pinjaman online terbaik

Tingginya biaya pendidikan memang menjadi masalah yang dihadapi banyak dialami oleh orangtua. Untuk mengatasi persoalan tersebut, tak sedikit orangtua yang memilih untuk mencari pinjaman online terbaik.

Pasalnya, tak bisa ditampik kalau saat ini semakin bermunculan pinjaman online yang menawarkan layanan keuangan kepada masyarakat yang membutuhkan dana mendesak.

Meski begitu, masyarakat harus cermat memilih pinjaman online agar tidak terjebak perusahaan fintech abal-abal yang bisa bikin hidup kamu susah lantaran bunga yang mencekik.

Nah, salah satu cara memilih perusahaan fintech terpercaya yaitu dengan memastikan kalau perusahaan tersebut terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kenapa?

Soalnya, perusahaan fintech yang sudah terdaftar OJK diharuskan untuk mengikuti regulasi dan peraturan yang sudah ditetapkan oleh OJK untuk melindungi konsumen.

Dengan begitu, peminjam akan terlindungi dari tindakan tidak menyenangkan yang kerap dilakukan oleh pinjaman ilegal.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mengakses daftar pinjaman online resmi di website AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia) yang memang menaungi seluruh perusahaan fintech di Indonesia.

Baca Juga: Awas Terjebak Fintech Abal-abal, ini Daftar Pinjaman Online OJK 2021!

Oleh karena itu, buat para orangtua yang sedang membutuhkan dana untuk biaya pendidikan anak. Kamu dapat mengajukan program pendanaan pendidikan di Pintek.

Apa itu Pintek?

apa itu Pintek

Pintek adalah perusahaan di bidang finansial teknologi yang memiliki misi yaitu mendukung pendidikan di Indonesia melalui layanan keuangan.

Sejak tahun 2018, Pintek sudah mendapat izin dan diawasi oleh OJK. Tak hanya itu, Pintek juga sudah terdaftar sebagai anggota AFPI.

Bahkan, untuk memastikan keamanan transaksi peminjam, Pintek juga telah menerapkan standar kebijakan privasi berdasarkan sertifikasi ISO 27001:2013. Dengan begitu, segala transaksi di Pintek sudah tentu terjamin keamanannya.

Produk pinjaman pendidikan di Pintek

produk pinjaman di Pintek

Demi mendukung kelangsungan pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik, Pintek menawarkan dua produk pinjaman dana pendidikan untuk masyarakat. Yaitu:

1. Pintek Regular

Pintek Regular adalah produk pinjaman Pintek Students yang dapat digunakan oleh orangtua untuk memenuhi seluruh biaya pendidikan anak, mulai dari uang pangkal, uang semester, daftar sekolah, kursus dan lain sebagainya.

Dengan mengajukan pinjaman Pintek Regular, kamu berkesempatan mendapatkan dana mulai dari Rp 200 ribu hingga Rp 300 juta dengan jangka waktu pengembalian maksimal 24 bulan atau dua tahun.

Proses pencairannya juga sangat cepat yaitu satu hingga tiga hari kerja dengan bunga flat maksimal 2 persen tapi khusus untuk lembaga pendidikan yang belum bekerja sama dengan Pintek.

Kamu juga akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 100 ribu dan biaya platform 4%. Namun, untuk lembaga pendidikan yang sudah menjadi partner Pintek dan pinjaman di bawah Rp 5 juta dengan tenor 2-6 bulan, maka tidak akan dikenakan biaya platform alias gratis.

Untuk mengetahui besaran cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan, kamu bisa melakukan pengecekan melalui kalkulator Simulasi Dana Pendidikan di situs Pintek dengan memasukkan Nama Sekolah/Kampus, Nominal Pinjaman dan Jangka Waktu.

2. Pintek Pro

Pintek Pro adalah produk pendanaan untuk pendidikan yang dikhususkan untuk peserta didik yang ingin menempuh ilmu di lembaga pendidikan yang memiliki jaminan kerja, seperti LPK, LKP dan lainnya.

Menariknya dari Pintek Pro yaitu cicilan dapat dilakukan saat si anak sudah bekerja. Jadi selama belajar, orangtua dapat membayar bunganya saja yaitu 2,5 persen. Sedangkan, saat sudah bekerja baru melakukan pembayaran pokok utang sebesar 2 persen bunga flat.

Untuk bunga efektif sendiri terbilang sangat menguntungkan peminjam karena cicilan setiap bulan akan semakin kecil seiring dengan pokok utang yang berkurang.

Baca Juga: Perbedaan Suku Bunga Flat dan Efektif Serta Simulasi Perhitungannya!

Pintek menawarkan plafon pinjaman mulai dari Rp 3 juta hingga Rp 300 juta dengan tenor maksimal 24 bulan yaitu 6 bulan selama belajar dan 18 bulan saat bekerja. Proses pencairannya juga hanya memakan waktu satu hingga tiga hari kerja.

Sama halnya dengan Pintek Regular, kamu juga akan dibebankan biaya administrasi Rp 100 ribu dan biaya platform 4% serta mengetahui simulasi cicilan dengan langsung mengunjungi situs Pintek.

Cara mendapatkan pinjaman Pintek Students

cara mendapatkan pinjaman Pintek Students

Untuk mendapatkan pinjaman Pintek Students, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi. Yaitu:

1. Persyaratan Umum

  • Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan KTP.
  • Berusia setidaknya 21 tahun pada masa awal peminjaman dan maksimal 60 tahun di akhir masa peminjaman.
  • Domisili di Indonesia.
  • Menyertakan 1 contact point/referensi peminjam, yaitu anggota keluarga yang tidak tinggal serumah (khusus Pintek Students Regular).

2. Persyaratan Pekerjaan

  • Karyawan swasta/ASN/BUMN/wirausahawan/freelancer
  • Berstatus sebagai karyawan tetap/kontrak dengan sisa masa kerja lebih lama daripada masa pinjaman
  • Telah bekerja di pekerjaan saat ini setidaknya selama 1 tahun
  • Memiliki penghasilan bersih 3 juta perbulan, bisa dari berbagai sumber, dan bisa dibuktikan melalui rekening koran.

3. Persyaratan Dokumen

  • KTP, KK, Selfie dengan KTP
  • Dokumen sekolah (khusus untuk Pintek Pro):
    • Bukti pendaftaran / penerimaan siswa baru dari institusi pendidikan, dan
    • Bukti tagihan pembayaran dari institusi pendidikan, disertai dengan cara pembayaran
  • Bukti jaminan kerja dari Lembaga Pendidikan
  • (Khusus LPK) Surat Keterangan Pekerjaan / Surat Kontrak Kerja yang menerangkan:
  • Jumlah penghasilan ketika berada di negara tujuan LPK tersebut
    • Jumlah potongan dari penghasilan
    • Tanggal penggajian
    • Nama Perusahaan
    • Durasi kontrak kerja
    • Durasi kontrak kerja
    • Informasi lainnya yang dibutuhkan

4. Mengikuti Alur Pengajuan Pinjaman

Selamat jika kamu telah memenuhi ketentuan profil peminjam Pintek Students! Namun jika belum, kamu bisa meminta tolong orangtua atau anggota keluarga lain dalam 1 KK yang memenuhi kriteria di atas.

Baca Juga: Pinjaman Online Terpercaya untuk Lembaga Pendidikan dan Cara Pengajuannya!

Cara mengajukan pinjaman di Pintek

cara mengajukan pinjaman di Pintek

Aman, cepat dan mudah. Berikut langkah mengajukan pinjaman di Pintek. Yaitu:

  • Siswa diterima oleh lembaga pendidikan.
  • Siswa/orangtua mengajukan pinjaman di Pintek dengan klik di sini.
  • Tim Pintek akan melakukan analisis kredit untuk menentukan status permohonan.
  • Apabila disetujui, Pintek akan mentransfer dana ke lembaga pendidikan yang sudah didaftarkan.

Untuk kamu yang ingin mengajukan pendanaan di Pintek, kamu bisa mengunjungi situs Pintek atau menghubungi customer service via telepon dan WhatsApp di nomor 021-50884607 atau melalui email di customercare@pintek.id.