pinjaman pendidikan

Parent Pinters, pendidikan anak tentu saja merupakan sebuah kebutuhan prioritas di keluarga Anda. Namun sayangnya, biaya pendidikan di semua tingkat baik formal maupun informal terus melonjak setiap tahunnya. Untungnya, saat ini telah hadir penyedia pinjaman pendidikan yang aman dan terpercaya.  

Jangan menggadaikan masa depan anak karena alasan biaya. Selalu ada cara untuk tetap menyekolahkan anak setinggi-tingginya, sekalipun orang tua memiliki banyak tanggungan.

Jika Parent Pinters menghadapi tantangan dalam pembiayaan pendidikan anak, ada baiknya menilik lebih lanjut bagaimana pinjaman pendidikan dapat membantu.

Bagaimana Pinjaman Pendidikan Dapat Meringankan Cash Flow Rumah Tangga

cara mengatur uang

Tidak dapat dipungkiri jika biaya hidup semakin meningkat. Terlebih lagi masa pandemi yang belum kunjung usai juga menyumbang perlambatan ekonomi. Banyak rumah tangga yang harus semakin pandai mengatur cash flow agar semua kebutuhan esensial tetap terpenuhi.

Di tengah situasi ekonomi yang sulit, nyatanya banyak cerita sukses orang tua yang berhasil menyekolahkan anak hingga lulus. Hal ini memerlukan strategi khusus sehingga beban cash flow rumah tangga pun menjadi lebih ringan. 

Anda mungkin sudah mempersiapkan tabungan sejak anak berusia dini. Namun strategi ini tidak bisa dijadikan satu-satunya cara untuk menjawab permasalahan biaya pendidikan. Di Indonesia, inflasi mencapai 10% dan akan terus berdampak pada naiknya SPP, uang pangkal, uang buku, dan komponen lainnya.

Pinjam uang untuk bayar kuliah mungkin belum cukup populer di tanah air. Sejauh ini belum ada skema resmi dari pemerintah yang menyediakan penyaluran dana cepat untuk mendorong keberlanjutan sekolah.

Namun, saat ini sudah ada keterlibatan dari pihak swasta dalam penyediaan pinjaman pendidikan secara online. Inisiatif ini tidak hanya efektif dalam memastikan anak tetap bisa menempuh pendidikan, tapi ternyata juga dapat membantu beban keuangan rumah tangga.

Berikut penjelasannya.

1. Pinjaman Pendidikan Menyelesaikan Kebutuhan dengan Cepat

Orang tua sering pusing ketika tagihan pendidikan muncul berbarengan, apalagi jika jarak usia anak berdekatan. Sebagai contoh, si sulung baru saja lolos SNMPTN, sementara adiknya menginjak kelas 12 dan ingin mengikuti bimbel. Di satu sisi, pendapatan Anda dan pasangan tidak bertambah karena perusahaan sedang lesu. 

Pinjaman pendidikan online mampu menjawab kebutuhan pembiayaan ini dengan cepat. Terlebih lagi, orang tua seringkali dikejar tenggat waktu pelunasan. Keterlambatan pembayaran uang kuliah bisa membawa konsekuensi yang fatal, misalnya dalam kasus daftar ulang mahasiswa baru. 

Pinjaman pendidikan dapat menyediakan suntikan dana segar dalam jumlah yang besar dan dalam waktu yang singkat. Umumnya proses pengajuan hingga pencairan memakan waktu 1 – 3 hari kerja. Dalam skema tertentu, dana bisa cair kurang dari 1 jam.

2. Biaya dan Bunga Pinjaman Ringan

Berbeda dengan pinjaman pendidikan bank, pinjaman pendidikan online tidak akan mengenakan biaya yang besar. Parent Pinters bisa melangkah dengan hati yang ringan karena bunganya juga sangat rendah. Tidak perlu khawatir beban cash flow akan meningkat.

Dengan mengajukan pinjaman, orang tua bisa mengalokasikan pendapatan bulanan untuk kebutuhan lain yang juga tidak kalah urgent. Sebagai contoh, dalam situasi pandemi, tentu Parent Pinters ingin memastikan asupan nutrisi dan suplemen yang optimal untuk kesehatan anak. 

3. Membayar Biaya Pendidikan dengan Sistem Cicilan

Tidak mudah membayar biaya studi dalam jumlah besar secara kontan. Terlebih lagi untuk komponen yang mematok nominal pembayaran begitu besar, misalnya uang pangkal kuliah. Di Indonesia, uang pangkal perguruan tinggi bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Melalui pinjaman pendidikan, orang tua dapat bernafas lebih lega karena akhirnya bisa membayar biaya ini dengan cara mencicil. Tentu ini akan lebih sehat bagi keuangan keluarga. 

Jika orang tua membayar tepat waktu, skor kredit juga semakin baik dan ini juga membawa keuntungan tambahan untuk pinjaman di masa depan.

Baca Juga : 5 Alasan Pentingnya Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0

Produk Pinjaman Pendidikan Pintek Students

pendidikan 4.0 adalah

Pintek adalah perusahaan P2P Lending terpercaya yang menggagas produk pinjaman pendidikan bernama Pintek Students. Pintek Indonesia hadir sejak 2018 dan telah terdaftar di OJK. Jadi Parent Pinters tidak perlu khawatir karena proses peminjaman di Pintek telah sesuai dengan regulasi yang berlaku. 

Pintek Students memiliki 3 skema pinjaman dengan berbagai manfaat, yaitu sebagai berikut.

1. Pintek Students Instant

Sesuai dengan namanya, produk pinjaman ini mampu memberikan suntikan dana segar dalam waktu instan. Skema ini berlaku untuk mendanai biaya pendidikan anak yang belajar di institusi yang telah terintegrasi dengan Pintek. Beberapa di antaranya yaitu British Council, EF, Esmod Jakarta, hingga IT Telkom Surabaya.

Parent Pinters bisa mengakses beberapa manfaat Pintek Students Instant berikut:

  • Limit kredit pendidikan mencapai 5 juta rupiah perbulan 
  • Bisa memilih tenor 30 hari atau 3 bulan
  • Bunga 0% untuk tenor 30 hari, dan mulai dari 2.19% – 3.99% untuk cicilan 3 bulan (tergantung grade)
  • Biaya admin 50 ribu untuk tenor 30 hari, dan 99 ribu atau 3.99% dari pinjaman untuk tenor 3 bulan (tergantung mana yang lebih tinggi)
  • Proses persetujuan dan pencairan dana ke rekening institusi memakan waktu antara 15 – 20 menit
  • Jika sering menggunakan dan riwayat pembayaran baik, maka tenor dapat diperpanjang hingga 6 bulan. Limit kredit juga dapat naik dan bisa diperpanjang otomatis setelah 1 tahun
  • Biaya keterlambatan hanya 0.5% per hari dan tidak ada sistem bunga berbunga 

Syarat pengajuannya, yaitu:

  1. KTP
  2. Swafoto KTP
  3. Melengkapi form data diri

Berikut ilustrasi prosesnya

pengajuan pinjaman

2. Pintek Students Regular

Skema yang kedua ini memiliki karakteristik yang fleksibel sehingga cocok untuk kebutuhan biaya pendidikan dalam berbagai situasi. Parent Pinters dapat menggunakan pinjaman dana pendidikan ini untuk melunasi uang gedung, UKT, biaya praktikum, biaya wisuda, hingga biaya kursus informal.

Kelebihan yang ditawarkan antara lain:

  • Peminjaman mulai dari nominal 3 juta hingga 300 juta rupiah
  • Tenor panjang, mencapai 24 bulan
  • Bunga sangat rendah, mulai dari 0% – 2% per bulan
  • Proses persetujuan dan pencairan dana dalam 1-3 hari kerja

Syarat dokumen:

  1. KTP
  2. Swafoto KTP
  3. KK
  4. Bukti mutasi rekening 3 bulan terakhir
  5. Untuk siswa institusi non-mitra Pintek wajib menyertakan dokumen tambahan seperti KTM, bukti tagihan, dan cara pembayaran
  6. NPWP untuk nominal pinjaman di atas 30 juta
  7. Menyertakan kontak referensi anggota keluarga yang tidak tinggal dalam satu rumah

3. Pintek Students Pro

Skema yang terakhir ini khusus untuk siswa yang menempuh studi atau kursus profesi dengan jaminan kerja setelah lulus. Parent Pinters bisa mengajukan pinjaman sekarang dan pelunasan cicilannya dapat dilakukan setelah anak bekerja.

Berikut manfaat yang dapat diraih dengan Pintek Students Pro:

  • Pengajuan mulai dari 3 juta – 300 juta rupiah
  • Berlaku masa penangguhan 6 bulan dan juga cicilan 18 bulan
  • Bunga 0%-2,5% per bulan
  • Dana cair dalam 1 – 3 hari

Syarat dokumen:

  1. KTP
  2. Swafoto KTP
  3. KK
  4. Bukti mutasi rekening 3 bulan terakhir
  5. Bukti jaminan kerja

Peminjam Pintek Students dapat berprofesi sebagai karyawan swasta, BUMN, ataupun wirausaha dengan lama kerja minimal 1 tahun. Jika berstatus karyawan kontrak, sisa masa kerja wajib lebih lama dari tenor. Selain itu, bukti pendapatan bisa joint income suami dan istri.

Kehadiran pinjaman pendidikan kini menjadi solusi untuk memastikan kelanjutan studi anak tanpa membebani cash flow rumah tangga. Semoga informasi ini bermanfaat. Hubungi tim Pintek sekarang juga untuk berkonsultasi lebih lanjut.