Pendidikan

Rekomendasi Sekolah Perhotelan Terbaik di Indonesia Beserta Biayanya

Jika Anda sedang mencari salah satu jurusan kuliah terbaik untuk anak, maka bisa memilih sekolah perhotelan. Selain memiliki prospek yang menjanjikan, anak Anda akan menjalani proses belajar yang menyenangkan.

Seiring dengan majunya sektor pariwisata di Indonesia, pastinya lulusan sekolah jurusan perhotelan sangat dibutuhkan. Misalnya, front office, F&B service, F&B product, dan lainnya.

Jurusan perhotelan berfokus pada keterampilan di bidang hospitality. Umumnya, jurusan ini menawarkan program studi dengan gelar Sarjana Terapan (D4) atau Ahli Madya Pariwisata (D3). Namun, ada juga beberapa kampus yang menawarkan program studi S1.

Meski keberadaannya masih bisa dihitung jari, kini Parent Pinters tak perlu khawatir lagi. Berikut ini adalah rekomendasi sekolah perhotelan di Indonesia beserta biayanya:

1. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

Sekolah perhotelan di Bandung ini berada di bawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi RI. Selain itu, akademisnya juga dibina langsung oleh Kementerian Pendidikan Nasional.

Jurusan perhotelan di STP Bandung terbagi menjadi enam program studi, yaitu Administrasi Hotel, Studi Akomodasi & Katering, Tata Hidang, Divisi Kamar, Seni Kuliner, dan Seni Pengolahan Patiseri.

Biaya kuliah di STP Bandung adalah Rp12.600.000 (semester 1) dan Rp8.000.000 (sisa semesternya). Namun, tidak ada keterangan lebih lanjut mengenai biaya tambahan lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa klik di sini.

2. Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Salah satu sekolah perhotelan di Jakarta ini berada di bawah naungan Yayasan Universitas Trisakti. STP Trisakti sendiri sudah berdiri sejak 1969 silam.

STP Trisakti menawarkan program D4 Perhotelan yang mencakup pembelajaran: pengolahan makanan, pengolahan roti & kue, operasional restoran & bar, kantor depan, nutrisi makanan, bahasa asing, manajemen hotel, manajemen acara, studi kelayakan bisnis, dan lainnya.

Biaya kuliah D4 Perhotelan di STP Trisakti adalah Rp12.500.000 per semesternya. Biaya tersebut sudah termasuk dengan biaya kuliah pokok, biaya SKS, HER registrasi, perpustakaan, DKM, dan kesehatan. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa lihat di sini.

3. Sekolah Tinggi Pariwisata Universitas Pelita Harapan

STP Pelita Harapan memiliki dua jurusan kuliah, yaitu Manajemen Perhotelan dan Manajemen Usaha Wisata. Meski pilihannya sedikit, namun STP Pelita Harapan merupakan salah satu sekolah perhotelan terbaik di Indonesia.

Biaya kuliah di STP Pelita Harapan adalah Rp19.750.000 per semesternya. Harga tersebut merupakan total biaya untuk masa studi normal sesuai sistem kurikulum yang berlaku. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa klik di sini.

4. Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid

Sekolah perhotelan di Jakarta Selatan ini menyediakan program D1, D2, dan D4 Perhotelan. Nantinya, anak Anda akan dilatih untuk memiliki keterampilan khusus di bidang Food Production, F&B Service, Room Division, dan Cruise Line.

Biaya kuliah D4 Perhotelan di STP Sahid adalah Rp58.760.000 (8 semester), Rp55.280.000 (D1-D3), Rp73.350.000 (D1-D4), dan Rp37.650.000 (D3-D4). Untuk informasi lebih lanjut mengenai perkuliahan di STP Sahid, Anda bisa lihat di sini.

5. Politeknik Pariwisata Palembang

Sekolah perhotelan Palembang ini memang terbilang masih baru. Namun, Politeknik Pariwisata Palembang berada di bawah naungan langsung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Poltekpar Palembang memiliki empat program studi, yaitu Pengelolaan Konvensi dan Acara (D4), Seni Kuliner (D3), Divisi Kamar (D3), dan Tata Hidang (D3).

Biaya kuliah di Poltekpar Palembang cukup terjangkau, yaitu Rp2.050.000 per semesternya. Biaya tersebut tidak dikenakan beban uang praktik atau pembangunan. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa lihat di sini.

Baca Juga : Daftar 7 Sekolah Penerbangan Terbaik dan Biayanya

Mengapa Harus Memilih Jurusan Perhotelan?

kuliah perhotelan

Saat ini, perkembangan sektor pariwisata semakin meningkat seiring majunya bisnis perhotelan. Dengan begitu, sekolah di jurusan perhotelan memiliki prospek masa depan yang cukup menjanjikan.

Ada banyak pilihan profesi di bidang perhotelan yang bisa dicoba oleh anak Anda. Parent Pinters hanya perlu menyesuaikan bidang minat sang anak. Berikut ini adalah alasan mengapa Anda harus memilih jurusan perhotelan:

Peluang Kerja yang Menjanjikan

Bisnis perhotelan setiap tahunnya semakin berkembang pesat. Maka dari itu, industri ini membutuhkan tenaga ahli untuk mengisi beberapa posisi di bidang perhotelan. Nantinya, anak Anda bisa memiliki peluang kerja yang menjanjikan.

Penghasilan yang Cukup Besar

Seperti yang diketahui, penghasilan karyawan yang bekerja di perhotelan cukup besar. Apalagi, jika mereka bekerja di hotel bintang lima. Jika masuk jurusan perhotelan, maka anak Anda bisa mendapatkan pekerjaan dengan penghasilan yang besar.

Prospek Karir untuk Jangka Panjang

Industri perhotelan diperkirakan bakal terus bertahan. Hal itu mengingat banyak orang yang masih membutuhkan hotel saat berlibur. Tentunya, anak Anda akan memiliki prospek karir hingga jangka panjang.

Menguasai Banyak Ilmu

Jika memilih jurusan perhotelan, maka anak Anda akan menguasai banyak ilmu. Mereka akan mempelajari ilmu di bidang hospitality, F&B, dan pelayanan terhadap konsumen.

Parent Pinters yang ingin mendaftarkan sang anak ke bangku perkuliahan, maka bisa mengajukan pinjaman dana pendidikan melalui Pintek. Sebagai lembaga financial technology, Pintek menawarkan pinjaman dana pendidikan untuk mempersiapkan masa depan anak.

Nantinya, Anda bisa mengajukan pinjaman dengan uang muka 20% dan bunga hingga 1,5%. Hingga saat ini, terdapat 68 universitas yang bekerja sama dengan Pintek untuk mengadakan program cicilan biaya perkuliahan.

Untuk mengajukan pinjaman dana pendidikan, Anda bisa mengunjungi website Pintek.

Itulah tadi penjelasan mengenai sekolah perhotelan yang bisa Parent Pinters pilih untuk sang anak. Pastikan Anda telah memilih sekolah perhotelan terbaik demi masa depan yang cerah.

Artikel Terkait

Back to top button