tes psikotes

Usai menyelesaikan pendidikan di jenjang universitas, seluruh mahasiswa tentu ingin segera mendapatkan pekerjaan terutama di perusahaan impiannya. Namun, sebelum melamar ada baiknya kamu pahami dan pelajari terlebih dahulu yuk mengenai tes psikotes.

Tes psikotes bisa dibilang menjadi salah satu tahapan dari proses rekrutmen di suatu perusahaan yang harus dilalui para pelamar terutama buat kamu yang baru lulus kuliah alias fresh graduate.

Jadi tes psikotes bertujuan untuk menilai fungsi kognitif dan emosional seseorang yang dilakukan oleh ahli psikologi atau psikolog dengan cara melakukan tes tertulis maupun verbal.

Lebih detailnya, tes psikotes digunakan untuk mengetahui kemampuan dan atribut mental seseorang termasuk pencapaian dan kemampuan, kepribadian, dan fungsi neurologis anak-anak hingga orang dewasa.

Tak hanya itu, psikotes juga dapat mengobservasi tingkah laku seseorang melalui skala angka atau sistem kategori. 

Jadi fungsi psikotes pada dasarnya yaitu untuk mengetahui sifat, kepribadian, hingga karakter seseorang untuk mengetahui potensi dan kemampuan pelamar agar dapat mengisi posisi yang tepat dalam sebuah perusahaan.

Baca Juga: Tips Interview dari HRD Perusahaan Startup Agar Bisa Kerja di Kantor Impian!

Oleh karena itu, pentingnya kamu mengetahui mengenai tes psikotes sehingga dapat mengerjakan seluruh rangkaian tes dengan baik.

Contoh tes psikotes

Contoh tes psikotes

Buat kamu yang belum pernah mengikuti tes psikotes sebelumnya tentu akan mengalami sedikit kesulitan ketimbang mereka yang sudah beberapa kali mengikuti tes tersebut.

Tapi tak perlu takut karena berikut ini adalah contoh soal psikotes serta tips mengerjakannya agar proses tes kamu berjalan optimal.

1. Tes logika penalaran

Tes psikotes yang paling umum yaitu terkait logika penalaran. Jadi kamu akan diminta untuk menebak bentuk suatu ruang.

Untuk bangun ruang yang diberikan juga acak dan kamu hanya perlu memilih kotak yang sesuai dengan pola gambar pada bangun ruang sebelumnya.

Tidak ada tips khusus untuk bisa mengerjakan jenis soal tes yang satu ini. Kamu hanya perlu berkonsentrasi dan fokus serta jangan terburu-buru saat mengerjakannya.

2. Soal psikotes Army Alpha Intelegence

Soal psikotes yang satu ini merupakan kombinasi bentuk dan deretan angka. Biasanya soalnya juga berkaitan karena itu kamu harus teliti saat menjawab.

Tujuan psikotes Army Alpha Intelegence yakni untuk mengetahui kemampuan daya tangkap seseorang saat melaksanakan dan menerima instruksi dengan tepat dan cepat. Selain itu, Instruksi yang diberikan pada saat tes juga hanya satu kali.

Berikut adalah trik agar dapat mengerjakan tes ini dengan sempurna yaitu:

  • Memperhatikan lingkaran yang ada pada nomor 1 dan silang lingkaran ke 2 kemudian buatlah membuat huruf di lingkaran ke 5.
  • Perhatikan lingkaran nomor 2 dan berilah nomor pada lingkaran-lingkaran itu.
  • Tarik garis dari lingkaran 3 ke 6 dan harus melewati lingkaran di bawah nomor 4 dan nomor 5.

Saat mengerjakan tes psikotes Army Alpha Intelegence, kamu harus fokus dan memperhatikan aba-aba yang diberitahukan..

3. Tes psikotes aritmatika

Tes psikotes aritmatika

Untuk tes psikotes aritmatika, kamu akan diminta untuk mengisi deretan angka di pila tertentu, seperti:

“11,13,15,17,19,…,…”

“20,40,60,80,100,…,…”

Jika kamu mendapatkan soal seperti di atas, maka kamu harus mengisi titik-titik tersebut sesuai atau mengikuti pola yang ada.

Misalnya, untuk soal pertama di atas, karena polanya adalah angka ganjil, maka jawabannya adalah 21 dan 23. Sedangkan pada soal kedua, karena polanya genap dan kelipatan 20, maka jawabannya adalah 120 dan 140.

Untuk dapat menyelesaikan seluruh tes ini, kuncinya hanya fokus. Apabila kamu mendapatkan soal yang sulit sebaiknya lewatkan terlebih dahulu agar kamu tidak kehabisan waktu karena fokus pada satu soal saja.

Baca Juga: 5 Jenis Pekerjaan dengan Penghasilan Menjanjikan di Masa Depan!

4. Tes sinonim dan antonim

Selain itu ada juga tes sinonim dan antonim. Sinonim adalah persamaan kata. Sedangkan antonim adalah lawan kata.

Tes yang satu ini juga bisa dibilang gak terlalu sulit karena kamu sudah sering mengerjakannya saat masih duduk di bangku Sekolah Dasar.

Akan tetapi, kamu tetap tidak bisa menyepelekannya karena banyak kata yang mirip dan banyak orang terjebak disitu.

Oleh karena itu kamu harus tetap teliti dan fokus saat memilih jawaban. Selain itu, jenis tes ini juga dapat menambah kosa kata Bahasa Indonesia kamu lho. Untuk contohnya kamu bisa melihat ilustrasi di bawah ini.

Sinonim

ANDAL:

  • Terdepan
  • Terbelakang
  • Siap
  • Tangguh

Antonim

MENANG:

  • Sedih
  • Mengundurkan diri
  • Premis
  • Kalah

5. Tes psikotes gambar (menggambar orang dan pohon)

Tak hanya diminta untuk mengisi soal yang sudah ada pilihannya, kamu juga akan diberikan kertas kosong dan diminta untuk menggambar pohon dan orang.

Untuk tes yang satu ini, kamu harus menggambarkan seseorang dari kepala sampai kaki dan harus sedang melakukan aktivitas tertentu. Selain itu, kamu juga akan diminta untuk menyebutkan kelemahan dan kelebihan yang dimiliki.

Sedangkan untuk gambar pohon sebenarnya tidak ada aturan yang rumit. Namun ada beberapa jenis pohon yang tidak boleh digambar.

Agar mendapat penilaian yang baik, kamu jangan terlalu fokus dengan gambarnya karena yang nilai bukan seberapa bagus gambar kamu tapi apa yang kamu gambar.

Misalnya, pada gambar orang, sebaiknya kamu menggambar diri kamu pada beberapa tahun mendatang yang sudah menjadi karyawan di perusahaan yang kamu lamar.

Tips mengikuti psikotes

Tips mengikuti psikotes

Seperti yang sudah dijelaskan di atas kalau tes psikotes menjadi salah satu tahap untuk proses rekrutmen di sebuah perusahaan. Oleh karena itu, kerjakanlah secara jujur dan konsentrasi agar jawaban yang kamu berikan memuaskan.

Kamu juga harus menyiapkan mental dan energi dengan beristirahat karena tes psikologi dapat menguras energi secara tidak langsung dan pikiran juga batin. 

Selain itu, kamu juga bisa sering-sering membaca contoh soal tes psikologi yang sudah banyak dijual di pasaran. Bahkan kini sudah ada lembaga yang menyelenggarakan kursus persiapan tes psikotes.

Baca Juga: Cara Sederhana Agar Cepat Menguasai Pelajaran Saat Kursus Online!

Kamu dapat mengikuti kursus tersebut agar cita-cita terwujud yaitu bekerja di perusahaan idaman. Tak perlu khawatir soal biaya karena kamu bisa mengandalkan Pintek untuk mengatasi masalah biaya kursus kamu.

Pintek sebuah perusahaan finansial teknologi yang sudah terdaftar di OJK sejak tahun 2018 ini berkomitmen untuk mendukung pendidikan di Indonesia melalui layanan keuangan.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, kamu dapat mengunjungi situs resmi Pintek atau menghubungi customer service via telepon di nomor 021-50884607 atau melalui email di customercare@pintek.id.

Bagikan artikel ini apabila bermanfaat