universitas di turki

Universitas di Turki – Belajar di Turki Perpaduan antara barat dan timur, menjadikan Turki unik, baik secara geografis maupun budaya. Dengan banyaknya tempat wisata yang menarik seperti Masjid Biru, Cappadocia, Istana Topkapi, Hagia Sophia, dan lain-lain. belajar di Turki tentunya semakin mengasyikkan.

Pendidikan di Turki

Beberapa universitas bahkan menyediakan program pengajaran bahasa Inggris. Biaya Hidup di Turki Dalam beberapa tahun terakhir negara Turki telah membuat banyak kemajuan. Apalagi di bidang pendidikan, minat belajar di Turki semakin meningkat pesat dari tahun ke tahun.

Menurut beberapa sumber online yang telah dirangkum, Turki merupakan destinasi yang menarik bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas atau perguruan tinggi. Pasalnya, biaya sekolah di negara dengan ibu kota Ankara itu relatif terjangkau. Selain itu, biaya hidup di Turki juga terbilang murah.

Baca Juga : Rincian Biaya Hidup di Korea Selatan dan Dapatkan Gaji Hingga Rp 35 Juta!

Universitas Suleyman Demirel misalnya, seperti banyak kampus di tanah air, Fakultas Kedokteran memang fakultas dengan biaya kuliah paling mahal. Namun berbeda dengan kebanyakan jurusan kedokteran di Indonesia, pada tahun 2019 ini biaya kuliah Fakultas Kedokteran di Suleyman Demirel University sangat terjangkau yaitu hanya berkisar 3,5 juta rupiah per semester.

Selain itu, biaya sekolah dengan pengenalan bahasa Inggris umumnya lebih mahal. Sementara itu, program studi dengan bahasa Turki sebagai pengantar di kampus yang sama hanya memungut biaya kuliah sebesar 240 USD hingga 750 USD per tahun. Berikut adalah kisaran biaya kuliah terbaru di Turki.

Biaya Pendidikan di Turki

  1. Jenis Biaya Perguruan Tinggi Per Semester
  2. Universitas Negeri 1.700 lira hingga 10.700 lira
  3. Universitas Swasta 3.500 lira hingga 14.000 lira

Selain biaya kuliah, yang harus diperhatikan saat memutuskan untuk tinggal di luar negeri adalah biaya hidup. Nah, seperti yang sudah dijelaskan di atas, biaya hidup di Turki juga cukup terjangkau.  Namun, biaya hidup di Turki juga bergantung pada gaya hidup dan tempat tinggal.

Seperti di Indonesia, ada beberapa kota di Turki yang mematok biaya hidup lebih tinggi dibandingkan kota lain, apalagi jika memilih tinggal di pusat kota, dekat pusat transportasi, dan tidak jauh dari fasilitas umum lainnya.

Rincian Biaya Hidup di Turki

Berdasarkan pengalaman seseorang yang telah tinggal di Istanbul selama empat tahun, kebutuhan yang paling mahal adalah tempat tinggal. Biaya ini tidak termasuk uang jaminan, yang biasanya sewa dua bulan atau kurang, tergantung permintaan pemilik rumah.

Untuk biaya sewa rumah tipe 2 + 1 biayanya berkisar 900 hingga 1.500 lira per bulan, sedangkan biaya sewa rumah tipe 3 + 1 atau tipe 4 + 1 umumnya di atas 1.300 lira per bulan. Selain pengeluaran untuk menyewa rumah, Anda juga harus mengatur uang untuk keperluan lainnya. Jadi, bagi mereka yang tinggal jauh dari lokasi kampus dan harus beberapa kali transit, hal ini bisa sangat membantu.

Baca Juga : Ingin Kuliah atau Kerja di Australia? Ini Rincian Biaya Hidupnya, Wajib Tahu!

Untuk perbandingan, seorang negara Indonesia yang tinggal di kota Kayseri mengaku mengeluarkan biaya sekitar Rp2,1 juta per bulan untuk menyewa rumah lengkap dengan 3 kamar, 1 ruang tamu, 1 kamar mandi, 1 dapur, dan 1 balkon, bersama 4 orang yang bekerja sama.

Biaya Hidup di Turki 

Pengeluaran Kisaran Biaya:

  1. Sewa Tempat Tinggal 750 lira – 1.000 lira per bulan (rumah)
  2. 300-600 lira per bulan (asrama)
  3. Listrik 73 lira – 130 lira per bulan
  4. Gas Alam 200 lira – 300 lira per bulan
  5. Udara 20 lira – 150 lira per bulan
  6. Internet 20 – 85 lira per bulan
  7. Belanja 100 lira per bulan
  8. Transportasi 85 lira (berlangganan)
  9. Untuk detail pengeluaran sebagai berikut:
  10. Makanan 6-30 TL
  11. Pulsa 10-100 TL
  12. Pakaian Musim Dingin 40-200 TL
  13. Asrama Pemerintah 105-400 TL perbulan
  14. Asrama Swasta 400-600 TL perbulan
  15. Sewa Rumah 800-1500TL perbulan

Transportasi di Turki

Turki memiliki armada transportasi modern seperti trem, otobus, metro, dan lain-lain. Di Istanbul, tarif umum berkisar antara 1,75 TL – 3,00 TL. Khusus mahasiswa di Istanbul dan Kayseri dapat mengatur kartu transportasi untuk dapat menggunakan sarana transportasi secara gratis. Selain di dua kota tersebut, pelajar bisa mendapatkan potongan harga dengan menunjukkan kartu pelajar.

Kenapa Kayseri?

4 jam dari Ankara, ibu kota Turki, dicapai dengan bus. Kayseri merupakan jalur sutra dan pusat perdagangan, pusat industri dan kewirausahaan. Kayseri merupakan kampung halaman negarawan dan administrator terkemuka

Pusat Wisata

Terletak di lembah, ngarai, dan formasi bebatuan unik, wisata ini cukup terkenal dan banyak wisatawan.

Jurusan-jurusan yang ditawarkan antara lain:

  1. Arsitektur
  2. Teknik Listrik atau Elektronika
  3. Administrasi Bisnis
  4. Teknik Komputer
  5. Teknik Mesin
  6. Teknik Sipil
  7. Teknik Industri
  8. Rekayasa atau  Genetika Bio-molekuler

Istimewanya, kamu bisa mendapatkan Paket Lengkap (Uang Kuliah + Perumahan + Asuransi Kesehatan) dengan biaya yang terjangkau.

  1. Paket Sarjana: sekitar $ 1400 per tahun
  2. Paket Sarjana Administrasi Bisnis: sekitar $ 1200 per tahun
  3. Paket Sarjana: sekitar $ 1000 per tahun

Informasi  Pendaftaran:

Kolom bertanda  harus diisi contohnya:

  1. Nama
  2. Tanpa HP
  3. Surel
  4. Kota Tempat Tinggal
  5. Pendidikan Terakhir atau Sekarang
  6. Rencana Tahun Keberangkatan

Universitas Terbaik Turki tanpa Persyaratan TOEFL atau IELTS. Berikut ini adalah daftar universitas-universitas terbaik Turki yang tidak menentukan persyaratan TOEFL atau IELTS saat penerimaan mahasiswa baru. Berikut dibawah ini beberapa universitas di turki:

Universitas Ankara

Salah satu fasilitas yang disediakan di universitas ini adalah perpustakaan yang sangat lengkap.Perpustakaan Universitas Ankara menyimpan berbagai literatur Islam, sejarah, bahkan berbagai naskah-naskah kuno.

Universitas Ataturk

Ada berbagai fakultas di universitas ini, yaitu: fakultas pendidikan, sains, sastra, arsitektur, pertanian, perikanan, kelautan, komunikasi, kesehatan, keperawatan, olahraga, gigi, kesehatan, kedokteran hewan, pariwisata, hukum, ilmu bumi, ekonomi dan administrasi, teknik, dan seni.

Letak Universitas di Turki ( Dicle University )

Universitas Dicle terletak di kota Diyarbakir. Ada berbagai fakultas di Universitas seperti fakultas pendidikan, ilmu sastra, kesehatan, kedokteran gigi, kedokteran hewan, hukum, pertanian, teknik, arsitektur, ekonomi dan administrasi, teologi Islam, dan sosial.

Universitas Sivas Cumhuriyet

Universitas Sivas Cumhuriyet terletak di kota Sivas. Universitas Sivas Cumhuriyet berbagai didirikan pada tahun 1973. Terdapat fakultas di universitas Sivas Cumhuriyet seperti fakultas arsitektur, komunikasi, kedokteran gigi, ekonomi dan administrasi, pendidikan, dan sastra.

Universitas Inonu

Universitas Inonu merupakan salah satu universitas negeri di Turki yang didirikan pada tahun 1975. Universitas Inonu berlokasi di kota Malatya. Ada berbagai fakultas di universitas ini seperti fakultas musik, komunikasi, ekonomi dan administrasi, kesehatan, kedokteran, kedokteran gigi, pendidikan, teknik, seni, dan hukum.

Universitas Istanbul

Universitas Istanbul atau Universitas Istanbul adalah salah satu universitas paling populer di Turki. Istanbul University menjadi salah satu primadona bagi mahasiswa internasional karena tidak ada persyaratan TOEFL atau IELTS.Demikian penjelasan dari saya tentang Universitas di Turki semoga bermanfaat, terima kasih.