Persiapan Kuliah Pasca Pandemi, Siapkan Hal-Hal Penting ini

Pembelajaran di kampus-kampus tak lama lagi akan dimulai. Berbeda dengan suasana sebelumnya, tahun ini persiapan kuliah agak berbeda karena kondisi pandemi yang masih berlangsung dan belum bisa ditargetkan sampai kapan akan berakhir. 

Perkuliahan sistemnya akan menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Setiap zona memiliki aturan yang berbeda.

Buat Pinters yang baru pertama kali akan kuliah pastinya bingung apa hal yang harus dipersiapkan di tahun ajaran baru ini? Apakah sama dengan persiapan kuliah pada umumnya di tahun-tahun biasa? Berikut beberapa hal yang perlu Pinters perhatikan.

Beradaptasi dengan Sistem Pembelajaran Online

Hal pertama yang paling berbeda di tahun ajaran ini bagi daerah-daerah zona kuning dan merah adalah masih diterapkannya sistem pembelajaran online. Bagi Pinters yang berstatus mahasiswa baru tentu perlu menyesuaikan gaya belajar kuliah secara online dengan belajar di sekolah sebelumnya.

Perangkat-perangkat pembelajaran online dengan teknologi tertentu harus dikuasai untuk memudahkan pembelajaran. Setidaknya Pinters butuh alat seperti smartphone, laptop, koneksi internet atau wifi yang mendukung.

Materi Belajar yang Lebih Variatif Perlu Dipersiapkan

uang pangkal

Di musim pandemi dengan model pembelajaran online mengharuskan Pinters semua lebih smart mencari bahan-bahan kuliah yang bisa diakses melalui internet. 

Aktivitas di perpustakaan kampus yang dibatasi mengharuskan mahasiswa harus lebih kreatif mencari bahan kuliah. Bisa melalui jurnal nasional dan internasional, buku-buku digital dan perpustakaan online yang bisa membantu.

Artinya bagaimana sumber pembelajaran dilakukan melalui bahan materi yang bisa diakses secara online. Pinters dituntut lebih literat dalam mencari informasi secara online. Hasilnya, Pinters bisa mendapatkan referensi primer yang lebih mendukung aktivitas belajar.

Tak Hanya Peralatan Kuliah tapi Juga Peralatan Keamanan Virus

protokol kesehatan

Saat ini yang ada di ransel Pinters bukan hanya diktat kuliah tetapi juga beberapa hal penting alat-alat kesehatan yang bisa menangkal virus. Di antaranya air putih, suplemen sehat, handsanitizer, masker dan sebagainya. 

Alat-alat ini perlu kamu sediakan secara pribadi walaupun untuk sekadar aktivitas ringan di kampus. Siapkan semuanya di dalam ranselmu ya Pinters.

Aktivitas Seperti Praktikum akan Tetap Masuk Kuliah

persiapan kuliah online

Khusus buat kamu Pinters yang mengambil jurusan dengan pembelajaran praktikum tertentu biasanya tetap masuk dengan aturan protokoler yang ketat. Artinya persiapan untuk praktikum tetap kamu lakukan. 

Sediakan peralatan seperti busana labor yang selalu bersih dan sering dicuci, pencuci tangan, masker, sarung tangan dan sebagainya untuk keamanan dan kenyamanan.

Aktivitas Transaksi Uang Digital yang Lebih Tinggi

pembayaran online

Aktivitas belajar daring yang lebih dominan beserta kegiatan lainnya memungkinkan berbagai model pembayaran kebutuhan kuliah juga dilakukan secara online. 

Minimal Pinters memiliki perangkat mobile banking untuk memudahkan transaksi. Termasuk saldo uang digital yang mungkin dibutuhkan untuk pembayaran.

Semangat Belajar yang Tetap Harus Ditumbuhkan

biaya kuliah

Model pembelajaran kuliah online yang terbilang masih baru terkadang membuat sebagian mahasiswa merasa kurang serius dan kurang tertarik dengan gaya pembelajaran seperti ini. Hal yang penting dipahami oleh mahasiswa adalah model pembelajaran yang mungkin akan jadi model belajar di tahun-tahun mendatang adalah belajar online.

Cara pembelajaran online sangat menguji kemampuan literasi mahasiswa. Mendukung semangat belajar yang lebih mandiri sekaligus jujur dalam mengukur pemahaman diri sendiri terhadap materi. Jangan sampai merasa bahwa belajar online ini hanya main-main sehingga belajar jadi tidak serius.

Baca Juga : Cari Tahu Gimana Kegiatan Mahasiswa Baru di Masa Pandemi

Meningkatkan Imunitas Tubuh dengan Gizi yang Baik

makanan sehat

Walaupun berstatus sebagai anak kost, Pinters tak boleh mengabaikan aspek gizi untuk mendukung kesehatan. Musim pandemi membutuhkan ketahanan tubuh yang lebih baik. Konsumsi nutrisi yang bergizi dan berusahalah untuk meninggalkan makanan sampah.

Meningkatkan imunitas tubuh adalah cara menangkal virus sejak awal selain dengan mematuhi protokoler Covid-19.

Sumber Pendanaan Kuliah Tetap Harus Dipersiapkan

beasiswa s1

Walaupun Pinters belajar secara daring tetapi untuk biaya kuliah tidak bisa ditangguhkan. Angkanya tetap sama dengan hari biasa di saat bukan musim pandemi. Bagi yang orang tuanya terdampak pandemi tentu akan menjadi hal berat yang harus dihadapi. Apalagi jika biaya spp cukup mahal, biaya uang pangkal kuliah, kost dan sebagainya.

Hidup hemat adalah pilihan terbaik untuk mengantisipasi panjangnya masa pandemi ini. Gunakan dana yang ada untuk kebutuhan kuliah seperlunya. Tinggalkan aktivitas yang tidak bermanfaat. Efisiensi anggaran biaya kuliah menjadi hal penting yang perlu dilakukan.

Bila perlu bagaimana caranya Pinters bisa mengakses beasiswa yang ditawarkan. Jadi mencari sumber keuangan lebih utama dibandingkan aktivitas menghabiskan uang.

Pintek Membantu Masalah Biaya Pendidikan di Masa Pandemi

pinjaman dana pendidikan

Pandemi membuat siapa saja dipaksa berhenti dari aktivitasnya, mungkin termasuk orang tua kamu juga. Buat Pinters yang punya masalah biaya kuliah di musim Covid-19, kami Pintek siap membantu masalah kamu agar kuliah atau sekolahmu tetap bisa dilanjutkan.

Pintek menyediakan layanan pinjaman dana khusus pendidikan. Artinya Pinters yang membutuhkan dana untuk pembayaran uang kuliah, bisa mengajukan pinjaman kepada kami.

Proses yang cepat dan syarat yang mudah pastinya tidak akan mempersulit Pinters. Tenor yang kami sediakan juga panjang dengan bunga super ringan.

Bagaimana kira-kira persiapan kuliah Pinters semua saat ini apakah ada masalah soal keuanganya. Hubungi Pintek, tersedia pinjaman hingga 300 juta untuk masalah biaya pendidikan kamu.

Beri tahu sekarang orang tuamu Pinters, siapa tahu mereka ada masalah keuangan tentang kuliahmu tetapi tidak mau mengatakannya. Pintek menjadi solusi penting untuk investasi pendidikan yang lebih menguntungkan.

Persiapan kuliah berbasis teknologi perlu terus dipelajari sehingga Pinters bisa lebih siap dan maksimal hasil belajarnya.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *