NPSN Sekolah

Mungkin sebagian orang belum mengetahui apa itu NPSN Sekolah atau kepanjangan dari NPSN. Karena itulah kami akan menjelaskan kepada Anda apa kepanjangan dari NPSN. Jadi teruslah membaca untuk mendapatkan tanggapan yang jelas tentang NPSN. NPSN biasanya akan sangat berguna ketika ingin menginput data secara online terkait data pribadi sekolah.

Bahkan, ada kalanya seorang lulusan sekolah yang ingin mendaftar kuliah juga membutuhkan NPSN dari sekolah asal. Jadi apa kependekan dari NPSN, Mengapa NPSN menjadi sangat penting sekarang. Baik. Dari pada panjang lebar, silahkan baca penjelasan kami tentang apa itu NPSN.

Bagi Anda yang ingin mendaftar akun TEMPAT untuk seleksi masuk perguruan tinggi, baik melalui jalur SNMPTN maupun SBMPTN pasti diwajibkan masuk NPSN bukan. Mungkin anda masih bingung, apa itu NPSN dan bagaimana kita mengetahui NPSN sekolah. Anda tidak khawatir. Semua pertanyaan Anda akan terjawab jika Anda membaca ini.

Definisi NPSN Sekolah

NPSN adalah singkatan dari Nomor Kepala Sekolah Nasional. NPSN merupakan kode pengenal sekolah Indonesia yang memiliki sifat yang sangat unik karena kode inilah yang membedakan sekolah yang satu dengan yang lainnya.

Selanjutnya, NPSN ini kini menjadi nasional karena menggantikan arahan sebelumnya yang disebut NIS. NIS memiliki format yang berbeda dari satu daerah ke daerah lainnya. Sehingga memberikan dampak bahwa penyusunan arahan identifikasi sekolah berbeda-beda antara satu provinsi dengan provinsi lainnya.

Hal ini mengakibatkan adanya beberapa data sekolah yang berdampak kuat pada sistem penggajian, penilaian, dan pendaftaran lainnya. Oleh karena itu, NPSN merupakan cara yang tepat untuk menyederhanakan dan menggabungkan sistem sehingga setiap sekolah memiliki arah yang unik dan perbedaan utama antar sekolah di seluruh Indonesia.

Baca Juga : Pembahasan Lengkap dan Mekanisme Pendistribusian PIP SMK di Tahun 2021, Lengkap!

Perlu diingat sekali lagi bahwa NPSN merupakan pedoman pengenal yang telah ditetapkan oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP) dan telah diberikan kepada satuan pendidikan (sekolah) melalui dinas pendidikan kabupaten atau kota di seluruh Indonesia.

Sebagaimana kabar terbaru bahwa dasar pengembangan NPSN adalah Permendikbud Nomor 99 Tahun 2013 tentang Tata Kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nomor sekolah nasional

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia gratis, Lewati ke navigasi Lewati untuk mencari. Akibatnya, terjadi duplikasi data sekolah yang dapat berdampak pada sistem penggajian, penilaian dan sistem registrasi lainnya.

Dasar pengembangan NPSN adalah Permendikbud Nomor 99 Tahun 2013 tentang Tata Kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 2 Tahun 2011 Format NPSN terdiri dari 8 digit secara acak.

Cara Cepat Cek Npsn Sekolah Online

Cara cek dan lihat NPSN (Nomor Induk Sekolah Nasional) dapat diakses secara online melalui website resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ian pilih Provinsi, Kabupaten dan Kecamatan tempat sekolah tersebut berada. Berikut kami memberikan panduan dibawah ini:

  1. Kunjungi alamatnya
  2. Kemudian pilih menu DATA MASTER PENDIDIKAN
  3. Kemudian pilih menu sesuai dengan jenjang pendidikan yang kamu cari
  4. Kemudian pilih Provinsi, Kabupaten dan Kecamatan tempat sekolah berada

Berikut cara selanjutnya cek npsn:

  1. Pertama, LOGIN dengan mengklik http://reference.data.kemdikbud.go.id/index.php
  2. Maka akan terlihat seperti berikut
  3. Selanjutnya KLIK menu yang bertuliskan DATA MASTER PENDIDIKAN
  4. Setelah KLIK DATA MASTER PENDIDIKAN, akan muncul beberapa pilihan jenjang pendidikan, mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar dan Menengah, Pendidikan Masyarakat, dan Pendidikan Luar Biasa. Pilih salah satu level sesuai dengan kebutuhan Anda!
  5. Saya berikan contoh pemilihan jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah!
  6. Setelah itu akan muncul nama provinsi, pilih provinsi sesuai sekolah sekolah kalian. Saya beri contoh pemilihan Provinsi Sulawesi Barat
  7. Maka akan muncul 6 Kabupaten di Provinsi, seperti gambar di bawah ini.
  8. Pilih distrik, Kemudian nama distrik akan muncul
  9. Setelah memilih nama kelurahan maka akan muncul daftar sekolah di kelurahan beserta NPSN sekolahnya atau jika anda ingin cepat mencari nama sekolah anda silahkan gunakan fasilitas SEARCH seperti gambar dibawah ini.

Demikian artikel yang membahas tentang CARA CEPAT CEK NPSN SEKOLAH SECARA ONLINE, semoga dapat membantu bagi kita semua untuk mengetahui NPSN sekolah jika kita lupa menghafalkan nomornya.

Cara Mengetahui NPSN Sekolah:

Buka situs https://reference.data.kemdikbud.go.id/index11.php dengan browser di ponsel Anda. Ketik nama sekolah Anda di kolom Search. Contoh: SMAN 1 Anda dapat mengklik hasil pencarian untuk mengetahui informasi lebih lanjut. Di layar awal, Anda memilih provinsi sekolah Anda.

Kemudian cari dan klik distrik sekolah Anda, lalu pilih distriknya. Kemudian daftar sekolah di distrik Anda akan muncul. Untuk memudahkan mencari nama sekolah Anda, pada pilihan By Type of Education, pilih sesuai dengan tingkat pendidikan Anda.

Saya akan mengambil sekolah menengah sebagai contoh. Kemudian akan muncul nama-nama SMA di kabupaten tersebut. Anda cukup mencari nama sekolah Anda dan melihat NPSN. Sebagai pelengkap pendaftaran dan pendaftaran TEMPAT, Anda juga harus mengetahui NISN Anda. Pada artikel ini, saya telah menjelaskan secara rinci cara mencari dan menemukan NISN online.

Baca Juga : Pembahasan Lengkap Kurikulum Darurat, Sekolah Wajib Tahu

Setelah membaca uraian yang saya uraikan diatas, apakah anda sekarang sudah mengetahui apa itu NPSN dan bagaimana cara mengetahuinya bukan. Jika Anda suka, silahkan bagikan artikel ini ke teman sekolah Anda agar mereka juga tahu.

Jika Anda memiliki pertanyaan, tulis saja di kolom komentar. Saya akan menjawab sesegera mungkin. Terima kasih. Demikian artikel yang membahas CARA CEPAT CEK NPSN SEKOLAH ONLINE, semoga dapat membantu kita semua untuk mengetahui NPSN sekolah jika kita lupa menghafal nomornya.

Perbedaan NISN dan NPSN?

NISN adalah singkatan dari Nomor Registrasi Siswa Nasional, yang merupakan bagian dari program Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengidentifikasi setiap individu siswa atau siswa di seluruh sekolah di seluruh Indonesia secara standar, konsisten dan berkelanjutan.

Setiap siswa yang terdaftar pada Layanan NISN akan diberikan kode identitas siswa yang unik, standar dan berjangka waktu lama yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah di seluruh Indonesia.

Mekanisme penentuan dan pemberian kode pengenal siswa dilakukan secara otomatis oleh mesin komputer di NISN Service Center. Penetapan dan pemberian kode tanda pengenal siswa didasarkan pada pengajuan atau pemasukan sumber data siswa yang telah divalidasi/verifikasi oleh masing-masing sekolah atau Dinas Pendidikan Kota atau Kabupaten secara online. Hasil proses kode identifikasi oleh NISN System Center ditampilkan secara terbuka dalam batas-batas tertentu melalui website NISN.

Sedangkan NPSN adalah singkatan dari Nomor Kepala Sekolah Nasional, yang merupakan kode standar untuk mengidentifikasi satuan pendidikan (Sekolah) yang unik dan membedakan satu sekolah dengan sekolah lainnya. Kode NPSN Indonesia terdiri dari 8 digit.

Apa Persyaratan Yang Harus Disiapkan?

Persyaratan yang harus disiapkan:

  1. Izin Operasional Sekolah atau Unit Pendidikan (scan).
  2. Surat Keputusan (SK) Pengangkatan Operator Sekolah atau Satuan Pendidikan dari Kepala Sekolah atau Satuan Pendidikan (scan/scan).
  3. Mengusulkan Operator Sekolah/Unit Pendidikan menjadi Tim SDM Data Kemdikbud, caranya:
  4. Buka website: http://sdm.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pegawai
  5. Lalu Masukkan ID
  6. Unggah Surat Keputusan Operator Sekolah/Satuan Pendidikan.
  7. Tunggu persetujuan dari PDSP sampai nama operator dipublikasikan (setelah registrasi, silahkan cek menu Status Registrasi atau alamat ini: http://sdm.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pegawai/ cekAktivasi.
  8. Pengusulan NPSN Nasional (Nomor Sekolah/Satuan Pendidikan), caranya:
  9. Operator Kelembagaan login ke Verval Satuan Pendidikan (Verifikasi-Validasi) : http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/verval/
  10. Isi data identitas sekolah/satuan pendidikan
  11. Unggah/unggah Izin Operasional Sekolah/Unit Pendidikan
  12. Tunggu persetujuan PDSP sampai NPSN/NPSN diterbitkan
  13. Penyelenggara Satuan Pendidikan login ke aplikasi website Sistem Data Kesetaraan: http://kesetaraan.data.kemdikbud.go.id/
  14. Isi data (satuan pendidikan dan siswa)
  15. Verifikasi/konfirmasi oleh Penyelenggara Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
  16. Verval oleh Operator Satuan Pendidikan.
  17. Cek NISN (daftar calon peserta UNPK).

Demikian penjelasan dari saya tentang NPSN Sekolah semoga bermanfaat, terima kasih.

Bagikan artikel ini apabila bermanfaat