Pendidikan

Soshum : Pengertian, Jurusan, Prospek Kerja dan Materi Untuk UTBK

Jika pada artikel sebelumnya kita membahas secara detail tentang saintek, maka artikel kali ini kita akan membahas teman dekatnya yaitu sosial dan humaniora atau lebih dikenal dengan soshum.

Soshum atau sosial dan humaniora merupakan kelompok program studi yang diperuntukkan bagi siswa SMA yang memiliki jurusan IPS, karena memang masih berhubungan erat dengan kelompok program studi soshum itu sendiri.

Baca Juga : 7 Jurusan Kuliah IPS yang Menjamin Masa Depan di era 4.0

Sedangkan untuk kelompok program studi ini memiliki materi yang dipelajari seperti pada jurusan IPS yang meliputi Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Ekonomi, Bahasa Indonesia, Sosiologi dan Bahasa Inggris. Gimana apakah tertarik untuk kuliah di kelompok soshum ini ? Berikut pembahasan lebih detail mengenai kelompok program studi ini.

Perbedaan Soshum dan Saintek

Sesuai dengan namanya, soshum adalah singkatan dari sosial dan humaniora yang dimana kelompok program studi ini masih berkaitan erat dengan Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) sehingga hanya anak-anak yang memiliki jurusan IPS di sekolah yang boleh mengambil  jurusan di soshum.

Sedangkan saintek adalah singkatan dari sains dan teknologi yang berarti kelompok program studi ini sangat erat dengan Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) sehingga hanya anak-anak yang berasal dari jurusan IPA di sekolah yang boleh mengambil jurusan di saintek.

Baca Juga : Pengertian, Jurusan Saintek dan Materinya di UTBK – Saintek

Jurusan Yang Termasuk Ke Dalam Soshum

Setelah mengetahui apa itu soshum, sepertinya kurang pas jika tidak membahas mengenai jurusan apa saja yang termasuk didalamnya. Kali ini kita akan membahas jurusan apa saja yang masuk kedalam kelompok studi ini termasuk prospek kerjanya.

  1. Ilmu Ekonomi

Jurusan ekonomi merupakan jurusan yang akan mempelajari berbagai macam tingkah laku manusia dalam menciptakan sebuah kemakmuran. Ilmu ekonomi itu sendiri terbagi menjadi tiga kelompok yaitu : Ilmu Ekonomi Teori ( Economics Theory ), Ilmu Ekonomi Terapan ( Applied Economics ) dan Ilmu Ekonomi Deskripstif ( Descriptive Economic ).

Menjadi seorang ekonom merupakan pekerjaan yang banyak diincar orang, karena memang prospek kedepannya yang menjanjikan, bagaimana tidak karena semua kegiatan kita tidak pernah lepas dari yang namanya perekonomian.

  1. Manajemen

Ilmu yang termasuk kedalam kelompok soshum ini merupakan studi interdisipliner yang luas tentang penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan demi tercapai sebuah tujuan, biasanya ilmu manajemen ini banyak disukai bagi orang yang ingin menjadi pebisnis sejati.

Untuk seorang lulusan manajemen, nantinya bisa bekerja di berbagai bidang dan sektor seperti pengusaha, perusahaan multinasional, project manager, accounting manager, konsultan, human resource manager ( HRD ), production manager, risk manager dan masih banyak lagi.

  1. Akuntansi

Selanjutnya jurusan yang termasuk ke dalam soshum yaitu jurusan akuntansi yang merupakan sebuah jurusan yang mempelajari cara untuk memelihara keuangan. Jika kamu mengambil jurusan ini maka kamu akan mempelajari yang namanya pelaporan, penganggaran, audit sampai dengan perpajakan.

Bagaimana untuk prospek kerja jurusan akuntansi ? Setelah lulus perkuliahan akuntansi nantinya kamu bisa menjadi seorang akuntan, account officer, broker saham, konsultan pajak atau pegawai asuransi.

  1. Ilmu Politik

Keempat yaitu ilmu politik, ilmu politik menjadi bidang yang sangat menarik untuk ditekuni karena kamu akan mempelajari berbagai macam mata kuliah seperti Hak Asasi Manusia ( HAM ), Antropologi, Sosiologi atau bahkan kamu akan mempelajari sistem politik dalam dan luar negeri.

Untuk prospek kerja ilmu politik sendiri sangat fleksibel, bisa tetap pada jalurnya di bidang politik anggota partai politik, seperti politikus atau anggota DPR MPR. Namun jangan salah sangka, banyak juga lulusan ilmu politik yang kemudian berkecimpung di bidang akademis seperti peneliti, analis politik atau bahkan menjadi dosen.

  1. Hubungan Internasional

Hubungan internasional menjadi jurusan soshum yang paling bergengsi dan nantinya kamu akan mempelajari banyak hal seperti relasi dan interaksi antar negara, politik luar negeri, diplomasi, ekonomi luar negeri, kajian sosial dan lainnya.

Prospek kerja untuk jurusan hubungan internasional ini juga tidak main-main, kamu nantinya bisa menjadi duta besar, diplomat, organisasi internasional, perusahaan multinasional, konsultan dan bekerja di kementerian luar negeri.

  1. Ilmu Komunikasi

Jurusan komunikasi merupakan sebuah jurusan yang akan mempelajari bagaimana cara manusia berinteraksi dan berkomunikasi dengan bahasa baik secara verbal dan nonverbal. Komunikasi yang baik juga harus bersifat persuasif dan artikulatif.

Prospek kerja ilmu komunikasi sendiri juga sangat menjanjikan, kami bisa menjadi travel blogger, wartawan, editor, fotografer, public relation, youtuber, periklanan, presenter dan masih banyak lagi.

  1. Hukum

Selanjutnya yang termasuk kedalam kelompok soshum yaitu ilmu hukum, ilmu hukum adalah sebuah jurusan yang mempelajari semua hal yang berkaitan dengan hukum baik secara teori maupun praktek. Selain menjadi seorang pengacara, kamu bisa juga menjadi seorang hakim, jaksa, notaris, legal staff atau bisa juga menjadi bagian personalia.

  1. Sastra

Jurusan sastra merupakan jurusan yang mempelajari cara menyelidiki karya-karya sastra secara ilmiah dengan berbagai masalah dan gejala sastra. Prospek kerja untuk jurusan sastra yang tepat adalah menjadi seorang copywriter, content writer, penerjemah, penulis naskah, editor, guru bahasa indonesia atau bahkan seorang blogger.

Materi Yang Dibahas Saat UTBK

Berikut ini merupakan materi soshum yang dibahas saat mengikuti UTBK SBMPTN. Sebaiknya dicatat dan pelajari untuk setiap materinya, karena kamu akan bersaing dengan ribuan calon mahasiswa yang juga ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri ( PTN ) di seluruh Indonesia.

  1. Ekonomi UTBK materi yang dibahas meliputi Permintaan dan Penawaran, Pengantar dan Konsep Dasar Ekonomi, Makroekonomi, Mikroekonomi dan Akuntansi Perusahaan Jasa.
  2. Geografi UTBK materi yang dibahas meliputi Pengetahuan Dasar Geografi, Dinamika Planet Bumi, Dinamika Litosfer, Dinamika Hidrosfer, Dinamika Atmosfer, Dinamika Biosfer ( Flora dan Fauna ), Peta ( Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis, Dinamika Antroposfer ( Kependudukan ), Sumber Daya Alam Indonesia, Mitigasi Bencana, Keragaman Budaya Indonesia, Konsep Wilayah dan Tata Ruang, Interaksi Keruangan Desa dan Kota, Interaksi Negara Maju dan Berkembang.
  3. Sejarah UTBK materi yang dibahas meliputi Pengantar Ilmu Sejarah, Manusia Nusantara Masa Pra-Aksara, Peradaban Islam Nusantara, Peradaban Hindu Budha Nusantara, Peradaban Eropa di Nusantara, Nusantara Masa Kolonial VOC, Nusantara Masa Kolonial Hindia Belanda, Perjuangan Kedaerahan Melawan Penjajahan, Perjuangan dan Pergerakan Nasional Indonesia, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Pendudukan dan Penjajahan Jepang di Indonesia, Perjuangan dan Revolusi Mempertahankan Kemerdekaan, Republik Indonesia Serikat, Perjuangan Melawan Ancaman Pemberontakan, Indonesia Era Demokrasi Terpimpin, Indonesia Era Demokrasi Liberal, Indonesia Era Orde Baru, Indonesia Era Orde Reformasi, Peradaban Dunia Kuno Mancanegara, Evolusi Peradaban Eropa, Revolusi Besar di Dunia.
  4. Sosiologi UTBK materi yang dibahas meliputi Perspektif Sosiologi, Definisi dan Ciri Sosiologi, Interaksi Sosial, Nilai dan Norma, Sosialisasi, Struktur Sosial dan Diferensiasi Sosial, Penyimpangan Sosial, Stratifikasi Sosial, Mobilitas Sosial, Konflik dan Integrasi Sosial, Kelompok Sosial, Lembaga Sosial, Kebudayaan, Modernisasi dan Globalisasi, Gender, Perubahan Sosial.

Itulah beberapa materi soshum yang biasanya dibahas saat UTBK SBMPTN, mungkin bisa membantu kamu yang ingin berhasil dalam mengikuti tes masuk perguruan tinggi. Bagikan artikel ini kepada keluarga, teman dan orang terdekat kamu.

Artikel Terkait

Back to top button