pinjaman pendidikan

Kamu memiliki banyak opsi untuk bisa mendapatkan kredit tunai pada saat ini. Sudah ada banyak lembaga keuangan yang menyediakan pinjaman non bank. Terlebih lagi saat trend pinjaman online mulai naik, ada lebih banyak lagi fintech yang siap memberikan pinjaman uang tunai tanpa agunan.

Meminjam uang melalui lembaga keuangan sudah sangat lazim dilakukan saat ini. Peminjaman bisa dilakukan untuk berbagai alasan. Bisa untuk modal usaha, untuk keperluan konsumtif, atau untuk membayar biaya pendidikan.

Ada banyak orang yang mengajukan pinjaman untuk membayar biaya pendidikan. Pendidikan sangatlah penting, sayangnya biayanya cukup tinggi. Apalagi jika tagihan datang saat tidak memiliki uang, jadi mau tidak mau harus mengajukan pinjaman. 

Meskipun kamu sudah bekerja, beban biaya kuliah tentu saja cukup memusingkan. Kamu harus pandai-pandai mengelola uang untuk kebutuhan sehari-hari dan juga membayar biaya kuliah.

Kamu harus berhati-hati dengan banyaknya fintech di Indonesia. Penawaran yang mereka berikan mungkin tampak menarik, tapi apakah legalitasnya sudah terjamin?

Fintech harus terdaftar di OJK untuk mendapat pengakuan hukum. Sebelum melakukan pinjaman, pastikan legalitas institusi keuangan tersebut supaya kamu aman dan terhindar dari penipuan.

Jenis-jenis Pinjaman Non Bank

pinjaman pendidikan

Pinjaman non bank adalah sebuah produk pinjaman yang dikeluarkan oleh institusi keuangan bukan bank. Ada beberapa bentuk institusi keuangan yang menyediakan produk pinjaman. Berikut beberapa contoh yang menyediakan pinjaman uang tunai.

1. Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi simpan pinjam adalah institusi keuangan yang menghimpun dana dari anggotanya, kemudian menyalurkan dana tersebut sebagai pinjaman ke sesama anggota dengan bunga relatif rendah. 

Mengacu pada hal tersebut, kamu harus menjadi anggota untuk bisa mendapatkan pinjaman. Sebagai anggota Koperasi, kamu memiliki tanggung jawab untuk menyetorkan simpanan pokok dan simpanan wajib. Uang yang didapat dari setoran inilah yang kemudian disalurkan sebagai pinjaman.

Koperasi simpan pinjam sangat umum ditemui di kota-kota kabupaten dan kecamatan. Koperasi Simpan Pinjam memang menyasar kalangan kelas ekonomi menengah kebawah.

2. Pegadaian

Pegadaian sangat terkenal di masyarakat Indonesia. Taglinenya begitu familiar di telinga orang-orang Indonesia yaitu “Mengatasi masalah, tanpa masalah”.

Pegadaian menyediakan produk pinjaman non bank jaminan sertifikat rumah, emas, kendaraan bermotor, dll. Ada agunan atau jaminan yang dibutuhkan untuk setiap peminjaman. 

Pegadaian juga menyasar kalangan masyarakat menengah ke bawah. 

3. Perusahaan Modal Ventura

Institusi keuangan dengan bentuk ini mungkin masih sedikit asing bagi masyarakat awam. Perusahaan modal ventura mendapatkan suntikan dana dari Venture Capital. Suntikan dana dari Venture Capital tersebut termasuk dalam pembiayaan modal.  

Dengan kata lain ada 2 perusahaan yang saling bekerja sama. Dalam konteks ini adalah institusi keuangan yang memberi layanan pinjaman pada masyarakat dan Venture Capital yang memberi suntikan dana berupa investasi di institusi keuangan.

Pinjaman pribadi non bank biasanya diberikan oleh fintech dengan bentuk perusahaan modal ventura. Fintech dengan bentuk perusahaan modal ventura biasanya memiliki produk pinjaman non bank tanpa jaminan. Lembaga keuangan berbentuk perusahaan modal ventura ada juga yang menyediakan pinjaman non bank tanpa BI checking, namun hal ini sangat beresiko.

Lebih baik kamu meminjam di tempat yang sudah terbukti memberikan layanan terbaik. Tempat yang memberikan jaminan keamanan bagi debiturnya.

Pintek adalah salah satu lembaga keuangan yang berbentuk perusahaan modal ventura dengan layanan yang terbukti aman. Pintek memberi pinjaman khusus biaya pendidikan. Jika kamu butuh pinjaman uang untuk membayar tagihan uang pangkal atau tagihan uang semester yang sudah mendekati jatuh tempo, mengajukan pinjaman ke Pintek adalah langkah tepat.

Baca Juga : 4 Syarat Daftar Pintek Students untuk Kamu yang Kuliah Kelas Karyawan

Mengenal Pintek

tes masuk kuliah

Sebagai perusahaan modal ventura, ada lebih dari 5 Venture Capital yang menyuntikan dana ke Pintek. Ada lebih dari 300 miliar yang siap disalurkan sebagai pinjaman pendidikan, baik itu bagi pelajar/mahasiswa atau untuk pinjaman modal bagi lembaga pendidikan.

Pintek sudah beroperasi sejak tahun 2018 dan sudah terdaftar OJK. Pintek hanya memberikan pinjaman pendidikan karena melihat kondisi di Indonesia masih banyak orang yang sulit mendapat pinjaman pendidikan saat membutuhkan. 

Pintek memberikan kemudahan akses pada pinjaman biaya pendidikan. Dengan demikian semakin banyak anak bisa mengejar cita-cita masuk ke perguruan tinggi bermutu. Semakin banyak anak dengan pendidikan tinggi, semakin baik juga kualitas SDM di Indonesia.

Pinjaman Pendidikan Pintek Students

ojk

Pintek memiliki produk pinjaman khusus pelajar/mahasiswa bernama Pintek Students. Kamu yang sedang butuh dana untuk memenuhi biaya kuliah, bisa mengajukan pinjaman menggunakan skema Pintek Students. Baik uang pangkal, uang semester, uang praktikum, kursus, dll, bisa dipenuhi.

Syarat-syarat untuk mengajukan pinjaman pendidikan menggunakan skema Pintek Students diantaranya adalah:

  • Jika kamu berstatus sebagai mahasiswa sekaligus bekerja, kamu bisa menggunakan nama pribadi sebagai peminjam. Tidak perlu orang lain sebagai penjamin. Syarat peminjam adalah WNI dengan umur 21 tahun, memiliki KTP aktif dan pekerjaan mapan.
  • Jika kamu hanya mahasiswa dan tidak bekerja, kamu butuh penjamin. Status peminjam dibebankan pada orang tua.
  • Seseorang dengan status peminjam, harus memiliki pekerjaan baik sebagai karyawan maupun pengusaha. Sudah bekerja minimal 1 tahun dan berpenghasilan minimal 3 juta. Hal ini untuk meminimalisir resiko tidak mampu membayar di kemudian hari. 
  • Jika kamu bekerja sebagai karyawan kontrak, kamu bisa mengajukan pinjaman dengan syarat kontrak masa kerja lebih lama dari masa peminjaman. 
  • Butuh kelengkapan dokumen sebagai berikut ini. 
    • KTP berupa soft file (di foto atau di scan), peminjam foto selfie memegang KTP, KK berupa soft file (di foto atau di scan).
    • NPWP. Khusus pinjaman lebih dari 30 juta, dibawah 30 juta tidak perlu.
    • Bukti status kemahasiswaan atau dokumen penerimaan sebagai mahasiswa baru dan tagihan biaya kuliah yang butuh dipenuhi.
    • Bukti pendapatan. Slip gaji 2 bulan terakhir bagi karyawan, mutasi rekening 3 bulan terakhir bagi pengusaha. Saat pengusaha meminjam diatas 10 juta, dibutuhkan SIUP & TDP. 

Ada 3 jenis skema pinjaman pada Pintek Students. Diantaranya adalah:

1. Pintek Students Instant

Skema pinjaman ini diberlakukan bagi kamu yang terdaftar pada perguruan tinggi mitra Pintek. Pintek saat ini sudah bermitra dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia seperti Universitas Borobudur, Institut Teknologi Telkom Surabaya, LP3i, ESMOD Jakarta, Universitas 17 Agustus ‘45, Akademi Pariwisata Indonesia, dll. 

Proses pengajuan pinjaman jauh lebih cepat. Hanya dalam 1 jam, biaya perkuliahan yang butuh ditanggung langsung dilunasi oleh pihak Pintek. Uang pinjaman akan langsung ditransfer ke pihak perguruan tinggi.

Setelah itu, kamu sebagai peminjam wajib membayar cicilan dengan tenor 30 hari atau 3 bulan. Jika kamu mengambil tenor 30 hari, tidak akan ada bunga yang kamu tanggung. Jika kamu mengambil tenor 3 bulan, total bunganya mulai dari 2,19%. 

Pintek siap menanggung biaya perkuliahan yang tidak lebih dari 5 juta. 

2. Pintek Students Reg

Skema peminjaman ini bisa diberlakukan untuk pembiayaan pendidikan formal maupun non formal (kursus). Pintek Students Reg bisa menanggung biaya pendidikan bagi kamu yang berkuliah di perguruan tinggi non mitra Pintek.

Proses pengajuannya cukup mudah. Kamu hanya perlu menghubungi pihak Pintek (CS) dan mengajukan pinjaman sesuai kebutuhanmu. Kamu akan diarahkan mengenai proses pengajuan dan dokumen apa saja yang perlu dilengkapi.

Bantuan dana untuk kuliah yang bisa ditanggung minimal 3 juta dan maksimal 300 juta. Tenor pinjaman bisa mencapai 24 bulan dan bunganya antara 0 sampai 1,5%.

3. Pintek Students Pro

Skema ini bisa dipilih jika kamu mengambil pendidikan profesi atau sertifikasi. Kursus dan pelatihan kerja yang memiliki jaminan kerja juga bisa ditanggung. Prinsip pinjamannya adalah pinjaman di muka dan cicilan dilakukan setelah bekerja. 

Skema ini siap memberi tanggungan biaya pendidikan sampai 300 juta dengan bunga ringan mulai dari 0 sampai 2%. Tenor pinjamannya lebih singkat, yaitu 18 bulan. 

Jadi kamu hanya perlu membayar bunga pada saat menjalankan studi dan membayar cicilan pokok pada saat studi sudah selesai dan sudah mulai bekerja.

Pintek Students adalah produk pinjaman non bank yang bisa kamu andalkan untuk membantu memenuhi pembiayaan pendidikan. Pendidikan tinggi adalah investasi untuk karirmu di masa mendatang. Segera hubungi tim Pintek dan dapatkan penawaran pinjaman.