pinjaman uang untuk mahasiswa

Biaya hidup yang semakin tinggi dari tahun ke tahun, membuat mahasiswa sangat akrab dengan masalah keuangan. Karena hal ini, tak sedikit dari mahasiswa menjadi tidak fokus untuk belajar. Hadirnya fintech yang memberikan produk pinjaman online menjadi salah satu solusi pinjaman uang untuk mahasiswa.

Saat ini kuliah sambil kerja adalah hal yang lumrah dilakukan. Mungkin Pinters adalah salah satunya. Kuliah sangat penting agar kamu bisa meningkatkan karir di pekerjaan.

Sayangnya, menanggung biaya kuliah sekaligus biaya hidup cukup berat. Biaya kuliah memiliki jatuh tempo. Saat mendekati masa jatuh tempo dan sedang dalam kondisi tidak memiliki uang, pasti sangat memusingkan. Meminjam uang teman belum tentu ada, meminta bantuan orang tua sudah sungkan.

Jika sudah demikian, mau tidak mau biaya pendidikan menjadi prioritas utama. Pinjaman online, mungkin bisa menjadi sumber dana alternatif. Namun, ada baiknya kamu memilih produk yang khusus untuk biaya pendidikan. 

Menggunakan Kredit Pendidikan

beasiswa s1

Produk pinjaman online yang saat ini banyak ditemukan, biasa digunakan untuk kebutuhan konsumtif. Jika tidak bijak dalam pengelolaan, kondisi keuangan bisa bermasalah. Kredit pendidikan menjadi solusi tepat karena dana yang dicairkan akan sepenuhnya dialokasikan untuk pembiayaan pendidikan.

Pinjaman pendidikan biasanya akan langsung dicairkan ke rekening institusi pendidikan. Dengan demikian, kamu tidak berkesempatan menggunakan pinjaman untuk kebutuhan konsumtif. 

Pintek menawarkan kredit pintar tanpa agunan untuk biaya pendidikan. Seluruh biaya pendidikan seperti uang pangkal, uang semester, uang gedung, hingga biaya kursus untuk meningkatkan skill bisa ditanggung.

Tidak perlu khawatir dengan penipuan. Pintek bukan lembaga keuangan tipu-tipu. Pintek sudah terdaftar dan diawasi OJK.

Baca Juga : Besar Pinjaman Dana Kuliah Program Pintek Students

Cara Mengajukan Pinjaman Pendidikan di Pintek

pinjaman pendidikan

Ada beberapa syarat yang diperlukan supaya kamu bisa mengajukan pinjaman pendidikan di Pintek. Berikut ini adalah beberapa persyaratan yang perlu Pinters penuhi:

  • Sebagai peminjam, kamu harus berstatus WNI, memiliki KTP dan berusia minimal 21 tahun.
  • Sebagai mahasiswa yang sudah bekerja, kamu bisa mengajukan pinjaman atas nama sendiri tanpa perlu penjamin. Dengan catatan, kamu bekerja dan memiliki penghasilan minimal 3 juta. 
  • Pintek bisa memberikan pinjaman uang untuk mahasiswa yang belum bekerja. Syaratnya, orang tua atau keluarga dalam satu KK menjadi peminjam (ketentuan peminjam diberlakukan).
  • Kamu sebagai peminjam boleh bekerja sebagai karyawan atau menjalankan bisnis sendiri. Dengan catatan sudah bekerja minimal 1 tahun. Jika kamu adalah karyawan kontrak, pengajuan kredit bisa dilakukan jika masa kerja lebih lama dari masa pinjam. 
  • Kamu harus melengkapi sejumlah dokumen, yaitu: 
    • Foto atau scan KTP, foto selfie dengan KTP, foto atau scan KK.
    • NPWP. Type in. Khusus untuk kredit diatas 30 juta.
    • Dokumen perkuliahan berupa bukti penerimaan jika berlaku sebagai mahasiswa baru, bukti status kemahasiswaan, dan bukti tagihan biaya kuliah.
    • Bukti pendapatan berupa mutasi rekening selama 3 bulan terakhir, slip gaji bagi karyawan, foto produk atau tempat usaha bagi yang menjalankan bisnis. Untuk kredit mulai dari 10 juta ke atas,  menyertakan SIUP & TDP.

Jika kamu sudah memenuhi persyaratan dan sudah menyiapkan seluruh  dokumen, kamu bisa langsung melakukan proses pengajuan kredit pendidikan di Pintek. Berikut proses dan caranya:  

1. Registrasi di website

Lakukan registrasi di website Pintek. Caranya masukan url https://pintek.id/ kemudian klik daftar. Kamu bisa mengikuti proses registrasinya supaya menjadi user di website Pintek.

2. Pengajuan Pinjaman untuk Pelajar

Pintek memiliki beberapa pilihan produk. Di website terdapat 2 pilihan yaitu Pinjaman untuk Pelajar dan Pinjaman untuk Lembaga Pendidikan. Pilih produk Pinjaman untuk Pelajar. 

Pada prinsipnya, Pinjaman untuk Pelajar atau Pintek Student terbagi dalam 3 skema, yaitu:

  • Pintek Students Instant

Bisa langsung diproses melalui form di website. Produk ini khusus bagi mahasiswa/pelajar yang terdaftar di institusi pendidikan mitra Pintek.

Beberapa perguruan tinggi yang menjadi mitra di antaranya adalah Universitas Borobudur, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum “IBLAM”, Akademi Pariwisata Indonesia Jakarta, IT Telkom Surabaya, Star Hotel Institute, LP3i, Universitas 17 Agustus ‘45, dll. Skema ini khusus pendidikan formal (tidak bisa membiayai kursus).

Skema ini memberikan limit kredit mencapai 5 juta. Pencairan dana kredit menyesuai hasil penilaian kredit dan informasi biaya pendidikan. Tenornya 30 hari atau 3 bulan. Tenor 30 hari bunganya 0%. Tenor 3 bulan, bunganya mulai dari 2,19% (total bunga selama 3 bulan).

  • Pintek Students Reguler

Produk ini bisa memberi kredit dalam jumlah besar. Limit kreditnya mencapai 300 juta dengan pinjaman minimal 3 juta.  Bunga pinjamannya 0-1,5% flat per bulan. Tenor pinjamannya 0-24 bulan.

Skema ini bisa untuk membiayai pendidikan formal dan juga kursus. Jika kamu berasal dari institusi pendidikan non mitra Pintek, pengajuan kredit bisa menghubungi tim Pintek terlebih dahulu.

  • Pintek Students Pro

Pengajuan pinjaman juga harus menghubungi tim Pintek. Bisa digunakan untuk membiayai pendidikan dengan jaminan kerja (melampirkan surat keterangan jaminan kerja), misalnya: pelatihan kerja, kursus dengan jaminan kerja, dan pendidikan profesi. 

Limit kreditnya adalah 300 juta dengan minimal 3 juta. Bunganya adalah 0-2% flat per bulan. Cicilan dilakukan setelah peserta didik lulus dan mendapat pekerjaan. Tenor cicilan adalah 18 bulan dengan grace period atau periode penangguhan 6 bulan.

3. Credit Scoring Dilakukan Tim Pintek

Tahap ini adalah tahap penilaian dari tim Pintek apakah pengajuan pinjamanmu di approve atau tidak. Penilaian kredit mempertimbangkan profilmu sebagai peminjam. Pihak Pintek biasanya akan memberikan penawaran dengan nominal sesuai dengan kebutuhan biaya pendidikan.

4. Pembayaran Pertama

Pada dasarnya, Pintek bisa saja memberikan pinjaman 100% untuk membayar biaya pendidikan. Tapi tim Pintek akan mengarahkanmu untuk melakukan pembayaran pertama (biasanya 20% dari total biaya) untuk meringankan beban cicilan di masa depan.

5. Dana Pinjaman Disalurkan untuk Pembayaran

Dana pinjaman dari Pintek memang dikhususkan untuk membiayai pendidikan. Maka dari itu, pinjaman dana akan ditransfer langsung ke rekening universitas tidak ke rekening pribadi. Jika masuk rekening pribadi, peminjam bisa menyalahgunakan dana pinjaman.

Pencairan dana pinjaman dari Pintek relatif cepat. Skema Pintek Student Instan bisa dicairkan hanya dalam waktu 1 jam. Skema Reguler dan Pro bisa dicairkan 1-3 hari kerja.

6. Pembayaran Cicilan

alur pinjaman

Jika dana pinjaman sudah cair, kamu tentu saja wajib untuk melakukan pelunasan. Pelunasan pinjaman bisa menggunakan sistem cicilan per bulan. Pintek menjalankan sistem cicilan yang relatif fleksibel dan merupakan pinjaman uang untuk mahasiswa tanpa bunga yang memberatkan.

Besarnya bunga dan lamanya tenor, menyesuaikan hasil penilaian kredit oleh tim Pintek. Biasanya diinformasikan pada penawaran pertama sebelum peminjam menyetujui proses peminjaman.

Urutan proses pengajuan pinjaman di Pintek bisa dilihat pada ilustrasi berikut ini.

Masalah biaya kuliah yang urgent untuk dipenuhi bukan lagi masalah. Pintek memberikan solusi terbaik untuk mencukupi kebutuhan biaya pendidikan. Jika kamu membutuhkan pinjaman uang untuk mahasiswa, segera hubungi tim Pintek untuk konsultasi dan mendapatkan simulasi pinjaman dengan lebih lengkap.