Pendidikan

Pengertian dan Ragam Aplikasi Untuk Ujian Online, Sekolah Wajib Tahu!

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari waktu ke waktu semakin memudahkan kebutuhan manusia seperti contoh Ujian Online. Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi semakin berperan dan berguna di hampir semua bidang, termasuk bidang pendidikan.

Secara umum ada 3 kegunaan teknologi informasi atau komputer instruksional dan internet untuk pendidikan dan pembelajaran. Pertama, Pembelajaran tentang komputer dan internet, yaitu komputer dapat dijadikan sebagai objek pembelajaran, misalnya ilmu komputer.

Kedua, Pembelajaran dengan komputer dan internet, yaitu teknologi informasi yang memfasilitasi pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku di sekolah. Ketiga, Pembelajaran melalui komputer dan internet, yang mengintegrasikan pengembangan keterampilan berbasis teknologi informasi dengan aplikasi dalam kurikulum.

Baca Juga : Apa Itu NPSN Sekolah dan Cara Mengeceknya? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Dengan berkembangnya teknologi komputer dan android, instrumen hasil belajar dapat dirancang dan diadministrasikan dengan menggunakan database. Semua dapat dikontrol dengan mudah dengan memaksimalkan penggunaan.

E-Learning 

E-learning adalah mentransfer proses belajar mengajar konvensional ke dunia maya atau internet. Umumnya aplikasi yang digunakan berbasis web. Pada sistem E-Learning menggunakan Moodle Learning Management System (LMS). Sistem dimuat pada halaman website dengan domain tertentu, sehingga dapat memproses ujian online, menyimpan nilai dan menilai hasil belajar secara online.

Penilaian hasil ujian online hanya dapat diakses oleh sebuah server tentunya yang terkoneksi dengan jaringan internet.  Sekolah Menengah Kejuruan dalam bidang keahlian teknologi dan teknik serta teknologi informasi dan komunikasi, salah satunya jurusan teknik gambar bangunan. Berdasarkan hasil pra-survey penggunaan LMS Moodle berbasis Android.

  1. Pelaksanaan uji coba dimulai awal tahun 2016 hingga sekarang 2018 ujian online berbasis android.
  2. Hampir semua siswa memiliki ponsel android.
  3. Meminimalkan penggunaan anggaran dalam setiap semester dan ujian tengah semester.
  4. Memanfaatkan fasilitas komputer yang ada di sekolah agar dapat digunakan untuk server atau user.

Jaringan area lokal, digunakan untuk berbagai ujian online keperluan, baik harian, semester, tryout , Output aplikasi disesuaikan dengan kebutuhan sekolah ] Kreasi Media Jl. Jambu No.45, Cilendek Timur, Bogor .

Apa Itu Sistem Ujian Online Berbasis Web?

  1. Sebagai aplikasi teknologi informasi, sistem ujian online berbasis web adalah perangkat lunak yang mengimplementasikan sistem manajemen basis data (DBMS) dalam menangani perintah dan permintaan pengguna sistem terhadap basis data.
  2. Database sistem ujian online dibuat berdasarkan tahapan analisis sistem hingga normalisasi database. Fitur-fitur antara lain Web Based Aplikasi berbasis website dengan teknologi terkini yang dapat diakses oleh berbagai perangkat dan dengan hampir semua sistem operasi.
  3. Pengelolaan Data Master Data master seperti data siswa, guru, mata pelajaran, dan soal dapat dikelola secara mandiri oleh admin yang ditunjuk. Backup data dan restore database. Pertanyaan sebagai konten utama akan dicadangkan secara berkala di server Impor dan Ekspor Data. Data hasil ujian online dapat diekspor melalui PDF, Excel untuk laporan atau untuk keperluan input nilai bagi guru. Konten Multimedia Soal ujian online boleh masuk soal jika ada soal visual, suara dan gambar.
  4. Acak dan Jawaban Soal dan jawaban dapat diatur secara acak sehingga antara siswa 1 dan siswa lainnya tidak akan berada dalam urutan pertanyaan dan jawaban yang sama. Keamanan data yang baik Sangat Mudah Dilihat dan Digunakan Menyediakan statistik lengkap untuk data yang ada Menyajikan data hasil tes langsung
  5. Menghitung skor asli atau tertimbang Terdapat bank soal yang dapat digunakan setiap saat. Pengelompokan mata pelajaran kesukaran soal. Pengelompokan mata pelajaran berdasarkan kategori tertentu Pengelompokan Jenis Soal Laporan nilai yang bisa dilihat langsung bahkan di export di excel atau langsung dicetak Pengelompokan siswa di kelas atau kelompok Setting waktu untuk seluruh paket ujian online

Tujuan dan Manfaat

Tujuan, Melatih siswa dan guru untuk mandiri. Untuk melatih kejujuran. Mengikuti perkembangan IT. Penggunaan kertas yang efisien. Penggunaan waktu ujian yang efektif. Manfaatnya memfasilitasi atau memanfaatkan sumber daya manusia secara efektif dan efisien. Penggunaan waktu dengan cepat atau akurat. Mengintegrasikan dan memusatkan data.

Statistik penyajian hasil ujian Ujian Online A. Admin Administrasi semua modul pengaturan kelas pengajaran, pengaturan guru, input semua pengguna, input pelajaran, Input peserta ujian berdasarkan mata pelajaran Input paket jadwal ujian Pengaturan jadwal ujian B.

Baca Juga : Apa Saja Peralatan Sekolah Yang Wajib Dimiliki? Siswa Teladan Wajib Tahu

Pimpinan melihat data guru yang kompeten dan siswa melihat statistik pertanyaan catatan guru aktif bank soal menerima pertanyaan dari semua guru distribusi pertanyaan ke semua pengguna. Menerima hasil ujian siswa secara keseluruhan menerima rekap dan analisis soal C.

Guru memasukkan soal ujian menurut kategori mata pelajaran membuat jadwal ujian memasukkan soal ke dalam jadwal ujian memverifikasi siswa mana yang boleh mengikuti ujian melihat hasil ujian siswa menurut mata pelajaran menghentikan proses ujian online.

Setiap orang memiliki cara sendiri untuk mempersiapkan ujian. Salah satu bentuk persiapannya adalah mengikuti try out online. Karena dalam beberapa tahun terakhir, ujian di tingkat SMA, SMK, MA, SMP, MTs dan sederajat telah dilakukan secara online atau berbasis komputer.

Karena keberadaannya yang sangat penting, siswa sendiri, sekolah, dan orang tua perlu mendorong anak untuk mengikutinya secara rutin. Banyak sekali yang diberikan try out. Yang terpenting, siswa mengikuti try out, entah itu try out online UNBK atau keseluruhan rangkaian try out SBMPTN online, dengan tidak menganggapnya hanya mengajukan permohonan waktu saja.

Apa Pentingnya Melakukan Ujian Online?

  1. Mengasah Kemampuan Diri

Alhasil, kamu dapat langsung membuat pemetaan.

  1. Berlatih Manajemen Waktu

Ujian online juga bisa melatih dalam menyesuaikan mengerjakan soal yang sulit dalam waktu terbatas. Dengan begitu, kamu bisa terbiasa. Pasalnya, SBMPTN memiliki jumlah soal yang lumayan banyak waktu namun pengerjaannya yang tersedia dalam waktu terbatas. Alhasil, sebagian besar peserta yang tidak terbiasa dengan try out akan merasa belum terbiasa dengan durasi pengerjaan yang singkat soal yang diberikan saat mengikuti ujian.

  1. Fleksibel Tempat dan Waktu

Biasanya, metode try out online tidak mengharuskan kamu pergi ke satu tempat tertentu untuk mengikutinya. Pun ada, hal itu biasanya bertujuan untuk memberikan suasana yang sama seperti ujian yang sebenarnya.

Fleksibelnya tempat pelaksanaan try out itu karena untuk mengikutinya hanya membutuhkan jaringan internet yang stabil untuk mengakses situs tertentu. Hanya dengan modal itu, kamu bisa melakukan tryout online di manapun dan kapanpun.

  1. Melatih Persiapan Format Ujian Online

Try out online akan sangat membantu kamu untuk menghadapi berbagai ujian bertipe computer based test (CBT). Sebab, format try out online disesuaikan dengan tes bertipe CBT. Mengikuti try out jenis ini tidak akan menentukan dan yakin ketika dihadapkan pada ujian bertipe CBT.

  1. Lebih Update dan Bervariasi

Keunggulan soal try out online lainnya adalah soalnya cepat update dan bervariatif. Hal itu tentunya karena tidak adanya media sehingga pembayaran variasi soal bisa dilakukan secara cepat dan online. Kelebihan update yang cepat membuat kamu bisa menghadapi berbagai macam varian soal.

Kamu akan memiliki kesiapan lebih untuk menghadapi berbagai jenis dan tipe yang kira-kira akan keluar dari ujian yang sebenarnya. Kesiapan itu akan mengantarkan kamu mendapatkan nilai ujian secara sempurna. Jadi, kamu pasti akan puas dengan hasil ujian yang kamu hadapi dengan mengikuti try out online. Demikian penjelasan dari saya tentang Ujian Online semoga bermanfaat, terima kasih.

Artikel Terkait

Back to top button