pendaftaran sekolah kedinasan

Suka duka mewarnai pengumuman SNMPTN 2021 pada 22 Maret 2021 lalu. Buat kamu yang gagal jangan bersedih hati karena kamu dapat melakukan pendaftaran sekolah kedinasan yang akan dibuka pada bulan April 2021.

Seperti yang dilansir dari situs resmi KemenPAN-RB, Pemerintah akan membuka pendaftaran sekolah kedinasan untuk Tahun Ajaran 2021 pada bulan April yang bersamaan dengan pembukaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan PPPK.

Pembukaan sekolah kedinasan ini bertujuan untuk memperbanyak tenaga teknis yang nantinya akan terjun langsung untuk membantu masyarakat.

Apa itu sekolah kedinasan?

apa itu sekolah kedinasan
Source image: Instagram @pknstan

Sekolah kedinasan adalah perguruan tinggi negeri yang memiliki ikatan dinas dengan lembaga pemerintahan seperti Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Perhubungan, Badan Pusat Statistik, dan lainnya.

Bidang yang dipelajari sudah tentu berhubungan erat dengan kepentingan masyarakat. Nantinya, kamu juga akan mempelajari berbagai kemampuan seperti kemampuan analisis, berpikir kritis, komunikasi, hingga kepemimpinan.

Kamu dapat memilih sekolah kedinasan yang sesuai dengan minat kamu, misalnya Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) yang akan fokus mempelajari perkembangan teknologi informasi khususnya di bidang siber dan sandi.

Ada juga STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara) yang berada di bawah naungan Badan Intelijen Negara (BIN) yang bertujuan untuk menjaga persatuan dan kesatuan NKRI dan masih banyak lagi.

Karena diselenggarakan oleh Pemerintah, maka rata-rata sekolah kedinasan tidak dibebankan biaya pendidikan. Bahkan, kamu juga bisa dapat uang saku.

Enaknya lagi, lulusan sekolah kedinasan tertentu biasanya secara otomatis akan diangkat sebagai CPNS di instansi yang menaunginya.

Misalnya, lulusan Akuntansi STAN, selain di Kementerian Keuangan juga dapat ditempatkan di BPK, BPKP, Kemenko Ekonomi, dan instansi lainnya.

Baca Juga: Pilihan Utama Calon Mahasiswa, ini Rekomendasi PTN 2021 di Indonesia!

Nah, buat kamu yang tertarik mendaftar di sekolah kedinasan. Berikut persyaratan dan alur pendaftaran sekolah kedinasan seperti yang lansir dari laman resmi dikdin.bkn.go.id.

Syarat pendaftaran sekolah kedinasan 2021

syarat pendaftaran sekolah kedinasan 2021
Source image: Instagram @pknstan

Untuk mendaftar di sekolah kedinasan, ada sejumlah dokumen yang harus dipersiapkan, seperti:

  • Kartu Keluarga (KK)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Ijazah
  • Rapor SMA/Sederajat
  • Pas foto
  • Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar.

Perlu diketahui kalau kamu hanya dapat melamar di satu sekolah kedinasan. Oleh karena itu, pilihlah sekolah yang benar-benar sesuai dengan minat kamu. Untuk mengetahui syarat dan ketentuannya lebih detail, kamu bisa cek di website sekolah kedinasan masing-masing.

Alur pendaftaran sekolah kedinasan 2021

alur pendaftaran sekolah kedinasan 2021
Source image: Instagram @pknstan

Ada beberapa tahapan yang harus kamu lakukan untuk melakukan pendaftaran sekolah kedinasan 202. Yaitu:

  • Akses laman SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id
  • Membuat akun SSCN Sekolah Kedinasan 2021.
  • Mencetak Kartu Informasi Akun yang sudah daftar.
  • Lakukan login SSCN Sekolah Kedinasan dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.
  • Pelamar melakukan swafoto, mendaftar sekolah dan jurusan yang tersedia dan melengkapi form pendaftaran seperti nilai dan biodata diri.
  • Upload seluruh berkas yang menjadi persyaratan.
  • Melakukan pengecekan resume dan mencetak kartu pendaftaran.
  • Jika seluruh data dipastikan sudah benar, selanjutnya klik tombol “Kirim”, data yang telah dikirim tidak dapat diubah.
  • Pelamar mengecek hasil verifikasi.
  • Login ke SSCN untuk mengetahui status kelulusan verifikasi administrasi.
  • Pelamar yang dinyatakan lulus verifikasi akan mendapatkan kode billing sebagai kode untuk pembayaran tes seleksi. Untuk mengetahui tata cara pembayaran, kamu dapat mengunjungi situs instansi atau sekolah kedinasan yang dipilih.
  • Apabila kamu sudah melakukan pembayaran dan sudah diverifikasi pembayarannya akan mendapatkan Kartu Ujian.
  • Cetak kartu ujian di SSCN setelah pembayaran diterima dan dikonfirmasi oleh sistem.
  • Selanjutnya yaitu mengikuti proses tes seleksi sesuai dengan ketentuan instansi.
  • Informasi status kelulusan akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan instansi dapat dilihat di SSCN.
  • Hubungi instansi atau sekolah kedinasan terkait untuk melakukan proses selanjutnya.

Tingginya minat masyarakat terhadap sekolah kedinasan membuat sejumlah pihak tidak bertanggung jawab yang melakukan penipuan. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk jangan sampai percaya hoaks.

Seluruh informasi terkait pendaftaran sekolah kedinasan dapat diperoleh di website atau media sosial milik KemenPAN-RB, BKN, atau sekolah kedinasan terkait.

Mari gapai impianmu

sekolah kedinasan - mari gapai impianmu
Source image: Instagram @pknstan

Menjadi bagian di pemerintahan bisa dibilang menjadi impian banyak orang. Selain mendapat dana pensiun, jenjang karir yang ditawarkan juga sangat panjang dan jelas.

Saat kamu masuk PNS, eselon awalmu akan ditentukan dari tingkat pendidikanmu. Bahkan secara berkala tingkat eselon kamu juga akan meningkat. Tak heran jika banyak orang yang berlomba-lomba untuk menjadi PNS.

Baca Juga: Gaji Guru PNS 2021 dan Tunjangan Berdasarkan Golongannya!

Nah, seperti yang sudah disebutkan di atas. Jika kamu menuntut ilmu di sekolah kedinasan maka secara otomatis kamu akan menjadi PNS karena akan dialihkan ke lembaga pemerintahan.

Akan tetapi, untuk bisa menjadi mahasiswa di salah satu sekolah kedinasan tentu bukan hal mudah. Banyaknya yang melamar akan membuat persaingan sangat ketat. Apalagi Pemerintah menentukan kalau kamu hanya dapat melamar di satu sekolah saja.

Oleh karena itu, pastikan kamu memiliki nilai yang tinggi dan bisa lolos saat tes seleksi. Nah, untuk mempersiapkan diri kamu bisa mengikuti bimbingan belajar di lembaga kursus profesional. Kamu juga bisa menggunakan jasa guru privat jika ingin dibimbing secara privat.

Tapi gimana kalau tidak memiliki dana lebih untuk bayar bimbel atau les privat?

Tenang, gak perlu khawatir karena persoalan dana bisa diatasi oleh Pintek. Melalui produk pendanaan yang ditawarkan Pintek, seluruh masalah biaya pendidikan dapat teratasi dengan mudah.

Apa itu Pintek?

Pintek adalah perusahaan finansial teknologi yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak tahun 2018.

Memiliki misi mendukung transformasi pendidikan di Indonesia, Pintek menawarkan layanan keuangan agar masyarakat dapat memenuhi seluruh kebutuhan pendidikan seperti membayar uang pangkal, uang semester, pelatihan kerja di LPK atau LKP hingga membayar biaya kursus.

Kamu dapat mengajukan pinjaman Pintek Regular untuk mendapatkan pinjaman hingga Rp 300 juta dengan tenor cicilan mencapai 24 bulan. Bunga yang dibebankan juga terbilang rendah yakni mulai dari 0 persen hingga 2,5 persen.

Jadi, Pintek akan membayar biaya bimbingan belajar kamu langsung ke lembaga pendidikan dan kamu bisa membayar kembali ke Pintek dengan skema cicilan.

Untuk mengetahui estimasi cicilan setiap bulan, kamu dapat kunjungi portal Pintek dengan masukkan nama lembaga pendidikan, jumlah dana yang ingin dipinjam serta tenor pinjaman di fitur kalkulator simulasi dana pendidikan.

Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi situs resmi Pintek atau menghubungi tim Pintek melalui telepon dan WhatsApp di nomor 021-50884607.

Bersama Pintek, mari gapai impianmu melanjutkan studi di sekolah kedinasan impianmu!

Bagikan artikel ini apabila bermanfaat