pinjaman dana pendidikan

Pendidikan adalah hal yang tidak bisa disepelekan saat ini. Pendidikan merupakan bekal bagi seseorang untuk mendapatkan penghidupan di masa mendatang. Tak heran jika pinjaman dana pendidikan dibutuhkan banyak orang untuk bisa mengenyam pendidikan yang lebih baik. 

Biaya pendidikan memang selalu naik dari tahun ke tahun. Di Indonesia sendiri, rata-rata kenaikan biaya pendidikan bisa mencapai 10% per tahunnya (data menurut Badan Pusat Statistik/BPS). Orang-orang harus selalu bersiap dengan kondisi ini.

Pengelolaan keuangan harus lebih tertata. Biaya pendidikan bisa disiapkan lebih dini, jika perlu sudah disiapkan tabungan pendidikan sejak anak-anak masih balita. 

Ada beberapa faktor yang memberi pengaruh terhadap kenaikan biaya pendidikan, antara lain:

  1. Inflasi

Inflasi secara sederhana adalah kondisi saat terjadi kenaikan harga barang atau jasa secara berkelanjutan karena berbagai faktor. Inflasi berpengaruh ke setiap lini kehidupan, termasuk sektor pendidikan. Untuk menjalankan suatu institusi pendidikan, terdapat banyak biaya operasional termasuk gaji guru dan karyawan. 

Lembaga pendidikan meningkatkan biaya dari tahun ke tahun sebagai upaya untuk tetap survive. Penyesuaian biaya akibat inflasi sangat lazim terjadi dalam berbagai sektor.

  1. Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan 

Zaman yang terus berkembang menuntut sektor pendidikan terus melakukan penyesuaian. Saat ini sudah memasuki revolusi industri 4.0. Lembaga pendidikan dituntut untuk meningkatkan kualitas pendidikannya supaya bisa menghasilkan SDM berkompeten yang mampu bersaing pada era revolusi industri terbaru ini.

Supaya bisa memenuhi hal tersebut, lembaga pendidikan harus bisa memenuhi seluruh infrastruktur pendukung. Lembaga pendidikan harus mampu menyediakan perangkat digital dan memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung proses belajar mengajar. 

Semua itu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Lembaga pendidikan terpaksa membebankan biaya pendidikan yang tinggi pada pelajar/mahasiswa. 

Semakin lengkap infrastruktur yang disediakan institusi pendidikan, biaya pendidikan yang dibebankan akan semakin besar pula. 

Pinjaman Dana Pendidikan

beasiswa s1

Tingginya biaya pendidikan cukup memusingkan orang tua. Ada banyak kebutuhan yang harus dicukupi. Terkadang semua tagihan datang secara bersamaan. 

Beasiswa menjadi salah satu jalan keluar untuk mengatasi masalah pembiayaan pendidikan. Sayangnya tidak semua orang cukup mampu dan cukup beruntung untuk bisa mendapatkan beasiswa.

Pinjaman dana pendidikan menjadi salah satu opsi. 

Di Amerika ada sebuah program bernama student loan. Pihak pemerintah dan swasta bekerjasama memberikan kredit dana pendidikan supaya warga negara AS bisa mengenyam pendidikan tinggi. Pembayaran bisa dilakukan 1 tahun setelah peminjam lulus kuliah, dengan asumsi setelah 1 tahun lulus sudah mendapat pekerjaan.

Di Indonesia belum ada pinjaman dana pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah. Namun, ada beberapa lembaga keuangan/fintech yang menyediakan fasilitas kredit pendidikan. 

Kredit pendidikan adalah suatu fasilitas yang diselenggarakan baik oleh bank maupun suatu lembaga keuangan untuk pembiayaan kebutuhan pendidikan. Ada banyak lembaga keuangan yang menyediakan produk kredit pendidikan. Salah satu lembaga keuangan yang fokus terhadap hal tersebut dan sudah terpercaya adalah Pintek.

Mengenal Pintek

mahalnya biaya pendidikan

Pintek adalah salah satu lembaga keuangan yang menyediakan pinjaman untuk kebutuhan pendidikan. Pintek bisa memberikan kredit bagi lembaga pendidikan dan juga pelajar/mahasiswa. Ketersediaan dana di Pintek mencapai 300 Miliar yang berasal dari 5+ Venture Capital.

Pintek berkomitmen mendukung revolusi pendidikan di Indonesia. Pintek siap membantu memfasilitasi anak-anak Indonesia untuk bisa menikmati pendidikan di perguruan tinggi dan mengeksplorasi keterampilan baru di lembaga kursus. Harapannya mutu pendidikan dan kualitas SDM di Indonesia bisa terus meningkat. 

Ada banyak orang yang ragu dengan layanan dari perusahaan fintech. Pintek adalah penyedia pinjaman online khusus dana pendidikan yang sudah diakui secara hukum. Pintek juga sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, jadi kami resmi dan terpercaya.

Pintek memiliki produk khusus bagi pelajar/mahasiswa. Produk pinjaman tersebut bernama Pintek Students. 

Baca Juga : Tips Cara Memilih Pinjaman di Pintek yang Sesuai Kebutuhan

Pintek Students, Pinjaman Pendidikan untuk Pelajar/Mahasiswa

pinjaman dana pendidikan

Pintek Students adalah salah satu produk dari Pintek yang khusus melayani pinjaman bagi pelajar/mahasiswa untuk biaya pendidikan (sekolah, kuliah, atau kursus). Produk ini terbagi dalam 3 paket, diantaranya adalah:

1. Pintek Students Instant

Peminjam bisa mendapatkan pencairan dana hingga 5 juta pada paket Pintek Students Instant. Tenor atau jangka waktu cicilan yang bisa dipilih adalah 30 hari atau 3 bulan. Dana tidak akan dicairkan ke pihak peminjam, tapi langsung ke rekening institusi pendidikan.

Syarat utamanya adalah pelajar masuk ke institusi pendidikan (sekolah) yang sudah terintegrasi dengan Pintek. Pencairan dana bisa langsung diproses hanya dalam waktu 1 jam.

Pendanaan dari paket ini bisa untuk pembayaran biaya SPP, uang pangkal, pembelian buku sekolah, study tour, dll. 

Paket ini bisa membantu orang tua yang sedang terbentur kebutuhan lain dan harus membayarkan suatu biaya di sekolah. Dana dari Pintek bisa menutup dulu pembayaran biaya tersebut. Orang tua kemudian bisa mencicil melalui Pintek.

Pintek membebankan bunga yang tidak terlalu besar. Bunganya 0% untuk tenor 30 hari dan mulai dari 2,19% untuk tenor 3 bulan.

Orang tua siswa yang berlaku sebagai peminjam, harus memenuhi beberapa persyaratan. Pendapatan orang tua minimum 3 juta per bulan dan sudah bekerja/membuka usaha minimal 1 tahun. Persyaratan dokumennya cukup mudah, yaitu KTP/Selfie dengan KTP, data diri, dan NPWP.

Orang tua siswa tidak perlu memberikan jaminan apapun untuk bisa mendapatkan kredit ini.

2. Pintek Students Reg

Paket ini bisa diperuntukkan bagi pelajar/mahasiswa yang membutuhkan dana untuk memenuhi kebutuhan pembayaran uang pangkal, uang semester, uang kursus, uang bimbel, dll. Program ini untuk mahasiswa yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi yang bukan mitra Pintek.

Paket Reg bisa mencairkan dana mulai dari 3 juta – 300 juta. Tenor atau jangka waktu cicilannya maksimal sampai 24 bulan. Bunganya cukup ringan, mulai dari 0-1,5%/bulan.

Pintek Students Reg bisa diajukan oleh orang tua pelajar/mahasiswa dan karyawan yang berkuliah dengan income gross atau pendapatan kotor minimal 3 juta.

Persyaratan untuk pengajuan kredit Pintek Reg cukup mudah, yaitu:

  • KTP/Selfie dengan KTP, KK.
  • Bukti penerimaan pelajar/mahasiswa di suatu institusi.
  • Bukti tagihan pembayaran dari institusi.
  • Bukti pendapatan berupa:
    • Mutasi rekening 3 bulan terakhir atau slip gaji bagi peminjam yang berstatus karyawan.
    • NPWP (30-100 juta).
    • Bagi pengusaha: Foto usaha atau produk, SIUP/TDP (30-100 juta), laporan keuangan untuk 100 juta ke atas.

Pencairan dana bisa diproses 1-3 hari kerja setelah seluruh dokumen permohonan dilengkapi.

3. Pintek Students Pro

Paket Pintek Students Pro digunakan untuk pembiayaan pelatihan kerja, kursus dengan jaminan penyaluran kerja dan pendidikan profesi dengan jaminan kerja. Pembayaran cicilan bisa dilakukan setelah resmi bekerja. Maka dari itu, salah satu dokumen yang menjadi syarat utama adalah keterangan jaminan kerja dari institusi.

Dana yang bisa Anda pinjam mulai dari 3 juta sampai 300 juta, bisa dicairkan 1-3 hari kerja setelah dokumen pengajuan dilengkapi. Pintek memberlakukan tenor cicilan selama 18 bulan dengan grace period atau periode penangguhan maksimal 6 bulan. Untuk bunga yang dibebankan yaitu 0-2% per bulan. 

Persyaratannya cukup mudah, hanya perlu KTP/selfie dengan KTP, KK, Rek. Koran 3 bulan terakhir, dan bukti jaminan kerja dari institusi.

Parents Pinters hanya perlu registrasi ke situs Pintek.id dan mengikuti setiap langkah-langkahnya. Pintek siap memberikan layanan terbaik dan memberikan solusi untuk masalah pendanaan pendidikan.

Pintek adalah mitra yang paling tepat bagi Parent Pinters yang membutuhkan pinjaman dana pendidikan. Kami siap membantu melancarkan jalan anak-anak Indonesia untuk meraih cita-cita mereka dalam mengakses pendidikan tinggi. Segera hubungi tim Pintek dan dapatkan penawaran pinjaman sesuai kebutuhan Parent Pinters.