Pintek Edutalk Webinar: Memaksimalkan Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Produktivitas Anak dan Keluarga

Pintek memperkenalkan kampanye #YangPentingBelajar bagi peserta didik yang melakukan kegiatan belajar di rumah. Hal ini dilatarbelakangi dari himbauan Pemerintah pada protokol pencegahan penyebaran virus COVID-19 agar tidak semakin meluas. Langkah ini merupakan bagian dari partisipasi perusahaan terhadap pendidikan di Indonesia, sekaligus kepedulian perusahaan dalam kelancaran aktivitas peserta didik di lingkungan rumah dan dukungan moril kepada orang tua dalam pengelolaan keuangan di situasi seperti ini.

Melalui acara yang berjudul “#YangPentingBelajar di Rumah: Memaksimalkan Peran Orang Tua dalam Mendampingi Produktivitas Anak dan Keluarga”, Pintek menggandeng Najelaa Shihab, Pendidik dan Pendiri Keluarga Kita, untuk membagikan informasi kepada orang tua dalam mendukung dan mengawasi proses belajar anak selama di rumah. Selain itu, seminar online ini merupakan tempat untuk berdiskusi, bertukar pikiran, dan berbagi informasi mengenai permasalahan ekonomi yang dihadapi orang tua ditengah iklim perekonomian yang tidak menentu.

Selain itu, Aries Purwo Dilliarso, selaku Vice President of Risk dari Pintek, memberikan tips cara mengatur keuangan selama masa pandemi, berikut tipsnya:

  1. Tidak Panik

Pada masa pandemi diharapkan untuk bersikap tenang dan tidak melakukan panic buying. Menurutnya, panic buying dapat menjadi faktor utama yang membuat pikiran tidak jernih sehingga berdampak pada pengeluaran membengkak. Sangat penting untuk orang tua melakukan penyusunan rencana pembelian rumah tangga yang sesuai dengan kebutuhan dan juga sesuai dengan pemasukan.

  1. Mengutamakan kebutuhan pokok

Kebutuhan pangan untuk kehidupan sehari-hari perlu diutamakan pada masa pandemi ketimbang membeli kebutuhan-kebutuhan yang tidak penting. Perlu juga untuk orang tua memperkenalkan kepada anak melalui perencanaan keuangan, agar anak bisa berhemat.

  1. Dana Darurat

Hal yang perlu disiapkan lainnya adalah dana darurat. Dana darurat biasanya berbentuk cash, untuk memudahkan diambil kapanpun jika memang dibutuhkan. Dana darurat merupakan dana yang diperoleh dari dana yang telah dikumpulkan rutin setiap bulannya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *