Pengusaha sukses

Kisah para pengusaha sukses memang selalu menjadi inspirasi bagi banyak orang. Dari mereka kita belajar kalau keberhasilan tentu saja tidak dapat diraih dengan cara instan.

Seperti kata pepatah, usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. Artinya, dengan kerja keras dan pantang menyerah maka kesuksesan akan ada di genggaman tangan kamu.

Begitu pula yang dilakukan oleh pengusaha di Indonesia yang harus berjuang mati-matian untuk membangun kerajaan bisnisnya. Pasalnya, tak sedikit miliarder yang terlahir dari keluarga tidak mampu.

Penasaran siapa saja pengusaha sukses yang dulu bukan siapa-siapa, tapi kini memiliki banyak bisnis di Indonesia? Yuk, simak kisahnya di bawah ini.

1. Bob Sadino – Kem Chicks

Pengusaha sukses - Bob Sadino
Source images: Wikipedia

Bob Sadino memang dikenal sebagai salah satu pengusaha yang sukses membangun bisnisnya dari nol. Meski beliau sudah meninggalkan dunia sejak 2015 silam, tapi sosoknya masih terus menjadi inspirasi para pengusaha.

Pasalnya, pemilik nama lengkap Bambang Mustari Sadino ini mengawali bisnisnya dengan menjual telur ayam negeri dari pintu ke pintu. Semua bermula saat Bob Sadino harus menelan pahit kegagalan bisnis jasa sewa mobil yang dijalankan karena ia mengalami kecelakaan.

Namun kejadian tersebut tak membuat pengusaha yang identik dengan gaya santainya itu menyerah. Ia lantas mengembangkiakkan 50 ayam rasa yang didapatkan dari temannya untuk dijadikan bisnis telur ayam negeri.

Berkat kerja kerasnya, bisnis yang ia jalankan pun meraih keberhasilan. Tak berhenti sampai disitu, Bob juga mulai merambah ke bisnis-bisnis lainnya yang mengantarkannya menjadi salah satu pengusaha sukses di Indonesia.

Diketahui kalau Bob Sadino sudah memiliki beberapa perusahaan yaitu Kem Chicks, Kem Food, Kem Farm dan The Mansion at Kemang.

Baca Juga: Dijamin Untung Besar, ini 5 Rahasia Usaha Modal Kecil Ala Bob Sadino!

2. Susi Pudjiastuti – Susi Air

Pengusaha sukses - Susi Pudjiastuti
Source image: Instagram @susipudjiastuti115

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti memang dikenal sebagai sosok wanita yang nyentrik. Tapi dibalik itu, perjalanan kesuksesan Susi memang patut diacungi jempol.

Tak hanya berkecimpung di dunia politik, wanita kelahiran Pangandaran, 15 Januari 1965 ini merupakan seorang pengusaha sukses di sektor perikanan. Bahkan, Susi juga memiliki bisnis maskapai penerbangan yang diberi nama Susi Air.

Awalnya, pesawat tersebut ditujukan untuk mempermudah proses pengiriman bisnis ikan yang dimiliki. Namun, seiring berjalannya waktu pesawat terbang milik Susi sudah dapat digunakan untuk mengangkut penumpang dengan kapasitas 12 orang dan dua kru.

Demi bisnis fokus menjalankan bisnis, Susi bahkan memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikannya. Sayang, bisnisnya sempat tidak berjalan mulus. Ia bahkan sempat mengajukan pinjaman di bank lantaran mengalami masalah dana.

Namun, karena kegigihan dan tidak putus asa, kini Susi sukses memiliki kerajaan bisnis yang membuatnya kaya raya.

3. Sudono Salim – Salim Group (BCA, Indofood, Bogasari)

Pengusaha sukses - Sudono Salim
Source images: Wikipedia

Kisah pengusaha sukses lainnya yang juga sangat inspiratif adalah Sudono Salim pemilik perusahaan besar di Indonesia yaitu Indofood.

Pemilik nama asli Liem Sioe Liong berasal dari negeri Tiongkok yang mengawali bisnisnya dengan pergi ke Indonesia tepatnya di Surabaya karena terjadi konflik di negeri asalnya. Pahitnya, awal-awal di Indonesia ia harus hidup sebagai gelandangan selama beberapa hari.

Demi dapat bertahan hidup, Sudono Salim kemudian menjual cengkih hingga sukses terjual ke pulau-pulau lain di Indonesia seperti Sulawesi dan Sumatera. Sayang, bisnisnya harus berhenti saat Indonesia dijajah Jepang.

Meski begitu, ia tak menyerah. Pengusaha yang meninggal pada 10 Juni 2012 silam itu mulai mendirikan bisnisnya kembali di awal era Indonesia merdeka di dunia perbankan yaitu Central Bank Asia yang kini dikenal dengan BCA atau Bank Central Asia.

Tak berhenti sampai disitu, Sudono Salim juga melebarkan sayap bisnisnya ke industri pangan bernama PT Bogasari dan produksi makanan dari olahan tepung terigu yaitu Indofood.

Seiring waktu, bisnisnya semakin berkembang hingga merambah ke sektor lain seperti Indosiar, Indomobil, Indosiar, Indomaret dan lain sebagainya.

4. Chairul Tanjung – CT Corp

Pengusaha sukses - Chairul Tanjung
Source image: Instagram @anita_chairultanjung

Siapa yang tak kenal dengan pengusaha sukses Chairul Tanjung pendiri CT Corp yang menaungi beberapa perusahaan besar seperti Trans Corp, Bank Mega, jaringan supermarket dan lainnya.

Meski kini ia hidup sangat berkecukupan tapi siapa sangka kalau pria kelahiran Jakarta, 16 Juni 1962 ini ternyata sempat hidup susah.

Selain tinggal di kamar losmen yang sempit bersama keluarganya, CT juga harus berjualan buku kuliah hingga fotokopi untuk membiayai kuliahnya.

Ayah dari Putri Tanjung ini juga juga pernah mendirikan toko peralatan kedokteran dan laboratorium, usaha kontraktor hingga rotan. Sayang, usaha yang ia rintis tak berjalan mulus, bahkan CT harus berkali-kali mengalami kebangkrutan.

Meski begitu, menyerah tidak pernah ada di kamus seorang Chairul Tanjung. Sifatnya yang senang membangun relasi membuat CT sukses menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan mencapai US$ 4,5 miliar atau Rp 65,4 triliun. 

Baca Juga: Ikuti Cara Belajar Bisnis ini Biar Kaya Raya Sejak Muda!

5. Ciputra – Ciputra Group

Pengusaha sukses - Ciputra
Source images: ciputra.com

Ciputra yang memiliki nama asli Tjie Tjin Hoan merupakan pengusaha sukses yang menguasai beberapa properti di Indonesia yaitu Jaya Group, Metropolitan Group, dan Ciputra Group.

Namun, perjalanan bisnis Ciputra tentu tidaklah mudah. Apalagi ia harus mengalami perjuangan hidup yang sangat berat sejak kecil. Ia harus membantu ibunya berjualan kue karena sang ayah ditangkap oleh pasukan bersenjata tidak dikenal karena dituduh sebagai mata-mata Belanda.

Namun berkat kegigihan dan semangat juangnya, Ciputra berhasil menempuh pendidikan di Institut Teknologi Bandung jurusan arsitektur dan mulai merintis bisnisnya sendiri hingga terlahirlah Ciputra Group.

Nah, itu dia kisah perjalanan bisnis para pengusaha sukses di Indonesia yang sangat inspiratif. Meski harus menahan kegagalan bisnis berkali-kali dan hidup susah sejak kecil tapi berkat semangat pantang menyerah dan kerja keras, mereka berhasil menjadi seorang miliarder.

Jadi memang tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Asal dilakukan dengan sungguh-sungguh, maka hasil yang didapatkan juga akan maksimal.

Oleh karena itu, tak perlu ragu lagi untuk terjun ke dunia bisnis. Berawal dari bisnis kecil tapi dengan kerja keras maka bisnis kamu bisa menjadi raksasa seperti para pengusaha di atas.

Jika kamu terhalang masalah dana untuk mengembangkan bisnis, kamu dapat mengandalkan Pintek sebagai pemberi solusi masalah keuanganmu.

Pintek adalah perusahaan di bidang finansial teknologi yang sudah terdaftar OJK sejak tahun 2018 dan memiliki misi mendorong transformasi pendidikan di Indonesia melalui layanan keuangan.

Dengan begitu, pelaku bisnis di sektor pendidikan dapat mengajukan pendanaan di Pintek untuk melebarkan sayap usaha sehingga dapat mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal.

Baca Juga: Bantu Pelaku UKM, Pintek Tawarkan Diskon Pinjaman Modal Usaha!

Kamu dapat mengajukan Pinjaman Modal Kerja atau Pendanaan PO dan mendapatkan pinjaman dana hingga miliaran rupiah dengan tenor mencapai 24 bulan.

Bunga yang dibebankan juga terbilang kecil yaitu mulai dari 0,9 persen hingga 2,5 persen tergantung dari credit scoring.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai program pendanaan di Pintek, kamu bisa melakukan diskusi melalui DiskusiPintek atau mengunjungi situs resmi Pintek dan HubungiPintek melalui nomor telepon dan WhatsApp di 021-50884607.