Keuangan

Daftar Artis Indonesia yang Kaya di Indonesia dari Investasi hingga Punya Bisnis

Komika sekaligus content creator dua anak ini, Raditya Dika, cukup gencar berbagi tips-tips mengatur keuangan, cara menghitung dana pensiun, hingga cara berinvestasi untuk pemula lewat kanal YouTube miliknya dengan bahasa sederhana yang mudah dimengerti. Selain Raditya Dika, ternyata banyak juga deretan artis Indonesia lainnya yang memutuskan untuk terjun ke dunia investasi maupun bisnis. Bahkan keuntungan yang didapat, digadang-gadang menjadi salah satu sumber kekayaan yang mereka miliki saat ini. Berikut beberapa di antaranya:

1. Reino Barack

Selain dikenal sebagai suami dari penyanyi cantik, Syahrini, nama Reino Barack juga dikenal banyak orang sebagai salah satu pengusaha sukses di Indonesia. Reino memiliki sederet lini bisnis yang dijalaninya seperti The Cloud Lounge & Dining, Altitude at The Plaza, Ristorante da Valentino, dan Akira’s Back di industri F&B. Menariknya, meskipun penghasilan yang ia dapat dari bisnisnya tersebut pastilah besar, tetapi Reino Barack juga rupanya memiliki sumber kekayaan lain yang berasal dari investasi yang telah digelutinya sejak ia berusia 19 tahun. Ia juga bahkan diketahui terjun ke pasar modal asing dengan membeli saham perusahaan Apple.

2. Deddy Corbuzier

Jarang berbicara soal keuangan pribadinya di hadapan publik, ternyata Deddy Corbuzier juga merupakan seorang investor saham. Hal ini sempat ia katakan di salah satu konten podcast miliknya, saat tengah bercerita mengenai badai sitokin yang pernah menyerang ayah satu anak ini beberapa bulan lalu. Melalui akun YouTube miliknya tersebut, Deddy mengatakan bahwa ia sudah menyiapkan investasi untuk masa depan anaknya. “Saya sudah siapkan semua dari tabungan sekolah, ada stock market, ada saham yang gede. Kamu pasti akan hidup sampai kuliah, papa juga sudah kenalin ke teman-teman papa. Jika papa mati, kamu akan survive,” tandas Deddy Corbuzier.

3. Giring Ganesha (Giring Nidji)

Nama Giring Ganesha belakangan ramai diperbincangkan lantaran keputusannya untuk terjun ke dunia politik. Namun, terlepas dari pro kontra atas keputusannya tersebut, Giring bahkan diketahui sudah masuk ke dunia pasar modal sejak tahun 2007 silam. Ia pun memiliki prinsip bahwa kekuatan fundamental adalah salah satu faktor penting dalam memilih suatu emiten sebelum berinvestasi. Kabarnya, Giring memiliki koleksi saham dari emiten perbankan dan konsumer seperti Bank Central Asia (BCA) dan Gudang Garam.

Tips investasi ala Raditya Dika

Sadar bahwa di balik return tinggi yang dihasilkan dari investasi saham juga memiliki risiko kerugian yang tinggi pula, Raditya Dika pun cukup sering memberikan tips-tips investasi kepada para pemula. Menurutnya, salah satu kunci penting dalam berinvestasi adalah gunakan uang yang tidak terpakai dalam waktu dekat dan jangan pernah sekali-kali berutang untuk berinvestasi. Pasalnya, dalam berinvestasi ada risiko kerugian yang mungkin dialami seseorang, sehingga investasi menggunakan “uang dingin” dan tidak berutang pun sangat penting untuk diperhatikan. Selain itu, menentukan tujuan investasi di awal pun penting untuk dilakukan oleh setiap investor pemula. Karena dari tujuan investasi ini kamu dapat mengetahui instrumen investasi apa yang sebaiknya dipilih agar tujuan tersebut dapat tercapai. Alangkah lebih baiknya, kamu lakukan analisis fundamental dan teknikal perusahaan tersebut terlebih dahulu sebelum membeli sahamnya agar lebih yakin bahwa modal yang sudah kamu taruh benar-benar dapat membawa keuntungan.

Manfaatkan keuntungan investasi ke bisnis

Meraup keuntungan sebanyak-banyaknya dari investasi mungkin bisa dibilang memang salah satu tujuan banyak investor. Namun, sebesar apapun keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari kegiatan investasi tersebut, pasti tidak akan bertahan lama jika kamu tidak memanfaatkannya untuk dapat meraup keuntungan di sektor lain. Oleh karena itu, kamu bisa memulai untuk memanfaatkan keuntungan investasi dengan terjun ke dunia bisnis. Namun yang perlu di ingat adalah, pilihlah sektor bisnis yang memiliki prospek menjanjikan kedepannya seperti misalnya bisnis di sektor F&B, Kosmetik, maupun retail bahan bangunan. Nah, untuk mengembangkan skala bisnismu, kamu bisa menggandeng Pintek melalui layanan keuangan yang ditawarkan. PT Pinduit Teknologi Indonesia, Pintek, adalah perusahaan teknologi finansial, fintech, yang menawarkan pendampingan kepada bisnis untuk maju dan #AmbilLangkahBesar dengan menyediakan akses pendanaan untuk kegiatan bisnis dari berbagai sektor seperti FMCG, Fesyen & Kecantikan, Bahan Bangunan dan sektor lainnya yang telah terdaftar dan diawasi OJK. Informasi menarik seputar Pintek bisa didapatkan dengan mengunjungi laman Instagram Pintek di @pintek.id.
Back to top button