Pendidikan

Tak Kalah dengan PTN, ini Daftar PTS Terbaik di Indonesia 2021 Versi Webometrics!

Webometrics yaitu suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap kemajuan seluruh universitas terbaik di dunia (World Class University) kembali merilis daftar PTS terbaik di Indonesia dengan kualitas pembelajaran yang tak kalah dengan PTN.

Memang tak bisa dipungkiri Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menjadi kampus idaman para calon mahasiswa. Terbukti dengan banyaknya peserta yang mengikuti seleksi masuk PTN, seperti SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri.

Meski begitu, persaingan yang ketat membuat calon mahasiswa tidak berhasil diterima kuliah di PTN incarannya. Namun, hal tersebut jangan sampai membuat kamu patah semangat untuk melanjutkan studi di jenjang pendidikan tinggi.

Soalnya masih banyak Perguruan Tinggi Swasta yang memiliki kualitas terbaik dan bahkan banyak mencetak orang sukses di Indonesia.

Tak dapat ditampik kalau banyak anggapan yang mengatakan kalau PTN selalu kualitas yang lebih baik daripada PTS. Meskipun ada juga PTS yang memiliki daya saing tinggi atau bahkan lebih baik dari PTN.

Baca Juga: Kuliah Tanpa Hambatan, ini Universitas Swasta Terbaik dengan Harga Terjangkau!

Jadi sebenarnya, masing-masing perguruan tinggi memiliki kelebihan dan kekurangan, tergantung dari preferensi, mana yang kamu inginkan dan butuhkan.

Daftar PTS terbaik di Indonesia versi Webometrics

Daftar PTS terbaik di Indonesia versi Webometrics
Source image: Website https://www.uc.ac.id/

Situs resmi Webometrics Ranking of World Universities merilis daftar 100 universitas terbaik di Indonesia. Meski masih didominasi oleh PTN, tapi terdapat 41 PTS yang masuk ke dalam daftar tersebut. Bahkan ada dua PTS yang masuk dalam daftar 10 besar.

Berikut adalah daftar PTS terbaik di Indonesia versi Webometrics:

  1. Telkom University (7)
  2. Universitas Bina Nusantara (9)
  3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (15)
  4. Universitas Gunadarma (23)
  5. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (27)
  6. Universitas Dian Nuswantoro Semarang (28)
  7. Universitas Narotama Surabaya (29)
  8. Universitas Kristen Satya Wacana (30)
  9. Universitas Islam Indonesia (34)
  10. Universitas Mercu Buana (37)
  11. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (38)
  12. Universitas Katolik Parahyangan (39)
  13. Petra Christian University (43)
  14. Universitas Muhammadiyah Surakarta (45)
  15. Universitas Muhammadiyah Malang (49)
  16. Universitas Widyatama Utama Bandung (55)
  17. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (57)
  18. Universitas Esa Unggul (63)
  19. Universitas Trisakti (65)
  20. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta (66)
  21. Universitas Tarumanagara (68)
  22. Universitas Kristen Maranatha (69)
  23. Akademi Telkom Jakarta (70)
  24. Universitas Komputer Indonesia (71)
  25. Institut Teknologi Telkom Purwokerto (74)
  26. Universitas Medan Area (75)
  27. Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya (76)
  28. Universitas Muhammadiyah Ponorogo (78)
  29. Universitas Potensi Utama (79)
  30. Universitas Muslim Indonesia Makassar (80)
  31. Universitas Dr. Soetomo (81)
  32. Universitas PGRI Madiun (87)
  33. Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta (89)
  34. Universitas Pasundan Bandung (90)
  35. Institut Pendidikan Indonesia 91)
  36. Universitas Jenderal Achmad Yani (93)
  37. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (94)
  38. Universitas Muhammadiyah Luwuk (95)
  39. Institut Teknologi Telkom Surabaya (97)
  40. Universitas Muhammadiyah Purworejo (98)
  41. Universitas Ciputra (100)

Sekilas tentang Webometrics Ranking of World Universities merupakan grup riset milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC) yaitu lembaga riset pertama dan terbesar di Eropa.

Tujuan utama CSIC dan kementerian pendidikan adalah meningkatkan riset untuk kemajuan teknologi dunia dan mempromosikan Open Access pada ilmu pengetahuan yang dilakukan universitas.

Webometrics atau Ranking Web menilai kinerja universitas yang ditandai dengan keterbukaan akses, jumlah peneliti atau dosen, dan jumlah publikasi yang mengutip informasi dari situs universitas tersebut.

Baca Juga: 7 Universitas Termahal di Indonesia 2021, Per Semester Ada yang Rp 75 Juta!

Ada empat indikator penilaian yang digunakan Webometrics pada setiap universitas. Yaitu:

  • Presence dengan bobot sebesar 5% yaitu melihat dari jumlah halaman website dari domain web utama termasuk seluruh subdomain yang ada di perguruan tinggi. Sumbernya didapatkan dari Google.
  • Visibility merupakan jumlah eksternal link unik yang terhubung ke domain web perguruan tinggi (dinormalisasi dan kemudian nilai rata-rata). Sumber datanya dari Ahrefs Majestic. Kriteria ini memberikan bobot sebanyak 50%.
  • Transparency/Openness merupakan jumlah kutipan dari 210 penulis teratas dan datanya bersumber dari Google Scholar dengan bobot 10%.
  • Excellence or Scholar yaitu jumlah 10 persen makalah teratas yang paling banyak dikutip dari masing-masing 26 disiplin ilmu, dilihat dari seluruh database untuk periode 5 tahun (2014-2018). Sumbernya dari Scimago dan memberikan bobot hingga 35%.

Raih impian kuliah di PTS terbaik di Indonesia

Raih impian kuliah di PTS terbaik di Indonesia

Dari banyaknya PTS di Indonesia, universitas di atas juga termasuk yang difavoritkan oleh banyak calon mahasiswa. Selain kualitasnya terbaik, fasilitas yang ditawarkan juga lengkap.

Meski begitu kuliah di universitas swasta banyak menjadi pertimbangan calon mahasiswa karena biaya kuliahnya yang terbilang lebih mahal ketimbang PTN. Padahal masalah finansial bisa terjadi oleh siapapun, baik mahasiswa PTS maupun PTN.

Namun masalah dana jangan sampai menjadi penghalang untuk mengejar impianmu yang memang sangat berguna untuk masa depan. Dengan menggandeng Pintek, seluruh masalah biaya pendidikan kamu akan teratasi dengan mudah dan cepat.

Baca Juga: Jangan Salah Pilih, ini Daftar Pinjaman Online Terbaik OJK untuk Pendidikan!

Sebagai perusahaan fintech yang sudah berizin dan diawasi OJK, Pintek berkomitmen untuk mendorong transformasi pendidikan di Indonesia melalui layanan keuangan.

Dengan begitu, seluruh calon mahasiswa yang tengah membutuhkan dana untuk bayar kuliah dapat mengajukan pendanaan Pintek Regular. Dana tersebut dapat digunakan untuk biaya uang pangkal, semesteran, kursus dan lainnya.

Tak tanggung-tanggung, Pintek memberikan pinjaman hingga Rp 300 juta dengan tenor cicilan mencapai 24 bulan. Soal bunga juga tak perlu khawatir karena bunga yang dibebankan oleh Pintek mulai dari 0 persen hingga 2,5 persen.

Ingin ajukan pinjaman sekarang? Kunjungi portal Pintek lalu masuk ke menu Pintek Regular. Di sana kamu bisa melakukan simulasi pengajuan dan mendapatkan informasi seputar prosedur dan ketentuan.

Kamu dapat mengunjungi situs resmi Pintek atau menghubungi tim Pintek melalui telepon dan WhatsApp di nomor 021-50884607 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Artikel Terkait

Back to top button