studi kelayakan bisnis

Dalam membangun sebuah bisnis, perencanaan merupakan salah satu poin terpenting agar bisnis Anda layak untuk dijalankan. Studi kelayakan bisnis adalah dasar dari lokasi bisnis Anda. Jika studi yang dilakukan tidak dapat mendukung bisnis Anda, maka bisnis Anda belum layak untuk dijalankan.

Definisi Studi Kelayakan Bisnis

Studi Kelayakan Bisnis adalah kegiatan untuk menentukan kelayakan suatu usaha atau proyek bisnis dengan penekanan pada identifikasi potensi masalah. Sebelum Anda mulai menulis rencana bisnis Anda, penting bagi Anda untuk terlebih dahulu mengidentifikasi bagaimana, di mana, dan kepada siapa Anda bermaksud untuk menjual produk atau jasa Anda.

Baca Juga : Pasar Persaingan Sempurna dan Kelebihannya, Pengusaha Wajib Tahu!

Studi kelayakan juga membahas masalah kritis seperti di mana (dan bagaimana) bisnis akan beroperasi. Ingat, studi kelayakan bisnis berbeda dengan rencana bisnis.  Selanjutnya Perbedaan antara Studi Kelayakan Bisnis dan Rencana Bisnis Ingat, kedua hal ini tidak sama, dan yang satu tidak dapat menggantikan yang lain, perbedaannya antara lain:

Aspek Studi Kelayakan Bisnis

Singkatan TELOS mengacu pada lima aspek kelayakan – Teknis (Teknis), Ekonomi (Ekonomi), Hukum (Hukum), Operasional (Operasional) dan Penjadwalan (Penjadwalan).

Aspek Kelayakan Teknis

Saat menulis laporan kelayakan, hal berikut harus dipertimbangkan:

  1. Bagian bisnis yang diperiksa
  2. Faktor manusia dan ekonomi
  3. Solusi yang mungkin untuk masalah tersebut
  4. Metode produksi

Faktor-faktor yang membuat satu metode lebih disukai daripada yang lain dalam sebuah proyek adalah sebagai berikut:

Persyaratan proyek

Selain desain internal untuk persyaratan ini. Penentuan masa konstruksi biaya desain dan konsultasi serta biaya konstruksi dan peralatan lainnya.

Lokasi proyek

Permintaan lahan area areal yang tepat dan biaya yang wajar.Dampak proyek terhadap lingkungan dan persetujuan dari lembaga yang terkait untuk mendapatkan izin. Berbagai layanan yang terkait dengan proyek seperti kelompok layanan penyuluhan atau layanan kesehatan atau air atau listrik atau jalan yang baik dan lainnya

Aspek Kelayakan Ekonomi dan Budaya

Sedangkan dari sisi ekonomi, analisis yang dilakukan yakni bagaimana perusahaan berdampak pada tingkat pendapatan per kapita di wilayah perusahaan yang didirikan.

Aspek Kelayakan hukum

Aspek ini menentukan apakah sistem yang mengajukan bertentangan dengan persyaratan hukum, misalnya, sistem yang diminta data harus mematuhi peraturan perlindungan data lokal dan jika usaha yang diusulkan dapat diterima sesuai dengan hukum negara yang berlaku.

Aspek Kelayakan Operasional

Untuk memastikan bahwa hasil operasional yang diinginkan harus diberikan selama desain dan pengembangan. Parameter operasional mungkin dapat dianggap pada tahap awal desain jika perilaku yang diinginkan sudah direalisasikan. Sebuah desain dan pengembangan sistem yang menerapkan teknik dan pengelolaan yang tepat dan tepat waktu untuk memenuhi parameter yang sebelumnya.

Baca Juga : Bisnis Plan dan Fungsinya Sebelum Memulai Bisnis, Calon Pengusaha Sukses Wajib Tahu!

Suatu sistem yang dapat memenuhi tujuan yang benar-benar efektif sesuai persyaratan teknis dan operasinya direkayasa ke dalam desain.  Kelayakan waktu adalah ukuran yang masuk akal jadwal proyek. Beberapa proyek dimulai dengan tenggat waktu tertentu.

Aspek Kelayakan Sumber Daya

Jelaskan berapa banyak waktu yang tersedia untuk membangun sistem baru, kapan dapat dibangun, apakah mengganggu operasi bisnis, jenis dan jumlah sumber daya yang dibutuhkan, ketergantungan, dan pengelolaan pengembangan dengan prospek pendapatan perusahaan.

Aspek Kelayakan finansial

  1. Total biaya perkiraan proyek
  2. Investasi yang ada oleh promotor di bisnis lain
  3. Arus kas dan profitabilitas yang diproyeksikan
  4. Kelangsungan finansial suatu proyek harus memberikan informasi berikut:
  5. Rincian lengkap tentang aset yang akan dibiayai dan terlepas dari likuiditas aset tersebut.
  6. Tingkat menjadi konversi likuiditas tunai
  7. Potensi proyek dan syarat pembayaran kembali.

Sensitivitas dalam pembayaran kembali terhadap faktor-faktor berikut:

  1. Penurunan atau perlambatan penjualan.
  2. Kenaikan biaya yang besar.
  3. Kondisi ekonomi yang merugikan.
  4. pengertian studi kelayakan bisnis 2

Langkah Dalam Melakukan Studi Bisnis?

Lakukan Analisis Awal

Mulailah dengan menguraikan rencana Anda. Anda harus fokus pada kebutuhan yang tidak terlayani, pasar di mana permintaan lebih besar dari penawaran, dan apakah produk atau jasa memiliki keunggulan tersendiri. Kemudian Anda tidak dapat menentukan apakah rintangannya terlalu tinggi untuk membatasi (yaitu terlalu mahal, tidak dapat memasarkan secara efektif, dll.).

Siapkan Proyeksi Laporan Laba Rugi

Langkah ini mengharuskan Anda untuk bekerja mundur. Ini adalah dasar dari laporan laba rugi. Hal-hal yang perlu dicoba di sini termasuk layanan apa yang dibutuhkan dan berapa biayanya, perhatikan, apapun pada pendapatan, seperti penggantian alat atau yang lainnya

Lakukan Survei Pasar atau Lakukan Riset Pasar

Langkah ini adalah percaya diri studi kelayakan Anda, jadi buatlah selengkap mungkin. Jika organisasi bisnis Anda memiliki sumber daya untuk melakukan hal yang tepat, maka akan lebih baik untuk menyewa perusahaan luar untuk melakukan.

Beberapa hal yang perlu dianggap adalah pengaruh geografis di pasar, demografi, menganalisis, menganalisis, menilai pasar dan apa yang akan menjadi bagian Anda dan apakah pasar itu terbuka untuk ekspansi (yaitu, respons terhadap penawaran Anda).

Siapkan Neraca

Kewajiban yang perlu dicurigai adalah hal-hal seperti sewa atau pembelian tanah, bangunan dan peralatan, pembiayaan untuk aset dan piutang.

Tinjau dan Analisis Semua Data

Semua langkah ini penting, tetapi tinjauan dan analisis sangat penting untuk memastikan bahwa semuanya sudah baik-baik mestinya dan tidak ada yang perlu diubah. Apakah masih realistis? Ini juga waktu untuk menilai risiko, menganalisis dan mengelola, dan membuat rencana darurat apa pun.

Buat Keputusan untuk Melanjutkan atau Tidak Melanjutkan

Kedengarannya sederhana, tetapi semua langkah sebelumnya kami mengawasi pengambilan keputusan. Beberapa hal lain yang perlu dicoba sebelum membuat pilihan biner adalah apakah komitmen tersebut sepadan dengan waktu, tenaga, dan uang, serta apakah itu sejalan dengan tujuan strategis dan aspirasi jangka panjang organisasi.

Apa Keuntungan Utama Studi Kelayakan Bisnis?

Manfaat Studi Kelayakan Bisnis

Studi kelayakan yang efektif dapat melakukan lebih dari perlindungan membantu para eksekutif memilih proyek atau bisnis mana yang mendapat lampu hijau. Membantu dalam Memahami Permintaan Ini tepat untuk proyek internal serta untuk penawaran konsumen potensial.  Membantu dalam Menilai Sumber Daya

Membantu dalam Memastikan Kelayakan Pemasaran

Bahkan untuk produk dan layanan dengan permintaan yang terukur, perusahaan harus menguji kemampuan mereka untuk berita tentang penawaran baru. Pimpinan perusahaan juga dapat menemukan potensi hambatan hukum yang melibatkan merek dagang, paten, atau hak kekayaan intelektual lainnya.

Membantu dalam Garis Waktu Menandai

Saat beralih ke fase perencanaan proyek formal, manajer proyek dapat menggunakan data yang dihasilkan oleh studi untuk membantu menentukan dan tenggat waktu. Studi kelayakan bisnis yang baik dapat memeriksa jadwal yang disarankan oleh sponsor proyek untuk membatalkan atau kerusakan. Template Laporan Kelayakan Terakhir, berikut adalah garis besar dari sembilan bagian laporan kelayakan:

  1. Ringkasan rencana bisnis
  2. Deskripsi produk atau  layanan
  3. Pertimbangan teknologi
  4. Pasar produk atau layanan
  5. Strategi pemasaran
  6. Organisasi atau kepegawaian
  7. Susunan acara
  8. Proyeksi keuangan

Temuan dan rekomendasi

Item terakhir itu dipecah menjadi subset teknologi, pemasaran, organisasi dan temuan dan rekomendasi keuangan.

Kesimpulan

Studi kelayakan berisi informasi lengkap dan terperinci tentang struktur bisnis, produk, layanan, dan pasar Anda. Studi dan laporan ini juga dapat berisi data logistik tentang bagaimana Anda akan mengirimkan produk atau layanan dan sumber daya Anda yang membuat bisnis berjalan secara efisien. Demikian penjelasan dari saya tentang studi kelayakan bisnis semoga anda suka terima kasih.