Kenapa bisnis pendidikan

Strategi bisnis menjadi poin penting yang harus diterapkan oleh para pelaku usaha untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Cara pertama yang dapat kamu lakukan yaitu memilih jenis bisnis yang selalu dibutuhkan banyak orang. Bisnis di bidang pendidikan salah satunya. Kenapa?

Seperti yang diketahui kalau setiap individu membutuhkan pendidikan sebagai bekal masa depannya. Bayangkan kalau kita tidak sekolah dan tidak bisa baca tulis, tentu kita akan kesulitan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Itulah kenapa pendidikan merupakan peluang bisnis menjanjikan yang bisa membuat kamu kaya raya jika ditekuni dengan sungguh-sungguh.

Baca Juga: 5 Peluang Usaha di Bidang Pendidikan ini Hasilkan Keuntungan Setiap Hari!

Strategi bisnis di sektor pendidikan

Strategi bisnis di sektor pendidikanStrategi bisnis di sektor pendidikan

Bisnis pendidikan memang tak ada matinya, bahkan di masa pandemi seperti sekarang ini bisnis di sektor pendidikan tetap dapat bertahan meski kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online.

Pasalnya para peserta didik tetap membutuhkan peralatan belajar untuk melangsungkan pembelajaran seperti laptop hingga meja belajar.

Oleh karena itu, Pintek ingin berbagi strategi bisnis yang tepat dari vendor pendidikan beromzet fantastis yang sukses menjalankan bisnis pendidikan.

Pada acara Pintek BizTalk Vol.5 dengan tema “Strategi Bisnis Vendor Pendidikan di Kala Pandemi”, Frido Halang selaku Direktur Utama Maheswara Group berbagi tips sukses dan suka duka menjalankan bisnis pendidikan.

Ya, mengawali karirnya dengan bekerja di penerbit buku Erlangga, Frido memberanikan diri untuk memulai bisnis di bidang pendidikan pada tahun 2018 silam.

Meski harus jatuh berkali-kali dalam menjalankan bisnisnya, Frido tak patah semangat dan tetap optimis hingga kini ia sudah memiliki tiga buah perusahaan di bawah naungan Maheswara Group.

“Maheswara Group sudah memiliki tiga perusahaan yaitu PT Mitra Cerdas Indonesia khusus untuk buku, PT Maheswara Perkasa menjual alat peraga dan PT Media Lokatara untuk alat elektronik”, ujar Frido.

Dari ketiga perusahaan yang dimiliki, Frido dan tim sudah berhasil meraup omzet besar dengan menjual berbagai produk pendidikan yang dibutuhkan oleh satuan pendidikan dan salah satunya dengan berjualan di marketplace yang bekerjasama dengan SIPLah.

Lebih lanjut Frido Halang menjelaskan kalau ia sudah bergabung dengan SIPLah sejak tahun 2019 untuk PT Mitra Cerdas Indonesia. Sedangkan PT Maheswara Perkasa dan PT Media Lokatara baru mendaftar pada awal tahun 2020.

Nah, berikut adalah strategi bisnis dari Frido Halang untuk para vendor pendidikan satuan pendidikan mengetahui toko online kamu di marketplace SIPLah.

1. Harus aktif

Dalam menjalankan bisnis para penjual harus aktif mencari konsumen dan jangan hanya menunggu ada pembeli. Ibaratnya harus aktif menjemput bola.

Caranya yaitu dengan mengunjungi sekolah-sekolah, menanyakan hal-hal yang dibutuhkan oleh sekolah, mempromosikan toko dan melakukan penawaran.

2. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak

Selain itu, kamu juga harus menjalin kerjasama dengan berbagai pihak baik dengan guru, kepala sekolah hingga dinas pendidikan.

Kamu juga diharuskan untuk aktif mencari informasi di dinas pendidikan untuk mengetahui berita terkini di dunia pendidikan.

Misalnya ada sekolah A yang akan melakukan pengembangan sarana dan prasarana sekolah. Dari info tersebut, kamu dapat mengunjungi sekolah dan melakukan penawaran.

3. Kreatif

Jika bisnis ingin berjalan lancar, kamu juga harus kreatif menjual segala produk yang dibutuhkan oleh pihak sekolah dan tidak terpaku pada satu jenis produk saja.

Contohnya saat sedang pandemi dan tidak ada sekolah tatap muka, kamu bisa menjual produk lain yang dibutuhkan oleh sekolah seperti laptop, tablet maupun alat kesehatan. Jadi jangan hanya fokus menjual buku dan alat tulis saja.

Itulah pentingnya menjalin hubungan baik dengan pihak sekolah agar kamu dapat mengetahui kebutuhan sekolah.

4. Memberikan pemahaman terkait penggunaan dana BOS

Agar pihak sekolah mau mengeluarkan dana untuk kegiatan pembelajaran, kamu juga dapat memberikan pemahaman terkait dana BOS.

Pasalnya, setiap sekolah yang mendapatkan Bantuan Operasional Sekolah diwajibkan untuk membuat laporan yang dikirimkan ke situs resmi Kemdikbud.

Oleh karena itu, dana BOS yang sudah diterima oleh sekolah harus dibelanjakan agar penyaluran dana BOS di tahap selanjutnya dapat berjalan lancar.

5. Membantu pihak sekolah

Kamu juga dapat membantu pihak sekolah dalam mengirimkan laporan dana BOS yang memang dilakukan secara online. Pasalnya, tak sedikit sekolah yang masih kesulitan dalam mengirimkan laporan.

Selain itu, kamu juga bisa membantu sekolah dalam melakukan transaksi di SIPLah mulai dari cara daftar, login hingga membeli barang.

Dengan begitu, peluang toko kamu akan dipilih oleh sekolah untuk pengadaan barang jasa (PBJ) tentu akan semakin terbuka lebar.

Frido juga memberikan bocoran kalau dalam menjalankan bisnisnya ia tidak menggunakan sistem gaji tapi bagi hasil. Jadi, timnya akan lebih semangat mencari pembeli karena untung rugi akan ditanggung bersama.

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Lapor BOS Online 2021 Agar Penyaluran Dana Lancar!

Kiat menghadapi tantangan dan bertahan di SIPLah

Alasan memilih Pintek dalam mengembangkan bisnis

Lebih lanjut Frido juga memberikan kiat sukses bertahan di SIPLah dan tips menghadapi tantangan dalam menjalankan bisnis.

1. Komitmen

Apabila bisnis ingin berjalan lancar maka hal utama yang harus dilakukan oleh seluruh penjual yaitu komitmen terkait banyak hal.

Misalnya, kamu menjanjikan barang A akan dikirimkan pada hari Selasa, maka pastikan kalau semua pesanan harus dikirimkan pada tanggal dan hari yang sudah dijanjikan.

2. Jujur

Jujur juga menjadi faktor penting dalam berbisnis. Tujuannya tak lain yaitu untuk menjaga kepercayaan dan pembeli.

“Ada toko A awalnya membeli barang sebesar Rp 600 ribu. Setelah itu, saya menghubungi pihak penjual dan memberitahu produk-produk apa saja yang akan dikirimkan secara jelas. Karena jujur, pembeli merasa puas dan terus melakukan pesanan di toko saya hingga ratusan juta rupiah”, ujar Frido.

3. Fokus dan konsisten

Kamu juga harus fokus dan konsisten dalam menjalankan bisnis agar hasil yang didapatkan juga maksimal. Jangan tergiur dengan usaha lain di luar bidang kamu. Pasalnya hal tersebut cepat atau lambat bisa menjadi boomerang buat usaha kamu sendiri.

Misalnya, ada pengadaan mobil sedangkan kamu tidak mengerti seluk beluk mengenai mobil dan ada pembeli yang komplain karena ada sparepart yang rusak, karena kamu tidak paham maka kamu tidak akan bisa memberikan solusi kepada pelanggan.

“Saat kamu tidak bisa memberikan pelayanan terbaik kepada pembeli, maka siap-siap pelanggan akan beralih ke toko lain. Hal itu tentu akan berdampak buruk pada bisnismu. Oleh karena itu, jadilah profesor di bidangnya masing-masing”, ungkap Frido.

4. Memberikan pelayanan dengan ramah dan cepat

Melayani pelanggan dengan cepat dan ramah juga menjadi salah satu kunci keberhasilan sebuah bisnis. Pasalnya, tak sedikit pembeli yang membatalkan pesanan jika pelayanan dari penjual tidak menyenangkan.

Jika kamu mendapat nilai baik dari pembeli, maka secara otomatis mereka akan kembali melakukan pesanan. Dengan begitu, kamu akan mendapat peluang besar untuk menghasilkan banyak keuntungan.

5. Memenuhi seluruh permintaan pembeli

Kepercayaan dan kepuasan pembeli merupakan salah satu faktor yang harus kamu bentuk dan jaga untuk keberlangsungan bisnis kamu, salah satunya yaitu dengan memenuhi seluruh permintaan pembeli

Jangan sampai kamu membatalkan pesanan lantaran ada perubahan harga atau menolak karena stok barang kosong. Jika hal tersebut terus berlangsung, maka sudah pasti pembeli akan mencari toko lain.

Oleh karena itu, jangan membuat kecewa pembeli jika tidak ingin bisnis kamu berhenti di tengah jalan karena tidak ada transaksi.

Baca Juga: SIPLah: Keuntungan dan Cara Jualan yang Tepat Agar Dapat Jutaan Setiap Hari!

7. Optimis, pantang menyerah dan jangan banyak mengeluh

Dalam menjalankan bisnis gagal merupakan risiko yang memang harus dihadapi. Namun, hal tersebut jangan menjadikan kamu menyerah dengan keadaan.

“Harus tetap optimis, pantang menyerah dan jangan banyak mengeluh. Kamu juga harus merubah pola pikir kalau pasti bisa melewati seluruh hambatan serta cintai pekerjaanmu agar tidak terasa berat”, ucap Frido.

Frido juga melanjutkan kalau dalam menjalankan bisnis tantangan terberat yang dihadapi adalah masalah pendanaan. Soalnya, kita membutuhkan modal untuk memenuhi seluruh pesanan.

Karena kita harus membeli barang terlebih dahulu, mengirim produk, pihak sekolah melakukan pengecekan barang dan baru melakukan pembayaran.

“Oleh karena itu, jika tidak memiliki dana yang cukup maka akan kesulitan dalam menjalankan bisnis. Kalau mau pinjam di bank harus ada jaminan. Untungnya ada Pintek yang dapat memberikan pendanaan hanya dengan menjaminkan PO atau invoice”, cerita Frido.

Alasan memilih Pintek dalam mengembangkan bisnis

Alasan memilih Pintek dalam mengembangkan bisnis-minAlasan memilih Pintek dalam mengembangkan bisnis-min

Pintek adalah perusahaan di bidang finansial teknologi yang memberikan layanan keuangan untuk mendukung pendidikan di Indonesia.

Pintek juga sudah diawasi dan berizin Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Dengan begitu, segala bentuk transaksi akan terjamin keamanannya.

Dengan mengajukan pendanaan di Pintek, para pelaku usaha berkesempatan untuk mendapatkan dana mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar dengan bunga 1,5% dan maksimal 2,5% berdasarkan credit score.

Menariknya, Pintek juga memberikan hadiah kepada para vendor yang berhasil mengajukan pendanaan. Yaitu:

  • Pendanaan Rp 1 miliar akan mendapatkan hadiah berupa gala dinner bersama komunitas SIPLah Pintek.
  • Pendanaan Rp 3 miliar mendapat diskon pencairan 16% serta bingkisan senilai Rp 5 juta.
  • Pendanaan Rp 8 miliar mendapatkan wisata ke Hongkong untuk dua orang dan diskon platform fee mencapai 33%.
  • Untuk 5 vendor terbaik akan mendapat hadiah wisata ke Eropa selama 11 hari 10 malam.

Jadi tunggu apalagi segera ajukan pendanaan kamu ke Pintek dengan melakukan cara di bawah ini:

  • Mengunjungi situs Pintek.
  • Mengisi form yang tersedia.
  • Melengkapi dan mengunggah dokumen yang diperlukan.
  • Setelah dokumen diterima, tim Pintek akan menganalisis untuk menentukan credit scoring.
  • Jika persetujuan diterima, dana akan langsung ditransfer ke principal.

Jika kamu ingin mengetahui informasi lebih lanjut, kamu bisa berdiskusi dengan tim Pintek melalui TanyaPintek atau mengirim pesan WhatsApp di nomor (0853-2151-5763).