Pintek Edutalk With NUADU Webinar: KBM Efektif Dengan Implementasi Digital Learning

Memiliki fokus untuk mendukung pendidikan di Indonesia, Pintek, menggandeng NUADU, perusahaan education technology yang bergerak dalam mendukung pembelajaran dan penilaian secara personalisasi. Melalui acara ini, Pintek dan NUADU mendukung penuh himbauan pemerintah untuk tetap berada di rumah guna mengurangi penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19) dengan mengedukasi institusi pendidikan untuk memanfaatkan digital learning di tengah situasi sekarang guna tercapainya KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) yang efektif untuk peserta didik.

Sebagai tempat untuk berbagi pengetahuan, pandangan dan tren mengenai digital learning, acara “Webinar Pintek x NUADU: KBM Efektif Dengan Implementasi Digital Learning” menjadi sarana diskusi bagi institusi pendidikan untuk mengimplementasikan sistem belajar online yang merupakan solusi dari kebijakan pemerintah Indonesia mengenai pemberlakuan bekerja dan belajar secara online dimanapun dan kapanpun. Selain itu, acara ini juga akan membahas mengenai permasalahan yang dihadapi oleh institusi pendidikan di tengah pandemi baik itu permasalahan secara internal, menyangkut operasional juga eksternal yang dihadapi oleh institusi pendidikan tersebut.

Dalam pembahasan, Frahel Theodora, Head of Curriculum NUADU, menyampaikan tips agar kegiatan belajar mengajar dengan digital learning di rumah dapat berjalan efektif.

  1. Mencari tahu kebutuhan sekolah dan aplikasi yang paling sesuai untuk digunakan

Sebagai pengajar atau pemimpin sekolah, kamu bisa cari tahu lebih dahulu apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh sekolah. Dengan begitu, kamu bisa memilih aplikasi yang paling tepat.

  1. Mengadakan pelatihan kepada para pengajar agar dapat memberikan materi yang baik kepada siswa

Keterbatasan SDM atau pihak pengajar, juga menjadi masalah yang perlu diperhatikan. Pada masa pandemi, tenaga pengajar menghadapi tantangan seperti, tidak siap dalam menggunakan teknologi baru, penyampaian materi, dan sebagainya. Maka dari itu, sekolah perlu melalukan pelatihan untuk tenaga pengajar.

  1. Mengajak orangtua untuk bekerjasama dalam membuat home based learning berjalan efektif

Untuk mewujudkan kegiatan belajar mengajar di rumah yang efektif layaknya di sekolah, hal tersebut dapat dicapai jika orangtua juga mengambil peran dan bekerja sama secara kooperatif dengan pihak pengajar.

  1. Bagi pelajar dalam tingkatan PAUD atau Sekolah Dasar, sebaiknya menerapkan konsep blended learning

Penggunaan gawai untuk tingkatan PAUD dan SD tidak bijaksana untuk siswa. Jadi, untuk siswa yang masih berada di tingkatan tersebut sebaiknya pemaparan menggunakan gawai dikurangi dan mulai menerapkan konsep blended learning. Tujuannya agar mereka juga bisa belajar untuk meningkatkan soft skill, seperti kemampuan berkomunikasi atau berpikir kognitif

  1. Melakukan evaluasi dan feedback yang disesuaikan dari hasil tugas para siswa

Agar kegiatan belajar mengajar berjalan efektif, pihak pengajar juga harus memberikan evaluasi kepada siswa. Dengan begitu, pengajar dapat mengetahui sejauh mana kemampuan siswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *