pinjaman di pintek

Lembaga atau institusi pendidikan merupakan motor penggerak ekosistem dalam menyiapkan generasi masa depan. Namun, tidak hanya itu, dukungan masif dan efektif dari segi pembiayaan juga merupakan investasi penting. Pinjaman di Pintek menawarkan solusi untuk Anda dalam menjawab tantangan ini.

Pintek menawarkan Pintek Institutions dengan tujuan untuk membuka akses pembiayaan lembaga pendidikan yang aman, mudah, dan ringan. Kami menciptakan produk layanan keuangan untuk mendukung pengembangan lembaga pendidikan. Anda dapat mengetahui tips memilih pinjaman di Pintek melalui artikel ini.

Mengenal Pinjaman Pintek Institutions

cara memilih pinjaman

Pintek memiliki nama resmi sebagai PT. Pinduit Teknologi Indonesia, merupakan sebuah P2P Lending yang fokus pada penyediaan pinjaman online pendidikan. Kami telah mendaftarkan diri dan berada di bawah pengawasan langsung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak 16 Oktober 2018.

Pintek juga telah bergabung ke dalam Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Jadi Anda tidak perlu khawatir seputar legalitas dan kredibilitas perusahaan pinjaman online kami.

Pintek berkomitmen menyediakan akses dana pendidikan yang memadai untuk lembaga pendidikan dari berbagai tingkat dan bidang. Hal ini kami lakukan dengan mimpi besar untuk mengurangi angka putus sekolah anak-anak Indonesia. Kami juga berharap dapat meningkatkan fasilitas dan kualitas kegiatan belajar mengajar.

Saat ini sudah ada lebih dari 80 mitra dari institusi pendidikan formal dan informal yang bekerjasama melalui Pintek Institutions. Kami juga telah menyetujui lebih dari 100 pengajuan. Pintek sendiri mampu tumbuh atas dukungan lebih dari 5 perusahaan venture capital domestik maupun mancanegara.

Pintek Institutions hadir untuk Anda dalam 2 skema pembiayaan berikut ini:

1. Pinjaman Modal Kerja (Working Capital Loan)

Pintek memahami bahwa salah satu bagian paling sulit dari upaya menjalankan lembaga pendidikan adalah pada pembiayaan. Terlebih lagi bagi institusi pendidikan swasta yang berjalan secara independen, tentu peningkatan modal kerja menjadi satu keharusan. Namun, seringkali sumber pemasukan belum cukup beragam.

Pintek Institutions membuka kesempatan untuk mengakses pinjaman modal kerja bagi lembaga pendidikan yang butuh uang cepat. Nominal yang dapat Anda ajukan yaitu mulai dari 50 juta hingga milyaran rupiah dalam satu kali aplikasi. Tenornya sendiri terhitung sangat ideal yaitu mencapai 12 bulan untuk skema ini.

Jika Anda mengakses pinjaman modal kerja, maka untuk pencairannya sendiri yaitu 10% hingga 20% dari total piutang selama periode tenor. Sementara itu, bunganya berlaku tetap untuk cicilan setiap bulan, yaitu mulai dari 0.9% hingga 2%. Besaran bunga flat ini akan ditentukan berdasarkan credit score yang Anda miliki.

Pintek dengan komitmen penuh untuk membantu pendanaan lembaga pendidikan Anda juga memfasilitasi adanya masa penangguhan. 

Jika Anda telah sampai pada periode jatuh tempo namun memiliki kendala pelunasan, Pintek memberi penangguhan maksimal hingga 3 bulan. Anda dapat melunasi bunganya saja terlebih dahulu baru membayar pokok pinjaman di akhir periode.

2. Pendanaan PO/Invoice (PO/Invoice Financing)

Pintek juga menawarkan pembiayaan untuk PO ataupun Invoice yang telah melalui verifikasi. Anda dapat mengakses pinjaman ini dengan menjaminkan PO yang Anda terima dari customer ataupun invoice project/event yang sudah terbit. Anda tetap dapat memproses PO tersebut pada akhirnya, sekalipun Anda terkendala dana awal.

Pintek akan mencairkan dana sebesar 80% dari nilai invoice atau 100% dari nilai PO, dengan besaran mulai dari 50 juta hingga milyaran rupiah. Sementara itu, masa tenornya sendiri mencapai maksimal 6 bulan, atau mengikuti periode jatuh temponya PO atau Invoice. 

Menariknya, Pintek memberikan Anda bunga efektif pada skema ini yang mengacu pada skor kredit Anda. Artinya, bunga akan dihitung berdasarkan pokok piutang yang tersisa. Bunga efektif membuat besaran bunga yang Anda bayarkan setiap bulannya akan semakin kecil sehingga besaran angsuran pun juga makin rendah.

Sama dengan skema pertama, untuk skema kedua ini Pintek juga memberikan kemudahan dengan adanya periode penangguhan. Durasinya sendiri mencapai 5 bulan, dengan ketentuan pelunasan pokok sebesar 1 kali di akhir. 

Nah, untuk kedua skema tersebut Pintek membebankan biaya administrasi sebesar 500 ribu rupiah dan biaya platform sebesar 4%. 

Jika selama ini Anda takut meminjam karena khawatir harus menyediakan jaminan, Anda tidak perlu khawatir. Anda tidak perlu menyertakan jaminan selama nominal pinjaman Pintek Institutions Anda di bawah 1 M. Namun jika Anda meminjam di atas 1 M, Anda wajib menyertakan jaminan personal/perusahaan, cek, dan fidusia.

Baca Juga : Wujudkan Pendidikan 4.0 di Sekolah Bersama Pintek

Tips Memilih Pinjaman di Pintek Institutitons

cara pinjam uang

Setelah mengetahui 2 jenis skema pinjaman dana pendidikan yang ada di Pintek Institutions, Anda dapat memilih yang paling tepat sesuai kebutuhan lembaga Anda. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan.

1. Ketahui Kebutuhan Anda

Jika lembaga pendidikan Anda telah beroperasi setidaknya 2 tahun tetapi masih mengalami kendala biaya operasional, Anda dapat mengajukan pinjaman modal kerja. Skema ini sangat cocok bagi Anda untuk tetap dapat menjalankan kegiatan lembaga sehari-hari, khususnya ketika masa sulit atau pendapatan tidak menentu.

Anda dapat menggunakan pinjaman ini untuk membayar payroll, penyewaan gedung, ataupun penambahan inventaris yang mendesak. Pintek Institutions siap mendukung kas Anda supaya lembaga pendidikan Anda dapat bertahan. Pinjaman modal kerja akan menutup gap aliran kas yang kadang tidak dapat dihindari.  

Sementara untuk skema kedua yaitu pendanaan PO/Invoice, Anda dapat menggunakannya ketika hendak membiayai project/event, ataupun dalam kegiatan trading. Terkadang Anda belum memiliki dana untuk menyiapkan order padahal permintaannya ada. Pembiayaan dari Pintek memastikan PO tetap dapat diproses.

Anda tetap dapat menyelesaikan project, mempertahankan stabilitas lembaga, serta menyeimbangkan kas keluar masuk. Semuanya hanya dengan mengajukan pendanaan PO atau invoice ini.

Jangan khawatir jika Anda memiliki lebih dari satu project, karena Anda cukup membuat satu kali perjanjian saja. Nantinya, Pintek akan mencairkan dana mengacu pada timeline project yang telah Anda buat.

2. Pelajari dengan Detail Persyaratan dan Ketentuan Peminjaman

Anda dapat menghubungi tim Pintek dan berkonsultasi secara langsung seputar pendanaan. Tim kami akan memberikan Anda informasi sedetail mungkin terkait skema peminjaman yang Anda inginkan, misalnya seperti besaran bunga, tenor, masa penangguhan, dst. 

Anda bisa juga memperoleh simulasi pembiayaan untuk mendapatkan gambaran utuh cicilan tiap bulannya. Pastikan juga Anda telah memenuhi persyaratan profil peminjam yang sesuai dengan Pintek Institutions.

3. Ketahui Proyeksi Pendapatan

Setelah Anda mengenali kebutuhan lembaga dan sudah memahami detail skema pembiayaan, maka ketahui juga proyeksi pendapatan Anda. Hal ini dapat Anda lihat mengacu pada laporan keuangan lembaga dalam 2 tahun terakhir. 

Pintek percaya dengan memiliki proyeksi pendapatan yang jelas, tentunya Anda dapat memenuhi kewajiban pelunasan sesuai tenggat waktunya serta terhindar dari kemungkinan terburuk terjadinya gagal bayar.

4. Ajukan Pinjaman

Jika Anda telah yakin, Anda dapat mengajukan pinjaman website secara langsung melalui Pintek.id. Jangan lupa untuk melakukan registrasi terlebih dahulu dan melengkapi identitas. Untuk persyaratan dokumennya sendiri yaitu:

  • Formulir pinjaman.
  • Bukti identitas badan hukum, seperti Akta Pendirian/SIUP/TDP/NIB.
  • Laporan keuangan 2 tahun terakhir dan mutasi rekening 6 bulan terakhir.
  • Informasi lembaga seperti profil perusahaan/yayasan dan/PO project, surat kontrak, SPK, dan sejenisnya.

Anda dapat menyimak pada gambar berikut untuk alur prosesnya. Jika dokumen Anda telah lengkap, kami akan mencairkan pinjaman Anda maksimal dalam 3 hari kerja.

pintek institutions

Sangat mudah bukan? Kami sangat menjunjung tinggi persyaratan yang tidak rumit, opsi skema yang sesuai kebutuhan Anda, serta proses yang cepat untuk pinjaman di Pintek. Hubungi Business Development Pintek sekarang juga untuk membantu pengembangan lembaga pendidikan Anda, kami siap mendukung dengan totalitas.