simulasi kredit

Awal semester baru sering membuat orang tua gelisah karena harus menggelontorkan uang dalam nominal besar. Namun sekarang, sudah tersedia produk pinjaman pendidikan dari Pintek yang memberikan opsi pembayaran dengan cara mencicil. Parent Pinters yang penasaran bisa pelajari simulasi kredit di Pintek.

Sebagai perusahaan teknologi finansial yang berupaya mendorong transformasi pendidikan di Indonesia, Pintek hadir dengan produk pinjaman yang inovatif. Salah satunya yaitu Pintek Students yang khusus didesain untuk membantu meringankan beban keuangan orang tua.

Menjawab Masalah Pembiayaan Pendidikan

cara mendapatkan beasiswa kuliah kedokteran

Parent Pinters, biaya kuliah di Indonesia baik PTN maupun PTS terus meroket setiap tahun karena faktor inflasi. Statistik dari BPS menunjukkan bahwa rata-rata biaya kuliah minimum di Indonesia yaitu 15 juta per tahun. Bahkan di beberapa provinsi seperti Banten dan DKI, biaya kuliah sedikitnya menyentuh angka 22 juta rupiah.

Besar atau kecilnya nominal ini tentu sangat relatif. Namun, nominal ini akan jadi sangat memberatkan jika orang tua memiliki tanggungan yang tidak sedikit. Apalagi ketika tabungan tidak kunjung bertambah mengingat situasi ekonomi yang sedang lesu karena pandemi.

Pernahkah Parent Pinters terpikir untuk bisa membayar uang pangkal ataupun uang semester dengan cara mencicil? 

Pintek, melalui Pintek Students memberikan pinjaman uang tanpa jaminan bagi orang tua yang mengalami kendala dalam pembiayaan pendidikan anak. 

Dengan sistem cicilan, orang tua tidak akan lagi terbebani dengan kewajiban pelunasan uang kuliah dalam sekali bayar dengan nominal besar. Setiap bulan orang tua hanya perlu membayar sesuai dengan besaran cicilan yang telah disetujui di awal.

Tentu kemudahan ini akan memberi keuntungan bagi kondisi keuangan keluarga. Selain itu, orang tua juga akan lebih mudah dalam mengelola budget bulanan secara cerdas. Tidak ada lagi cashflow yang tersendat karena pengeluaran pendidikan dan tabungan tetap dapat disimpan sebagai dana darurat.

Baca Juga : Keuntungan Meminjam Uang Pada Program Pintek Students

Mengenal Pintek Students 

tes masuk kuliah

Pintek atau yang secara resmi terdaftar sebagai PT. Pinduit Teknologi Indonesia berada di bawah pengawasan OJK. Sebagai start-up fintech, Pintek juga bergabung di dalam keanggotaan AFPI. Parent Pinters tentu akan merasa lebih nyaman dan aman jika mengajukan pinjaman pada perusahaan yang kredibel. 

Hingga Juli 2020, Pintek telah menyalurkan pinjaman ke lebih dari 3000 siswa dengan nominal kumulatif mencapai 56.6 M

Pintek juga memiliki TKB90 yang cukup fantastis yaitu sebesar 99.88%. Tingginya persentase ini menjadi bukti kesuksesan Pintek dalam memfasilitasi penyelesaian problem terkait kewajiban pelunasan pinjaman 90 hari sejak periode jatuh tempo. 

Untuk pinjaman pendidikan sendiri, nominal pembayaran pertama umumnya paling besar, yaitu minimal 20% dari peminjaman. Dengan sistem pembayaran paling tinggi di awal, maka cicilan berikutnya akan terasa jauh lebih ringan.

Berikut skema peminjaman Pintek Students.

1. Pintek Students Instant

Skema yang pertama ini khusus untuk anak yang menempuh studi di sekolah yang sudah bekerja sama dengan Pintek. Berikut beberapa manfaat yang bisa Parent Pinters dapatkan:

  • Limit kredit mencapai 5 juta rupiah dan bisa naik jika sering menggunakan dan pembayaran lancar
  • Tersedia pilihan tenor 30 hari atau 3 bulan, dan bisa diperpanjang jika sering mengajukan pinjaman dengan riwayat cicilan yang baik
  • Untuk tenor 30 hari, bunga kredit 0% dan biaya admin 50 ribu
  • Untuk tenor 3 bulan, bunganya mulai dari 2.19% dan biaya admin 99 ribu atau 3.99% dari cicilan (tergantung mana yang lebih tinggi)
  • Proses persetujuan hingga pencairan dana ke rekening kampus memakan waktu kurang dari 1 jam 
  • Biaya keterlambatan hanya 0.15% per hari dan tidak berlaku sistem bunga berbunga
  • Syaratnya mudah, yaitu cukup KTP, swafoto KTP, dan mengisi form identitas diri

Berikut ilustrasi proses pengajuan pinjaman.

student loan

2. Pintek Students Regular

Jika anak berkuliah di institusi yang belum bekerjasama dengan Pintek, maka orang tua dapat mengajukan pinjaman reguler. Skema yang kedua ini sangat fleksibel dan cocok digunakan untuk berbagai tujuan seperti pembayaran uang pangkal, UKT, hingga biaya wisuda.

Berikut beberapa manfaat yang bisa Parent Pinters dapatkan:

  • Dana tersedia mulai dari 3 juta – 300 juta rupiah
  • Perhitungan bunga rendah, mulai dari 0 – 2% per bulan
  • Tenor maksimal mencapai 24 bulan
  • Proses persetujuan hingga pencairan ke rekening kampus memakan waktu 1 – 3 hari

Syarat dokumen: KTP, swafoto KTP, bukti rekening koran 3 bulan terakhir, bukti pendapatan, referensi kontak, dokumen dari kampus seperti KTM, tagihan, dan cara pembayaran.

3. Pintek Students Pro

Skema yang ketiga ini ditujukan untuk anak yang mengambil studi profesi ataupun kursus dengan jaminan langsung kerja setelah lulus. Pembayaran cicilannya dapat dilakukan setelah anak bekerja dan memperoleh penghasilan sendiri.

Berikut keunggulan Pintek Students Pro:

  • Nominal pinjaman mulai dari 3 juta rupiah dan maksimal 300 juta rupiah
  • Berlaku masa penangguhan 6 bulan dan periode cicilan selama 18 bulan
  • Bunga mulai dari 0% – 2,5% per bulan
  • Proses persetujuan hingga pencairan dalam 1 – 3 hari kerja

Syarat dokumen: KTP, swafoto KTP, KK, mutasi rekening 3 bulan terakhir, dan bukti jaminan langsung kerja

Pintek membuka kesempatan bagi orang tua dari berbagai profesi untuk mengajukan pinjaman Pintek Students. Mulai dari karyawan swasta, BUMN, freelancer, hingga pengusaha. Selain itu, bukti pendapatan bisa gabungan antara suami dan istri.

Contoh Simulasi Kredit Pintek Students

Setelah memahami macam-macam skema pembiayaan yang ada di Pintek Students, Parent Pinters dapat melihat contoh simulasi kreditnya berikut: 

Orang tua Kina mengajukan pinjaman dengan periode 5 bulan untuk pembayaran biaya kuliah Bachelor Program di London School of Public Relations. Harga programnya sendiri yaitu sebesar Rp 15.000.000. Cara menghitung pokok pinjaman yaitu harga program dikurangi dengan nominal pembayaran pertama.

  • Pembayaran pertama ke institusi: 20% x Rp 15.000.000 = Rp 3.000.000
  • Pokok pinjaman: Rp 15.000.000 – Rp 3.000.000 = Rp 12.000.000
  • Total bunga: Rp 0
  • Biaya admin: Rp 300.000
  • Total biaya: Rp 12.300.000,-

Pembayaran pertama yaitu pembayaran awal ke institusi ditambah biaya admin sehingga menjadi Rp 3.300.000,-

Sementara besar cicilan per bulan selama 5 kali yaitu Rp 12.000.000,- : 5 = Rp 2.400.000,-

Perlu diketahui juga bahwa periode jatuh tempo akan mengikuti tanggal pencairan pinjaman dan juga tenornya. Sebagai contoh, jika dana cair pada tanggal 22 September, maka Parent Pinters akan membayar cicilan pertama di tanggal 22 Oktober.

Begitu kira-kira gambaran simulasinya. Tentu menarik sekali, bukan? 

Jika Parent Pinters ingin mencoba sendiri simulasi pinjaman sesuai dengan kebutuhan biaya kuliah anak, silakan kunjungi website Pintek di pintek.id. Sebelumnya, pastikan melakukan registrasi dan verifikasi akun terlebih dulu.

Nah, itu dia contoh simulasi kredit untuk pembayaran uang kuliah dengan sistem cicilan. Kini orang tua tidak perlu lagi khawatir tabungan tidak cukup dan cashflow rumah tangga terganggu. Hubungi tim Pintek sekarang juga untuk memperoleh pinjaman biaya kuliah dengan cicilan terbaik setiap bulannya.