penagihan pinjaman online

Semakin banyaknya lembaga keuangan yang menyediakan pinjaman online, semakin banyak pula orang-orang yang tertarik dengan sistem tersebut. Sayangnya tidak semuanya bijak dalam menanggapi hal ini. Meminjam tanpa melihat kemampuan finansial kemudian terjebak dalam penagihan pinjaman online yang membuat hidup semakin ruwet.

Saat ini mencuat banyak isu tentang praktik penagihan pinjaman online meresahkan. Ada beberapa kasus yang mencuat bahwa penagihan dilakukan menggunakan cara-cara tak wajar dan cenderung memberikan teror. Padahal, ketentuan dalam penagihan sudah diatur oleh AFPI dan OJK.

Syarat Pengajuan Kredit Pendidikan Online di Pintek

jurusan kuliah pendidikan

Pintek adalah startup financial technology yang fokus untuk dana pendidikan. Pintek memberikan beberapa persyaratan untuk bisa mendapatkan kredit pendidikan, diantaranya adalah:

  • Peminjam adalah orang yang bertanggung jawab membayar cicilan, bisa orang tua atau keluarga dalam satu KK dari peserta didik. Peserta didik bisa menjadi peminjam jika memiliki pekerjaan mapan (biasanya mahasiswa yang kuliah sambil bekerja). 
  • Peminjam harus memiliki KTP aktif dan berstatus sebagai WNI. Umur peminjam minimal 21 tahun. Peminjam tidak boleh berumur lebih dari 60 tahun saat cicilan sedang berjalan 
  • Peminjam wajib memiliki income 3 juta. Bisa menggunakan sistem joint income antara suami dan istri. 
  • Memenuhi sejumlah syarat dokumen diantaranya dokumen identitas, dokumen bukti pendapatan, dan dokumen peserta didik. 

Semua dokumen yang dipersyaratkan sebagai bahan acuan untuk melakukan credit scoring atau penilaian kredit. Pintek cukup ketat dalam melaksanakan credit scoring. Pintek ingin dana yang diberikan tepat sasaran untuk kebutuhan pendidikan dan meminimalisir masalah terkait pelunasan di kemudian hari. 

Pintek juga mempertimbangkan kondisi peminjam. Besaran dana yang diberikan Pintek disesuaikan kebutuhan tagihan pendidikan. Kemampuan pembayaran kembali juga menjadi salah satu pertimbangan dalam memberikan penawaran kredit. Dana akan langsung dikirim ke rekening institusi pendidikan, sehingga peminjam tidak bisa menyalahgunakan dana dari Pintek.

Cara Penagihan Pintek

pinjaman online

Pintek sudah menjadi anggota AFPI dan terdaftar di OJK. Sebagai penyedia khusus biaya pendidikan, Pintek menerapkan tata cara penagihan sesuai ketentuan dan menghormati aturan akses data. Salah satu alasan diperlukan banyak persyaratan dan credit scoring ketat adalah untuk meminimalisir masalah penagihan.

Hati-hati dalam memilih penyedia kredit online. Penagihan pinjaman online ilegal biasanya tidak beretika dan menyalahi regulasi OJK dan pedoman AFPI. Pintek memastikan diri sudah menerapkan penagihan pinjaman online sesuai OJK dan pedoman AFPI. 

Berikut sistem penagihan yang diberlakukan oleh Pintek:

  • Penagihan dilakukan melalui desk collector, tidak memberlakukan penagihan pinjaman online ke rumah. Orang-orang yang berperan dalam desk collector memiliki SOP terkait penagihan pada konsumen.
  • Penagihan akan dilakukan setiap bulan hingga masa tenor berakhir. Penagihan normal dilakukan dengan mengirim notifikasi di email peminjam. Hal ini sebagai bentuk upaya mengingatkan bahwa jatuh tempo cicilan sudah dekat.
  • Tagihan cicilan sudah tersedia di agreement dan tersalin di website. Anda bisa melihat tagihan cicilan dan tenor berjalan dengan login ke website sebagai user.
  • Teknik penagihan mengarah pada pemberian solusi dan motivasi supaya konsumen bisa membayar tagihan. Pintek akan menawarkan skema pelunasan yang win win solution.
  • Jika terjadi tunggakan, pihak Pintek akan menghubungi melalui telepon. Penagihan pinjaman online kasar bukan ciri khas Pintek. Pintek  menjunjung tinggi etika dalam penagihan, tidak ada kekerasan verbal dalam proses penagihan. 
  • Data peminjam dijaga tetap aman oleh Pintek. Tidak ada proses penagihan dengan ancaman penyebaran data.
  • Sesuai ketentuan, Pintek hanya mengakses data microphone, lokasi dan kamera. 

Baca Juga : Pintek Students Solusi Pinjaman Dana Pendidikan Tanpa Jaminan

Kelebihan Pintek Dibanding Fintech Lain

sistem kuliah online

Jika Anda membutuhkan dana untuk kebutuhan biaya pendidikan, kami adalah pilihan paling tepat. Pintek mengkhususkan diri melayani kredit pendidikan dan sudah berpengalaman dalam melayani pemberian kredit pendidikan. Dibandingkan fintech lain yang tidak hanya fokus pada dana pendidikan, Pintek memiliki sejumlah kelebihan, seperti:

  • Pencairan dana cepat. Hanya butuh waktu maksimal 3 hari untuk persetujuan kredit dan maksimal 1 hari kerja pencairan dana sejak final approval.
  • Pencairan dana khusus pendidikan. Pencairan dana tidak ke rekening peminjam, hal ini untuk efisiensi dan menghindari penyalahgunaan dana. Pencairan dana akan langsung ke rekening dengan nama institusi pendidikan, bukan nama perorangan. 
  • Beban biaya relatif rendah. 
  • Suku bunga rendah, mulai dari 0% sampai maksimal 3,99%. Tergantung hasil credit scoring dan produk yang dipilih.
  • Cicilan cukup fleksibel. Denda keterlambatan baru diberlakukan setelah hari ke 3. Denda keterlambatan hanya 0,5% per hari. Pelunasan lebih cepat dari tenor akan mendapat kompensa

Proses Pengajuan Kredit Pendidikan

Jika tertarik mengajukan pinjaman pendidikan di Pintek untuk anak Anda, perhatikan tahap-tahap pengajuan pinjaman. Alurnya bisa dilihat dari ilustrasi di bawah ini.

student loan

1. Registrasi

Anda harus registrasi dan membuat user di website official milik Pintek yaitu https://pintek.id/.

2. Pengajuan Pinjaman untuk Anak

Pintek memiliki 2 jenis produk, yaitu produk untuk pelajar/mahasiswa (Pintek Students) dan produk untuk lembaga pendidikan (Pintek Institutions). Anda akan menggunakan jenis produk Pintek Students.

Ada 3 skema pada Pintek Students. Setiap skema memiliki ketentuan dan fungsi berbeda. Skemanya adalah: Pintek Students Instant, Pintek Students Reguler, Pintek Students Pro. 

Anda akan diminta mengisi sejumlah form mengenai detail pinjaman dana pendidikan, data diri Anda sebagai peminjam, dan data diri anak Anda sebagai peserta didik. Setelah itu, akan ada sejumlah dokumen yang dipersyaratkan untuk di upload.

Ada baiknya mengajukan permohonan ke Pintek 14 hari sebelum jatuh tempo tagihan biaya pendidikan dari institusi. 

3. Verifikasi & Penilaian Kredit (Credit Scoring)

Semua data yang masuk akan di verifikasi oleh pihak Pintek. Berdasarkan data yang masuk, credit scoring dijalankan. Dari credit scoring inilah penawaran kredit akan diberikan oleh pihak Pintek.

4. Pembayaran Pertama

Pintek mengarahkan peminjam untuk melakukan pembayaran pertama pada institusi pendidikan sebagai DP. Dana dari Pintek akan menutup kekurangan pembiayaan.

Umumnya, pembayaran pertama adalah 20% dari biaya yang ditagihkan.

5. Pencairan Dana

Pencairan dana dari pihak Pintek akan langsung ke rekening institusi pendidikan. Pembayaran langsung mengatasnamakan anak atau peserta didik. Pihak Pintek biasanya akan mengeluarkan dana dengan nominal yang cukup untuk pelunasan tagihan.

Pencairan dana dari Pintek butuh waktu maksimal 1 hari kerja sejak final approval. Jika memilih produk Pintek Students Instant, pencairan bisa lebih cepat, bahkan hanya butuh 1 jam.

6. Pembayaran Cicilan

Tagihan cicilan (pokok+bunga) setiap bulannya akan tercantum pada agreement. Di akun Pintek juga akan ada informasi mengenai tagihan cicilan tersebut.

Anda bisa membayarkan cicilan ke virtual account atau rekening bank yang terdapat dalam kesepakatan.

Pintek siap memberi solusi bagi pendidikan anak Anda. Solusi yang memudahkan Anda memenuhi pembayaran tagihan pendidikan. Pintek memberi kredit tanpa jaminan dengan biaya ringan, hati ringan dengan penagihan pinjaman online yang tidak menekan.