Ini yang Perlu Disiapkan Saat Ikut Tes Masuk Kuliah

Pinters, apakah kamu sudah bersiap diri untuk tes masuk kuliah? Ujian masuk universitas 2020 yang masih bisa kamu ikuti diantaranya UTBK-SBMPTN, Ujian Mandiri PTN, Ujian Sekolah Kedinasan dan masih ada Ujian Masuk PTS. Waktu rebahan sudah harus diakhiri, ayo mulai bangun dan mempersiapkan diri.

Persaingan masuk perguruan tinggi cukup ketat. Apalagi untuk Perguruan Tinggi Negeri dan Sekolah Kedinasan. Jika tidak cukup mempersiapkan diri, bisa saja kamu gagal dalam tes.

Berikut ini beberapa tips buat kamu yang sedang mempersiapkan diri mengikuti tes masuk kuliah.

1. Pilih Jalur Pendaftaran & Petakan Persaingan

Ada beberapa jalur pendaftaran untuk masuk perguruan tinggi. Ada beberapa jalur masuk perguruan tinggi negeri 2020 yang masih sempat untuk ikuti. Selain itu masih ada tes masuk kuliah swasta.

Setiap jalur memiliki ketentuan yang berbeda-beda. Perhatikan seluruh ketentuan dengan seksama.

Pastikan selalu update informasi, kamu bisa mengakses website official pendaftaran perguruan tinggi untuk mendapatkan informasi lengkap. Lengkapi seluruh berkas administrasi, jangan sampai ada yang terlewat. Seluruh pengumuman dan tanggal-tanggal penting, dicatat.

Perhatikan juga prosedur pelaksanaan tes. Pada masa pandemi ini kamu diminta menggunakan masker saat tes, bersiap dirilah dari rumah.

Jika ada berkas yang perlu dibawa saat tes, pastikan malam sebelumnya sudah kamu masukan dalam tas agar tidak tertinggal.

Saat memilih Universitas dan Prodi, sebaiknya memperhatikan rasio antara peminat dan kuota yang tersedia. Prodi dengan kriteria kelulusan yang lebih tinggi, tempatkanlah sebagai prioritas.

Pada saat memilih prodi, kamu juga harus mempertimbangkan minat dan bakat mu. Jangan hanya sekedar ikut-ikutan teman. Jangan sampai memilih prodi yang salah karena akan berpengaruh terhadap masa kuliahmu kedepan.

2. Jaga Kesehatan Tubuh

Kamu mungkin mengira bahwa ini adalah tips klise. Tapi memang hal ini sangat perlu untuk kamu perhatikan. Persiapanmu akan sia-sia jika sewaktu hari H, tubuhmu tidak bisa diajak bekerja sama.

Kondisi kesehatan bisa mempengaruhi bagaimana kamu mengerjakan tes. Dalam kondisi sakit, kamu pasti tidak akan optimal sewaktu mengerjakan. Kamu akan kurang konsentrasi dan sulit berpikir.

Coba atur jam belajar. Jangan sampai terlalu sering begadang untuk belajar. Usahakan sebisa mungkin untuk tidur cukup sebelum menghadapi tes.

Kamu bisa berolahraga seperlunya untuk menjaga tubuhmu tetap fit. Hindari kegiatan yang beresiko menimbulkan cedera atau kecelakaan yang tak diharapkan. Untuk menunjang kondisi badan, sebaiknya mengkonsumsi Vitamin C atau suplemen seperlunya.

3. Belajar Dengan Efektif

Belajarlah sesuai kisi-kisi materi yang diujikan. Jangan sekedar menghafal, pahami konsep materinya. Jika sudah paham konsepnya, materinya akan bisa kamu mengerti dengan lebih mudah.

Alih-alih begadang semalaman untuk belajar, lebih baik belajar jauh-jauh hari. Jika ingin mengulas materi sebelum tes, lakukan seperlunya. Dengan persiapan belajar yang panjang, materi bisa kamu pelajari secara menyeluruh dan bisa lebih PD saat mengerjakan.

Manfaatkan teknologi untuk belajar. Kamu bisa mencari berbagai materi penunjang di internet. Kamu juga bisa memanfaatkan zoom untuk membentuk kelompok belajar.

Baca Juga : Ingin Daftar Kuliah Tahun Ini? Pelajari Ketentuan dan Tipsnya

4. Mengerjakan Latihan Soal

Belajar dengan mengerjakan latihan soal cukup efektif untuk dilakukan. Biasanya, jenis dan pola soal yang diujikan masih mirip-mirip. Dengan sering mengerjakan soal, setidaknya kamu jadi terbiasa menghadapi persoalan tidak sekedar membaca materi tanpa tujuan.

Contoh-contoh soal bisa kamu dapatkan di internet. Jika punya kenalan kakak tingkat yang sudah berkuliah, kamu bisa meminjam pada mereka.

Jika ada suatu soal yang sulit untuk dipecahkan, coba cari pembahasannya di internet.

Jika merasa sudah cukup menguasai materi, kamu bisa coba melakukan simulasi. Jadi, kamu mengerjakan soal dengan tenggat waktu seperti saat tes. Dengan demikian, kamu bisa mengukur proses mengerjakan soal dengan batas waktunya.

5. Mengikuti Bimbel Online

Mengikuti bimbel bisa sangat membantu dalam memperlengkapi diri menuju tes. Sayangnya pada masa pandemi ini, beberapa bimbel masih tutup. Nah, kamu bisa mengikuti bimbel online yang saat ini tengah tren.

Dengan bantuan bimbel, kamu bisa belajar lebih efektif. Biasanya kamu juga akan mendapat latihan soal dan bantuan dari tutor yang kompeten.

6. Kerjakan Soal Dengan Rileks dan Teliti

Saat menghadapi tes, sangat wajar jika ada perasaan tegang. Lakukan hal-hal yang bisa membuatmu tenang. Misalnya meremas squishy atau pergi ke kamar mandi.

Kerjakan soal-soal yang mudah terlebih dahulu. Kerjakan dengan teliti, jangan terburu-buru.

7. Buat Perencanaan

Tes masuk perguruan tinggi memang cukup sulit. Terlebih untuk perguruan tinggi negeri atau sekolah dinas yang menjadi favorit. Kemungkinan gagalnya cukup tinggi.

Ada baiknya kamu memiliki rencana cadangan. Jika gagal lolos SBMPTN kamu bisa segera mempersiapkan diri untuk tes masuk kuliah jalur mandiri. Jika masih gagal juga, kamu bisa segera ikut tes masuk kuliah swasta atau PTS.

Ada rumor yang mengatakan bahwa tes masuk universitas swasta hanya formalitas, tapi bagaimanapun juga, kamu tetap harus mempersiapkan diri.

Selain mempersiapkan tes, kamu juga harus mempersiapkan dana untuk kuliah. Terkadang, membayangkan tentang biaya kuliah nantinya, bisa mempengaruhi pikiranmu saat mengerjakan tes.

Coba diskusikan masalah pendanaan dengan orang tuamu. Untuk membantu memudahkan orang tuamu dalam menyediakan dana pendidikan, mereka bisa kamu rekomendasikan untuk melakukan pinjaman dana pendidikan ke Pintek.

Kami sadar betul bahwa biaya pendidikan yang terus naik agak sedikit membuat pusing. Pintek bisa menyediakan dana talangan untuk kuliahmu. Jadi seluruh biaya kuliah sampai selesai akan ditanggung.

Orang tuamu bisa membayar ke Pintek dengan cara dicicil. Dengan demikian orang tuamu bisa membayar kuliah dengan biaya ringan, hati ringan.

Pengajuan pinjaman ke Pintek cukup mudah, dan bisa cepat cair. Kamu dan orang tua tidak perlu khawatir lagi mengenai masalah pendanaan. Dengan demikian kamu bisa lebih fokus mengerjakan tes masuk kuliah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *