pinjaman online ojk

Tingginya kebutuhan hidup dan sulitnya ekonomi menjadi faktor utama yang membuat banyak masyarakat mengajukan pinjaman online. Namun, pemerintah menyarankan agar masyarakat memilih pinjaman online OJK agar terhindar dari kekejaman pinjol ilegal.

Bahkan baru-baru ini, Presiden Joko Widodo meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menindak tegas fintech ilegal lantaran sudah sangat meresahkan masyarakat. Hal itu terbukti dengan banyaknya pinjol ilegal yang digerebek dan ditutup oleh lembaga keuangan yang berwenang yaitu OJK dan SWI.

Memang tidak ada salahnya meminjam uang di perusahaan fintech, namun pastikan kalau alasan kamu mengajukan pinjaman memang untuk kebutuhan yang benar-benar mendesak atau untuk kebutuhan masa depan, misalnya saja sebagai tambahan modal mengembangkan usaha.

Dengan begitu, kamu tidak membuang-buang uang untuk hal yang tidak penting. Kenapa membuang-buang uang? Iya dong, karena kamu harus membayar sejumlah biaya saat mengajukan pinjaman, salah satunya adalah bunga.

Baca Juga: Marak Pinjol Ilegal Digerebek, ini Perbedaan Fintech Legal dan Ilegal Menurut OJK!

Nah untuk UKM pendidikan dan lembaga pendidikan yang tengah membutuhkan suntikan dana untuk mengembangkan bisnis atau meningkatkan sarana prasarana sekolah, Pintek Institutions bisa menjadi solusi yang patut dipertimbangkan.

Sebagai terobosan inovatif di bidang pembiayaan pendidikan, Pintek menjadi satu platform pendanaan yang dapat kamu andalkan. Dengan berbagai keunggulan dan kemudahan yang ditawarkan, tidak salah jika kamu bermitra dengan Pintek. Perusahaan ini memang berkomitmen untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia.

Keuntungan mengajukan pendanaan di Pintek

Keuntungan mengajukan pendanaan di Pintek

Bukan menjadi rahasia jika hingga saat ini sumber pembiayaan pendidikan di Indonesia masih sangat terbatas. Terlebih lagi bagi lembaga pendidikan swasta yang bergerak mandiri dan tidak menerima pembiayaan eksklusif dari pemerintah hingga para pelaku usaha di bidang pendidikan yang merasa kesulitan dalam mengembangkan usahanya karena terbentur dana yang tidak mencukupi.

Untuk itu, Pintek hadir mengatasi berbagai hambatan tersebut melalui produk keuangan yang ditawarkan. Bahkan, Pintek merupakan pionir layanan keuangan di Indonesia yang fokus pada transformasi pendidikan melalui pembiayaan yang cepat, mudah dan efektif.

Berikut alasan penting kenapa memilih Pintek sebagai solusi pendanaan kamu, yaitu:

1. Skema pembiayaan sesuai kebutuhan

Skema pembiayaan sesuai kebutuhan

Salah satu alasan utama kenapa kamu harus meminjam uang melalui Pintek yaitu adanya varian skema yang sesuai dengan kondisi kamu. Ya, sebagai perusahaan fintech yang secara khusus mendedikasikan diri dalam pengembangan ekosistem pendidikan, Pintek paham betul dinamika di dalam lembaga pendidikan dan UKM pendidikan.

Berikut dua skema pinjaman Pintek Institutions yang dapat kamu pelajari lebih lanjut.

  • Pinjaman Modal Kerja (Working Capital Loan)

Masalah sarana dan prasarana masih menjadi salah satu kebutuhan utama lembaga pendidikan, selain tentu saja SDM pendidik yang berkualitas. Tidak perlu khawatir, kamu dapat mengejar ketertinggalan dengan mengajukn pinjaman uang tanpa jaminan di Pintek. Gunakan untuk menambah inventaris, renovasi gedung hingga meningkatkan kesejahteraan guru.

Pintek siap mendukung kamu mulai dari Rp 50 juta hingga miliaran rupiah. Untuk pencairannya sendiri yaitu 10 – 20% dari total piutang selama tenor hingga 24 bulan.

Skema Pinjaman Modal Kerja ini bunganya tetap, sehingga jumlah angsuran kamu selalu sama setiap bulannya. Tentu ini lebih mempermudah kamu dalam mengatur cash flow. Jangan khawatir juga karena terdapat grace period untuk pinjaman ini hingga tiga bulan.

  • Pendanaan PO/Invoice (PO/Invoice Financing)

PO Financing mengacu pada penunjukan kerja lembaga untuk mengerjakan suatu proyek pendidikan. Pinjaman ini bisa membantu melancarkan suatu proyek saat demand nya sudah ada, namun dananya belum dimiliki.

Sedangkan Invoice financing mengacu pada tagihan yang dikeluarkan oleh lembaga terhadap suatu proyek pendidikan. Jenis pinjaman ini bisa melancarkan arus kas, sehingga kegiatan usaha tidak berhenti karena invoice yang belum terbayarkan. Pinjaman yang bisa dikeluarkan mencapai 80% dari nilai invoice.

Tenornya sendiri mengikuti periode jatuh temponya PO dan dapat mencapai 6 bulan. Untuk skema yang kedua ini menerapkan bunga efektif yaitu bunga akan dihitung berdasarkan jumlah piutang yang belum terbayar pada bulan berjalan. Jadi, jumlah cicilan kamu akan semakin sedikit setiap bulan.

Tidak perlu khawatir jika kamu menemui kendala di akhir masa tenor, karena Pintek juga memiliki kebijakan grace period dengan tenggang waktu maksimal lima bulan dengan pelunasan pinjaman pokok sebanyak satu kali di akhir periode.

Para pelaku usaha di bidang pendidikan bisa mendapatkan kucuran dana mulai dari Rp 50 juta sampai miliaran rupiah. Dana tersebut dapat digunakan untuk pengadaan barang seperti pengadaan jaringan internet, pengadaan perangkat komputer, pengadaan laptop, pengadaan sistem informasi sekolah, dan lain sebagainya.

UKM pendidikan yang berjualan di SIPLah, LKPP, LPSE maupun e-Katalog juga bisa mengajukan Pendanaan PO/Invoice SIPLah.

Baca Juga: e-Katalog LKPP: Pengertian dan Panduan Lengkap Cara Daftar Jadi Penyedia!

2. Proses pengajuan mudah

Proses pengajuan mudah

Lupakan proses yang berbelit-belit, di Pintek kamu dapat mengajukan pinjaman dengan cepat dan persyaratannya yang tidak ribet. Untuk mendapatkan pendanaan, kamu hanya perlu melengkapi formulir pinjaman, menyertakan identitas badan hukum, laporan keuangan dan mutasi rekening, serta informasi usaha.

Tidak hanya itu, biaya dan bunganya pun sangat fleksibel mengacu pada cash flow kamu. Pintek hanya membebankan biaya platform sebesar 4% serta biaya admin yang sangat ringan sebesar Rp 500 ribu saja.

Menariknya lagi, jika pengajuan kamu kurang dari Rp 1 miliar, kamu tidak harus menyertakan jaminan aset fisik untuk mendapatkan approval. Namun jika bernilai lebih dari Rp 1 miliar, kamu harus menyertakan personal guarantee, corporate guarantee, cek, ataupun fidusia.

Berdasarkan best practice yang telah berjalan, proses pencairan akan memakan waktu satu hari setelah tanda tangan perjanjian peminjaman. Tentu ini sangat menguntungkan pihak UKM atau lembaga pendidikan yang membutuhkan suntikan dana segar segera. 

3. Dana yang tersedia besar

Dana yang tersedia besar

Jika selama ini kamu mengalami kesulitan untuk mengakses pinjaman uang tunai dalam jumlah miliaran, di Pintek kamu tidak perlu khawatir karena Pintek bisa memberikan pendanaan mulai dari Rp 50 juta hingga miliaran rupiah. Hal tersebut tentu akan sangat membantu perkembangan bisnis kamu.

4. Pinjaman online OJK (terdaftar dan diawasi)

Pinjaman online OJK (terdaftar dan diawasi)

Sebagai pelaku industri keuangan digital, Pintek beroperasi secara legal dan sudah mencatatkan diri pada Otoritas Jasa Keuangan. Hal ini menjadi komitmen sekaligus bukti keseriusan Pintek dalam melindungi konsumen. Melalui legalitas ini, Pintek meneguhkan identitasnya sebagai pinjaman uang online terpercaya.

Pintek juga telah tergabung ke dalam AFPI atau Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia. Perkumpulan ini mendapat amanat langsung dari OJK untuk membentuk ekosistem P2P Lending yang kondusif di Indonesia.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir meminjam uang di Pintek karena semua prosedurnya telah sesuai dengan regulasi, termasuk proses penagihan pinjaman yang sangat memperhatikan pedoman yang telah disusun oleh AFPI.

Baca Juga: Kenalan dengan Pintek, Fintech Legal Terdaftar OJK yang Berikan Solusi Pendanaan di Indonesia!

5. Hati lebih ringan dan tenang

Hati lebih ringan dan tenang

Tentu kamu ingin segalanya berjalan dengan baik dan tanpa kekhawatiran, di Pintek hal ini bisa kamu dapatkan. Soalnya, selain terdaftar dan diawasi oleh OJK, Pintek juga sudah menerapkan standar kebijakan privasi berdasarkan sertifikasi ISO 27001:2013 yang akan menjamin data dan informasi peminjam. Dengan begitu, segala transaksi di Pintek akan terjamin keamanannya.

Nah, itu dia beberapa alasan yang dapat menjadi pertimbangan kamu dalam meminjam uang di Pintek. Dengan banyaknya manfaat yang ditawarkan tentunya bisa menjadi peluang yang istimewa, terutama untuk UKM pendidikan yang ingin mengembangkan skala bisnisnya.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, kamu bisa mengunjungi situs resmi Pintek atau melakukan diskusi dengan tim Pintek melalui TanyaPintek untuk UKM pendidikan dan DiskusiPintek untuk lembaga pendidikan untuk mendapatkan solusi terbaik terkait pendanaan yang dibutuhkan. Kamu juga dapat menghubungi tim Pintek di nomor 021-50884607.