universitas termahal di Indonesia

Memasuki tahun akademik 2021/2022, para lulusan SMA berbondong-bondong mencari universitas baik negeri maupun swasta untuk melanjutkan studinya. Bahkan tak sedikit juga calon mahasiswa yang mencari informasi universitas termahal di Indonesia untuk dijadikan referensi.

Seperti yang diketahui biaya pendidikan terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Badan Pusat Statistik (BPS) juga mencatat bahwa biaya pendidikan naik 10% hingga 15% per tahun yang disebabkan oleh inflasi.

Jadi memang bisa dikatakan kalau biaya kuliah memang tidaklah murah. Bahkan ada sejumlah universitas yang menerapkan biaya kuliah puluhan juta rupiah untuk per semesternya.

Meski begitu, tak sedikit calon mahasiswa yang memiliki impian untuk dapat kuliah di kampus tersebut. Soalnya tentu saja kualitas pembelajaran yang diberikan sebanding dengan biaya kuliah yang mahal.

Baca Juga: Universitas Swasta Terbaik dengan Harga Terjangkau!

Daftar universitas termahal di Indonesia

Daftar universitas termahal di Indonesia

Berikut adalah daftar universitas termahal di Indonesia 2021 dengan biaya kuliah super fantastis, bahkan ada yang mencapai Rp 75 juta per semester.

1. Universitas Tarumanagara (Rp 8.400.000 – Rp 25.900.000)

Universitas Tarumanagara (Rp 8.400.000 - Rp 25.900.000)
Source image: Website http://untar.ac.id/

Universitas Tarumanagara yang terletak di Jalan Letjen S. Parman, Jakarta Barat ini menerapkan biaya kuliah yang terbilang cukup mahal per semesternya yaitu Rp 8,4 juta hingga Rp 25,9 juta.

Kampus yang sudah mendapatkan akreditasi A ini memiliki delapan fakultas yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Psikologi dan Fakultas Teknologi Informasi.

2. Swiss German University (Rp 24.000.000 – Rp 28.000.000)

Swiss German University
Source image: Website https://sgu.ac.id/

Universitas termahal di Indonesia lainnya yaitu Swiss German University yang berada di kawasan Alam Sutera, Tangerang dan disponsori oleh Yayasan Swiss German.

Menariknya, kampus bergengsi ini menggabungkan teori dan praktik dalam melaksanakan pembelajaran. Setiap mahasiswa juga diharuskan untuk menyelesaikan program magang yang dilangsungkan di luar negeri, biasanya di Jerman atau Swiss.

Meski begitu, mahasiswa lulusan Swiss German University akan mendapatkan gelar ganda dan juga diakui secara internasional. Tak heran jika UKT yang dibebankan sekitar Rp 24 juta hingga Rp 28 juta per semester.

3. President University (Rp 30.000.000)

President University
Source image: Website https://jababekaresidence.com/

President University masuk ke dalam jajaran universitas termahal di Indonesia dengan biaya kuliah mencapai Rp 30 juta per semesternya.

Bagaimana tidak, soalnya kampus yang dimiliki oleh Jababeka ini sudah dikenal dengan pendidikan internasionalnya, mulai dari kurikulum, komunitas multinasional serta sarana yang menunjang aktivitas mahasiswanya seperti kolam renang, lapangan tenis, hingga lapangan golf.

Baca Juga: Tak Kalah Kualitas dengan PTN, Ini 25 PTS Terbaik 2020 di Jakarta!

4. Universitas Trisakti (Rp 14.500.000 – Rp 32.325.000)

Universitas Trisakti
Source image: Website http://trisakti.ac.id/

Siapa yang tidak tahu Universitas Trisakti yang menjadi salah satu kampus swasta terkemuka di Indonesia. Kampus yang berdiri sejak 1959 ini memiliki 23 program studi untuk sarjana.

Trisakti juga menyediakan sarana yang sangat lengkap untuk para mahasiswanya, seperti 101 unit laboratorium, 7 studio dan lainnya. Tak heran jika biaya kuliah di Universitas Trisakti sebesar Rp 14,5 juta hingga Rp 32,325 juta per semester.

5. Universitas Ciputra (Rp 8.500.000 – Rp 36.000.000)

Universitas Ciputra
Source image: Website https://www.uc.ac.id/

Salah satu kampus di Indonesia yang fokus mencetak entrepreneur masa depan ini juga masuk ke deretan universitas dengan biaya kuliah mahal yaitu mulai dari Rp 8,5 juta hingga Rp 36 juta per semester.

Universitas yang berlokasi di Kota Surabaya, Jawa Timur ini memiliki kurikulum berbasis kewirausahaan yang menyertakan sistem pembelajaran Problem and Project Based Learning (PBL), serta program mentoring dengan praktisi dan ahli bisnis ternama.

6. Universitas Pelita Harapan (Rp 16.500.000 – Rp 52.500.000)

Universitas Pelita Harapan
Source image: Website https://www.uph.edu/

Universitas Pelita Harapan memang dikenal sebagai salah satu kampus yang memiliki reputasi baik. Bahkan, sejumlah selebriti ternama Indonesia diketahui merupakan alumni UPH seperti Vidi Aldiano hingga Agnes Monica.

Sebagai universitas bergengsi di Indonesia, UPH memiliki fasilitas lengkap yang menunjang kesuksesan mahasiswa seperti laboratorium untuk Sound Design & Music Production hingga lapangan olahraga yang bermacam-macam dan luas pun ada.

Untuk bisa menempuh pendidikan di UPH, kamu harus mempersiapkan uang mulai dari Rp 16,5 juta hingga Rp 52,5 juta hanya untuk membayar biaya semesterannya.

Baca Juga: LSPR Hingga Binus, ini Universitas Swasta Tempat Kuliah Para Selebriti!

7. Universitas Bina Nusantara (Rp 21.000.000 – Rp 75.000.000)

Universitas Bina Nusantara
Source image: Website https://binus.ac.id/

Universitas Bina Nusantara menjadi salah satu kampus swasta yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia terutama buat mereka yang memiliki bujet besar.

Kampus yang sudah mengantongi akreditasi A dan masuk ke dalam Top 1000 World University Rankings by QS (801-1000) ini menerapkan biaya kuliah besar yaitu mulai dari Rp 21 juta mencapai Rp 75 juta per semesternya.

Itu dia daftar universitas termahal di Indonesia yang menerapkan biaya kuliah puluhan juta rupiah per semesternya. Meski begitu, hal tersebut sebanding dengan kualitas pembelajaran serta fasilitas yang diberikan.

Oleh karena itu, jangan sampai masalah dana menghalangi impian sang buah hati untuk dapat menempuh pendidikan di kampus idamannya.

Pasalnya, kini para orangtua dapat membayar kuliah anak dengan cara dicicil hingga 24 bulan melalui Pintek. Sebagai perusahaan fintech yang sudah berizin dan diawasi OJK, Pintek memiliki misi mendorong transformasi pendidikan di Indonesia melalui layanan keuangan.

Dengan mengajukan pendanaan Pintek Regular untuk mendapatkan pinjaman biaya pendidikan mulai dari Rp 200 ribu hingga Rp 300 juta dengan bunga flat 0% dan maksimal 2% setiap bulannya.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, kamu dapat mengunjungi situs resmi Pintek atau menghubungi tim Pintek melalui telepon dan WhatsApp di nomor 021-50884607.