Pendidikan

SMA Presiden, Profil Lengkap dan Rincian Biayanya Dibahas Lengkap!

Saat ini semakin banyak sekolah yang mengharuskan siswanya tinggal di asrama, termasuk di SMA Presiden. Terletak di kawasan Taman Pendidikan Jababeka, Bekasi, sekolah ini merupakan salah satu sekolah menengah yang diklaim sebagai pondok pesantren terbaik di Indonesia. Karena dilengkapi dengan fasilitas yang memadai dan menyajikan program pendidikan yang berkualitas. Tak heran jika kemudian biaya pendidikan di tempat ini tidak bisa dikatakan murah.

Persyaratan Masuk Sekolah Menengah Presiden

Sebagaimana diketahui, pendidikan merupakan proses dalam rangka mengantarkan manusia menjadi kaya secara spiritual dan kontekstual. Dalam konteks ini, setidaknya ada tiga fungsi pendidikan, yaitu membina kreativitas siswa, mewariskan nilai-nilai kepada siswa, dan meningkatkan kemampuan kerja produktif siswa.

Baca Juga : SMA Unggulan MH Thamrin Profil Lengkap & Rincian Biayanya

Nah, upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan seperti di atas, salah satunya melalui pesantren atau sering disebut pesantren. Pesantren pada umumnya memungkinkan santri dan pendidik untuk berinteraksi 24 jam sehari dan tentunya didukung oleh asrama sebagai tempat tinggal tetap bagi santri. Tidak hanya mata pelajaran sekolah, pesantren juga biasanya dilengkapi dengan materi-materi ilmiah dasar sebagai penunjang.

Profil SMA Presiden

Saat ini, tidak sedikit sekolah di Indonesia yang menerapkan sistem boarding school, termasuk SMA Presiden. Sebuah lembaga pendidikan yang beralamat di Jababeka Education Park, Jalan Ki Hajar Dewantara Kavling 3B, Kota Jababeka, Cikarang, Bekasi.

Lokasinya berada di kawasan yang telah didukung fasilitas olahraga, kebun raya, klinik, dan rumah sakit, serta dikelilingi sedikitnya 1.400 perusahaan dari 27 negara. Menurut situs resminya, Presiden SMA mendidik siswa dengan pendidikan karakter, disiplin, dan kemandirian, mempersiapkan mereka untuk melanjutkan ke perguruan tinggi terkemuka, baik di dalam maupun di luar negeri.

SMA ini dikelola oleh praktisi pendidikan yang berpengalaman, didukung oleh tenaga pengajar yang berkualitas untuk S1, S2, dan S3 sesuai dengan disiplin ilmu yang dibimbingnya. Pengembangan SDM menjadi perhatian yang sangat serius bagi SMA Presiden agar program-program peningkatan kualitas tenaga pengajar selalu diberikan seperti pelatihan, IHT, seminar, dan short course.

Baca Juga : Profil Lengkap SMA Pradita Dirgantara, Biaya Masuk & Keunggulannya

Dalam menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar, SMA Presiden telah didukung dengan fasilitas yang mewah. Ruang kelas di tempat ini dilengkapi dengan AC, komputer dengan jaringan internet nirkabel, in focus, papan kaca, meja dan kursi belajar, dan multimedia lainnya. Kapasitas kelas dibatasi maksimal 25 siswa agar proses pendidikan dapat berjalan dengan maksimal.

Sejumlah laboratorium sudah tersedia di tempat ini. Mahasiswa dapat belajar di laboratorium komputer, laboratorium fisika, laboratorium kimia, dan laboratorium biologi. Ada juga perpustakaan yang berisi buku penunjang pendidikan, lapangan olahraga (basket, voli, tenis, bulu tangkis, dan futsal), minimarket, restaurant plaza, ATM center, dan fasilitas outbond.

Seperti pondok pesantren pada umumnya, SMA Presiden juga dilengkapi dengan asrama atau mereka sebut dengan asrama siswa. Mahasiswa diklaim betah karena asrama memberikan kenyamanan, antara lain fasilitas AC dan full furniture. Lingkungan pendidikan selalu terkendali dan terarah, dengan hadirnya guru pendamping untuk membantu siswa belajar di malam hari.

Apa Persyaratan Masuk SMA Presiden?

Persyaratan Pendaftaran SMA Kepresidenan

Mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkannya ke Sekretariat Pendaftaran dengan melampirkan dokumen berupa 2 lembar pasfoto terbaru ukuran 3 x 4, fotokopi rapor SMP yang dilegalisir, surat keterangan sehat dari dokter.

Surat keterangan berkelakuan baik dari aslinya SMP, fotokopi Ijazah dan SKHUN SMP yang dilegalisir, fotokopi kartu pelajar, fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi Akta Kelahiran, fotokopi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), dan materai Rp6.000. Ikuti ujian seleksi yang meliputi IPA, matematika, dan tes bahasa Inggris.

Biaya SMA Presiden

Dilansir dari brosur resmi sekolah, biaya SMA Presiden cukup mahal, yakni Rp 50.000.000 per semester. Biaya tersebut meliputi biaya dan fasilitas belajar mengajar, biaya tempat tinggal siswa, biaya makan (pagi, siang, malam), biaya buku pelajaran, biaya pengobatan rawat jalan jika sakit, biaya kegiatan dan praktikum, dan biaya seragam sekolah (6 set seragam, sepatu, tas , atribut, dan pakaian seragam).

Program Pinjaman Pendidikan Pintek

Program Pinjaman Pendidikan Pintek merupakan salah satu produk Pintek yang memberikan kesempatan kepada seluruh siswa, siswa, dan orang tua untuk dapat melakukan pembayaran pendidikan secara mencicil melalui Pintek. Pihak sekolah atau lembaga juga dapat bekerjasama dengan Pintek agar pembayaran di tempat pendidikan dapat dicicil.

Meski penting, dana pendidikan di Indonesia masih dianggap cukup mahal. Siapapun orang tuanya pasti akan berjuang untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi anaknya. Meski mahal, apapun jalannya nanti, salah satunya cari pinjaman.

Di Indonesia selama ini siswa yang ingin sekolah tetapi tidak memiliki dana tidak dapat mengajukan pinjaman dana baik dari bank maupun lembaga keuangan lainnya. Sayangnya, di negara kita tidak ada Student Loan seperti di Amerika dimana peminjam dapat melunasinya setelah bekerja.

Baca Juga : Pembahasan Lengkap Kurikulum Darurat, Sekolah Wajib Tahu

Di era yang semakin berkembang dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, hal-hal yang dulu dianggap sulit kini menjadi lebih mudah. Tidak ada lagi drama mengetuk pintu tetangga atau menahan malu menghubungi kerabat untuk pinjaman pendidikan.

Dilema merasa bingung mencari pinjaman dana pendidikan untuk membayar biaya sekolah kini sudah tidak diperlukan lagi. Beberapa layanan financial technology (fintech) menyediakan fasilitas pinjaman online atau yang saat ini populer dengan istilah lending. Namun bukan sembarang pinjaman, saat ini ada pinjaman yang khusus memberikan pinjaman dana pendidikan.

Pinjaman Dana Pendidikan Mudah, Pencairan Cepat

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki fintech sebagai penyedia biaya kuliah yaitu online dan proses lebih cepat, persyaratan mudah, pinjaman tanpa agunan, dan mahasiswa juga bisa mengajukan pinjaman. Ada banyak alternatif pembiayaan online yang bisa digunakan untuk mendanai pendidikan, antara lain:

Dana Amal

Dana Cita merupakan lembaga yang bertujuan untuk memperluas akses bagi siswa dengan menjembatani kesulitan dalam pembiayaan pendidikan. Melalui Dana Cita ini, mahasiswa dapat memperoleh dana pinjaman untuk membiayai pendidikan vokasi dan pendidikan tinggi.

Jumlah dana yang dipinjamkan merupakan total biaya maksimal yang harus dibayarkan kepada lembaga, namun hal ini tergantung dari kemampuan mengembalikan pinjaman tersebut. Jangka waktu pengembalian pinjaman hingga dua kali sisa waktu pendidikan.

Apa Bisa Pinjam Biaya Sekolah di Pintek?

Pintek

Pintek menawarkan pinjaman mulai dari Rp. 3 juta menjadi Rp. 300 juta. Peminjam hanya perlu memberikan bukti tagihan biaya sekolah yang ingin dia bayarkan melalui pinjaman, Pintek akan membantu membayar tagihan, tetapi tidak secara penuh, peminjam harus membayar sekitar 20% dari biaya yang harus dibayar.

Dana Pendidikan

Fintech ini memberikan dana edukasi berupa crowdfunding, peminjam akan melakukan kampanye melalui website Dana Didik, kemudian nanti ada investor yang mendonasikan uangnya kepada peminjam.

Dana Didik memberikan pinjaman mulai dari Rp. 2,5 juta menjadi Rp. 25 juta. Nantinya, peminjam dari Dana Pendidikan akan melakukan kampanye di website dengan menyertakan foto, sedikit biodata dan cerita tentang mengapa mereka membutuhkan pinjaman, dan dana yang dibutuhkan.

Rekomendasi platform P2P Lending lain yang terdaftar juga bisa dilihat di saluran direktori fintech untuk mengajukan pinjaman pendidikan cepat cair sebagai alternatif biaya sekolah Anda. Demikian penjelasan dari saya tentang SMA Presiden semoga bermanfaat, terima kasih.

Artikel Terkait

Back to top button