SIPLah

Jualan di Online Marketplace, Pilihan Tepat Hasilkan Jutaan Rupiah Setiap Hari!

Di dunia yang sudah serba digital memang memberikan banyak perubahan yang memudahkan masyarakat dalam menjalankan aktivitas, termasuk dalam urusan belanja. Pasalnya, kamu bisa membeli seluruh kebutuhan di online marketplace.

Ya, tak bisa dipungkiri kalau kini belanja online tengah populer di dunia termasuk Indonesia. Jika dulu kamu harus datang ke toko untuk membeli sesuatu, kini kamu hanya perlu membuka marketplace dan barang pesanan kamu akan diantar ke rumah.

Tak heran kalau situs jual beli online sudah sangat marak di Indonesia. Selain hemat waktu, berbelanja melalui marketplace juga terbilang hemat uang juga lho. Kok bisa, bukannya ada biaya ongkos kirimnya?

Memang kamu diharuskan untuk membayar jasa kurir pengiriman, tapi biaya tersebut tentu tidak sebanding dengan uang yang kamu keluarkan jika membeli barang di toko offline, misalnya untuk bayar parkir, bensin hingga membeli makanan atau minuman karena lelah keliling mall.

Belum lagi nih kamu harus keliling mall karena barang tidak tersedia di satu toko. Sedangkan di situs jual beli, kamu dapat membeli semua kebutuhanmu dalam satu aplikasi. Dengan begitu, proses belanja juga lebih efisien dan efektif.

Apa itu marketplace?

apa itu marketplace

Marketplace adalah platform jual beli yang menawarkan berbagai produk maupun jasa. Akan tetapi, marketplace bertindak sebagai pihak ketiga atau perantara yang menghubungkan penjual dengan pembeli.

Jadi marketplace bisa dibilang sebagai penyedia wadah atau lapak jualan para pelaku usaha. Tak hanya itu, marketplace juga akan mengawasi jalannya transaksi jual beli.

Misalnya, kamu membeli barang di toko tapi barang tidak dikirim dan kamu ingin pengembalian dana, maka kamu dapat menghubungi customer service dari marketplace tersebut dan mereka akan membantu proses pengembalian dana kamu.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Online untuk Mendapatkan Keuntungan Berlimpah!

Kelebihan dan kekurangan online marketplace

Kelebihan dan kekurangan online marketplace

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari online marketplace. Apa saja? Simak di bawah ini:

Kelebihan online marketplace

Berikut beberapa kelebihan jika memilih marketplace untuk menjual barang dagangan kamu. Yaitu:

1. Peluang mendapatkan konsumen lebih besar

Karena berbasis online, maka toko kamu akan memiliki peluang besar untuk diketahui oleh calon pembeli. Jadi sesuai dengan namanya yaitu pasar online, pembeli akan langsung datang ke lapak kamu jika membutuhkan sebuah produk yang kamu jual.

Dengan begitu, toko online milikmu akan lebih dikenal orang dan secara otomatis keuntungan yang kamu dapatkan akan lebih maksimal.

2. Tidak repot

Kelebihan selanjutnya yaitu kamu juga tidak perlu repot merancang sistem untuk berjualan. Soalnya, pihak marketplace sudah menyiapkan sarana untuk berjualan, mulai dari wadah, desain serta alur pembelian.

Kamu hanya perlu mendaftarkan toko jualan kamu, upload foto atau video secara jelas dan pembeli akan berbondong-bondong menyerbu toko kamu.

Selain itu, marketplace juga akan menyediakan fitur Chat” dengan pembeli. Jadi, kamu dapat berinteraksi langsung dengan calon pembeli dengan memanfaatkan fitur tersebut.

3. Modal minim

Untuk melakukan pendaftaran toko di marketplace dapat dilakukan secara cuma-cuma alias gratis. Dengan demikian, kamu bisa menghemat biaya untuk membuka toko offline maupun membuat website sendiri.

Akan tetapi, beberapa marketplace mungkin akan membebankan biaya untuk upgrade status keanggotaan dengan sistem sharing profit yang nominalnya tergantung dari kebijakan pihak marketplace.

Meski begitu, dengan upgrade status keanggotaan maka kamu akan mendapat banyak keuntungan, seperti mendapat promosi dan sering ditampilkan saat ada flash sale hingga akan mendapat kepercayaan dari pembeli.

Kekurangan online marketplace

Kekurangan online marketplace

Selain kelebihan, online marketplace juga ada kekurangannya. Berikut di antaranya:

1. Sulit mendapat kepercayaan

Salah satu kekurangan dari online marketplace yaitu sulit mendapat kepercayaan dari pembeli. Pasalnya, tak sedikit penjual yang menjual barang dengan kualitas yang tidak bagus. Akan tetapi, banyak juga penjual yang mengutamakan kualitas agar pelanggannya puas.

Oleh karena itu, kamu dapat melihat ulasan dari toko tersebut sebelum memutuskan untuk membeli produknya. Jika ulasannya tidak baik, disarankan agar kamu mencari toko lain yang memang memiliki reputasi baik.

Tapi biasanya pihak marketplace akan memberi peringkat kepada toko online. Semakin tinggi peringkatnya, maka semakin terpercaya toko online tersebut.

2. Persaingan tinggi antar penjual

Sebenarnya dalam dunia bisnis, namanya kompetitor atau persaingan adalah hal yang lumrah terjadi, baik lewat berjualan secara offline maupun online.

Nah, agar toko kamu dilirik oleh banyak pembeli, kamu harus menjalankan strategi jitu dalam jualan online seperti kualitas produk harus terbaik, ramah melayani konsumen, jangan memberikan harga terlalu tinggi hingga memanfaatkan fitur gratis ongkir yang kerap diberikan oleh marketplace.

Baca Juga: Ide Bisnis 2021 ini Akan Kasih Kamu Jutaan Rupiah Setiap Hari!

Bagaimana cara memilih online marketplace yang tepat?

Bagaimana cara memilih online marketplace yang tepat

Tingginya minat masyarakat terhadap belanja online memang membuat banyak pihak tertarik untuk mendirikan perusahaan marketplace. Akan tetapi, kamu harus pandai memilih online marketplace terbaik yang akan memberikan keuntungan besar.

Nah, kamu bisa menjual produk dan jasa di sejumlah marketplace yang sudah bekerja dengan Pemerintah melalui program SIPLah atau Sistem Informasi Pengadaan Sekolah.

Baca Juga: Daftar 18 Mitra SIPLah dan Keuntungan Bagi UKM Pendidikan, Dijamin Panen Cuan!

Jadi untuk mendukung pendidikan di Indonesia, Pemerintah meluncurkan SIPLah agar satuan pendidikan dapat melaksanakan proses pengadaan barang jasa (PBJ) dengan lebih mudah.

Seperti diketahui, Pemerintah memberikan bantuan dana BOS kepada seluruh sekolah di Indonesia agar kegiatan belajar mengajar dapat lebih optimal. Namun, pihak sekolah diharuskan untuk membeli PBJ melalui marketplace yang sudah bekerjasama dengan SIPLah.

Dengan begitu, sudah dapat dipastikan kalau kamu para pelaku UKM di bidang pendidikan akan mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal karena pasarnya adalah satuan pendidikan di seluruh Indonesia.

Bahkan, seperti yang dilansir dari situs resmi Kemdikbud, sudah lebih dari 400 ribu satuan pendidikan yang bergabung di SIPLah. Kebayang kan berapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan setiap hari?

Nah, agar transaksi kamu di SIPLah berjalan dengan lancar, maka pastikan kamu memiliki dana yang cukup sehingga dapat memenuhi seluruh pesanan dari pihak sekolah. Ingat, salah satu kunci keberhasilan jualan online adalah kepercayaan dari pembeli.

Lalu, bagaimana solusinya jika kamu tidak memiliki cukup dana?

Tenang, gak usah khawatir karena Pintek hadir untuk memberikan bantuan kepada para penjual SIPLah yang membutuhkan suntikan dana.

Melalui produk Pendanaan PO/Invoice SIPLah, para pelaku usaha di SIPLah, LKPP, LPSE dan e-Katalog berkesempatan mendapat pendanaan hingga Rp 2 miliar dengan bunga efektif yaitu mulai dari 1,5 persen hingga 2,5 persen tergantung dari credit score.

Jadi, semakin baik profilmu, maka semakin kecil juga besaran bunga yang dibebankan. Selain itu, keuntungan dari bunga efektif yaitu cicilan setiap bulannya akan semakin kecil seiring dengan berkurangnya pokok utang.

Untuk mendapatkan pinjaman, kamu hanya perlu menjaminkan invoice atau tagihan dari pihak customer yang sedang berjalan.

Cara pengajuannya juga sangat mudah, kamu dapat mengunjungi situs Pintek dan bisa juga melakukan diskusi dengan tim Pintek melalui TanyaPintek atau menghubungi Pintek di nomor 021-50884607.

Kamu juga bisa mendapatkan informasi menarik seputar Pintek dengan mengunjungi laman Instagram Pintek di @pintek.id dan @pintek.biz.

Artikel Terkait

Back to top button