pendidikan profesi
Bagikan artikel ini apabila Bermanfaat

Pada tahun 2018, Forum Human Capital Indonesia (FHCI) menginisiasi Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB). Program ini merupakan bentuk implementasi BUMN Hadir Untuk Negeri. Program ini diharapkan bisa mencetak SDM yang memiliki daya saing secara global.

Apakah Pinters tertarik dengan hal ini? Setiap tahun ada 2 kali rekrutmen, batch 1 biasa dilakukan pada bulan Desember di tahun sebelumnya dan magang BUMN batch 2 biasa dilakukan pada bulan Juli. 

Jenis Program PMMB

pekerjaan masadepan

PMMB adalah salah satu strategi supaya lulusan PTN/PTS mengalami peningkatan kualitas. Indonesia bakal semakin maju jika jumlah SDM unggulnya tambah banyak. 

Melalui program ini, diharapkan terjadi link & match kurikulum antara perguruan tinggi dan sektor industri. Pihak perguruan tinggi jadi bisa update dengan kebutuhan industri. Materi perkuliahan juga bisa terus diupdate sejalan dengan perkembangan yang terjadi di industri.

PMMB bermanfaat banget buat mahasiswa. Pengalaman kerja di BUMN sangat berharga buat bekal menghadapi dunia industri yang sebenarnya. Mahasiswa jadi bisa menerapkan keilmuannya pada pekerjaan nyata.

PMMB bukan merupakan Pre-Recruitment, jadi kamu tidak bisa menuntut untuk menjadi pegawai tetap BUMN. Namun, sebagai mantan peserta PMMB, namamu bisa diutamakan saat BUMN membuka recruitment.

PMMB memiliki 2 jenis program yang bisa diikuti, yaitu:

1. Magang Bersertifikat Industri

Program magang ini menempatkan mahasiswa pada suatu project yang sedang dijalankan oleh BUMN. Mahasiswa akan diberi tugas pada project tersebut layaknya pekerja. 

Program magang akan berlangsung selama 6 bulan. Jika tugas pada project berhasil diselesaikan tepat waktu dan kinerjanya diakui oleh BUMN tempatnya magang, mahasiswa magang bisa mendapat Sertifikat Industri.

2. Magang Bersertifikat Kompetensi

Mahasiswa magang akan ditempatkan pada suatu posisi di BUMN. Nah, untuk menduduki posisi tersebut, ada suatu kompetensi yang dipersyaratkan. Selama 6 bulan, pemagang akan dilihat kinerjanya dan bagaimana kompetensinya saat menduduki posisi tersebut.

Baca:  Info Jenis Pekerjaan Jurusan IPA Dengan Gaji Fantastis

Pada masa akhir, mahasiswa magang akan menjalankan uji kompetensi sesuai bidangnya. Uji kompetensi tersebut dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Nasional. Apabila berhasil lolos uji kompetensi, mahasiswa magang akan mendapat Sertifikat Kompetensi.

Syarat Mengikuti PMMB

mahasiswa baru

Supaya bisa mengikuti PMMB, kamu harus memenuhi beberapa kriteria dan melengkapi sejumlah persyaratan, yaitu:

  1. Merupakan mahasiswa aktif untuk jenjang pendidikan D3, D4, S1, maupun S2. Kamu yang sedang mengerjakan skripsi atau tesis, maupun yang sudah sidang tapi belum wisuda, diperkenankan mendaftar pada program ini.
  2. Minimal Semester:
  • Semester 5 untuk D3
  • Semester 7 untuk D4 atau S1
  • Semester 2 untuk Pasca sarjana
  1. Mahasiswa memiliki IPK Minimal 2.75. Kamu harus melampirkan transkrip nilai sebagai bukti.
  2. Siap berkomitmen menjalankan kegiatan magang selama 6 bulan di BUMN dengan penuh tanggung jawab. Ada pakta integritas yang perlu diisi sebagai bukti ketersediaan.
  3. Melengkapi sejumlah dokumen diantaranya: KTM, Transkrip nilai, pakta integritas, surat izin prodi, surat izin orang tua, CV, SKCK, dan SKTM jika ada.
  4. Mahasiswa harus lolos seleksi dari perguruan tinggi terlebih dahulu sebelum bisa ikut program magang di BUMN.

Oia, masing-masing perguruan tinggi biasanya meminta berkas tertentu sebagai syarat pendaftaran. Jangan lupa untuk mencari informasi lengkap di career center atau lembaga terkait di kampusmu, ya!

Cara Ikut dan Alur Program

cara daftar magang

Bagi kamu yang tertarik mengikuti PMMB, mari simak cara dan alur programnya:

1. Pendaftaran ke Perguruan Tinggi

Kamu bisa mendaftar program magang BUMN di perguruan tinggi tempatmu menempuh pendidikan sesuai tanggal yang ditentukan. Pastikan kamu memenuhi kriteria dan melengkapi semua persyaratan. Jika kamu lolos seleksi dari perguruan tinggi, namamu akan masuk list pemagang yang direkomendasikan.

Perguruan tinggi akan mengirim data pemagang ke FHCI.

2. Data Kebutuhan BUMN

BUMN, selaku penyelenggara magang, mengirim data tentang kebutuhan pemagang ke FHCI. Data tersebut berisi jumlah kebutuhan, posisi dan kompetensi yang diperlukan untuk posisi tersebut.  

Baca:  Laporan Kegiatan Sekolah: Contoh dan Cara Penulisannya

3. Proses Match Up dan ICT I

FHCI melakukan match up antara kebutuhan BUMN terhadap posisi magang dan pemagang yang direkomendasikan perguruan tinggi. Hasil match up akan diinformasikan pada perguruan tinggi dan BUMN baik melalui website maupun surat. Pengumuman PMMB dilakukan setelah hasil match up keluar. 

Setelah hasil match up diumumkan, pihak BUMN dan perguruan tinggi akan membuat Perjanjian Kerjasama Magang. 

4. Pelaksanaan Magang

Sebelum melaksanakan kegiatan magang, para peserta akan mendapatkan In Class Training 1 (ICT 1). Di ICT 1 ini pemagang akan dibekali dengan sejumlah hal seperti: pengenalan perusahaan, K3, kompetensi magang, pembekalan pelaksanaan.

Selama 6 bulan, program magang akan dilaksanakan. Pemagang tidak boleh seenaknya, yah! Tanggung jawab harus dilaksanakan dengan baik karena kinerja akan dinilai.

Pemagang juga harus berkomitmen dan mengikuti semua peraturan perusahaan. 

Pemagang akan didampingi seorang mentor dan diberi sejumlah tugas. Tidak cuma bekerja, ada beban laporan yang harus dikerjakan juga.

5. Masa Akhir Magang

Mendekati akhir masa magang, bakal ada ICT 2. ICT 2 dilakukan untuk pembekalan uji kompetensi. Nah, uji kompetensi ini diberikan buat peserta magang di program bersertifikat kompetensi. Peserta magang akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi dari BNSP setelah lulus uji kompetensi.

Peserta magang di program bersertifikat industri akan mendapat Sertifikat Industri dari pihak BUMN.

Pihak BUMN dan perguruan tinggi akan memberi laporan data jumlah pemagang dan juga hasil evaluasi kegiatan magang ke FHCI. 

Baca Juga : Ingin Magang? Kenali Dulu Apa Itu Magang: Manfaat & Tips

Daftar BUMN

pengertian magang

Kamu tentu penasaran kan, BUMN apa saja yang membuka program magang. Daftar lengkapnya bisa kamu lihat di situs official PMMB oleh FHCI

Beberapa nama BUMN yang kerap muncul untuk mendukung program PMMB diantaranya adalah Perum Bulog, PT Pertamina, PT PLN, PT Timah Tbk, PT Jasa Raharja, PT Pupuk Indonesia, PT Bank Rakyat Indonesia, dll.

Baca:  Peran Guru dalam Pendidikan 4.0 yang Tak Tergantikan Robot

Keuntungan

manfaat magang

Mahasiswa yang ikut PMMB bisa mendapat banyak keuntungan, yaitu:

  • Kamu mungkin bertanya-tanya, berapa uang saku magang BUMN. Tenang saja kamu akan mendapat uang saku dengan jumlah cukup layak dan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar selama magang.
  • Pemagang akan mendapat fasilitas dari BUMN seperti pinjaman APD, biaya untuk perjalanan dinas, jaminan kesehatan, dan juga asuransi.
  • Pemagang akan mendapatkan mentor yang akan memberi pengarahan dan bimbingan selama menjalankan magang. Pemagang bisa belajar banyak dari para mentor.
  • Pemagang bisa mendapatkan sertifikat, baik itu Sertifikat Industri maupun Sertifikat Kompetensi. Sertifikat tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk melamar pekerjaan, lho!
  • Pemagang bisa mendapatkan pengalaman kerja nyata yang berharga. 

Menarik bukan keuntungan yang bisa didapatkan dari PMMB. 

Pengalaman dalam dunia kerja memang sangat penting untuk meningkatkan kapasitas. Selain melalui program magang, mahasiswa juga bisa mengikuti kursus untuk meningkatkan skill atau kompetensi. Seperti penjelasan di atas, dunia industri sangat butuh tenaga yang memiliki kompetensi tertentu, kan!

Bagi kamu yang ingin mengikuti kursus untuk upskill, bisa memanfaatkan pinjaman dari Pintek. Pintek memiliki program pinjaman untuk membiayai kuliah maupun kursus. Pinjaman ini bisa diakses oleh orang tua mahasiswa atau karyawan yang berkuliah.

Pintek bahkan sudah bermitra dengan banyak lembaga kursus. Kamu bisa mendaftar di salah satu lembaga kursus mitra Pintek. Tidak usah khawatir dengan pembayarannya, kamu bisa mencicilnya melalui Pintek.

Itu dia ulasan tentang program magang mahasiswa bersertifikat. Apakah kamu siap menjadi SDM unggul? Jangan lewatkan program magang bersertifikat dan mengikuti kursus dengan pinjaman Pintek.

Bagikan artikel ini apabila Bermanfaat