pinjaman dana kuliah

Saat ini pinjaman dana kuliah telah menjadi trend di berbagai kalangan orang tua maupun mahasiswa. Hal ini disebabkan terus naiknya biaya pendidikan di Indonesia. Menurut beberapa riset, tuition fee universitas stabil naik hingga 10% per tahun.

Masalah ini kemungkinan besar akan menekan anggaran pengeluaran rumah tangga Parent Pinters di masa depan. Sebab, tingkat kenaikan gaji karyawan hanya naik di level 10%, atau 8,51% pada 2020.

Namun, faktanya bukan hanya itu saja. Tingkat inflasi Indonesia tahunan terus menurun, bahkan menjadi di bawah 3%. Nilai ini mengindikasikan bahwa rumah tangga mengalami penurunan daya beli yang cukup parah.

Program deposito mungkin akan sedikit membantu, tetapi itu akan berlaku pada 5 atau 10 tahun ke depan. Tidak ada pilihan lain bagi Anda kecuali menggunakan pinjaman dana kuliah dari fintech atau bank untuk kondisi saat ini. Masalahnya adalah tahun ajaran baru akan dimulai Agustus – September ini.

Rata-Rata Uang Kuliah Per Semester Universitas

pinjaman dana kuliah

Salah satu faktor yang cukup mendorong naiknya pinjaman dana kuliah adalah tenggat pembayaran uang semester yang semakin dekat. Berdasarkan beberapa rilis data, saat ini lebih dari separuh mahasiswa terancam gagal membayar biaya kuliah tahun ajaran baru.

Walaupun pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan pengurangan atau diskon uang semester, akan tetapi itu hanya berlaku untuk PTN. Sedangkan pada tahun 2020 akan ada 8 juta mahasiswa aktif dengan 70% diantaranya kuliah di kampus swasta.

Bila melihat rata-rata biaya kuliah beberapa kampus di Jakarta, setidaknya orang tua harus mengeluarkan Rp 16,5 juta hingga Rp 25 juta pada awal semester ini. Jumlah ini tentu akan memberikan tekanan berat pada finansial rumah tangga Parent Pinters, bukan?

Pinjaman Dana Pendidikan Terbesar di Indonesia

biaya semester kuliah

Pintek saat ini adalah salah satu the largest student loan company berbasis fintech di Indonesia. Hingga awal 2020, telah ada lebih dari Rp 48 miliar pinjaman dana kuliah yang disalurkan ke 3000 mahasiswa di 100 lembaga pendidikan.

Layanan Pintek juga menjangkau lebih dari 25 provinsi di Indonesia. Jadi, Anda tidak perlu khawatir bila ingin memakai pinjaman pendidikan atau program lain yang Pintek tawarkan.

Parent Pinters dapat memperoleh besaran dana pinjaman sangat beragam. Anda bisa meminjam uang hingga 300 juta dengan tenor maksimal 24 bulan. Anda tidak mendapatkan pinjaman dengan jumlah sebesar ini di bank konvensional atau fintech lain.

Perbedaan Pinjam di Pintek dengan Bank Konvensional

pintek

Pintek memiliki sistem pinjaman dana kuliah yang sangat berbeda dengan bank konvensional pada umumnya. Bila Parent Pinters menggunakan pinjaman dana dari bank konvensional, biasanya Anda akan dikenai bunga pinjaman diatas 10%, atau bunga rata-rata 12%.

Selain itu, prioritas peminjam dana yang dilayani adalah karyawan yang berstatus kontrak, tetap, atau profesional. Sedangkan apabila Anda memakai program dari Pintek, status pekerjaan freelancer-pun tetap dilayani dengan beberapa syarat.

Pintek memiliki persyaratan dokumen yang lebih mudah untuk dipenuhi. Anda hanya harus melampirkan KTP dan data diri untuk menarik dana hingga Rp 5 juta untuk program Pintek Students Instant.

Beberapa bank konvensional juga mensyaratkan minimal lama bekerja 2 hingga 3 tahun. Standar lama bekerja di satu perusahaan hanyalah 1 tahun jika Anda meminjam di Pintek. Bila Parent Pinters adalah seorang job hopper tentu mustahil meminjam di bank konvensional.

Saat ini tidak ada bank konvensional atau perusahaan fintech lain yang mampu memberikan pinjaman dana kuliah hingga Rp 300 juta selain Pintek. Umumnya dana maksimal yang bisa Anda dapat berada di kisaran Rp 150 juta hingga Rp 200 juta.

Baca Juga : Begini Sistem Pembayaran Dana Talangan Pintek Student

Program Pinjaman Dana Pendidikan Pintek Students

pinjaman dana kuliah

Pintek memiliki 3 jenis program pinjaman dana kuliah yang bisa Parent Pinters gunakan. Ketiga program ini bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan pendidikan yang Anda inginkan, sebagai berikut:

1. Pintek Students Instant

Pintek Students Instant merupakan jenis program pinjaman pendidikan dari Pintek untuk kebutuhan urgent. Anda bisa mengandalkan dana dari program ini untuk membayar SPP, uang kuliah, hingga buku.

Program ini sendiri memiliki nilai pinjaman hingga Rp 5 juta dengan tenor mulai dari 30 hari hingga 3 bulan. Syarat dokumennya pun sangat sederhana, Anda hanya harus melampirkan KTP dan data diri.

2. Pintek Students Reg

Pintek Students Regular merupakan produk pinjaman pendidikan fleksibel yang mampu menjawab kebutuhan Parent Pinters saat ini. Anda bisa mendapatkan dana hingga Rp 300 juta untuk membayar uang pangkal, UKT, atau pun biaya tahunan lainnya.

Waktu pencairan pinjaman juga cukup cepat, hanya memakan satu hingga tiga hari kerja. Selain itu, bunga yang dikenakan juga sangat rendah, mulai dari 0% hingga 1.5% dengan tenor hingga 24 bulan.

3. Pintek Students Pro

Skema ini memberikan pinjaman pendidikan khusus karyawan yang ingin mengambil courses atau kuliah profesi. Dana yang dapat dicairkan sama seperti program reguler yaitu mencapai 300 juta rupiah. Hanya saja ada syarat tambahan, yakni bukti jaminan kerja.

Program ini memiliki periode penangguhan 6 bulan dan masa cicilan pinjaman 18 bulan. Selain itu, bunga yang dikenakan pun hanya 0% hingga 2%.

Parent Pinters bisa menggunakan program pinjaman dana kuliah Pintek Students yang paling sesuai dengan kebutuhan anak. Semua skema ini memang disusun untuk menjawab masalah pembiayaan pendidikan dalam berbagai situasi.

Cara Mengajukan Pinjaman Pendidikan di Pintek

biaya kuliah

Pintek memiliki kebijakan yang memudahkan orang tua untuk mengajukan dana pinjaman. Jadi, Parent Pinters tidak perlu khawatir akan bingung dan kerepotan untuk mengakses program Pintek Students. Berikut alur peminjamannya:

1. Mendaftar dan Diterima di Kampus

Ini adalah salah satu syarat yang harus putra/putri Anda penuhi. Mohon lampirkan juga bukti pendaftaran dan diterima sebagai mahasiswa dari lembaga pendidikan atau kampus.

2. Pengajuan Pinjaman ke Pintek

Setelah memastikan putra/putri Anda telah diterima sebagai mahasiswa, Parent Pinters bisa langsung mengajukan pinjaman melalui website Pintek, atau klik di sini.

3. Penilaian dan Pencairan Dana

Pintek akan melakukan proses penilaian pada kemampuan liabilitas Anda sebelum persetujuan pencairan dana. Bila permohonan Anda disetujui, Pintek akan langsung mentransfer dana tersebut ke rekening kampus.

4. Proses Pembayaran Cicilan ke Pintek

Anda bisa mulai membayar cicilan ke Pintek setelah semua proses di atas telah selesai. Contoh simulasinya adalah, bila Anda meminjam dana Rp 25 juta dengan bunga flat 1.5% dengan tenor 24 bulan, maka cicilan bulanan yang harus dibayar adalah Rp 1.416.667,-.

Itulah gambaran mengenai besaran pinjaman dana kuliah dari Pintek yang bisa Parent Pinters gunakan. Informasi lebih detail mengenai proses dan syarat admin peminjaman bisa Anda dapatkan dengan menghubungi customer service Pintek di email customercare@pintek.id atau bisa juga melalui nomor 021-30060799.