proses pengajuan kredit

Saat ini tengah marak pinjaman online dari lembaga keuangan atau fintech. Layanan ini menarik minat cukup banyak orang karena proses pengajuan kredit yang cepat dan syarat yang tidak terlalu rumit. Sayangnya tidak semua orang cukup bijak dalam melakukan pinjaman online ini.

Orang-orang cenderung mengajukan kredit tunai online untuk kebutuhan konsumtif. Jika kebiasaan ini terus dilakukan secara berulang, ada resiko yang mungkin terjadi. Melalui kacamata financial planning, kredit konsumtif yang berlebihan mengakibatkan kondisi keuangan menjadi tidak stabil.

Contoh perlakuan yang bijak adalah mengajukan kredit sebagai dana pendidikan. Hal tersebut merupakan keputusan tepat secara finansial karena hal tersebut merupakan kredit produktif. Pendidikan ibarat investasi jangka panjang yang bisa memberikan karir di masa depan.

Fintech yang khusus menyediakan kredit pendidikan adalah Pintek. Pintek berkomitmen menjadi roda penggerak pendidikan demi mendukung transformasi pendidikan Indonesia. Bersama Pintek, Parent Pinters bisa memenuhi biaya pendidikan yang mendesak.

Mengapa Harus Pintek

pengajuan kredit

Ada banyak fintech yang menyediakan pinjaman online di Indonesia, termasuk untuk dana pendidikan. Namun hanya Pintek yang fokus untuk sektor pendidikan. Produk yang dimiliki juga di-setting untuk membantu segala kebutuhan pembiayaan pendidikan. Dengan demikian pelayanan Pintek bisa lebih  tepat sasaran.

Pintek sudah diakui secara hukum. Sudah terdaftar di OJK dan AFPI. Pintek melaksanakan operasionalnya sesuai pedoman sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan penipuan maupun layanan yang merugikan.

Sebagai startup financial technology yang memiliki produk kredit online mudah untuk biaya pendidikan, Pintek memiliki beberapa keunggulan dibandingkan lembaga keuangan lain, diantaranya adalah:

  • Sistem pencairan dana langsung ke institusi pendidikan. Hal ini menjamin kebutuhan pembiayaan pendidikan benar-benar tercukupi dan peminjam tidak tergoda menggunakan uang tersebut untuk kebutuhan lain.
  • Biayanya relatif rendah. Peminjam tidak akan dibebani biaya admin lebih dari 100 ribu. 
  • Bunganya juga masih masuk akal. Suku bunga yang diberikan antara 0-3,99% dari pokok, tergantung produk apa yang Anda pilih. Bunganya flat, tidak ada bunga berbunga.
  • Fleksibel dalam cicilan. Tidak ada denda jika keterlambatan cicilan tidak lebih dari 2 hari. Jika terlambat 3 hari, dendanya adalah 0,5% per hari dari pokok. Jika melunasi lebih cepat jangka waktu cicilan yang diajukan, tidak akan ada penalti, hanya perlu membayar pokok dan 75% dari bunga sisa cicilan.

Baca Juga : Besar Pinjaman Dana Kuliah Program Pintek Students

Proses Pengajuan Kredit Pendidikan

proses pengajuan kredit

Untuk bisa mengajukan kredit pendidikan di Pintek, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Berikut syarat umum yang dibutuhkan:

  • Peminjam berstatus WNI dan memiliki KTP. Berumur minimal 21 tahun.
  • Hubungan peminjam dan peserta didik adalah keluarga dalam satu KK. Jika peminjam adalah peserta didik itu sendiri, dia harus sudah bekerja.
  • Peminjam harus memiliki income minimal 3 juta per bulan. Peminjam bisa berasal dari kalangan pekerja/karyawan maupun pengusaha yang sudah bekerja atau menjalankan bisnis minimal 1 tahun. 
  • Syarat dokumen: scan KTP peminjam, foto selfie peminjam memegang KTP, scan KK, NPWP (pinjaman > 10 juta), bukti penerimaan peserta didik, bukti tagihan pembayaran, mutasi rekening 3 bulan terakhir, slip gaji dan foto usaha bagi yang menjalankan bisnis (menyertakan SIUP & TDP untuk pinjaman diatas 10 juta).

Jika sudah memenuhi seluruh persyaratan, proses pengajuan kredit pendidikan di Pintek bisa segera dilakukan berdasarkan urutan di bawah ini:

1. Registrasi

Pertama-tama registrasi dulu di web official Pintek yaitu https://pintek.id/. Yang berlaku sebagai user bisa peminjam maupun peserta didik.

2. Pengajuan Pinjaman

Setelah login dan masuk website official Pintek, akan ada 2 pilihan pinjaman. Pilih Pinjaman untuk Pelajar.

pintek student

Pinjaman untuk Pelajar atau Pintek Students memiliki 3 pilihan skema pinjaman yaitu: Pintek Students Instant, Pintek Students Reg, Pintek Students Pro. 

  • Pintek Students Instant diperuntukan bagi peserta didik (pelajar/mahasiswa) yang ingin sekolah atau kuliah di institusi pendidikan yang sudah menjadi mitra Pintek. Skema ini tidak bisa digunakan untuk pendidikan non formal, hanya khusus memfasilitasi pendidikan formal. Pengajuan aplikasi bisa langsung dilakukan melalui website.
  • Pintek Students Reg diperuntukan bagi pelajar/mahasiswa yang masuk institusi pendidikan non mitra Pintek baik itu institusi pendidikan formal maupun non formal. Pengajuan aplikasi harus menghubungi tim Pintek terlebih dahulu.
  • Pintek Students Pro diperuntukan bagi peserta didik di kursus langsung kerja, pelatihan kerja, atau pendidikan profesi. Pengajuan aplikasi juga harus lebih dulu menghubungi tim Pintek.

Form yang harus diisi melalui website diantaranya adalah: detail pinjaman, data diri peminjam dan peserta didik. Kemudian Anda akan diminta untuk upload seluruh dokumen yang dipersyaratkan.

3. Verifikasi & Credit Scoring oleh Tim Pintek

Setelah tahap pengajuan aplikasi sudah diselesaikan, tim Pintek akan melakukan verifikasi data (kelengkapan formulir dan dokumen) dan credit scoring atau penilaian kredit. Penawaran detail pinjaman akan diberikan tim Pintek sesuai kebutuhan pembiayaan pendidikan.

4. Pembayaran Pertama

Pintek memberikan rekomendasi supaya peminjam melakukan pembayaran pertama atau DP ke institusi pendidikan. Anda bisa membayar DP 20% dari seluruh total tagihan biaya pendidikan. Dana dari Pintek bisa menanggung sisa tagihan biaya pendidikan.

Rekomendasi melakukan pembayaran pertama dimaksudkan supaya beban cicilan tidak terlalu berat.

5. Pencairan Dana

Dana dari Pintek ini bisa dimanfaatkan untuk membayar biaya pendidikan seperti membayar biaya semester, spp, uang pangkal, uang gedung, hingga kursus. Dana dari Pintek akan langsung ditransferkan ke rekening institusi pendidikan menyesuaikan kebutuhan. 

Pintek Students Instant merupakan salah satu produk kredit online cepat milik Pintek, pencairan dananya instan, hanya membutuhkan 1 jam saja. Untuk skema lainnya, biasanya membutuhkan 1-3 hari kerja setelah approval.

6. Pembayaran Cicilan

Peminjam berkewajiban membayarkan cicilan (pokok pinjaman + bunga) sesuai nominal yang sudah ditentukan. Jatuh tempo cicilan biasanya tepat pada tanggal saat pengajuan permohonan kredit. Lama tenor dan bunganya tergantung hasil credit scoring.

Pastikan membayar cicilan tepat waktu. Jika memang terlambat, usahakan jangan lebih dari 1 minggu setelah jatuh tempo.

Sebagai ilustrasi dari penjelasan di atas, berikut ini adalah gambar yang menunjukan alur pengajuan kredit di Pintek.

alur pinjaman

Penjelasan Pintek Students

Setelah mengetahui alur atau proses pengajuan pinjaman di Pintek, Parent Pinters perlu mengetahui lebih dalam mengenai detail pinjaman dari 3 produk Pintek Student. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Pintek Students Instant

Limit kredit pada Pintek Students Instant adalah 5 juta. Bunga yang diberlakukan adalah 0% untuk tenor 30 hari dan mulai dari 2,19% untuk bunga selama 3 bulan tenor. Jumlah pastinya menyesuaikan hasil credit scoring yang mengacu kebutuhan pembiayaan.

2. Pintek Students Reg

Pintek Students Reguler memungkinkan untuk mencairkan dana minimal 3 juta dan maksimal 300 juta. Bunga yang dibebankan merupakan bunga flat 0-1,5% per bulan. Pihak Pintek memberikan tenor mulai dari 0-24 bulan.

3. Pintek Students Pro

Pintek Students Pro memiliki limit kredit minimal 3 juta dan maksimal 300 juta. Bunganya sedikit lebih tinggi dari skema Reg, yaitu 0-2% per bulan. 

Pada skema ini, cicilan bisa dilakukan setelah peserta didik lulus dan mendapatkan kerja. Diberlakukan tenor selama 18 bulan dan total grace period atau periode penangguhan maksimal 6 bulan. 

Pada skema ini, pihak Pintek akan meminta surat jaminan kerja sebagai salah satu dokumen persyaratan.

Proses pengajuan kredit pendidikan di Pintek sangat mudah dipahami oleh Parent Pinters. Segera ajukan aplikasi ke Pintek supaya beban memikirkan tanggungan pembiayaan pendidikan sedikit berkurang. Pintek berkomitmen membantu setiap orang mendapatkan pendidikan bermutu dengan biaya ringan dan hati ringan.