5 Alasan Pentingnya Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0

Biaya pendidikan tinggi di Indonesia terus meningkat setiap tahun, bahkan lebih cepat dibandingkan peningkatan harga properti dan gaji pekerja. Salah satu faktor yang berkontribusi pada mahalnya biaya pendidikan tinggi adalah peningkatan permintaan pasar. Masyarakat merespon positif pentingnya pendidikan tinggi.

Orang tua tentu menyadari bahwa pendidikan adalah jembatan menuju masa depan yang cemerlang. Di era industri 4.0, peranan pendidikan tinggi menjadi semakin signifikan lagi. 

Parent Pinters perlu mempersiapkan diri supaya anak mampu memaksimalkan potensinya di era yang serba terintegrasi ini.

Pentingnya Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0

jurusan yang prospek kerjanya paling bagus

Era 4.0 ditandai dengan peningkatan digitalisasi industri dan juga automasi di berbagai sektor. Menariknya, pendidikan adalah salah satu kunci penting pemenuhan kebutuhan industri. Tidak heran jika permintaan terhadap akses pendidikan tinggi yang berkualitas terus meroket dari tahun ke tahun.

Berikut beberapa alasannya.

1. Pendidikan Tinggi Membekali Anak dengan Soft-Skill yang Sesuai

Era industri 4.0 menuntut pekerja masa kini untuk selalu berpikir kritis serta mampu menyelesaikan masalah kompleks. Proses pembelajaran di universitas kini juga berorientasi pada pendidikan 4.0 yang sangat mendukung anak untuk melatih keterampilan ini.

Tidak hanya itu, universitas juga memfasilitasi mahasiswa untuk menjadi komunikatif dan mudah beradaptasi dengan lingkungan. Keterampilan ini akan membangun kecerdasan emosional anak dan membantunya survive di dunia industri.

2. Pendidikan Tinggi Mendorong Anak Berinovasi

Kampus merupakan salah satu penggerak riset dan banyak sekali temuan-temuan terkini yang lahir dari sana. Jika Parent Pinters ingin supaya anak bisa kreatif dan inovatif, maka studi pendidikan tinggi menjadi pilihan yang tepat.

3. Pendidikan Membuat Anak Terampil Teknologi

Era Industri 4.0 membuat penggunaan teknologi menjadi satu hal yang mendasar. Pendidikan tinggi di era ini pun juga sudah memanfaatkan teknologi yang canggih, misalnya dengan sistem pembelajaran daring. 

Pentingnya pendidikan tinggi di Indonesia tidak hanya akan mendorong anak untuk terampil menggunakan peralatan teknologi. Lebih dari itu, anak akan tahu bagaimana menggunakannya secara efektif untuk menyelesaikan masalah.

4. Pendidikan Tinggi Mempersiapkan Anak Memasuki Dunia Kerja

Pengetahuan dan keterampilan menjadi bekal awal bagi anak untuk bisa meniti karirnya dan tumbuh menjadi pribadi yang mandiri. Pendidikan tinggi turut berkontribusi dalam hal ini.

Tidak sedikit kampus yang menyediakan bimbingan karir dan mendorong mahasiswanya untuk mengambil program magang. Bahkan ada juga program-program tertentu yang memberikan jaminan langsung kerja setelah lulus.

5. Pendidikan Tinggi Berkualitas Meningkatkan Daya Saing Lulusan

Bukan menjadi rahasia jika industri mengincar lulusan dari kampus-kampus favorit dengan akreditasi yang tentunya unggul. Bahkan, industri berani membayar fresh graduate dari kampus tersebut dengan gaji yang kompetitif.

Melihat berbagai alasan pentingnya pendidikan bagi generasi muda, tidak heran jika permintaan masyarakat terhadap pendidikan tinggi juga terus meningkat. Di satu sisi, jumlah institusi yang mampu memberikan pendidikan berkualitas masih begitu terbatas. Hal ini mengakibatkan biaya kuliah juga terus melonjak.

Apa yang bisa orang tua lakukan untuk menghadapi situasi ini?

Baca Juga : Begini Cara Menyiasati Mahalnya Biaya Pendidikan Tinggi

Mengenal Pintek Students

pinjaman pendidikan

Pintek sebagai perusahaan pembiayaan berupaya untuk menjawab aspirasi pentingnya pendidikan bagi anak melalui produk pinjaman online. Kami menggagas Pintek Students sebagai solusi cepat untuk memastikan keberlanjutan pendidikan putra-putri tercinta. 

Parent Pinters kini tidak perlu pusing lagi ketika harus mencari dana segar untuk membayar uang pangkal kuliah, SPP, biaya praktikum, hingga uang buku.

Berikut pilihan skema yang ada di Pintek Students.

1. Pintek Students Instant

Kami mengembangkan produk pinjaman pendidikan yang bisa cair hanya dalam waktu kurang dari 1 jam. Parent Pinters dapat mengakses pinjaman ini jika anak berkuliah di kampus yang telah menjalin kemitraan dengan Pintek.

Parent Pinters akan mendapat beberapa kemudahan melalui skema pembiayaan ini, yaitu antara lain:

  • Limit kredit hingga 5 juta rupiah per bulan jika pendapatan kotor di atas 5 juta.
  • Tenor bisa memilih antara 30 hari atau 3 bulan.
  • Bunga 0% untuk tenor 30 hari, dan mulai dari 2.19% untuk cicilan selama 3 bulan.
  • Biaya keterlambatan hanya 0.5% hari dan tidak ada sistem bunga berbunga.
  • Proses pengajuan hingga pencairan memakan waktu 15-20 menit dengan asumsi data peminjam sudah siap.
  • Syaratnya mudah, yaitu cukup menyertakan KTP dan data diri saja.

Jika Parent Pinters sering mengajukan pinjaman serta memiliki riwayat cicilan yang baik, masa tenor dan limit kredit juga bisa ditambah lho. Tentunya ini akan semakin menguntungkan orang tua yang ingin memastikan biaya kuliah terselesaikan dengan baik tanpa mengganggu cashflow rumah tangga.

2. Pintek Students Regular

Untuk Anda yang menguliahkan anak di kampus yang tidak berafiliasi dengan Pintek, maka tidak perlu khawatir. Kami juga telah meluncurkan skema reguler dengan berbagai fleksibilitasnya yang sangat cocok untuk berbagai situasi.

Skema ini hadir dengan beberapa kemudahan, yaitu:

  • Nominal pinjaman besar, mulai dari 3 juta hingga 300 juta dalam satu kali pengajuan.
  • Bunganya rendah, yaitu 0% – 2% per bulan.
  • Proses persetujuan dan pencairan pinjaman dalam waktu 1 – 3 hari kerja.

Jika Parent Pinters tertarik, persyaratan dokumennya sangat mudah. Anda tinggal menyertakan KTP, selfie KTP, KK, kontak referensi anggota keluarga yang tidak tinggal serumah, bukti pendapatan, dan bukti rekening koran dalam 3 bulan terakhir. Jika nominal pinjaman di atas 30 juta, wajib melampirkan NPWP.

Untuk mempermudah prosesnya, sertakan juga dokumen penunjang seperti KTM, bukti tanda penerimaan mahasiswa baru, bukti tagihan, hingga informasi cara pembayaran. 

Berikut ilustrasi pinjaman di Pintek Students.

pengajuan pinjaman

3. Pintek Students Pro

Kami mendesain skema yang terakhir ini untuk mendukung generasi muda Indonesia yang menempuh kursus siap kerja ataupun studi profesi. Institusi pendidikan tipe ini umumnya menyertakan jaminan lulus langsung kerja bagi setiap alumninya.

Nah, Parent Pinters bisa mengajukan pinjaman Pintek Students Pro untuk membiayai kuliah ini. Selepas anak lulus dan sudah mulai bekerja, pinjaman dapat dilunasi.

Berikut beberapa kemudahan yang ditawarkan:

  • Pinjaman tersedia mulai dari minimal 3 juta hingga maksimal 300 juta rupiah.
  • Terdapat masa penangguhan 6 bulan dan juga periode cicilan 18 bulan. Anda dapat membayar bunga pinjamannya saja dulu baru melunasi pokoknya setelah masa penangguhan berakhir.
  • Bunga ringan yaitu antara 0%-2,5% per bulan.
  • Tidak perlu menunggu lama karena kami memproses persetujuan dan pencairan dalam waktu 1-3 hari kerja.

Parent Pinters perlu melengkapi syarat dokumen untuk bisa mengakses pinjaman ini, yaitu KTP, selfie KTP, KK, bukti mutasi rekening 3 bulan terakhir, dan bukti jaminan kerja.

Pintek memberi keleluasaan orang tua dari beragam profesi untuk bisa meminjam, baik itu karyawan swasta, BUMN, ataupun wirausaha. Karyawan kontrak sekalipun juga tetap bisa mengajukan pinjaman asalkan sisa masa kerja lebih panjang dari tenor. Selain itu, kami juga membolehkan joint income antara suami dan istri.

Parent Pinters tidak perlu khawatir, karena pinjaman pendidikan di Pintek sangat aman dan terpercaya. Kami telah terdaftar di OJK dan juga tergabung di dalam keanggotaan AFPI. Kami memastikan segala prosesnya mengikuti regulasi yang ada.

Semoga informasi ini bisa membantu Parent Pinters untuk mendukung kelanjutan studi anak. Pintek turut memahami pentingnya pendidikan di era ini dengan memfasilitasi penyaluran pinjaman yang tepat sasaran. Segera hubungi tim kami untuk berkonsultasi lebih lanjut.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *