SMA Pradita Dirgantara

Sekolah unggulan penerima beasiswa yang berlokasi di Jalan Cendrawasih, Ngesrep, Ngemplak, Kabupaten Boyolali telah membuka pendaftaran bagi siswa baru. SMA Pradita Dirgantara merupakan sebuah pondok pesantren yang berdiri sejak tahun 2018.

SMA ini telah terakreditasi SMA yang memiliki jargon Fly Worldwide ini bekerjasama dengan berbagai institusi baik dalam maupun luar negeri. SMA Pradita Dirgantara juga pernah menjadi calon IB (International Baccalaureate) tahun 2020 dan menjadi anggota UNESCO ASPNet di tahun yang sama.

Baca Juga : Beragam Jurusan SMK Lengkap dan Perbedaannya Dengan SMA

Tak hanya di tingkat nasional, siswa SMA Pradita Dirgantara juga telah menorehkan prestasi di kancah internasional, di antaranya Ratu Putri Dewi yang meraih Juara 2 karangan karangan di Melbourne melalui pendingin untuk APD yang diberi nama PC-Box.

Tahun 2021 merupakan tahun keempat SMA Pradita Dirgantara menyelenggarakan Penerimaan Mahasiswa Baru. Ada 2 jalur yang akan digunakan di resepsi. Jalur pertama jalur reguler atau jalur ujian bagi siswa sekolah menengah pertama yang memenuhi persyaratan umum.

Dan jalur kedua jalur prestasi bagi siswa sekolah menengah pertama yang berprestasi sebagai peraih medali olimpiade sains internasional, peraih medali emas bidang sains nasional. Olimpiade dan Medali Emas untuk Kompetisi. Matematika dan Bahasa Inggris Nasional. Dokumen registrasi yang perlu disiapkan untuk diunggah adalah:

Identitas

Dokumen pendaftaran SMA Pradita Dirgantara:

  1. Kartu Keluarga.
  2. Akta kelahiran.
  3. Foto 3×4.
  4. KTP Orang Tua.
  5. Slip gaji orang tua.
  6. Rapor semester 1-5.
  7. Hasil scores IQ.
  8. Piagam prestasi jika ada.
  9. Surat rekomendasi dari kepala sekolah atau guru.
  10. Sertifikat Bebas Narkoba.

 

Skor

  1. Rapor Semester I-V
  2. Hasil Skor Tes IQ
  3. Piagam Prestasi

Surat Pernyataan

  1. Surat Rekomendasi Kepala Sekolah atau Guru
  2. Bebas Narkoba.

Dibuka pertama kali pada tahun 2018 lalu, SMA Pradita Dirgantara di kompleks Pangkalan Udara Adi Soemarmo Solo Jawa Tengah masih mengusung konsep pesantren. Penerimaan Siswa Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2020/2021 SMA Pradita akan tetap menggunakan ide yang sama yaitu siswa mendapatkan beasiswa penuh hingga tamat pendidikan.

Dikutip dari situs resmi SMA Pradita Dirgantara, sekolah ini sudah mulai membuka pendaftaran PPDB 2020. Publikasi sudah mulai dikerjakan di sejumlah komite lokal atau setiap Pangkalan Udara TNI AU. Beasiswa Penuh untuk SMA Angkatan Udara Indonesia 2020

Definisi

SMA Pradita Dirgantara merupakan sekolah unggulan dengan konsep pondok pesantren. SMA ini juga berupaya mempersiapkan generasi emas Indonesia melalui penguasaan ilmu pengetahuan, kematangan mental, kebebasan berkreasi, kemandirian, dan berwawasan dirgantara. Jika Anda tertarik dengan sekolah dan ingin mendapatkan beasiswa ini, maka persiapkan diri Anda dengan baik.

Berikut syarat dan alur pendaftarannya

Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia (WNI), pria dan wanita.
  2. Lulus UN SMP atau sederajat tahun ajaran 2019/2020.
  3. Sertifikat sekolah menengah pertama.
  4. Ditunjukkan dengan merekam fotokopi rapor SMP / Sederajat semester I-V dilegalisir.
  5. Berkelakuan baik dengan surat keterangan dari sekolah.
  6. Seleksi materi
  7. Administrasi
  8. Akademis (Bahasa Inggris, Matematika, IPA)
  9. Kesehatan (Kesehatan Umum dan Kesehatan Jiwa)
  10. Psikologi, TPA dan Wawancara.

Alur pendaftaran jalur prestasi:

  1. Mendaftar melalui laman
  2. Pengumuman lolos pengungkit dokumen.
  3. Pengumuman siswa yang lolos seleksi.

Jalan tes buat siswa SMP yang penuhi kriteria biasa, jalurnya:

Unggah dokumen-dokumen pendaftaran:

  1. Surat info tingkah laku baik dari sekolah.
  2. Kartu pelajar.
  3. Akte kelahiran yang sudah dilegalisasi.
  4. Surat info tes IQ dari instansi yang menolak HIMPSI.
  5. Piagam prestasi.
  6. Kartu keluarga serta KTP orang-tua.

Bikin bukti pendaftaran yang didapat dari skema PPDB. Pengumuman selamat pengungkit dokumen. Pengumuman selamat seleksi wilayah.

Seleksi pusat:

  1. Psikologi serta TPA
  2. Kesehatan (biasa serta jiwa)
  3. Interviu
  4. Verifikasi administrasi pusat

Ketentuan lain

Jika masa datang peserta dapat dibuktikan memberi data yang tidak bukti atau lakukan kecurangan data baik pada tiap tingkat seleksi atau sesudah diputuskan jadi siswa SMA Pradita Dirgantara, karena itu kelulusan yang dinyatakan gagal serta menilai dari status siswa SMA Pradita Dirgantara.

Kapan Dibuka Pendaftaran SMA Pradita Dirgantara Tahun Ini?

Pendaftaran SMA Pradita Dirgantara Tahun Ajaran 2021/2022 telah dibuka. Bersumber dari situs resmi SMA Pradita Dirgantara, pendaftaran calon siswa baru tahun ajaran 2021/2022 telah dibuka.

Fasilitas dan cakupan beasiswa dari SMA Pradita Dirgantara

Siswa yang bersekolah di sekolah ini juga mendapatkan gratis SPP dan SPP serta biaya gedung dan kegiatan sekolah yang telah direncanakan. Siswa akan mendapatkan kamar di asrama, makan 3 kali sehari, dan satu makanan ringan sehari.

Persyaratan pendaftar:

  • Pria atau wanita, Warga Negara Indonesia.
  • Lulus Ujian Nasional SMP atau sederajat tahun ajaran 2020-2021.
  • Jangan pernah tinggal di kelas selama di SMP atau sederajat.
  • Nilai rapor semester I-V mata pelajaran Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA rata-rata minimal 90 per semester dengan melampirkan fotokopi rapor yang dilegalisir.
  • Memiliki IQ lebih dari 115.

Daftar konversi nilai dan ijazah yang dilegalisir oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk sekolah jenjang SMP dari luar negeri.

Tata Cara dan Jadwal Pendaftaran Tahun Ini?

Tata cara dan Jadwal pendaftaran SMA Pradita Dirgantara

  • Seleksi administratif: 11 Januari-14 Februari 2021. Rapat untuk menentukan seleksi tahap 1 (Minggu ke-3 Februari).
  • Seleksi tahap I: Pengumuman pada minggu ke-3 bulan Februari 2021. Ujian akademik 1 pada minggu ke-3 bulan Februari – minggu pertama bulan Maret 2021.
  • Seleksi Tahap 2: Pengumuman minggu pertama Maret 2021.
  • Pengumuman kelulusan: Minggu keempat Maret 2021.

Jika Ingin Sekolah Gratis Daftar ke SMA Pradita Dirgantara Danlanud RSA Ranai Kolonel Pnb Dedy I S Salam S Sos memberikan penjelasan tentang sekolah ini kepada siswa-siswi SMP di Natuna. NATUNA Komandan Pangkalan Angkatan Udara (Danlanud) Raden Sadjad (RSA) Ranai-Natuna Kolonel Pnb Dedy I S Salam S Sos mensosialisasikan Penerimaan Siswa Baru (PPDB) SMA Pradita Dirgantara.

Dalam kegiatan tersebut, hadir Kepala Dinas Kepegawaian RSA TNI AU Letkol Laksamana Hendri SSos. Danlanud RSA menyampaikan bahwa SMA Pradita Dirgantara merupakan sekolah unggulan yang berada di bawah naungan TNI AU.

Sekolah ini diprakarsai oleh Panglima TNI Marsekal TNI Dr (HC) Hadi Tjahjanto SIP dan almarhum Prof.Dr.Ing BJ Habibie, melalui Yayasan Ardhya Garini yang mengkonsepkan pesantren. Semua fasilitas dan beasiswa sudah ditanggung.

Mulai dari SPP gratis, uang gedung, rencana kegiatan sekolah, kamar asrama, makan 3 kali sehari, 1 jajan sehari. Danlanud RSA juga memberikan motivasi kepada siswa-siswi SMP dengan memutar video tim aerobatic guntur saat menerbangkan pesawat Sukhoi SU 27/30 TNI AU.

Selain itu, tim sosialisasi juga memutarkan video profil SMA Pradita. Kemudian SMA ini telah menjalin kerjasama dengan berbagai institusi. Baik dari luar negeri maupun dalam negeri. Untuk pendaftaran SMA Pradita dilakukan secara online. Pangkalan TNI AU Raden Sadjad sebagai panitia wilayah, dan pendaftaran sudah dimulai pada 11 Januari hingga 14 Februari 2021.

Kalau adik-adik masih bingung, kami dan para siswa dan siswi SMP, yang ada di wilayah Kabupaten Natuna. Yakni memakai masker, menjaga jarak, dan menjaga jarak. Demikian penjelasan dari saya kali ini semoga bermanfaat untuk kalian, terima kasih.