Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik untuk Kamu Anak IPS

Pinters apakah kamu sudah menentukan jurusan saat nanti mendaftar UTBK-SBMPTN 2020? Ada baiknya kamu mempersiapkan pilihan dari sekarang. Buat Pinters dari jurusan IPS, Kami akan merangkum daftar pilihan jurusan IPS sebagai referensi.

UTBK-SBMPTN 2020 hanya membolehkan kamu memilih 2 prodi atau jurusan. Tentu saja amu tidak bisa sembarangan dalam memilih. Sebagai bahan pertimbangan dan gambaran mengenai jurusan-jurusan IPS, kamu bisa menyimak ulasan berikut tentang pilihan jurusan IPS di universitas.

1. Ilmu Komunikasi

Kamu yang ingin bekerja di industri media atau industri iklan, jurusan Ilmu Komunikasi adalah pilihan  jurusan ips yang paling tepat. Kamu yang tertarik dengan politik juga bisa mempelajarinya melalui jurusan ini.

Kamu akan belajar tentang komunikasi di jurusan ini. Komunikasi pada setiap tingkatan akan kamu dalami. Jadi, kamu bakal belajar secara mendalam tentang komunikasi secara lisan (menulis), verbal (public speaking), hingga visual (grafis).

Karena terdapat pendalaman materi mengenai komunikasi visual, kamu juga akan diajari tentang fotografi dan desain grafis. Sungguh menarik bukan.

Setelah lulus dari jurusan ini, kamu bisa menjadi jurnalis, penyiar radio, MC, Desainer Grafis, copywriter, dll.

2. Hubungan Internasional

Salah satu jurusan bergengsi di jurusan IPS adalah Hubungan Internasional. Calon mahasiswa baru yang mengejar masuk jurusan ini kebanyakan memiliki cita-cita sebagai diplomat.

Kamu dituntut untuk mahir berbahasa asing karena kamu akan belajar banyak tentang hubungan lintas negara. Setidaknya kamu harus bisa berbicara Bahasa Inggris dengan cas cis cus.

Kamu akan dibuat terbiasa dengan isu-isu internasional. Kamu akan dilatih berpikir kritis, analitis, mampu bernegosiasi, dan memiliki skill problem solving yang baik.

Selain menjadi diplomat, kamu juga bisa berkarir menjadi politisi hingga bisa bekerja di perusahaan multinasional. Skill yang kamu dapatkan dari jurusan ini cukup luwes diterapkan untuk berbagai industri.

3. Psikologi

Jurusan Psikologi ternyata masuk dalam dua kelompok jurusan. Ada Psikologi jurusan Saintek atau Jurusan IPA dan Psikologi jurusan Soshum atau IPS.

Pada jurusan IPA, Psikologi yang diajarkan lebih berfokus pada sisi sains nya. Sedangkan pada jurusan IPS lebih berfokus pada sosial humaniora, tapi tetap mempelajari sisi sains nya juga.

Jurusan Psikologi merupakan salah satu jurusan kuliah ips di UI yang cukup diminati. Bahkan Jurusan Psikologi UI adalah yang paling tua di Indonesia.

Jika kamu tidak tertarik menjadi Psikolog atau Psikiater, bermodal ilmu di jurusan ini, kamu bisa bekerja sebagai HRD atau RND.

Baca Juga : Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik untuk Kamu Lulusan IPA

4. Ilmu Hukum

Jurusan ini juga jadi salah satu primadona di kelompok IPS.

Kamu akan belajar mengenai teori hukum. Baik itu berkaitan dengan bisnis maupun dengan kehidupan masyarakat.

Jika masuk jurusan ini, Kamu harus jago menghafal. Kemampuanmu dalam berkomunikasi juga harus baik.

Dengan gelar S1, kamu bisa bekerja di berbagai tempat sebagai staf legal maupun staf HRD. Kamu juga berpeluang menjadi PNS atau bekerja di BUMN.

Namun untuk bisa berkarir sebagai pengacara, jaksa, hakim dan notaris, gelar S1 mu belum cukup. Kamu perlu melanjutkan pendidikan lagi atau mengambil pendidikan profesi.

5. Akuntansi

Meski tidak terlalu bergengsi, jurusan ini cukup populer dijadikan pilihan. Setiap perguruan tinggi yang membuka jurusan ini rata-rata kuotanya terpenuhi. Jika kamu ahli dalam urusan angka, jurusan ini mungkin cocok untuk kamu.

Kamu akan belajar tentang bagaimana melakukan pencatatan keuangan yang benar dan bagaimana menyusun laporan keuangan yang baik.

Prospek kerja lulusan akuntansi sangat terbuka luas. Kamu bisa menjadi akuntan di berbagai perusahaan. Hampir seluruh industri membutuhkan seorang akuntan.

6. Manajemen Bisnis

Jika tertarik masuk jurusan ini, kamu harus siap dengan persaingan yang ketat. Mungkin karena tren menjadi pengusaha yang terus naik dari waktu ke waktu.

Jurusan Manajemen Bisnis mempelajari tentang perencanaan bisnis, pengelolaan bisnis, dan pengoprasian bisnis. Ilmu yang kamu pelajari semasa kuliah bisa melengkapimu sebagai pengusaha. Jika kamu tidak tertarik menjadi pengusaha, pengetahuan dan skillmu masih dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

7. Desain Komunikasi Visual (DKV)

DKV adalah jurusan kuliah IPS yang jarang diminati oleh orang tua. Kekhawatiran mereka cukup bisa dimengerti. Karir yang tidak jelas dan jaminan pendapatan yang kurang pasti menjadi alasan kuat.

Tapi saat ini DKV sudah semakin diminati. Lulusan DKV saat ini cukup dibutuhkan oleh industri. Terlebih lagi industri digital dan industri hiburan.

Kamu akan belajar mengenai seni grafis terapan di jurusan DKV ini. Bagaimana menempatkan sebuah grafis sebagai media komunikasi (mengacu pada fungsi).

8. Ilmu Ekonomi

Jurusan ini lebih banyak membahas ekonomi secara luas (makro). Kamu akan belajar tentang perekonomian dalam lingkup negara. Mulai dari kebijakan ekonomi hingga analisis ekonomi.

Kamu akan kembali bertemu dengan hitungan matematika di jurusan ini. Perlu pendekatan matematis untuk melakukan analisis Ekonomi. Jika kamu ingin masuk jurusan ini, bersiaplah untuk menghafal lagi beberapa persamaan matematika seperti fungsi linier, kuadrat, matriks, dll.

Setelah lulus dari jurusan ini, diharapkan kamu bisa memiliki skill untuk meneliti kebijakan ekonomi negara mengacu keadaan negara. Kamu diharapkan juga untuk bisa menganalisa dan memprediksi kondisi ekonomi negara atau global pada waktu mendatang.

Sebagai lulusan ilmu ekonomo, kamu bisa bekerja di pemerintahan, bank, maupun lembaga keuangan.

Setelah melihat ulasan tentang beberapa pilihan jurusan di atas, semoga kamu sudah memiliki gambaran. Buatlah pilihan dengan tepat. Tempatkan jurusan yang kamu kuasai sebagai prioritas.

Selain itu siapkan juga pendanaan untuk masuk jurusan yang kamu pilih. Berdiskusilah dengan orang tua terkait hal ini.

Jika orang tuamu sedang terbentur keperluan lain, Pintek siap membantu memberikan dana pinjaman. Serahkan masalah pembayaran kuliahmu pada Pintek. Orang tuamu bisa membayarkan nanti dengan sistem cicilan.

Pintek siap membantumu mewujudkan impian berkuliah di pilihan jurusan IPS yang kamu minati. Dengan Pintek, orang tua bisa membayar biaya ringan, hati ringan. Segera ajukan permohonan pinjaman sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *