Pendidikan

Menumbuhkan Pendidikan Karakter Anak Melalui Dunia Sekolah

Tahukah Anda Parent Pinters bahwa tujuan utama pendidikan yang diberikan kepada anak adalah pembentukan karakter? Pendidikan karakter bisa dilakukan di rumah bersama orang tua. 

Didukung juga dengan penguatannya di lingkungan pendidikan formal seperti sekolah. Bila Anda berpikir target pendidikan adalah nilai akademik, maka ada hal yang lebih harus Anda pahami.

Bukan hanya tingkat sekolah, pendidikan hingga ke jenjang universitas pun membutuhkan penanaman karakter untuk pembentukan akhlak lulusan yang lebih baik. Bagaimana cara menumbuhkan karakter pada anak secara berkesinambungan?

1. Pendampingan Orang Tua

Menumbuhkan karakter pada anak tidak bisa diserahkan seutuhnya ke dunia pendidikan formal. Parent Pinters perlu memahami ini, ada peran orang tua secara langsung untuk menanamkannya. 

Sebagus apapun lembaga pendidikan tempat sekolah anak, contoh dan figur utama yang dilihat anak di rumah adalah orang tua.

Akhlak yang terbentuk pada anak seutuhnya dibentuk dari contoh hal-hal yang ia lihat. Apa hal yang diajarkan dan ditunjukkan oleh orang tuanya, itulah yang akan tertanam dan berkesan pada diri anak, bahkan setelah ia dewasa.

2. Dukungan Guru di Lembaga Pendidikan

Anak yang sudah dibentuk karakternya dengan baik oleh orang tua perlu didampingi oleh guru yang memahami makna pembentukan karakter pada anak. 

Pengajaran dan pendidikan didasarkan pada pembentukan karakter yang benar sehingga anak merasa nyaman di sekolah, tidak stres dan tertekan dengan lingkungan belajar.

Bukan hanya level sekolah, skala dosen pun perlu memahami hal ini. Orientasi dari pendidikan sebagai pembentukan karakter juga menjadi hal penting yang harus diimplementasikan. Pendidikan bukan semata-mata nilai akademik yang tinggi, tetapi akhlak adalah hal utama yang harus diperhatikan.

3. Lingkungan Pendidikan yang Sesuai

Memilih sekolah, kampus atau lembaga pendidikan lainnya tetap harus mengacu pada prinsip pembentukan karakter pada anak. Sekolah yang dikelola dengan nyaman, semakin mirip dengan aktivitas pendidikan di rumah biasanya akan semakin mahal biayanya. 

Pendidikan yang berkualitas akan memberikan efek pembentukan karakter yang baik.

Parent Pinters dalam hal ini tentu harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk pendidikan terbaik anak. Namun, tidak perlu khawatir, karena itu adalah investasi untuk masa depan anak Anda. 

Jika Anda mengeluarkan banyak uang untuk pendidikan anak, maka hasilnya baru bisa Parent Pinters rasakan setelah melihat perkembangan karakter anak yang lebih baik.

4. Kurikulum Pendidikan yang Mendukung

Guru yang bisa menjadi contoh bagi anak-anak didiknya saja tidak cukup. Diperlukan instrumen kurikulum berbasis pendidikan karakter yang bisa dengan mudah diimplementasikan pada anak. Pelaksanaan kurikulum dilakukan oleh guru yang berkompeten dan secara karakter bisa memberi teladan bagi anak.

Kurikulum inilah yang sering membuat kalangan pendidik dan peserta didik pusing. Namun, satu hal yang harus dipahami bahwa pendidikan haruslah berkarakter. 

Pengetahuan yang diperoleh oleh seseorang hendaknya berimbas pada perbaikan akhlak dan moral anak. Inilah target penting seseorang setelah mendapatkan pengetahuan melalui dunia pendidikan.

5. Koordinasi Orang Tua dan Guru

Pendidikan formal di sekolah dan non formal di rumah perlu dilakukan koordinasi agar ada titik temu yang baik. Orang tua yang membangun komunikasi dengan guru hendaknya bersikap proporsional saat menginginkan pendampingan yang lebih pada anak. Sementara itu, guru pun diharapkan lebih terbuka dan mendengarkan masukan orang tua, tidak tersinggung dan salah maksud.

Tanggung jawab karakter anak melalui dunia pendidikan adalah tanggung jawab bersama antara orang tua dan guru. Anak-anak memiliki ruang interaksi yang sama dengan kedua lingkungan tersebut.

Baca Juga : 6 Tips Sukses Mendampingi Anak Belajar di Rumah

Pentingnya Memilih Pendidikan Berkualitas untuk Karakter Anak

investasi pendidikan anak

Bagi Parent Pinters yang ingin anak-anaknya memiliki karakter positif, maka perlu memperhatikan pemilihan sekolah atau lembaga pendidikan dengan cermat. Anda bisa melihat bagaimana kualitas karakter anak-anak didik dari suatu sekolah, bukan hanya secara prestasi akademik. 

Ciri-ciri pendidikan karakter anak  yang berhasil bisa dilihat dari bagaimana mereka bersikap kepada guru dan orang tua, teman-teman. Bagaimana mereka selalu berusaha untuk beribadah dengan baik, belajar dengan sungguh-sungguh yang berbuah pada prestasi.

Mendapatkan sekolah seperti ini tentu tidak mudah dan tidak murah. Parent Pinters butuh support dana yang tinggi untuk pendidikan anak. Biaya yang tinggi tentunya akan sebanding dengan pendidikan karakter dan akademik yang akan anak dapatkan.

Dukungan Pintek untuk Pendidikan Berkarakter pada Anak

pendidikan 4.0 adalah

Bagi Parent Pinters yang membutuhkan support dana untuk pendidikan anak yang bagus dan berkarakter, kami sebagai lembaga penyedia dana pendidikan, Pintek sangat terbuka dan mendukung keinginan para orang tua.

Kami menyediakan layanan pinjaman dana pendidikan untuk anak yang bisa diakses oleh orang tua dengan keunggulan sebagai berikut:

  • Proses pengajuan cepat dan simpel
  • Syarat yang diminta lebih mudah
  • Jumlah pinjaman disesuaikan kebutuhan pendidikan
  • Proses persetujuan yang lebih cepat
  • Biaya administrasi lebih murah
  • Jumlah cicilan dan bunga lebih ringan
  • Lembaga diawasi langsung oleh OJK
  • Pelayanan ramah dan bersahabat

Parent Pinters tak perlu khawatir dengan masalah-masalah pendidikan pada anak seperti SPP yang menunggak, uang pangkal yang belum lunas, biaya harian anak yang belum tercover dan sebagainya.

Pintek hadir memberikan solusi. Jika selama ini Anda berani hutang kendaraan atau rumah yang angkanya besar, mengapa untuk pendidikan anak Anda harus berpikir dua kali?

Parent Pinters perlu ingat, pendidikan karakter anak bukan hanya diwujudkan dari rumah oleh Anda sebagai orang tua, tetapi juga butuh dukungan pendidikan formal sekolah. Siap mewujudkan karakter anak yang lebih baik?

Artikel Terkait

Back to top button