instagram @nirinazubir_

Selama ini mungkin kita hanya melihat sosok Nirina Zubir sebagai aktris, host, hingga penyiar radio yang sangat berbakat. Namun, siapa sangka jika di luar bakatnya sebagai pekerja seni di dunia entertainment, Nirina juga ternyata merupakan sosok yang cerdas.

Pasalnya, wanita berdarah Minang ini diketahui menguasai lebih dari tiga bahasa asing sekaligus yaitu Inggris, Mandarin, Perancis, Korea, dan Jerman.

Selain itu, di salah satu program televisi yang dipandu oleh Raffi Ahmad dan Vicky Prasetyo, Nirina juga ternyata mampu berbicara dalam bahasa asing lainnya yaitu bahasa Jepang.

Usut punya usut, kemampuannya dalam menguasai beberapa bahasa asing tersebut didapat lantaran sang ayah yang bekerja sebagai diplomat, sehingga membuat Nirina terus berpindah-pindah ke berbagai negara dan berkesempatan untuk belajar banyak bahasa asing.

Bahkan ibu dua anak ini juga diketahui lahir di luar negeri, tepatnya di Antananarivo, Madagaskar karena saat itu ayahnya sedang bertugas sebagai diplomat di KBRI Madagaskar.

Pentingnya menguasai bahasa asing

Sudah menjadi rahasia umum bahwa dengan menguasai bahasa asing maka dapat memberikan sejumlah manfaat bagi penuturnya. Namun, apa sajakah itu? Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Siap menghadapi era globalisasi dan industri 4.0

nirina zubir kuasai bahasa asing

Bukan hanya untuk sekadar gaya-gayaan, tetapi menguasai bahasa asing di era globalisasi seperti sekarang ini tentunya sangatlah penting agar kamu dapat bersaing secara global.

Selain itu, dengan memasuki era revolusi industri 4.0 yang serba digital dan canggih, kemampuan berbahasa asing juga dinilai sebagai salah satu komponen penting untuk menunjang hal tersebut.

Pasalnya, saat kamu mengakses informasi melalui teknologi terkini, tidak sedikit informasi yang tersaji tersebut disajikan dalam bahasa asing. Sehingga hal ini membuat kemampuan menguasai bahasa asing menjadi sangat penting untuk dimiliki.

Bahkan, saat kamu mencari hiburan dengan bermain game online populer misalnya, game-game itu pun rata-rata menggunakan bahasa asing.

Baca Juga: Apa itu Era Industri 4.0 dan Peran UKM Pendidikan dalam Mendukung Sekolah?

2. Bekal untuk menghadapi dunia kerja

penting menguasai bahasa asing

Selain itu, alasan lainnya mengapa menguasai bahasa asing itu penting adalah, karena saat ini persaingan di dunia kerja sangatlah ketat dan umumnya sejumlah perusahaan akan menjadikan keterampilan bahasa asing sebagai salah satu standar kriteria calon karyawan.

Mereka yang memiliki kemampuan ini, biasanya akan dianggap lebih cakap dan sanggup menghadapi tantangan di era industri 4.0 dengan sangat baik.

Dengan begitu, karyawan pun diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan perusahaan di masa depan.

3. Meningkatkan keterampilan pemecahan masalah

manfaat menguasai bahasa asing

Siapa sangka jika dengan mempelajari bahasa asing juga ternyata dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah alias problem solving seseorang lho.

Berbicara menggunakan bahasa asing dinilai akan meningkatkan fungsi otak. Di mana, otak akan tertantang untuk mencerna, mengenali, dan mengkomunikasikan struktur bahasa lain.

Dengan begitu, keterampilan seseorang dalam pemecahan masalah pun jadi bisa meningkat karena otak sudah terbiasa untuk memproses hal tersebut ketika kamu berbicara bahasa asing.

Peran sekolah agar siswa dapat menguasai bahasa asing

peran sekolah agar siswa menguasai bahasa asing

Sebagai tempat menimba ilmu, sekolah tentunya menjadi salah satu pihak yang berperan penting dalam membantu para siswa agar dapat menguasai bahasa asing.

Salah satu caranya yang bisa dilakukan oleh pihak sekolah yaitu, memberikan pelatihan bahasa asing untuk siswa dengan mempekerjakan tenaga pendidik yang profesional di bidangnya.

Pelatihan di sini dapat berbentuk kegiatan ekstrakurikuler khusus bahasa asing dengan tenaga pendidik yang merupakan penutur asli bahasa tersebut.

Selain itu, pihak sekolah juga bisa menyediakan fasilitas pendukung dalam proses pembelajarannya seperti audio untuk listening dan sebagainya agar semakin efektif dan memudahkan siswa dalam menangkap materi yang dijelaskan oleh guru.

Baca Juga: Pengertian Media Pembelajaran, Contoh dan Manfaatnya Untuk Sekolah

Meskipun terdengar simpel, tetapi pelatihan seperti ini tetap saja membutuhkan biaya yang terkadang tidak sedikit yang umumnya menjadi kendala bagi pihak sekolah untuk merealisasikannya. Namun tenang saja, karena pihak sekolah dapat menggandeng Pintek sebagai solusi pendanaan mereka.

Pintek adalah perusahaan fintech untuk pendidikan yang memiliki misi mendorong transformasi pendidikan di Indonesia melalui inovasi layanan keuangan.

Melalui produk Working Capital, pihak sekolah dapat memperbaiki, menambah, atau mengkinikan fasilitas untuk kegiatan belajar mengajar yang lebih optimal.

Selain itu, lewat pendanaan ini pihak lembaga pendidikan bisa mendapatkan pembiyaan mulai dari Rp50 juta hingga miliaran rupiah dengan tenor mencapai 24 bulan dan bunga kompetitif sesuai dengan credit scoring.

Tidak perlu khawatir soal keamanannya, karena Pintek merupakan perusahaan fintech yang telah berizin dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan sudah terdaftar di lembaga Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Pintek juga sudah menerapkan standar kebijakan privasi berdasarkan sertifikasi ISO 27001:2013 yang juga akan menjamin data dan informasi peminjam.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut kamu dapat langsung mengunjungi situs resmi Pintek atau diskusi dengan tim Pintek lewat DiskusiPintek. Kamu juga dapat menghubungi Pintek melalui nomor telepon dan WhatsApp di 021-50884607.

Kamu juga bisa mendapatkan informasi menarik seputar Pintek dengan mengunjungi laman Instagram Pintek di @pintek.id dan @pintek.biz.

Artikel Terkait

Back to top button