SIPLah

Pentingnya Peran Perpustakaan dan Tips Sukses Menjalankan Bisnis Buku!

Perpustakaan adalah fasilitas atau tempat yang menyediakan berbagai bahan bacaan, seperti buku pelajaran, novel hingga majalah. Perpustakaan memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk pribadi setiap individu yaitu untuk menambah dan mengembangkan wawasan.

Selain itu, perpustakaan juga menjadi sarana edukatif yang dapat membantu para pendidik dan juga peserta didik dalam melakukan aktivitas belajar mengajar. Oleh karena itu, setiap lembaga pendidikan diharuskan untuk memiliki perpustakaan yang kemudian dapat dimanfaatkan oleh peserta didik untuk menambah ilmu pengetahuan. 

Bahkan, kini para pustakawan maupun pihak lembaga pendidikan terus berupaya dalam mengembangkan perpustakaan online agar masyarakat dapat lebih mudah mengakses segala informasi yang dibutuhkan selama 24 jam.

Lalu, apa sih pengertian dari perpustakaan dan apa saja manfaatnya? Berikut ulasan lengkapnya.

Pengertian perpustakaan dari para ahli

definisi perpustakaan

Menurut UU Perpustakaan No.43 Tahun 2007 Pasal 1 Ayat 1, perpustakaan adalah institusi yang mengelola dan mengumpulkan koleksi karya tulis, karya cetak dan karya rekam yang dilakukan secara profesional guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan lainnya.

Untuk mendukung pernyataan tersebut, beberapa para ahli juga memberikan pengertian dari perpustakaan. Berikut di antaranya:

1. Sulistyo, Basuki (1991)

Menurut Sulistyo, Basuki, perpustakaan adalah sebuah ruangan yang digunakan untuk menyimpan berbagai buku dan terbitan lainnya yang disimpan dengan susunan tertentu yang dipergunakan oleh masyarakat untuk membaca bukan untuk dijual.

2. Lasa (2007: 12)

Pengertian perpustakaan menurut Lasa adalah kumpulan atau bangunan fisik yang dimanfaatkan sebagai tempat mengumpulkan buku dan disusun menurut sistem tertentu atau keperluan pemakai.

3. Wiranto Dkk (1997)

Menurut Wiranto dan kawan-kawan, perpustakaan merupakan fasilitas atau tempat menyediakan sarana bahan bacaan untuk masyarakat agar dapat lebih mudah mendapatkan informasi.

4. C. Larasati Miburga, dkk

Larasati Miburga dkk berpendapat kalau perpustakaan adalah unit kerja yang berupa tempat menyimpan koleksi bahan pustaka atau hasil karya tulis yang diatur secara sistematis untuk dapat dipergunakan oleh pembaca sebagai sumber informasi.

5. Suhendar (2005: 3)

Pengertian perpustakaan menurut Suhendar adalah unit kerja dari lembaga tertentu yang mengelola koleksi pustaka baik berupa non buku yang diatur secara sistematis sehingga dapat dipergunakan sebagai sumber informasi.

6. Trimo dalam Sinaga (2005: 220)

Perpustakaan menurut Trimo adalah sekumpulan bahan pustaka, baik dalam bentuk karya cetak maupun karya rekam yang telah diatur sedemikian rupa untuk mempermudah masyarakat mencari informasi yang diperlukannya dan bukan untuk diperdagangkan.

7. P. Sumardji

Perpustakaan menurut P. Sumardji adalah koleksi yang terdiri dari bahan pustaka seperti karya tertulis, tercetak maupun grafis lainnya yang berupa film, slide, piringan hitam, tape, yang berada di dalam ruangan dan diorganisasikan dengan sistem tertentu agar dapat digunakan untuk keperluan studi, penelitian, pembacaan dan lain sebagainya.

[Baca Juga: Cara Mengelola Perpustakaan Online]

Peran dan tujuan perpustakaan

peran dan tugas perpustakaan

Dari definisi perpustakaan menurut para ahli di atas diketahui kalau perpustakaan dapat meningkatkan efektifitas belajar mengajar. Perpustakaan yang terorganisir dengan baik dan sistematis dapat memberikan kemudahan bagi banyak orang.

Nah, berikut adalah peran dan tujuan dari perpustakaan.

Peran perpustakaan

Ada beberapa peran perpustakaan yang dapat memberikan manfaat kepada banyak orang. Berikut di antaranya:

  • Menjadi media antara pengguna (masyarakat) dengan koleksi sebagai sumber mendapatkan informasi pengetahuan.
  • Perpustakaan memiliki peran sebagai lembaga pengembangan minat membaca serta menjadi pembangkit kesadaran setiap orang tentang pentingnya belajar dan mengembangkan pengetahuan.
  • Perpustakaan juga menjadi motivator, mediator dan juga fasilitator bagi pemakai dalam mencari, memanfaatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan.
  • Perpustakaan juga berperan sebagai agen pembangunan, perubah dan kebudayaan manusia.
  • Perpustakaan merupakan pusat kegiatan belajar, membaca buku, dan mencari informasi berbagai bidang ilmu.

Tujuan perpustakaan

Secara umum, perpustakaan bertujuan untuk memberikan layanan masyarakat agar lebih mudah mendapatkan informasi, meningkatkan kegemaran membaca setiap individu dan memperluas ilmu pengetahuan serta wawasan. 

Berikut adalah tujuan perpustakaan untuk masyarakat:

  • Membantu masyarakat untuk dapat lebih mudah membaca bahan pustaka yang dapat meningkatkan ilmu pengetahuannya.
  • Menyediakan sumber informasi yang cepat, tepat dan murah bagi masyarakat .
  • Dapat mengembangkan kemampuan berpikir secara kreatif dan dapat menggunakan kemampuannya untuk menghargai hasil seni dan budaya manusia.
  • Membantu masyarakat untuk mengembangkan kemampuan sehingga dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya, apabila kemampuan tersebut dapat dikembangkan dengan bantuan bahan pustaka.
  • Perpustakaan juga bertujuan sebagai agen kultural yang menjadi pusat utama kehidupan budaya bagi masyarakat.

Pentingnya perpustakaan bagi masyarakat membuat banyak pihak yang memanfaatkan hal tersebut dengan menjual aneka buku untuk menambah bahan pustaka perpustakaan.

Tips sukses menjalankan bisnis buku

tips sukses menjalankan bisnis buku

Seperti diketahui kalau buku sangat dibutuhkan oleh banyak orang mulai dari anak-anak hingga orangtua untuk menambah ilmu pengetahuan dan juga wawasan.

Menjalankan bisnis buku juga bisa menghasilkan banyak keuntungan karena buku menjadi media pembelajaran wajib dalam kegiatan belajar mengajar. Selain itu, buku juga kerap dimanfaatkan sebagai bahan inspirasi dan juga hiburan seperti membaca buku resep maupun novel.

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mengembangkan skala bisnis buku kamu adalah dengan bergabung menjadi penjual SIPLah. Pasalnya, program SIPLah dari Pemerintah ditujukan untuk mempermudah proses pengadaan barang dan jasa dari satuan pendidikan.

[Baca Juga: Cara Daftar di Marketplace SIPLah]

Dalam melaksanakan PBJ, seluruh satuan pendidikan yang mendapatkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) diharuskan untuk membeli segala kebutuhan belajar mengajar melalui SIPLah di sejumlah marketplace yang sudah bekerjasama.

Dengan begitu, kamu memiliki peluang besar untuk mendapatkan pesanan buku dari satuan pendidikan di seluruh Indonesia sehingga kesempatan meraup banyak keuntungan akan terbuka lebar.

Namun, dalam prosesnya para penjual kerap mengalami kendala yang membuat bisnisnya sulit berkembang, salah satunya adalah terbatasnya dana yang dimiliki sehingga tidak dapat memenuhi seluruh permintaan dari satuan pendidikan.

Untuk mengatasi hal tersebut, Pintek hadir membawa solusi untuk para penjual SIPLah yang membutuhkan dana yaitu dengan mengajukan pinjaman invoice financing menggunakan invoice atau tagihan dari distributor.

Para penjual bahkan bisa mendapat pinjaman hingga Rp 2 miliar dengan proses pencairan cepat yakni lima hari kerja. Sedangkan untuk bunganya sendiri terbilang sangat kompetitif yaitu mulai dari 1,5 hingga 2,5 persen tergantung dari credit scoring.

Cara mengajukan pinjaman invoice financing di Pintek juga sangat mudah, kamu hanya perlu mengisi form yang tersedia di website Pintek, kemudian unggah seluruh dokumen yang dibutuhkan dan menunggu tim Pintek melakukan analisis data. Jika permohonan disetujui, dana akan langsung ditransfer ke principal.

Selain itu, segala transaksi di Pintek juga terjamin keamanannya karena Pintek sudah memiliki izin dan diawasi oleh OJK dan juga AFPI. Bahkan, Pintek juga sudah menerapkan standar kebijakan privasi berdasarkan sertifikasi ISO 27001:2013 yang akan menjamin data dan informasi kamu.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait pinjaman invoice financing di Pintek,kamu bisa berdiskusi dengan tim Pintek melalui TanyaPintek atau menghubungi Pintek di nomor 021-50884607.

Artikel Terkait

Back to top button