UKM Pendidikan

Sukses Jadi Distributor Peralatan Sekolah, Ini Strateginya

Pembelajaran tatap muka diberlakukan, bisnis perlengkapan sekolah kembali bersinar tahun ini. Jika ingin terjun menjadi distributor peralatan sekolah, ini tipsnya!
Meski pandemi belum dinyatakan usai, tingkat vaksinasi yang tinggi membuat banyak sektor mulai kembali normal. Salah satunya adalah sektor pendidikan. Sekolah-sekolah mulai memulai pembelajaran tatap muka atau PTM sekolah. Begitu juga dengan lembaga pendidikan nonformal. Bagi para pebisnis, ini adalah sebuah ladang subur untuk kembali berbisnis menjadi distributor peralatan sekolah.
Jika Anda sebelumnya sudah pernah menjadi distributor peralatan sekolah, memulai kembali mungkin tidak membutuhkan usaha ekstra. Namun, bagi yang baru memulai, beberapa tips ini bisa membantu Anda melangkah menjadi distributor peralatan sekolah dan kantor yang sukses.

Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

Memulai bisnis sebagai distributor perlengkapan sekolah pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan bisnis lain. Inilah langkah yang bisa dilakukan:

Persiapkan Rencana Bisnis

Bisnis apa pun yang akan Anda lakukan, rencana adalah hal yang penting. Rencana bisnis dibutuhkan agar Anda bisa menentukan prioritas dalam pelaksaan bisnismu. Dengan begitu, apa yang jadi tujuan bisa tercapai dengan baik.
Rencana bisnis didalamnya seperti jenis produk yang ingin dijual, merek, serta model yang sedang tren atau disukai di pasaran, ditambah hal teknis lainnya. Tulis rencana dalam jangka pendek, menengah, dan jangka panjang untuk memudahkan evaluasi nantinya.
Baca Juga: Agar Keuntungan Meroket, Pakai 3 Resolusi Bisnis 2022 Ini

Tentukan Lokasi toko

Poin kedua yang mesti siap ketika membuka usaha perlengkapan sekolah adalah lokasi. Karena yang menjadi target pasar adalah anak sekolah dan koperasi sekolah, maka tempat yang paling strategis untuk bisnis Anda adalah di kawasan sekitarnya. Daerah di sekitar kampus dan gedung perkantoran bisa menjadi lahan yang empuk untuk memulai bisnis sebagai distributor perlengkapan sekolah dan kantor.

Pilih Metode Promosi

Setelah Anda menemukan tempat yang strategis untuk membuka toko, saatnya untuk memperkenalkan bisnismu pada khalayak. Selain menjual barang secara eceran, menjadi supplier bagi toko-toko alat tulis dan pengusaha fotokopi juga merupakan cara ampuh untuk ekspansi bisnis.
Promosi bisa Anda lakukan dengan berbagai cara. Anda bisa memanfaatkan internet (dari situs atau media sosial) atau secara langsung. Untuk promosi langsung, ada baiknya Anda menyasar pengusaha juga (B2B) agar peluang bisnis makin besar.

Mencari Supplier

Ketika berbelanja perlengkapan sekolah dan kantor di toko, tentu Anda mungkin tidak repot mencari barang. Pasalnya terkadang stoknya cukup banyak. Namun, untuk menjadi distributor yang menyalurkan produk ke toko-toko atau koperasi sekolah, Anda wajib mencari grosir yang menyediakan alat tulis dan kantor dengan harga murah.
Sebab pembeli Anda nantinya juga akan mencari supplier yang tidak hanya menyediakan produk terbaik dengan harga terjangkau. Namun akan memastikan stok selalu ada, sebagai jaminan tidak akan kebingungan seandainya lakukan pesanan banyak.
Mereka akan melakukan pencarian untuk mengetahui supplier mana yang terbaik. Usahanya akan dilakukan dengan membuat perbandingan harga.
Baca Juga: Dana BOS 2022, Begini Strategi Seller SIPLah Memanfaatkannya

Mengapa Bisnis Perlengkapan Sekolah Menguntungkan?

Selama pandemi beberapa tahun ke belakang, bisnis fotokopi dan alat tulis memang sempat meredup. Para pengusaha banyak yang terpaksa akhirnya menutup tokonya dan gulung tikar. Alasannya adalah tidak lagi bisa memenuhi target pemasukan.
Namun saat ini, kita kembali bisa beradaptasi dengan perubahan yang ada. Sekolah dan kantor yang ketika pandemi harus tutup, akhirnya kembali aktif seperti sedia kala. Di mana hal ini mengembalikan lagi harapan para pengusaha perlengkapan sekolah. Lantas, apa yang membuat bisnis ini menguntungkan?

  • Permintaan akan selalu ada. Selama sekolah dan kantor masih aktif, mereka akan membutuhkan perlengkapan seperti buku, kertas, pensil, pulpen, tinta printer, dan lain sebagainya. Semua itu adalah barang-barang yang habis setelah dipakai. Artinya, mereka akan selalu membelinya lagi.
  • Mencari modal kini jadi lebih mudah. Bagi para pengusaha pemula, modal kerap menjadi persoalan ketika akan memulai bisnis. Kabar baiknya teknologi telah menghapus rintangan tersebut dengan tersedianya pembiayaan permodalan dari perusahaan teknologi finansial.

Pintek.id merupakan salah satu perusahaan teknologi pembiayaan yang sudah terdaftar di OJK. Berfokus membantu perkembangan dunia pendidikan tanah air, Pintek.id kini siap membantu para pelaku usaha yang ingin menyalurkan produk-produk perlengkapan sekolah.
Bagaimana cara kerja Pintek.id dalam memberikan pendanaan? Cukup lima langkah mudah melalui platform SIPLah, Anda pun bisa langsung melakukannya. Pertama, isi form pengajuan dan lengkapi semua dokumen yang menjadi syarat.
Kemudian Pintek akan melakukan penilaian kredit guna memastikan usaha yang Anda miliki sesuai dengan kriteria yang dapat mendapat bantuan pendanaan. Ketika syarat yang dibutuhkan sudah terpenuhi, persetujuan kerja sama dibuat, baru selanjutnya dana akan dicairkan.
Memang bukan hal yang mudah untuk menjadi pengusaha distributor peralatan sekolah. Diperlukan tekad dan keuletan yang tinggi agar bisa sukses. Pintek.id akan membantu Anda mewujudkannya lewat produk PO/Invoice Financing.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button